hp tercebur air

Cara Tepat Mengatasi HP yang Tercebur Air dengan Efektif


Jika ponsel sedulur terkena air, biasanya terjadi masalah, seperti ponsel mati bahkan tidak mengisi daya. Jika hal ini terjadi, Sedulur tidak perlu khawatir karena Sedulur dapat menangani sendiri ponselnya yang terkena air.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Apa pun? Mari kita lihat cara mengatasi ponsel yang terkena air, apa yang harus dilakukan.

BACA JUGA: 5 Cara Mengubah Foto Menjadi 3×4 Online

1. Segera angkat ponsel dari air.

Foto setoran

Cara pertama mengatasi handphone terkena air, solusi pertama adalah segera angkat handphone dari air. Karena semakin lama ponsel berada di dalam air, semakin banyak air yang masuk ke dalam dan menyebabkan kerusakan pada ponsel. Di sisi lain, jika ponsel yang jatuh ke air diselamatkan, maka kemungkinan besar akan beres dan masih bisa diselamatkan.

2. Matikan ponsel Anda

Kumpulkan Teknologi

Cara mengatasi air masuk ke kamera handphone adalah dengan mematikan handphone terlebih dahulu. Kemudian letakkan ponsel Anda di permukaan yang rata. Arahkan lensa kamera ponsel ke atas atau letakkan lensa kamera ponsel ke atas dengan memiringkan ponsel. Langkah selanjutnya adalah menyinari kamera sampai air di kamera hilang.

3. Jangan menekan tombol sembarangan

telepon jatuh ke air
Pendidikan Kang

Cara mengatasi handphone yang terendam namun masih hidup adalah dengan tidak menekan tombol handphone sembarangan. Karena menekan tombol secara sembarangan justru menyebabkan lebih banyak air yang masuk melalui celah tombol. Namun, jika ponsel Sedulur memiliki layar sentuh, cara ini tidak terlalu berlaku. Tapi tetap saja, Sedulur, perlu diketahui bahwa sementara ponsel Sedulur tahu bahwa ponsel modern masih memiliki tombol seperti tombol power dan juga tombol volume.

4. Jangan goyangkan ponsel Anda sepanjang waktu

fimela

Kesalahan banyak orang saat memegang ponsel di dalam air adalah mereka terus-menerus menggoyang ponsel untuk mengeluarkan air dari ponsel dengan cepat. Namun, hal ini justru akan memperparah kerusakan pada ponsel karena lebih banyak air yang bisa masuk ke peralatan. Jadi saudara-saudara, jangan sekali-kali menggoyangkan ponsel Anda terus menerus setelah terendam air.

Baca juga  Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampusmu?

BACA JUGA: Cara membuat karangan bunga pembuka yang menarik, ringan dan sederhana

5. Jangan jemur ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung.

Tak hanya air, ternyata ponsel juga tidak ramah dengan sinar matahari. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menjemur ponsel yang terkena air di bawah sinar matahari langsung, karena dapat merusak komponen ponsel. Panas matahari juga dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas, sehingga merusak perangkat kerasnya.

6. Hindari menggunakan pengering rambut

Saat ponsel terkena air, jangan pernah menggunakan pengering untuk mengeringkannya. Hal ini karena pengering rambut memiliki efek yang sama dengan sinar matahari, yang justru dapat merusak ponsel. Selain itu, panas pada pengering rambut juga dapat dengan cepat meningkatkan suhu komponen kelistrikan ponsel, yang akan memperparah kerusakan pada ponsel.

7. Rendam ponsel Anda dalam beras.

Unggah

cara mengatasi hp masuk air dengan nasi adalah salah satu alternatif yang cukup efektif lho, sedulur. Merendam ponsel dalam beras bertujuan agar ponsel benar-benar kering karena beras memiliki efek termal dan menyerap cairan dengan baik. Sedulur bisa menggunakan baskom atau tempat lain untuk merendam handphone di dalam beras. Saudara-saudara harus memperhatikan bahwa ponsel harus benar-benar tenggelam dalam rasa dan dalam waktu 24-48 jam.

8. Gunakan gel silika

Biasanya ada beberapa bungkus kecil silika gel di dalam kotak sepatu, yang berfungsi sebagai pengering dan menyerap kelembapan. Sedulur kini bisa digunakan saat ponsel terkena air. Cara mengatasi ponsel yang terkena air dengan silika gel sangat sederhana. Yaitu, menggunakan kantong plastik atau mangkuk berisi ponsel serta silika gel, dan menunggu hingga 3 hari untuk memastikan semua kelembaban dari ponsel hilang.

Baca juga  10 Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache di Windows 10 Lebih Cepat dan Tidak Lebih Lambat

9. Gunakan penyedot debu USB

Terkadang handphone yang kebanjiran air masih bisa menyala, namun ada beberapa kendala seperti tidak bisa di charge. Nah cara mengatasi kemasukan air hp tidak bisa di charge, dslsh dstunys menggunakan usb vacuum cleaner. Penggunaan penyedot debu ini bertujuan untuk mengeluarkan air dari ponsel. Namun, Sedulur harus melepas komponen ponsel seperti kartu SIM dan micro SD.

Cara memperbaiki speaker ponsel yang terkena air

Saat air masuk ke ponsel, bagian lain tentu juga rentan dan sensitif, yang pada akhirnya merusak speaker. Padahal speaker sendiri merupakan komponen penting karena berfungsi untuk mendengarkan suara. Nah, berikut ini cara mengatasi speaker handphone yang terkena air.

  1. Periksa volume speaker hp
  2. Bersihkan speaker ponsel Anda dari debu dan embun
  3. Segera keringkan speaker ponsel (Beras bisa digunakan)
  4. Periksa suara speaker ponsel lagi
  5. Bawa ponsel ke pusat layanan jika masalah terus berlanjut. Jangan lupa untuk membawa kartu garansi Anda jika ponsel Anda masih dalam garansi.

BACA JUGA: Cara Memblokir Situs Web dengan Mudah dan Mudah di Chrome

Apa yang tidak boleh dilakukan jika ponsel Anda terkena air

Selain cara mengatasi ponsel yang terkena air yang disebutkan di atas, sedulur juga perlu memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ponsel terkena air atau terendam air. Apa pun? Yuk simak rangkuman selanjutnya!

  • Jangan nyalakan telepon Anda. Komponen listrik tidak kompatibel dengan air selama operasi.
  • Juga, jangan memasang komponen ponsel untuk menghindari korsleting.
  • Jangan menekan tombol apapun. Ini dapat mendorong air lebih dalam ke telepon.
  • Jangan meniup ke dalam perangkat. Itu juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama cobalah untuk menghindari pengering rambut.
  • Jangan panaskan telepon Saudara-saudara harus ingat bahwa panas yang berlebihan juga dapat merusak telepon.
  • Jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel
Baca juga  22 Peluang Usaha yang Potensial dan Menguntungkan

Berikut cara mengatasi hp tenggelam dengan baterai mati, apa yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, Sedulur juga harus memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan, seperti menggoyang-goyangkan ponsel secara terus menerus. Jika masih ada masalah pada ponsel, segera bawa ke service center agar kondisi ponsel bisa kembali normal.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org