hubungan internasional

Hubungan Internasional: Pengertian, Tujuan dan Manfaat


Hubungan internasional adalah hubungan antar bangsa dan interaksinya dengan kelompok tertentu seperti organisasi internasional, birokrasi, partai politik, dan berbagai kelompok kepentingan lainnya. Dalam pengertian lain, hubungan internasional atau hubungan Internasional adalah interaksi antar negara yang berlangsung secara bilateral, regional atau multilateral, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ingin tahu lebih banyak tentang pengertian hubungan internasional, tujuan dan manfaatnya? Lihat ikhtisar berikut.

BACA JUGA: Pengertian mitigasi beserta tujuannya dan contohnya

Definisi hubungan internasional

foto deposit

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, pengertian hubungan internasional secara umum adalah hubungan bangsa-bangsa satu sama lain, serta interaksinya dengan kelompok-kelompok tertentu, seperti organisasi internasional, birokrasi, partai politik, dan berbagai kelompok kepentingan lainnya.

Kutipan dari Situs web University of Wisconsin-Madison, Hubungan Internasional juga dapat merujuk pada penelitian yang berfokus pada studi tentang berbagai interaksi di ranah internasional, perilaku lintas batas negara, dan berbagai lembaga terkait (swasta, publik, non-pemerintah, dan antar pemerintah). . ).

Tentu saja, ada beberapa aktor dalam hubungan yang kompleks ini. Subyek hubungan internasional dibagi menjadi dua mata pelajaran: negara dan non-negara.

  • aktor negara – Negara yang memiliki orang, wilayah, pemerintahan yang kompeten dan memiliki kemampuan untuk bergabung dengan asosiasi tingkat internasional.
  • Aktor non-negara – Organisasi antar pemerintah internasional (PBB), organisasi antar pemerintah internasional (Uni Eropa), organisasi nirlaba internasional (Greenpeace, World Wildlife Fund, dll.), perusahaan transnasional (Microsoft, Google, HSBC, Unilever, dll.), serta sebagai orang pribadi. .

BACA JUGA: Pengertian negara beserta unsur-unsurnya, tujuan, fungsi dan bentuknya

Pengertian hubungan internasional menurut para ahli

Hubungan Internasional
BBC

1. Prof. dr. Mokhtar Mas’oed

prof. dr. Mokhtar Mas’oyed adalah salah satu ilmuwan di Universitas Gajah Mada dan memiliki pengaruh besar dalam penelitiannya. Hubungan Internasional di Indonesia. Dalam bukunya yang berjudul Hubungan Internasional: Disiplin dan Metodologidia menjelaskan bahwa hubungan Internasional itu adalah hubungan yang kompleks antara negara-negara berdaulat. Dimana pada akhirnya hubungan tersebut akan membutuhkan mekanisme yang lebih kompleks dibandingkan hubungan antar kelompok pada umumnya.

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri

2. Prof. dr. Tulus Varsito, M.Si

prof. dr. Tulus Varsito, M.Si., Guru Besar Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Menurut dia, Hubungan Internasional adalah studi tentang interaksi kebijakan luar negeri yang berasal dari beberapa belahan dunia.

3. Hans J. Morgenthau

Hans J. Morgenthau adalah seorang ilmuwan politik Jerman-Amerika yang memberikan kontribusi besar dalam penelitian ini. Hubungan Internasional. Menurut dia, hubungan Internasional politik internasional yang melibatkan berbagai aktor dari negara dan non-negara. Politik internasional mencakup analisis hubungan politik ini dan masalah yang muncul antar negara.

4. Robert H. Jackson dan Georg Sorensen

Berdasarkan bukunya yang berisi dasar-dasar ilmu pengetahuan Hubungan Internasional, Pengantar Hubungan Internasional: Teori dan PendekatanRobert H. Jackson dan Georg Sorensen menceritakan bahwa hubungan Internasional merupakan upaya untuk memahami penyebab tidak terjangkaunya nilai-nilai dasar keamanan, kebebasan, ketertiban, keadilan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

BACA JUGA: Otonomi daerah: pengertian, tujuan, asas dan asas

Tujuan hubungan internasional

Hubungan Internasional
foto deposit

Nah, setelah mengetahui pengertian hubungan internasional secara umum, serta beberapa definisi yang dibuat oleh para ahli, sekarang kita akan membahas beberapa tugasnya.

  • Membuka peluang kerjasama di bidang ekspor-impor.
  • Meningkatkan hubungan ekonomi bilateral, regional dan multilateral.
  • Mewujudkan keadilan dan kemakmuran bagi semua orang di dunia, tanpa memandang asal negara.
  • Merangsang pertumbuhan ekonomi masing-masing negara yang terlibat dalam hubungan tersebut.
  • Menjalin dan memperkuat kerjasama di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.
  • Untuk menciptakan rasa saling pengertian antar negara dan untuk memperkuat dan memelihara perdamaian internasional.
  • Untuk memenuhi kebutuhan warganya.

BACA JUGA: Pengertian analisis menurut para ahli, fungsi dan tugasnya

Manfaat Hubungan Internasional

foto deposit

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari hubungan antara negara-negara tersebut.

  • Keuntungan ideologis Untuk mendukung kelangsungan hidup negara-negara berdaulat di dunia.
  • Keuntungan politik – Menyelenggarakan berbagai kursus politik luar negeri. Politik luar negeri ini digunakan untuk pembangunan nasional.
  • Manfaat Ekonomi – Mempercepat pembangunan ekonomi nasional dan internasional.
  • Manfaat sosial dan budaya – Mendidik dan mengembangkan nilai-nilai sosial budaya bangsa. Mencegah ancaman, tantangan, hambatan, keresahan dan kejahatan internasional terhadap identitas nasional yang tercermin dari segi sosial dan budaya.
  • Manfaat Perdamaian dan Keamanan Internasional – Memelihara dan memulihkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas internasional.
  • Manfaat bagi seseorang – Mencegah dan mengelola berbagai bentuk bencana demi kelangsungan hidup umat manusia di seluruh dunia.
Baca juga  10 Potret Atreya Anak Pertama Iko Uwais dan Audy Item

Sarana yang digunakan untuk hubungan internasional

foto deposit

Dalam hubungan internasional digunakan beberapa cara yaitu diplomasi, propaganda, ekonomi, sosial budaya dan kekuatan militer.

Contoh hubungan internasional

Sekretariat Kabinet

Contoh hubungan antar negara yang tergolong bilateral adalah kerjasama Arab Saudi dan Indonesia dalam mendapatkan kuota haji dan umrah setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Hal tersebut di atas merupakan gambaran singkat tentang hubungan internasional, mulai dari pengertian, tujuan dan manfaatnya. Semoga artikel ini menambah pemahaman dan pengetahuan umum tentang Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org