ide jualan online

15+ Ide Jualan Online yang Menguntungkan & Tips Memulainya


Menjalankan usaha di era digital sekarang ini memang begitu memudahkan. Bahkan, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada kita bisa menjual hingga ke luar negeri tanpa kendala. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan secara instan dan harus melewati proses yang panjang. Lalu ada nggak sih ide jualan online yang mudah dilakukan untuk pemula?

Tenang, ada cukup banyak ide jualan online untuk pemula yang bisa Sedulur coba. Sedulur cukup mencari jenis bisnis yang cocok dengan karakter Sedulur agar bisa berkembang dengan baik. Penasaran seperti apa ide jualan online yang bisa dicoba? Simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Modal tapi Potensial

Jual beli website dan domain

Unsplash

Memiliki kemampuan dalam melakukan web development tentu menjadi modal berharga di era sekarang ini. Karena ternyata kemampuan ini bisa membuka bisnis seperti jual beli website dan domain. Sedulur hanya perlu membeli website dan domain, kemudian mengelolanya, lalu menjualnya kembali ketika tampilan dan trafiknya sudah tinggi.

Berdasarkan sejumlah penelitian, ternyata banyak orang yang memiliki modal besar lebih sudah melakukan hal-hal yang tidak ribet. Salah satunya adalah membeli website yang sudah punya nama besar.

Alasannya senderhana, dimana para klien biasanya malas membangun domain authority dan memasang backlink yang membutuhkan waktu lama. Jadi, salah satu jalan pintas yang bisa diambil adalah membeli domain yang punya potensi bisnis, yang bahkan siapa pun rela membayar lebih.

Empire Flippers dan Flippa adalah contoh situs jual beli website. Pastikan website dan domain yang hendak dibeli tidak dalam masa penangguhan atau terindikasi virus. Meskipin ini adalah ide bisnis online untuk pemula yang tidak biasa, tapi bisa Sedulur coba jika memiliki kemampuan dalam web development.

Berjualan jasa ads manager

Digital ads
Unsplash

Iklan digital berperan besar terhadap kesuksesan suatu bisnis. Tak heran kalau banyak pebisnis yang kemudian menginvestasikan sebagian dana di iklan ini. Sayangnya, tidak tidak semua orang tahu cara mengelola iklan.

Untuk itu, ada profesi yang disebut dengan online ad manager, dimana Sedulur bertugas untuk menangani kebutuhan periklanan di berbagai platform seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Agar bisa semakin sempurna, Sedulur perlu melengkapi kemampuan dan pengetahuan dibidang digital marketing. Salah satu yang wajib dipelajari adalah strategi bidding PPC, ad pricing model (model/tipe harga iklan), dan analytics.

Supaya ide jualan online ini bisa berjalan lancar, Sedulur perlu melakukan promosi layanan manajemen iklan kepada masyarakat. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat portofolio atau memasang statement di akun media sosial, iklan, dan situs lowongan kerja agar bisa terlihat oleh klien.

Jika sudah berhasil membangun reputasi yang kuat, cobalah menawarkan diri sebagai seorang konsultan dan pembicara profesional, seperti yang dilakukan Kirk Williams dari Zato Marketing.

Jualan barang bekas

Ide jualan online
Unsplash

Barang bekas kerap dianggap sebagai sampah atau barang yang tak berharaga. Namun, jika Sedulur jeli maka ini bisa menjadi potensi ide jualan online modal kecil yang sangat menguntungkan.

Apalagi belakangan ini, permintaan barang bekas cukup tinggi karena banyak orang yang tertarik pada barang-barang yang memiliki nilai historis tinggi.

Selain itu, ada juga kecenderungan orang-orang suka berburu produk bagus dan berkualitas dengan harga yang cenderung murah. Dimana barang tersebut biasanya didapatkan dari barang bekas.

Meskipun ada banyak pilihan situs e-commerce, marketplace, sampai media sosial, sepertinya Sedulur harus memanfaatkan platform Facebook sebagai lahan utama. Hal ini karena cakupan pengguna Facebook yang sangat luas baik dari rentang umur maupun gender.

