20 Cara Menghilangkan Mata Panda, Bisa Dicoba Sendiri!

Yuk! Cari Tahu Harga Ginjal Manusia dan Prosedur Transplantasi


Semua orang sudah tahu bahwa ginjal adalah organ terpenting bagi seseorang. Tapi penasaran Tidak ada Berapa banyak harga ginjal manusia?

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini, yang menjelaskan tentang prosedur transplantasi.

Ringkasan:

  • Ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh manusia memiliki harga yang sangat fantastis, apalagi jika diperlukan transplantasi.
  • Proses transplantasi tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang karena ada beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Pelajari apa itu organ ginjal

Ginjal adalah organ dalam tubuh manusia yang dapat menyaring hingga 200 liter cairan setiap hari.

organ tunggal ini membantu membuang limbah yang meninggalkan tubuh dalam bentuk air seni. Karena itu, perannya sangat penting bagi tubuh manusia.

Biasanya setiap orang memiliki dua ginjal. Namun ada juga yang hanya memiliki satu ginjal karena keadaan tertentu.

Fungsi ginjal bagi tubuh

Ginjal melakukan fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Ginjal mengandung zat yang dapat mengatur keseimbangan asam basa dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa fungsi ginjal:

  • Saring dan buang limbah
  • Mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Sebagai tempat produksi sel darah merah
  • Untuk pengaturan tekanan darah
  • Aktifkan Vitamin D untuk Tulang dan Gigi yang Sehat
  • Menghasilkan glukosa ketika tidak ada cukup gula dalam darah
  • Membantu mengontrol keseimbangan pH darah

[Baca Juga: PENTING! Yuk, Ketahui Biaya Cuci Darah di Indonesia]

Harga ginjal manusia

Perannya sangat penting untuk dilakukan oleh seseorang ginjal menjadi organ harganya cukup mahal. Alasannya beragam.

Mengutip dari situs ginjal.orgsetidaknya pada tahun 2014 Amerika yang meninggal saat menunggu transplantasi ginjal.

Sementara itu, 3.668 orang lainnya dicoret karena terlalu sakit untuk menerima transplantasi ginjal.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memilih pasar gelap untuk mendapatkan ginjal guna menyelamatkan nyawanya di dunia ini.

Berdasarkan laporan dari Integritas Keuangan Global pada tahun 2017, perdagangan organ ilegal dapat menghasilkan antara US$840 juta dan US$1,7 miliar per tahun.

Setidaknya jika Anda bisa menjaga kesehatan dan kebersihan organ Anda, Anda bisa mendapatkannya. 45 juta dollar AS atau sekitar Rp 633 miliar.. Nilai yang fantastis!

Adapun pendapatan tahunan dari penjualan ginjal, harga ginjal manusia saja di pasaran bisa mencapai Antara $50.000 dan $120.000 per buah.

Setiap tahun, 7.995 ginjal manusia dijual di pasar gelap global. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan ginjal secara legal dan tidak melanggar hukum.

Kualitas ginjal yang lebih baik setidaknya dapat diapresiasi 1 juta dolar AS atau setara dengan 14 miliar rupiah. Sungguh harga yang fantastis!

Sedangkan untuk harga ginjal manusia dengan kualitas nomor dua bisa mencapai harga Rp US$557.000 atau setara dengan Rp 7,8 miliar.

Kondisi untuk transplantasi ginjal

Untuk dapat melakukan transplantasi ginjal, ada beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi. Artinya tidak bisa sembarangan, siapapun bisa melakukannya.

Transplantasi ginjal sendiri merupakan langkah terakhir yang dilakukan seseorang jika ginjalnya rusak. Ini memang menjadi dilema.

Transplantasi ginjal sendiri terbagi menjadi dua kategori mengikuti:

  • Transplantasi ginjal donor hidup: Transplantasi dilakukan bila salah satu ginjal donor masih hidup.
  • Transplantasi ginjal donor yang sudah meninggal: Transplantasi ginjal yang dilakukan oleh donor yang baru saja meninggal. Namun atas izin keluarga atau keinginan pendonor semasa hidupnya.

Ada beberapa syarat transplantasi ginjal yang harus dipenuhi seseorang, antara lain:

#1 Di bawah 70-an

Seseorang akan mendapatkan transplantasi ginjal tidak boleh lebih tua dari 70 tahun. Artinya ia harus dalam keadaan usia produktif.

Biasanya, jika pasien berusia lanjut, ia hanya akan mendapat rekomendasi cuci darah rutin.

#2 Faktor Kompatibilitas Ginjal

Ginjal untuk transplantasi harus dan harus cocok untuk penerima. Mulai dari darah, jaringan, dll.

