gas air mata

Apa itu Gas Air Mata? Ini Pengertian Beserta Efeknya


Akhir-akhir ini banyak pembicaraan tentang gas air mata. Meski disebut gas, bahan yang sering digunakan untuk membubarkan kerumunan orang bukan berupa gas melainkan cairan yang bercampur dengan bahan lain hingga membentuk aerosol.

Gas yang juga biasa disebut lachrymator ini termasuk dalam kelompok zat yang dapat mengiritasi selaput lendir mata. Kandungan senyawa kimia di dalamnya juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan dan kondisi lain yang cukup berbahaya.

Jadi apa itu gas air mata? Apa bahaya dan konsekuensi yang mungkin timbul dari paparan gas ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Lacto B: manfaat, dosis, efek samping dan aturan pakai

Apa itu gas air mata?

iStock

Gas air mata adalah senyawa kimia yang dapat mengiritasi selaput lendir mata. Gas ini juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, mengiritasi tenggorokan, mata, dan mulut, serta merusak kesehatan paru-paru dan kulit.

Meski dikenal sebagai gas, gas air mata memiliki bentuk aslinya berupa cairan. Pada suhu kamar, cairan akan bercampur dengan bahan lain membentuk aerosol. Nantinya, gas ini akan disimpan sebagai granat atau aerosol.

Gas ini berukuran sekitar 10 cm berbentuk seperti peluru. Bentuk ini dipilih karena akan mengeluarkan gas air mata melalui ketapel atau pipa. Nah, setelah ditembak dan jatuh, partikel padat akan berhamburan di udara berupa asap putih.

Sebenarnya penggunaan gas ini bisa dipertimbangkan untuk pengendalian huru-hara di Indonesia. Namun, harus ada aturan yang disepakati oleh semua struktur antar industri untuk meminimalkan dampak kesehatan dari orang yang terpapar gas tersebut.

Bahaya gas air mata dalam konsentrasi tinggi

GAS AIR MATA
Keadilan Hukum

Jika seseorang terpapar gas ini dalam konsentrasi tinggi atau di area tertutup, bahayanya sangat besar. Efek ini bisa muncul selama beberapa hari, bahkan berjam-jam, setelah terpapar gas ini.

Baca juga  Sejarah, Pendiri, Kejayaan & Peninggalan

Beberapa bahaya tersebut antara lain:

  1. Luka bakar pada kornea mata.
  2. Peradangan pada kornea mata.
  3. Perdarahan pada kornea mata.
  4. Glaukoma atau kerusakan pada saraf optik.
  5. Pecahnya selaput pelindung mata atau konjungtiva.
  6. Terjadi pseudopterygium atau kornea mata tertutup oleh konjungtiva.
  7. Penglihatan menjadi kabur atau katarak terjadi akibat rusaknya lensa mata.
  8. Gangguan penglihatan yang terus-menerus hingga kebutaan.

BACA JUGA: Kataflam: manfaat, dosis, harga, efek samping dan aturan pakai

Efek gas air mata pada mata

GAS AIR MATA
wanita indonesia

Efek yang dapat terjadi dari gas air mata bisa sangat bervariasi tergantung dari jenis zat dan konsentrasinya. Jenis zat yang umum digunakan seperti chlorobenzylidenemalononitrile (CS), dibenzoxazepine (CR), diphenylaminechlorarsine (DM), chloroacetophenone (CN) dan pepper spray atau getah capsicum.

Efek yang dihasilkan dapat langsung dirasakan dalam hitungan detik, menit, dan dalam beberapa kasus bahkan berhari-hari. Apa efek yang mungkin terjadi? Ini daftarnya.

  1. Penglihatan menjadi kabur.
  2. Mata terasa panas.
  3. Mata merah dan berair.
  4. Mata bengkak dan gatal.
  5. Beberapa mengalami kedutan.
  6. Sulit bernapas.
  7. Sakit tenggorokan.
  8. Gangguan paru.

BACA JUGA: 15 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

Cara mengatasi gas air mata

GAS AIR MATA
IDN Times

Untuk melemahkan efek gas ini, seseorang yang baru saja terpapar zat ini harus melakukan dekontaminasi dengan irigasi. Caranya adalah dengan membilas mata dengan air bersih menggunakan air mineral atau air mengalir.

Metode ini digunakan untuk memastikan tidak ada partikel kimia yang tertinggal di jaringan mata. Selain itu, melepas semua aksesori bekas dan keluar rumah untuk mencari udara segar juga dapat meminimalkan risiko terpapar gas ini.

Demikian informasi mengenai gas air mata, dampak dan bahayanya. Kami harap informasi ini akan membantu Anda memahami dan meningkatkan kesadaran Anda akan kejadian tak terduga di masa mendatang. Hati-hati, oke!

Baca juga  Pengertian Iman Menurut Bahasa & Istilah Beserta Tingkatannya

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org