Untuk memulai ide bisnis online ini, Sedulur bisa mempelajari kursus yang disediakan oleh Facebook sendiri mengenai cara mulai berjualan di Facebook, atau langsung menjual barang-barang bekas yang sudah dikumpulkan lewat kanal forum jual beli.

Menjual handcraft

Ide jualan online
Craft Industry Alliance

Perkembangan usaha mikro kecil menengah di Indonesia terus mengalami kemajuan yang pesat. Banyak aksesoris yang terbuat dari tangan alias handcraft laku keras di pasar dalam dan luar negeri. Beberapa hasil handcraft yang banyak laku di pasaran adalah cincin, gelang, kalung, sepatu, sampai kain rajut.

Dengan adanya platform digital yang sangat banyak baik itu e-commerce maupun marketplace. Sedulur bisa mengeksekusi ide jualan online handcraft dengan cepat dan tepat. Yang terpenting adalah jangan ragu dan tak lupa membuat promosi yang baik di media sosial.

Kekuatan handcraft biasanya ada pada keunikan dan orisinalitas produknya, untuk itu Sedulur perlu menjaga kualitas dan keunikan barang yang Sedulur jual. Setelah itu, jangan lupa hidupkan berbagai platform digital untuk mempromosikan toko online Sedulur, ya. Mulai dari website, media sosial, dan sebagainya.

Baca juga  10 Potret Rumah Arie Kriting di Kota Baubau yang Nyaman

Kulakan sembako

toko kelontong
Aplikasi Super

Era digital memang membuat adanya perubahan radikal dalam transaksi jual beli masyarakat di dunia. Namun, bila Sedulur mencari usaha jualan online yang laku setiap hari dan bisa bertahan lama, maka cobalah menjual barang yang merubakan kebutuhan esensial atau dasar dari masyarakat.

Kebutuhan dasar ini seperti sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari. Dimana manusia tidak bisa melewatkan sehari pun untuk tidak menggunakan barang-barang tersebut.

Sembako sendiri terdiri dari beberapa barang seperti beras, minyak goreng, telur, bawang merah, bawang putih, sampai daging hewani.

Bila Sedulur tertarik untuk berjualan sembako, maka bisa mencoba memanfaatkan Aplikasi Super sebagai platform berusaha. Lewat aplikasi ini, Sedulur bisa kulakan berbagai macam kebutuhan pokok khususnya beras.

Super memiliki jenis beras berkualitas yang memiliki harga yang sangat bersaing seperti beras buncit dan beras karya alam. Jika Sedulur berminat, langsung saja cari aplikasinya di Play Store atau kunjungi langsung toko kelontong Super Agen yang ada di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Jualan skincare

Skincare
Unsplash

Bagi wanita, produk perawatan dan kecantikan tidak bisa lepas dari kehidupan. Bisa dikatakan, kedua produk tersebut sangat krusial untuk bisa memperindah dan mempercantik penampilan. Hal tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk ide jualan online yang laku setiap hari selanjutnya.

Jika Sedulur ingin menjual produk perawatan dan kecantikan, pastikan untuk selalu mengikuti trend yang tengah populer saat ini. Kalau perlu, Sedulur bisa melihat konten-konten produk perawatan melalui media sosial.

Beberapa produk perawatan yang sering laku antara lain lipstik, foundation, bedak, eyeshadow, hingga blush on. Jangan lupa untuk memberikan promo pada tiap bulan, karena kecenderungan para wanita tak hanya memperhatikan kualitas barang tapi harganya yang miring.

Jadi kalau Sedulur tertarik dengan usaha yang berangkat dari ide jualan online untuk remaja, maka usaha skincare semacam ini sangat cocok dicoba.

Berjualan produk kesehatan

Kondisi pandemi membuat banyak orang menyadari bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting. Hal itu bisa Sedulur jadikan sebagai ide jualan online yang laku setiap hari selanjutnya.

Berbagai produk kesehatan yang sangat diincar banyak orang biasanya adalah masker dan vitamin. Bisa dikatakan, menjual masker dan suplemen makanan bisa dijual secara perorangan.

Selain itu, produk lainnya seperti hand sanitizer juga cukup laris selama pandemi. Sedulur bisa menjual produk tersebut dengan berbagai ukuran dengan harga yang sewajarnya.

