hackathon

Pengertian, Kegiatan dan Contohnya di Indonesia  


Anda yang menyukai pemrograman atau tertarik dengan bidang IT mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah hackathon. Istilah ini juga sering disebut sebagai hackfest atau codefest. Hackathon adalah acara pengembangan perangkat lunak kolaboratif.

Di Indonesia sendiri, hackathon sudah sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Di bawah ini adalah penjelasan tentang apa itu hackathon dan contoh kegiatannya.

BACA JUGA: Pengertian Westernisasi dan Faktornya, Akibat dan Contohnya

Hackathon adalah

pilih bebas

Menurut sebuah postingan dari Hackathon.com, hackathon berarti sebuah acara di mana para ahli berkumpul untuk mencari solusi atas masalah tertentu yang sedang terjadi. Biasanya, hackathon berkisar pada pemrograman komputer serta teknologi informasi. Namun, banyak industri lain yang sekarang mengikuti mereka, seperti hackathon ekonomi, musik, dan lain-lain.

Kata hackathon sendiri berasal dari gabungan dua kata, yaitu “hack” dan “marathon”. Jadi Anda bisa menyebut konsep hackathon sebagai maraton maraton bagi para peretas. Namun, dalam hal ini, peretas yang dimaksud adalah seorang programmer riset.

Acara Hackathon

hackathon
pilih bebas

Kegiatan setiap hackathon tentu berbeda-beda, namun menurut situs Ionos, secara umum kegiatan hackathon adalah sebagai berikut.

1. Pembukaan

Setiap aktivitas dimulai dengan pembukaan, termasuk hackathon. Dalam latihan ini, pihak penyelenggara akan menjelaskan bagaimana acara akan berjalan. Seperti topik pengumuman, hingga jadwal acara.

2. Bengkel

Acara hackathon selanjutnya adalah master class. Pada seminar ini, seluruh peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang topik acara langsung dari para ahlinya.

3. Melempar

Pitching dalam acara ini berarti setiap peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan ide proyek bahkan solusi yang relevan dengan tema hackathon.

3. Buat tim

Dalam kegiatan ini, tim akan terbentuk secara spontan. Ini berarti bahwa setiap peserta harus bekerja dengan orang baru yang tidak mereka kenal sebelumnya. Hal ini tentu saja akan sulit bagi sebagian orang. Untuk itu, kompetisi ini juga akan memiliki sesi membangun pirus.

4. Buat proyek

Setelah tim terbentuk dan diakui dengan baik, langkah selanjutnya dalam kompetisi ini adalah membuat proyek. Pada sesi ini, setiap anggota tim akan mendiskusikan ide dan strategi untuk menyelesaikan proyek yang telah mereka rancang dan kerjakan. Dalam kompetisi ini tentunya seluruh peserta juga akan diberikan waktu untuk makan dan bersujud.

Baca juga  5 Cara Edit PDF Mudah dan Cepat Lewat HP & Laptop

5. Presentasi

Tugas selanjutnya adalah presentasi. Setelah proyek selesai, para peserta akan diberikan waktu untuk berbicara dengan juri dan peserta lainnya. Namun jika peserta terlalu banyak, hackathon ini dapat dijadikan sebagai science fair dimana setiap tim akan memiliki booth masing-masing dan masyarakat umum serta juri dapat mengunjungi booth masing-masing tim. Dalam sesi presentasi ini, setiap tim akan mempresentasikan ide atau solusi untuk memecahkan masalah.

6. Upacara penghargaan

Pada upacara penghargaan, para juri akan mengumumkan siapa yang akan menjadi pemenang hackathon dan menerima hadiah.

BACA JUGA: Mengetahui pengertian sugesti beserta bentuk, jenis dan contohnya

Hackathon Indonesia 2022

hackathon
pilih bebas

Ternyata banyak hackathon yang diadakan di Indonesia lho, di Sedulur. Di bawah ini adalah daftar beberapa event hackathon di Indonesia.

Best Friends Hackathon 2022

berita bayi

Salah satu contoh acara hackathon yang diadakan tahun ini adalah hackathon Sahabat Ganjar. Kompetisi yang diprakarsai oleh para relawan Sahabat Ganjar ini mengangkat tema “Mewujudkan dan memberdayakan Indonesia, peran mahasiswa dalam pembangunan Indonesia melalui aplikasi mobile yang inovatif”.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk melahirkan generasi muda yang kreatif sekaligus start-up teknologi sehingga dapat memajukan dan mengembangkan masa depan negara Indonesia.

Acara ini berlangsung pada tanggal 8 Mei 2022 dan dirancang khusus untuk siswa yang tinggal di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini gratis atau gratis dan pemenang akan menerima hadiah uang tunai sebesar Rs 22.500.000 serta laptop.

Technoconnect Hackathon 2022 (Universitas Brawijaya)

ub.ac.id

Hackathon yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya ini berlangsung kemarin pada Maret 2022. Universitas Brawijaya telah bermitra dengan Nanovest, pasar investasi yang didedikasikan untuk membeli dan menjual saham dan aset kripto di Indonesia.

