Ikan louhan

12 Jenis-Jenis Ikan Louhan Beserta Ciri-Ciri & Harganya


Ikan louhan merupakan salah satu primadona masyarakat Indonesia. Ikan ini memiliki ciri khas tonjolan besar di kepalanya. Ikan ini dipercaya tidak hanya unik, tetapi juga membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Louhan adalah ikan yang agresif dan teritorial. Oleh karena itu, ikan ini sering berkelahi dengan ikan lain jika ditempatkan di akuarium yang sama. Meski terlihat sedikit aneh, harga jual ikan ini bisa mencapai jutaan rupiah. kamu tahu. Lantas, apakah Sedulur tertarik untuk memeliharanya? Lihat dulu beberapa ikan louhan, berikut fitur dan harganya, dan pergilah!

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Laut yang Sehat

Sekilas Luhan

Lapisan 6

Ikan Louhan merupakan ikan hias air tawar yang digemari oleh para kolektor ikan hias di seluruh dunia. Louhan berasal dari Malaysia dan merupakan hasil perkawinan beberapa spesies ikan dari famili cichlid sekitar tahun 1993.

Nama latin ikan Louhan Amphilophus trimaculatus. Ikan ini terbagi menjadi beberapa jenis dengan perbedaan corak warna, jumlah mutiara dan gumpalan atau jenongna. Selain itu, ikan ini sering disebut gadis kembang karena warna sisik pada tubuhnya, mengingatkan pada bunga.

Isi benjolan di kepala Anda

bunga
penutup 6

Banyak yang bertanya tentang isi benjolan di kepala Luhan. Ternyata, benjolan di kepala ikan tersebut merupakan gumpalan lemak, yang disimpan dalam bentuk cadangan lemak. Simpanan lemak ini digunakan oleh mereka untuk bertahan hidup lebih lama.

Jenis Ikan Louhan, Ciri-ciri dan Harganya

1. Ikan bunga sutra Thailand

bunga
terlihat

Jenis pertama adalah sutra Louhan Thai, juga dikenal sebagai sutra titanium Thailand. Ikan ini memiliki warna biru metalik, putih atau emas. Asal usulnya sebenarnya tidak jelas, namun banyak yang percaya bahwa ikan ini merupakan hasil persilangan antara Louhan Texas cichlid dan Louhan Vieha.

Sedulur dapat membeli louhan jenis ini seharga Rs 250.000 hingga Rs 700.000 per ekor.

2. Dasar emas louhan

lohan
ikan hias.id

Jenis Louhan selanjutnya adalah Golden Base. Jenis ini memiliki ciri khas warna merah, agak keemasan, dan biasanya tidak memiliki bintik hitam pada tubuhnya. Kombinasi warna kuning dan merah pada dasar emas louhan membuatnya sangat populer di kalangan kolektor ikan hias.

Dibandingkan dengan tipe lainnya, Golden Base memiliki warna yang jauh lebih merata. Oleh karena itu, harga ikan louhan jenis ini bisa mencapai 2 juta per ekor.

3. Louhan Zhen Zhu

lohan
zona ikan

Jenis louhan selanjutnya adalah louhan zhen zhu. Spesies ini dikenal dengan sisik mutiaranya yang khas dan mulutnya yang lebih besar daripada ekornya yang bulat. Tak hanya itu, ras ini juga memiliki mata merah yang menawan.

Baca juga  Ceban Berapa Rupiah? Berikut Artinya dan Bilangan Lainnya

Karena keunikannya tersebut, banyak para pecinta ikan hias yang akhirnya mencoba untuk membudidayakannya. Namun, risiko yang biasa terjadi adalah pertumbuhan ekor yang buruk. Jika sedulur berminat, jenis Lohan ini dijual dengan harga Rp 200.000 hingga Rp 750.000 per ekor.

BACA JUGA: 20 jenis ikan hias air tawar aquarium yang mudah perawatannya

4. Raja Kamfa

lohan
memberitahukan

Berikutnya adalah jenis Louhan King Kamfa. Jenis ini merupakan bibit dari indukan Louhan Kamfa asal Thailand. Bunga ini terkenal bisa tumbuh sehat, namun perhatikan jika Sedulur memberikan jenis pakan atau pelet yang tepat.