Sangat mungkin dalam dunia medis bahwa meskipun mereka adalah anggota keluarga, tidak ada kecocokan ginjal.

Oleh karena itu, sebelum melakukan transplantasi, pendonor dan resipien diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan jaringan, dan pemeriksaan kecocokan darah.

#3 Donor dalam keadaan sehat

Diperlukan donor untuk transplantasi ginjal dalam keadaan sehat dan tidak sakit. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko bahaya terhadap dirinya.

Karena itu, kesehatan pendonor biasanya dipantau. Dia tidak boleh minum alkohol.

Prosedur donasi ginjal yang sah

Meskipun ada banyak praktik penjualan ginjal ilegal, Anda sebenarnya bisa mendapatkannya secara legal. mengapa.

Berdasarkan detikcomDirektur RSCM CH Soejono menjelaskan bagaimana proses donor ginjal tidak melanggar hukum.

“Awalnya screening ditangani oleh tim advokasi transplantasi ginjal. Jadi, pendonor masuk ke ruangan/ruangan dan calon pendonor melakukan percakapan dengan psikiater forensik,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk proses selanjutnya, yakni untuk diperiksa, benar-benar ditentukan apakah sudah dewasa atau belum.

Kemudian, dengan adanya bukti hukum yang kuat, diuji apakah ia secara emosional, intelektual, dan kognitif mampu mengambil keputusan sendiri dan bebas dari tekanan.

“Interogasi ini hanya bisa dilakukan oleh ahli psikiatri forensik. Ini harus dilakukan. Yang ditanyakan memang bagian dari profesionalisme. Prosedur dilakukan dengan baik. Kemudian juga perlu diketahui fungsi eksekutif calon donor potensial. Apakah dia memiliki kesempatan untuk menganalisis bahwa dia benar-benar membuat keputusan untuk dirinya sendiri, ”jelasnya.

Setelah operasi, pendonor harus menjalani kehidupan normal. Misalnya, jika seseorang setelah mendonorkan ginjalnya, bagaimana dia kemudian hidup.

“Tentu saja, ada teknik yang memungkinkan Anda mendapatkan jawaban dari calon donor. Kami juga melakukan pelacakan jangka panjang, riwayat, dan lainnya. Ada cara khusus untuk melindungi calon donatur agar tidak mempengaruhi yang tidak baik, ”ujarnya.

“Setelah akuisisi nilai pada pengetahuannya, pada kemampuannya untuk mengambil keputusan, dan kemudian masuk ke dalam pentahbisan medis, apakah orang tersebut sehat, dan kemudian jaringannya korespondensi. Jika kedua proses ini terjadi dan membersihkan Mei baru. Jadi ramai sekali,” imbuhnya.

Jadi, pendonor yang datang ke meja operasi bersih sempurna, tidak masalah. Sedangkan untuk RSCM sendiri, biaya operasi ginjal sekitar Rp 300 juta.

RSCM memastikan operasi ginjal yang dilakukan di RSCM sepenuhnya legal. Sejak 2009, 200 operasi ginjal telah dilakukan di RCCM. Semuanya dijamin legal.

[Baca Juga: Terbaru! Biaya Operasi Caesar di Indonesia, Plus Persiapannya]

Lindungi kesehatan Anda dari pengeluaran yang membengkak

Teman keuangan saya, sekarang Anda tahu Baikjika kesehatan itu mahal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Namun sebagai manusia biasa, tentunya ada resiko hidup yang bisa kita hadapi, terutama dalam hal kesehatan.

Jadi, selain menjaga kondisi tubuh tetap prima, kita juga perlu mengantisipasinya dengan melakukan proteksi diri seperti asuransi kesehatan.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi dengan produk yang beragam. Mungkin kita bingung untuk memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Jadi teman-teman finansial saya bisa gali dulu link-linknya e-book keuangan saya Anti pusing Memikirkan biaya jika sakit.

Tapi, jika ingin pembahasan detail dengan ahlinya, bisa konsultasi langsung dengan perencana keuangan Omong-omong, keuangan saya klik spanduk dibawah untuk membuat janji.

Semoga informasi kali ini bermanfaat. Kalau kamu punya informasi lebih lanjut tentang transplantasi ginjal, yuk share di kolom komentar di bawah, yuk! Terima kasih.

Editor: Ari A. Santosa

Sumber:

  • kompas.com. 10 Agustus 2022 Berapa harga ginjal manusia? Angkanya fantastis! Kompascom – http://bit.ly/3WxS3Tf
  • Wisnu Prasetio. 29 Januari 2016 Berikut tata cara donor ginjal RSCM yang legal!. Detikkom – https://bit.ly/3ve7h49




https://wvmuseums.org

Baca juga  Analisis Keuangan Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Metodenya