Balapan dikelompokkan menjadi dua kategori: “Bug Bounty” dan “Inovasi dengan Cara Anda!”. Program “Bug Bounty” adalah program untuk menemukan bug dalam aplikasi untuk investasi dan aset kripto Nanovest. Adapun “Inovasi dengan cara Anda!” adalah program yang menceritakan tentang inovasi yang dapat ditawarkan oleh para kontestan kepada Nanovest. Program ini bertema “Bagaimana UI/UX dapat meningkatkan platform investasi”. Dalam kompetisi ini, pemenang akan mendapatkan hadiah hingga Rp 100 juta.

Baca juga  Jesse Choi dan Sumber Kekayaannya yang Nggak Main Main!

BNI Hackathon Festival 2021

Jawa Timur

Di masa pandemi Covid-19 2019, BNI (Bank Negara Indonesia) bekerjasama dengan Statrup Singo Edan Malang (STASTION) menyelenggarakan BNI Hackathon Festival 2021. Acara ini digelar secara virtual atau online untuk memberdayakan digital talent di Indonesia, khususnya mereka yang di wilayah Malang, tujuannya adalah untuk mengembangkan ekosistem digital Indonesia agar lebih siap.

Dalam hackathon ini, para peserta akan berlomba membuat aplikasi atau program dengan kategori sebagai berikut:

  • kota Pintar
  • Teknologi kesehatan
  • permainan
  • Keputusan keuangan
  • Pertanian
  • Periklanan Pemasaran

Para peserta yang mengikuti acara ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga profesional startup. Juara 1 lomba ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 30.000.000, Juara 2 mendapat Rs. 20.000.000 dan pemenang tempat ke-3 mendapat Rs. 10.000.000.

Indonesia Forward Hackfast 2020

Postingan

Komunitas Flutter Indonesia bermitra dengan Google Developers untuk menyelenggarakan hackathon online di Indonesia pada Agustus 2020. Acara ini diadakan untuk mempertemukan para developer dan inovator terbaik dari seluruh Indonesia. Mahasiswa, pakar, dan penggemar teknologi didorong untuk berpartisipasi dalam Maju Hackfest Indonesia 2020 agar mereka dapat menciptakan solusi yang efektif menggunakan teknologi Google.

Acara ini diadakan selama 3 minggu dan hanya terfokus pada 3 bidang saja yaitu pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Untuk pemenang, Juara 1 akan mendapatkan $500, Juara 2 $350, dan Juara 3 $150.

BACA JUGA: Ketahui definisi chamomile, tujuan dan dampaknya

Menarik tentang hackathon

pilih bebas

Lomba ini cukup populer di kalangan programmer karena memiliki sisi yang menarik. Berikut penjelasannya.

  • Dalam kompetisi ini, orang-orang bisa berkumpul untuk berkarya
  • Anggota memiliki kebebasan untuk bekerja dengan siapa pun dan dengan strategi apa pun
  • Acara ini memberikan pengalaman yang membebaskan, santai, dan bersahabat bagi para peserta untuk menciptakan rasa kebersamaan di antara orang-orang yang memiliki nilai dan pemikiran yang sama.
Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA

Mengapa ikut serta dalam hackathon?

pilih bebas

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Sedulur harus mengikuti hackathon.

Cara belajar yang unik dan menarik

Kompetisi hackathon berbeda dengan pekerjaan rutin seorang coder tanpa mengetahui gambaran besarnya. Pada hackathon, Sedulur akan berpartisipasi di bidang yang mereka sukai dan Sedulur juga akan memiliki kebebasan untuk bekerja. Untuk itu, Sedulur akan mampu mengembangkan kapabilitas di bidang teknologi, khususnya di bidang pemrograman.

Dapatkan jaringan yang intens dengan orang yang tepat

Dengan menonton kegiatan ini, Sedulur berkesempatan bertemu dengan orang-orang yang ahli di bidang programming dan IT. Melalui kegiatan ini, Sedulur bisa belajar tentang metode programming lainnya, lowongan pekerjaan, atau mengetahui lebih banyak tentang event hackathon lainnya.

Hadiah dan prestasi

Jika berhasil memenangkan kompetisi ini, Sedulur akan mendapatkan hadiah yang cukup fantastis lho, mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Penyelenggara biasanya tidak hanya menyediakan uang tunai, tetapi juga seperangkat alat teknologi agar dapat menjalin kerjasama dengan pihak yang mensponsori acara tersebut.

Tingkatkan VK

Menambahkan sertifikat kompetisi hackathon akan membuat Sedulur jauh lebih baik daripada pelamar kerja lainnya. Dengan adanya sertifikat kompetisi, HRD akan lebih tertarik untuk mempekerjakan Sedulur sebagai karyawannya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian hackakton, serta contoh kegiatannyaackathon data adalah kompetisi pemrograman yang berlangsung selama beberapa hari. Kompetisi ini sangat bermanfaat bagi saudara-saudara yang berminat di bidang IT.

Ingin menghabiskan waktu sebulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org