gerbang logika

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Simbolnya


Saudara-saudara yang akrab dengan berbagai topik sistem elektronik mungkin pernah mendengar istilah gerbang logika atau gerbang logika. Ya, gerbang logika merupakan salah satu unsur penyusun sistem elektronika.

gerbang logika sangat penting dalam konteks pesatnya perkembangan teknologi modern. Tanpa itu, sistem elektronik tidak dapat terus melakukan operasi digital.

Oleh karena itu, dalam hal ini Sedulur akan diminta untuk melihat sedikit lebih dalam gerbang logika kombinasi tersebut agar Sedulur memahaminya secara utuh. Yuk, baca reviewnya sampai habis!

BACA JUGA: 60 Puisi Selamat Pagi Lucu, Mengaktifkan Semangat

Memahami Gerbang Logika

foto deposit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gerbang logika merupakan salah satu elemen penting dalam pembentukan suatu sistem elektronik.

Sistem elektronik dapat didefinisikan sebagai sistem elektronik yang saling berhubungan melalui sinyal digital. Sinyal digital diturunkan dari aljabar boolean, operasi logika matematis yang dilakukan pada satu atau lebih digit input biner yang menghasilkan satu output biner.

Sifat sinyal digital yang menggunakan aljabar Boolean ditunjukkan dengan garis putus-putus dan dilambangkan dengan 1 dan 0. Notasi 1 (BENAR) berarti adanya sinyal digital dalam sistem elektronik, dan penunjukan 0 (SALAH) melambangkan kurangnya komunikasi dalam sistem elektronik. Input dan output dari sinyal ini berada pada elemen logika.

Gerbang logika adalah komponen sistem elektronik yang pengoperasiannya berdasarkan prinsip aljabar Boolean. Setiap entri (memasukkan) atau keluaran (KELUAR) berdasarkan tegangan atau arus. Kemudian tegangan diterapkan ke sakelar. Gerbang logika ditemukan di semua sistem elektronik seperti: smartphoneTV, laptop, kulkas, dll.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa gerbang logika adalah saklar dalam suatu sistem elektronik. Berkat sakelar, sistem elektronik dapat digunakan secara optimal.

Baca juga  Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran

BACA JUGA: Pengertian visi dan misi, serta fungsi, manfaat dan perbedaannya

Fungsi gerbang logika

foto deposit

Dari penjelasan di atas, Sedulur mungkin memiliki sedikit gambaran tentang fungsi gerbang logika. gerbang logika berfungsi untuk melakukan operasi logika dasar untuk pembentukan jalur sinyal digital yang saling terintegrasi dan membentuk suatu sistem elektronik.

Agar perangkat elektronik ini berfungsi dengan baik, jalur sinyal digital harus terhubung satu sama lain. Gerbang logika juga menjalankan fungsi pemerintah atau penerjemah perangkat elektronik.

Pembentukan gerbang logika terdiri dari keripik tertanam dalam perangkat elektronik. keping biasanya berisi banyak komponen seperti dioda atau transistor. Nah, itulah elemen logisnya. Ada jutaan elemen logika dalam satu dioda atau transistor, tetapi mereka semua melakukan peran yang berbeda.

BACA JUGA: 40 Contoh Kartu Ucapan Wisuda Yang Mengesankan dan Bermakna

meja kebenaran

foto deposit

Tabel kebenaran adalah tabel yang digunakan untuk menganalisis kebenaran suatu pernyataan. Dalam kasus gerbang logika, tabel kebenaran dapat didefinisikan sebagai tabel yang berisi berbagai kombinasi variabel input (memasukkan), yang menghasilkan keluaran (KELUAR), yang logis menurut operasi aljabar Boolean.

BACA JUGA: Arti Nama Laukhul Mahfudz dan Ciri-cirinya Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Simbol dan jenis gerbang logika

gerbang logika
Logan Thrasher Collins

Dulu kita sama-sama tahu artinya gerbang logikaserta fungsi dan definisi tabel kebenaran. gerbang logika sendiri merupakan salah satu elemen penting dari sistem elektronik. Ini memungkinkan Anda untuk melewatkan dan menganalisis sinyal digital untuk menghubungkan berbagai bagian sistem elektronik atau perangkat elektronik agar berfungsi.