Ciri khas Kamph Raja Louhan adalah ukuran tonjolan dahi yang besar, sehingga ikan ini dianggap lebih unggul daripada Kamph tipe Louhan pada umumnya. Karena keunikan dan ukuran jenongnya, Louhan King Kampha memiliki harga yang sangat fantastis mulai dari Rs 1.200.000 per ekor.

5. Synspillum super merah

lohan
cinta ikan

Jenis Louhan selanjutnya adalah Synspilum Super Red. Spesies ini sangat langka atau langka terutama di Indonesia. Karena kelangkaannya, harga jualnya di pasaran sangat tinggi.

Ciri khas dari jenis louhan ini adalah kombinasi warna yang sempurna pada skala antara merah bata dan oranye. Jenis louhan ini juga tidak memiliki terlalu banyak bintik atau pola mutiara. Juga, Louhan Super Red Sinspilum dapat tumbuh sangat besar, jadi cobalah untuk mendapatkan akuarium yang lebih besar jika Anda tertarik untuk memeliharanya.

Harga untuk satu anak anjing Louhan Super Red Synspilum mulai dari Rs 400.000 dan satu ukuran dewasa bisa mencapai Rs 2,5 juta. Karena nilai uangnya yang fantastis, Luhan Super Red Synspiel ini dikenal sebagai ikan Luhan yang paling mahal.

6. Louhan Kamfa

lohan
memberitahukan

Jenis Louhan Kamfa merupakan ikan yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jenis ikan ini termasuk jenis ikan asli karena telah dibudidayakan di Indonesia sejak lama.

Louhan Kamfa juga biasa disebut sebagai bunga emas karena memiliki pola yang cemerlang dan bentuk sirip serta ekornya yang melebar. Warna sisik juga mengandung bintik-bintik menawan, mirip dengan gambar bunga.

Sepintas jenis Louhan ini tidak jauh berbeda dengan jenis Zhen Zhu Louhan. Namun, jenis louhan ini memiliki pipi yang sembab. Harga Louhan Kamfa berkisar dari Rs 850.000 per ekor untuk ukuran bibit dan bisa mencapai Rs 3.500.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

Baca juga  Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

BACA JUGA: 10 jenis ikan channa, ikan gabus cantik bernilai jutaan

7. Naga super merah

Ikan flororn super merah
hewan peliharaan yang cerdas

Berikutnya adalah tipe Louhan Super Red Dragon (SRD). Jenis ini saat ini banyak diminati peminat ikan hias karena memiliki bentuk jenong yang lebih unik dibandingkan jenis lainnya. Jenis SRD ini dikenal memiliki tonjolan paling besar dibandingkan dengan jenis lain yang ada di pasaran.

Ciri-ciri dari jenis louhan ini adalah tubuhnya memiliki dua warna yang berbeda. Pada bagian jenong dan kepala biasanya berwarna merah tua, sedangkan dari bagian tengah hingga ekor biasanya berwarna merah muda dan cenderung berwarna perak cemerlang. Harga SRD Louhan berkisar Rp 400.000 untuk ukuran anak anjing dan Rp 3.000.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

8 Ikan Kemalau Bunga

Ikan louhan
terlihat

Hampir mirip dengan tipe SRD Louhan, tipe Kemalau Louhan juga memiliki dua sisik warna yang berbeda. Louhan jenis ini biasanya memiliki warna merah pada bagian kepala dan dahi, sedangkan bagian tengah tubuh hingga ke ekor berwarna merah kekuning-kuningan.

Jenis Kemalau Louhan juga memiliki bintik-bintik kekuningan di bagian kepala hingga ujung ekor. Sedulur dapat memilikinya dengan harga sekitar Rp 600.000 untuk ukuran dewasa dan sekitar Rp 150.000 untuk anak anjing per ekor.