Jika memungkinkan, Sedulur juga bisa menjual alat-alat kesehatan lainnya seperti termometer, oximeter, alat pengukur tekanan darah, hingga obat P3K.

Jualan perlengkapan rumah tangga

Perlengkapan rumah tangga juga termasuk salah satu produk jualan online yang laku setiap hari. Tidak jauh berbeda dengan bahan pokok sebelumnya, perlengkapan rumah tangga ini termasuk ke dalam kebutuhan dasar yang perlu untuk dipenuhi.

Dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Hal itu membuat perlengkapan rumah tangga pun sangat dibutuhkan.

Tidak hanya digunakan secara fungsional, keberadaan perlengkapan rumah tangga ini juga menambah estetika sebagai aksesori di dalam rumah.

Contohnya adalah rak susun minimalis, sprei, bed cover, lampu unik, dan masih banyak lagi. Perlengkapan rumah tangga ini juga disesuaikan dengan trend yang tengah populer saat ini.

Berjualan aksesoris gadget

Perangkat komunikasi juga menjadi barang yang sangat dibutuhkan saat ini. Hal itu dikarenakan, banyak pelajar dan pekerja yang harus melakukan kegiatan secara online. Maka dari itu, menjual produk gadget juga bisa termasuk ke dalam ide jualan online yang laku setiap hari dan menguntungkan selanjutnya.

Salah satu gadget yang sering diincar adalah smartphone. Bisa dikatakan, model smartphone selalu datang hampir setiap bulan. Hal tersebut membuat konsumen juga sering ingin membelinya saat peluncurannya tiba. Selain smartphone, Sedulur juga bisa menjual berbagai aksesori smartphone lainnya seperti charger, kabel data, earphone, dan lain-lain.

Jualan baju bayi

aksesoris bayi
Unsplash

Berbagai produk bayi dan anak-anak begitu diminati oleh konsumen. Banyak orang tua yang ingin membeli kebutuhan bayi namun terhalang oleh waktu dan kondisi pandemi. Hal itu membuat penjualan produk bayi dan anak secara online bisa laku setiap hari.

Beberapa produk bayi yang cukup laris antara lain yaitu, mainan bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, baju, hingga popok.

Sedangkan produk anak yang cukup laris antara lain seperti pakaian dan mainan anak. Selain itu, beberapa makanan khusus bayi juga banyak diincar oleh konsumen sehingga hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis selanjutnya.

Baca juga  15 Makanan Penambah Sperma, Agar Pasangan Cepat Hamil

Kebutuhan hewan peliharan

baju hewan peliharaan
Unsplash

Bagi Sedulur yang suka dunia satwa, memiliki toko perlengkapan hewan pasti masuk ke dalam wishlist bisnis Sedulur. Sayangnya, untuk membuka toko hewan biasanya butuh modal besar. Mulai dari menyiapkan bangunan toko dan gudang, mengelola kebersihannya, dan banyak lagi.

Tapi, itu dulu. Sekarang, Sedulur bisa kok membuka toko perlengkapan hewan secara online. Jadi, Sedulur memasarkan pakan, obat, hingga vitamin hewan lewat etalase digital.

Selain itu, kali ini juga berkembang kostum atau pakaian khusus untuk hewan peliharaan agar bisa tampil lebih kece dan imut lho. Jadi bisnis jualan kebutuhan hewan peliharaan sekarang menjadi salah satu ide jualan online yang patut dicoba!

Jualan foto dan video online

Apakah Sedulur hobi memotret? Kalau iya, ide bisnis online ini pasti membuat Sedulur bersemangat. Jika koleksi foto Sedulur hanya berakhir sebagai koleksi ataupun postingan di media sosial, tentu sayang sekali. Nyatanya, Sedulur bisa mengubah koleksi foto Sedulur menjadi cuan, lho. Caranya yaitu dengan menjualnya ke platform yang tepat.

Tapi, di mana sih platform yang tepat itu? Kabar gembiranya, ada banyak tempat jual foto online yang bisa Sedulur gunakan. Shutterstock, iStockphoto.com, dan masih banyak lagi.

Catatan penting, supaya foto Sedulur cepat terjual, sebaiknya maksimalkan dulu foto Sedulur. Misalnya dengan menjual foto yang banyak dicari, seperti foto tanaman untuk dipasang sebagai foto cover blog.