Sebagai penyusun sistem elektronik, gerbang logika memiliki beberapa jenis dan simbol yang melambangkan karakteristiknya masing-masing. Ada jenis contoh gerbang logika AND, OR, AND-NOT, OR-NOT, NOT, XOR, dan XOR. Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang Sedulur.

Baca juga  Catat! Gejala Anxiety, Jenis, dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

BACA JUGA: 1 Cody Berapa buah? Definisi dan konversi satuan matematika

1. Dan

Jenis pertama dari rangkaian gerbang logika adalah gerbang AND. Sebuah gerbang AND harus memiliki dua atau lebih input untuk menghasilkan satu KELUAR. Ada hasil khusus dari KELUAR gerbang jenis ini.

Jika semua atau satu memasukkanadalah bilangan biner 0, maka KELUARitu juga akan mengembalikan bilangan biner 0. Kemudian jika semua input adalah biner 1, maka outputnya akan menjadi biner 1.

2. ATAU

Jenis gerbang logika yang kedua adalah gerbang OR. Seperti gerbang AND, gerbang OR juga membutuhkan dua input untuk menghasilkan satu. KELUAR. Ada hasil khusus dari KELUAR gerbang jenis ini.

Jika semua atau satu memasukkanadalah bilangan biner 1, maka KELUARitu juga akan mengembalikan angka biner 1. Kemudian jika semua input adalah angka biner 0 maka KELUARitu akan mengembalikan angka biner 0.

3. NAND

Jenis gerbang logika yang ketiga adalah gerbang AND-NOT. Gerbang NAND ini merupakan gabungan dari gerbang AND dan gerbang NOT. Oleh karena itu hasilnya KELUAR Hasil dari gerbang NAND adalah kebalikan dari hasil dari gerbang AND.

4. TIDAK

Jenis gerbang logika yang keempat adalah gerbang NOR. Gerbang NOR ini merupakan gabungan dari gerbang OR dan gerbang NOT. Oleh karena itu hasilnya KELUAR Gerbang OR-NOT yang dihasilkan adalah kebalikan dari gerbang OR.

5. TIDAK

Jenis gerbang logika yang berikutnya adalah gerbang NOT. Gerbang ini TIDAK memainkan peran inversi keadaan. Situasi sebaliknya yang dimaksud di sini terjadi ketika memasukkan nilai 1 maka KELUARnilainya akan menjadi 0. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

6. XOR

Jenis gerbang logika yang keenam adalah gerbang XOR. Gerbang logika XOR harus menerima dua atau lebih memasukkan menghasilkan satu KELUAR. Jika sebuah memasukkan berbeda (misalnya: memasukkan A = 1 memasukkan B = 0), maka KELUAR hasilnya harus bilangan biner 1. Di sisi lain, jika memasukkan adalah bilangan biner yang sama, maka akan menghasilkan KELUAR dengan biner 0.

Baca juga  Viral Gadis Cantik Jadi Pengamen Badut, Sampai Mau Diadopsi

7. EKSKLUSIF ATAU

Jenis gerbang logika Hal terakhir yang akan kita lihat adalah gerbang XNOR. Gerbang XNOR ini membutuhkan dua memasukkan keluarkan satu KELUAR. Jika sebuah memasukkan berbeda (misalnya: memasukkan A = 1 memasukkan B = 0), maka KELUAR angka yang dihasilkan harus biner 0. Di sisi lain, jika memasukkan adalah bilangan biner yang sama, maka itu akan kembali KELUAR dengan bilangan biner 1.

Nah, Sedulur, di atas adalah penjelasan tentang gerbang logika. Gambaran di atas melihat definisi, jenis, fungsi, dan simbol terkait. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan tentang dunia elektronik, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org