9. Bonsai tanduk bunga

lohan
hobihewan

Memiliki nama yang unik, spesies louhan ini sebenarnya memiliki tubuh seperti bonsai. Hal ini terlihat dari bentuk tubuhnya yang tidak bertambah besar meski sudah menua. Keunikan ini muncul dari kelainan genetik pada bonsai louhan ini.

Ciri yang membedakan ikan bonsai louhan adalah memiliki bentuk jenong yang sangat menonjol dengan berbagai warna seperti merah, kuning, perak, hijau dan putih. Ikan ini juga memiliki sifat yang lebih agresif dari yang lain. Meski berukuran kecil, louhan jenis ini harganya berkisar antara Rp 250.000 per ekor untuk anak anjing dan Rp 800.000 per ekor untuk dewasa.

BACA JUGA: 6 jenis cupang biru populer, ciri-ciri dan perawatannya

10. Chenku Lokal

lohan
99.co

Selanjutnya adalah Louhan Cencu Louhan yang memiliki pola bintik-bintik pada sisiknya dan berwarna pink cerah. Spesies flororn ini sering disebut sebagai ikan mutiara karena kombinasi dua warna pada sisiknya, yaitu merah dan emas mengkilat.

Dari kepala hingga bagian tengah tubuh, jenis louhan ini berwarna merah, dan bagian tengah tubuh hingga ekor berwarna kuning keemasan. Harga louhan jenis ini mulai dari Rp 200.000 per ekor untuk ukuran anak-anak dan Rp 750.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

Baca juga  Mengenal Greenshoe, Skema Stabilkan Penurunan Saham

11. Lujan si Texas Merah

lohan
informasi tentang jenis ikan hias air tawar

Texas Red Flororn merupakan hasil persilangan dua spesies ikan hias air tawar dari famili cichlid yang berasal dari benua Amerika (American cichlids). Jenis ini memiliki warna merah khas dengan mutiara yang memenuhi seluruh tubuhnya.

Texas Red Florhorn memiliki tubuh yang lebar dan tebal dengan sirip lurus. Jenis ikan ini terbagi menjadi beberapa tingkatan kualitas, dimana ikan dengan kualitas terbaik biasanya disebut dengan Super Red Texas (SRT).

Jika Anda tertarik, Sedulur dapat membeli Texas Red Louhan ini mulai dari Rs 63.000 per ekor untuk ukuran anakan.

12. Magma super merah

lohan
terlihat

Jenis louhan yang terakhir adalah louhan Super Red Magma atau SRM. Spesies ini merupakan hasil persilangan antara Louhan Cencu dan Louhan SRD. Karena merupakan keturunan, SRM Louhan biasanya memiliki morfologi tubuh yang sama dengan SRD Louhan.

Jenis louhan ini memadukan tiga warna: merah di kepala, hitam di tengah tubuh hingga ekor, dan putih di ekor. Sementara itu, louhan ini juga memiliki pola hitam yang membentuk pola mirip dengan sirip atas dan bawah. Sedulur dapat memiliki louhan jenis ini mulai dari Rp 175.000 per ekor.

Beberapa perbedaan antara Louhan SRM dan SRD adalah sebagai berikut:

  • Dilihat dari warna tubuhnya, tipe SYD berwarna merah gelap dan menerangi lebih dari separuh tubuhnya. Sedangkan tipe SRM warna merahnya terlihat sedikit pudar dan terlihat lebih muda atau mirip dengan kamper tipe F3 dan F2 milik Lujan.
  • Dilihat dari jumlah mutiaranya, Louhan SRM memiliki lebih banyak mutiara daripada Louhan SRD. Di Louhan SRD, mutiara muncul sebagai titik, tetapi di Louhan SRM, mutiara muncul di seluruh tubuh, terutama di genong, yang membentuk pola yang mirip dengan magma cair.

Nah, itulah informasi mengenai jenis-jenis ikan louhan beserta ciri-ciri dan harganya. Kami berharap informasi ini akan membantu Sedulur memutuskan spesies louhan yang akan digunakan sebagai stok akuarium rumah.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org