Lalu manfaatkan dan kuasai teknik aplikasi edit foto supaya hasil yang didapatkan lebih cantik dan menarik perhatian audiens. Kalau sudah, Sedulur tinggal konsisten meng-upload foto agar profesionalisme dan kredibilitas Sedulur meningkat.

Selain foto, video juga bisa menjadi lahan bisnis yang tak kalah menguntungkan lho. Cara dan tipsnya pun tidak berbeda jauh karena banyak platform jual beli foto juga menyediakan kanal untuk bertransaksi jual beli video juga.

BACA JUGA: 20 Ide Jualan Makanan Kekinian Terenak dengan Modal Kecil

Berbisnis tanaman

dekorasi tanaman
Unsplash

Mungkin, ide bisnis online ini terdengar asing. Padahal, ternyata menjual tanaman secara online adalah usaha online yang menguntungkan, lho. Alasannya, banyak tanaman yang tidak tersedia di daerah-daerah tertentu. Sehingga, orang-orang memilih membeli tanaman secara online.

Sama seperti restoran online, sebaiknya Sedulur menggabungkan berbagai platform digital supaya penjualan lebih optimal. Marketplace dengan website, misalnya. Nah dalam kasus ini, website adalah kewajiban. Mengapa?

Saat ini orang-orang tidak sekedar ingin membeli tanaman saja. Namun, mereka juga ingin belajar lebih detail. Seperti varian tanaman, cara merawat, tips mengusir hama, dan banyak lagi.

Kabar gembiranya, website bisa memfasilitasi itu semua. Dengan Sedulur membuat etalase tanaman, sekaligus merilis konten-konten blog yang relevan, tentu pengunjung Sedulur akan lebih terbantu dan tertarik membeli.

Menjual jasa penulisan

Ide jualan online
Freepik

Kalau Sedulur suka menulis, manfaatkan kemampuan tersebut menjadi ide bisnis online. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang memakai jasa penulisan demi mendapat tulisan berkualitas sesuai kebutuhan mereka. Mulai dari deskripsi produk, artikel blog, press release, dsb.

Namun sebelum menawarkan jasa secara profesional, pahami dulu jenis-jenis kepenulisan seperti content writing untuk keperluan blog atau website, copywriting untuk kebutuhan promosi produk, sampai UX writing yang bertujuan untuk menstimulasi seseorang agar mau berinteraksi dengan sistem.

Jualan cookies

Cookies
Live Well Bake Often

Salah satu ide jualan online makanan yang cukup laris adalah usaha kue kering atau cookies. Pada dasarnya, kue kering ini sangat laku ketika ada waktu tertentu seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri, Natal, Imlek, dan lain-lain. Fungsi kue kering sendiri kebanyakan untuk menyambut tamu yang datang pada hari-hari spesial tersebut.

Namun, diluar hari atau perayaan besar, kue kering juga bisa dijadikan kado untuk teman atau kolega yang sedang merayakan hari bahagianya. Jadi Sedulur bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis.

Dalam menjalankan bisnis ini, Sedulur bisa membuat kue kering sendiri atau bekerja sama menjadi agen kue. Untuk sistem penjualannya bisa melalui media sosial atau marketplace. Sebelum menjualnya, lebih baik Sedulur cicipi dulu sedikit sebagai tester. Sebab, orang-orang cenderung memilih kue yang rasanya enak daripada harganya murah.

Jualan snack kering

Keripik balado
Fimela

Aneka keripik merupakan salah satu makanan ringan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Sedulur bisa mencoba makanan yang satu ini sebagai ide jualan makanan online yang laris di pasaran.

Baca juga  Wajib Coba! 15+ Cara Menabung yang Mudah dan Efektif

Dengan banyaknya jenis sumber makanan di Indonesia membuat variasi rasa keripik sangat berwarna. Jika dulu hanya ada jenis singkong, kentang, dan pisang, kini ditambah lagi dengan buah, sayuran, dan masih banyak lagi.

Untuk menjual aneka keripik ini bisa dilakukan melalui pembuatan sendiri atau menjadi agen penjualnya. Sedulur bisa menambahkan rasa atau bumbu tambahan dan dikemas ulang sesuai nama usahamu. Sistem penjualannya pun jauh lebih praktis melalui media sosial dan marketplace sehingga tidak perlu menyewa kios.

