Raja Cemilan, Favorit Orang Jatim!

Raja Cemilan, Favorit Orang Jatim!


Salah satu makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan untuk mencoba Sedulur adalah getuk pisang. Hidangan ini sering disebut sebagai jajanan rajanya Jawa Timur karena rasanya yang enak dan unik.

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini memiliki karakter yang halal dengan rasa manis yang dominan. Namun, ada juga yang menjadikan gethuk pisang sebagai daftar makanan yang wajib dicoba sepanjang hidup. Apa ini? Mari simak ulasan selanjutnya.

BACA JUGA: 18 Bakso Surabaya Enak yang Wajib Kamu Coba!

Sejarah getuk pisang

EndeusTV

Makanan tradisional asal Kediri ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Padahal, gethuk telah menjadi penyelamat bagi masyarakat Indonesia saat mengalami krisis pangan di masa lalu.

Dalam beberapa arsip yang dilansir Kediripedia, jejak pembuatan getuk pisang pertama kali ditemukan pada masa penjajahan Jepang yang berlangsung pada tahun 1940-an. Saat itu, masyarakat benar-benar tidak bahagia dan mengalami kondisi kelaparan yang sangat menyengsarakan.

Namun, ribuan pisang raja yang tumbuh di sepanjang Sungai Brantas menjadi anugerah bagi masyarakat saat itu. Kemudian mereka mencoba mengukus pisang seukuran pisang besar. Alhasil, adonan pisang kukus ini rasanya luar biasa dan bisa menjadi pengganti makanan bagi orang yang lapar.

Sejak saat itu, ghetkhuk pisang terus diproduksi dan lambat laun menjadi makanan tradisional masyarakat Kediri dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Resep ketan mangga untuk cemilan manis di rumah

Getuk rasanya lebih enak

Getuk
Fimela

Transformasi getuk pisang mencapai puncaknya ketika masyarakat Tionghoa asal Kediri mulai mengembangkannya. Makanan ini mulai dimasak lebih baik, sehingga rasanya menjadi lebih enak.

Salah satunya adalah proses pengukusan yang menggunakan daun pisang untuk membuat aroma dan rasa dari makanan ini menjadi lebih kompleks. Tak hanya itu, berkat proses pemasakan yang alami, nilai gizi pisang tetap terjaga dan bermanfaat bagi pelaku diet.

Baca juga  Mengenal Aplikasi Getcontact untuk Deteksi Nomor Orang Lain

BACA JUGA: 20 ide makanan modern terlaris dengan modal kecil

resep getuk pisang

Getuk pisang khas Kediri
Cookies Uminda

Jika Sedulur tertarik untuk membuat makanan khas Jawa Timur yang memiliki warna merah hati, maka ternyata prosesnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan pisang dan gula sebagai bahan utama, serta bahan lainnya berikut ini.

  • 1 sisir potongan pisang matang
  • 25 gram tepung beras
  • 40 gram tepung tapioka
  • 1 sendok teh vanila
  • 6 sdm gula
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Untuk melakukan ini, Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pisang yang sudah dicuci bersih dikupas kulitnya. Proses ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit hingga pisang benar-benar matang.
  • Angkat pisang dan biarkan agak dingin. Kupas kulitnya dan tumbuhkan dengan garpu di atas daging pisang.
  • Masukkan bubur pisang yang telah dihaluskan ke dalam mangkuk besar, campurkan tepung tapioka, tepung beras, gula pasir, vanili dan garam. Uleni hingga semua bahan tercampur rata dan kalis.
  • Siapkan daun pisang yang sudah dikupas, mulai masukkan adonan pisang dan bentuk seperti lontong. Ikat kedua ujungnya atau tusuk dengan tusuk sate. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Siapkan wajan untuk mengukus kue beras pisang. Panaskan dulu, baru masukkan lontong utuh. Masak kembali dengan api sedang selama 45 menit.
  • Setelah selesai, keluarkan getuk lontong pisang dan biarkan dingin. Potong kecil-kecil dan sajian khas Jawa Timur ini siap dihidangkan.

Biasanya, proses pembuatan gethuk pisang bisa memakan waktu lebih lama. Anda tahu, bahkan dengan beberapa metode tradisional, butuh waktu hingga 10 jam untuk mengukus getuka pisang untuk rasa maksimal dan tekstur legal terbaik.

Itulah sejarah singkat getuka pisang dan resep membuatnya di rumah. Semoga informasi ini dapat menghilangkan rasa penasaran Anda terhadap berbagai produk khas Jawa Timur.

Baca juga  Teori Asal Usul Bumi Beserta Penjelasan & Prosesnya

Jika ingin mencari bahan membuat getuk pisang khas Kediri, pastikan untuk berbelanja di aplikasi super. Berbagai macam kebutuhan seperti tepung beras, tepung tapioka, garam dan gula tersedia lengkap. Harganya murah dan terjangkau, jadi Sedulur tidak akan menguras kantong Anda.

aplikasi super Ada juga fitur gratis ongkos kirim yang akan membuat belanja Anda semakin mudah. Jadi cepat dan unduh aplikasinya sekarang!




https://wvmuseums.org