Berbisnis rice bowl

Ide jualan online
Kaskus

Rice bowl dikemas praktis dan sederhana, dimana dikemas dalam sebuah paper cup atau paper box kecil yang cukup untuk satu porsi nasi dan lauk atau lauk dan sayur. Contoh varian kondimen rice bowl yang bisa Sedulur jadikan menu rice bowl adalah ayam fillet crispy sambal matah, beef yakiniku, ayam saus teriyaki, telur sambal, tumis cumi asin, rendang daging, dan udang crispy saus teriyaki.

Walaupun cukup ribet, namun berbisnis rice bowl sedang sangat trend lho. Dan ini menjadi ide jualan online makanan kekinian yang patut dicoba karena memberikan banyak keuntungan.

Jualan jasa desain grafis

Desain grafis
Unsplash

Punya bakat di bidang seni dan desain? Coba peruntungan dengan melamar sebagai graphic desain freelance. Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis yang akan bertanggung jawab dalam membuat dan merancang visual branding. Bidang pekerjaan Sedulur meliputi logo, postingan media sosial, infografis, dan lain sebagainya.

Ide bisnis online kreatif ini cocok banget untuk siapa pun karena tidak mengharuskan adanya gelar pendidikan. Namun, bukan berarti Sedulur tidak perlu mengasah kemampuan desain Sedulur. Jangan ragu untuk mengikuti kursus online atau membaca buku desain gratis. Miliki juga komputer yang bagus, drawing tablet (tablet khusus gambar), dan software desain grafis, seperti Adobe Creative Cloud.

Lingkup pekerjaan graphic designer cukup kompetitif. Jadi, pastikan Sedulur punya portofolio yang memiliki ciri khas. Untuk mendapatkan gambaran, Sedulur bisa berkunjung ke website portofolio seperti Rafael Kfouri.

BACA JUGA: 10 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

Tips sukses berbisnis online

Super Agen
Aplikasi Super

Agar bisa mengeksekusi ide bisnis online untuk pemula dengan tepat, maka Sedulur perlu memperhatikan beberapa faktor dalam berbisnis. Hal ini penting dilakukan agar kendala seperti salah target pasar, jualan tidak laku, hingga akhirnya merugi bisa dihindari.

Berikut ini beberapa tips agar Sedulur bisa sukses dalam menjalankan ide jualan online di era digital.

Langkah ini harus dilakukan bersamaan ketika Sedulur sedang memilih ide bisnis online yang akan dijalankan. Dengan demikian, Sedulur pun bisa memperkirakan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan dan keuntungan yang akan didapat.

Produk atau jasa yang Sedulur tawarkan harus mampu mengatasi masalah yang ada di pasar saat ini. Silakan baca artikel kami tentang produk jualan online terlaris jika Sedulur ingin menjual produk, atau rekomendasi situs freelance jika Sedulur ingin menawarkan jasa.

  • Tentukan harga yang tepat

Apa pun yang Sedulur tawarkan dalam ide bisnis online Sedulur, langkah ini menjadi salah satu cara bisnis online yang paling utama. Jangan tetapkan harga yang terlalu mahal karena mungkin nanti tidak ada yang mau membeli produk Sedulur, dan pastikan juga harganya tidak terlalu murah agar bisa tetap mendapat untung.

Lakukan perhitungan antara biaya yang Sedulur keluarkan untuk modal dan produksi, lalu tetapkan harga yang menurut Sedulur pantas. Jangan lupa juga untuk memberikan kualitas yang sepadan untuk harga yang Sedulur tentukan.

Pasca penentuan model bisnis dan media pemasarannya, Sedulur bisa melakukan proses promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang dapat dilakukan baik berbayar atau gratis. Namun, karena ini merupakan usaha yang berangkat dengan harapan modal seminimal mungkin, maka Sedulur bisa memaksimalkan promosi lewat media sosial yang gratis.

Demikian tadi ide jualan online terbaik di tahun 2022 ini yang bisa Sedulur coba. Semoga inspirasi ide dan tips memulai bisnis di atas bisa membantu Sedulur mendapatkan keuntungan yang melimpah ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org