gaji perawat

Gaji Perawat di Rumah Sakit, Klinik & Puskesmas Indonesia


Berdasarkan peraturan pemerintah, gaji perawat di Indonesia dibagi menjadi dua tingkatan: lulusan D3 dan lulusan sarjana keperawatan. Gaji perawat spesialis sendiri ditentukan berdasarkan lingkup profesi yang ditekuninya. Denominasi juga bervariasi tergantung pada rumah sakit atau klinik tempat perawat bekerja.

Bagi Anda yang bertanya-tanya berapa gaji perawat tertinggi di Indonesia? Dan jika Anda tertarik untuk menekuni profesi ini, yuk simak informasinya berikut ini!

BACA JUGA: Contoh surat paklaring yang benar dan cara membuatnya

gaji perawat rumah sakit

pilih bebas

Perawat yang bekerja di rumah sakit biasanya memiliki ijazah D3 Keperawatan. Tentu saja, perawat sudah memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) dari pemerintah.

Jika sudah memiliki STR, perawat dapat menentukan rumah sakit mana yang akan dituju, apakah itu rumah sakit umum, rumah sakit swasta, atau bahkan luar negeri. Kisaran gaji perawat D3 di rumah sakit yang sudah memiliki STR adalah Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

Gaji perawat klinik

pilih bebas

Menurut Kajian Insentif Tenaga Kesehatan Puskesmas dan Self Assesment Tim Nusantara Sehat, Kavling 1 dan 2, gaji pokok rata-rata perawat adalah Rs 2.250.148. Selain gaji pokok, perawat di start-up juga mendapatkan sejumlah bonus tergantung wilayah masing-masing start-up. Tunjangannya sekitar Rp 555.000 untuk daerah terpencil dan Rp 3.666.081 untuk daerah biasa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perawat yang bekerja di start-up akan menerima gaji 5,2-5,8 juta rupee, yang dibentuk dari gaji pokok dan tunjangan kerja.

BACA JUGA: PIC: Definisi, Tanggung Jawab, Keterampilan dan Tanggung Jawab

Perawat di rumah

gaji perawat

Perawat tidak hanya bekerja untuk suatu instansi, tetapi mereka juga dapat menjadi perawat home care yang bertugas merawat bayi, balita, bahkan pasien berkebutuhan khusus. Perawat jenis ini biasanya memiliki jam kerja yang lebih fleksibel dibandingkan dengan perawat rumah sakit dan gurun.

Kisaran pendapatan Perawat S1 dan STR adalah dari Rp 3,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan tergantung kondisi pasien yang dirawat.

gaji perawat ambulans

pilih bebas

Perawat gawat darurat biasanya ditempatkan di unit gawat darurat di rumah sakit atau klinik. Perawat ini dipercaya untuk merawat pasien ketika mereka dalam kondisi kritis tergantung pada beratnya situasi.

Perawat gawat darurat juga harus disertifikasi untuk tanggap darurat, sebagai berikut: Resusitasi dasar untuk cedera jantung (BTKLS), Bantuan hidup dasar untuk cedera (BTLS), Pelatihan Manajemen Darurat (PPGD) dan Bantuan hidup darurat umum (GEL). Adapun kisaran gaji perawat gawat darurat dengan STR per bulan berkisar antara Rs 4,4 juta hingga Rs 7 juta.

BACA JUGA: Gaji pramugari untuk 6 maskapai Indonesia dan ketentuannya

Gaji asisten perawat

gaji perawat

Bagi lulusan D3 Keperawatan, menjadi Asisten Dokter di klinik swasta mungkin menjadi pilihan yang tepat. Seperti perawat pada umumnya, asisten dokter juga merawat pasien, tetapi dalam skala yang lebih kecil.

Gaji Perawat D3 yang bekerja sebagai Asisten Dokter berkisar antara 2 hingga 4 juta rupiah per bulan dan tergantung pada spesialisasi dokter.

gaji perawat salon kecantikan

Kompas

Tahukah Anda bahwa perawat tidak hanya dapat bekerja di rumah sakit dan pusat kesehatan, tetapi juga di klinik kecantikan? Di sini, ahli kecantikan bertugas membantu dokter dalam melakukan tindakan medis, yang tentunya berhubungan dengan prosedur kosmetik, serta perawatan kulit wajah.

Meski bekerja di salon kecantikan, perawat ini juga harus memiliki sertifikasi STR untuk dapat membantu dalam prosedur medis. Gajinya pun berbeda-beda tergantung masing-masing klinik kecantikan. Namun, secara umum, nominal upah berkisar antara 2,5 hingga 5 juta rupee.

BACA JUGA: Administrator Penjualan: Pemahaman, Keterampilan, Pengembangan Karir, dan Tanggung Jawab

Baca juga  Pengertian, Kegiatan dan Contohnya di Indonesia  

gaji perawat jiwa

pilih bebas

Perawat psikiatri harus memahami kondisi pasien dan memastikan bahwa pasien tidak menarik diri dari pengobatan selama periode pengobatan yang tepat. Selain itu, perawat harus siap menghadapi segala risiko yang akan dihadapinya, seperti dipukuli oleh pasien yang agresif.

Oleh karena itu, ketika terjadi efek samping, perawat di rumah sakit jiwa harus memiliki sikap yang kuat dan berani agar dapat mendidik pasien di rumah sakit jiwa. Selain itu, sebagai perawat, mereka juga harus memberikan dukungan kepada mereka yang mengalami gangguan jiwa agar dapat berintegrasi kembali dengan masyarakat. Perawat di rumah sakit jiwa dengan STR biasanya menerima gaji 4 hingga 6 juta rupee per bulan.

Demikian pembahasan mengenai nominal upah yang diterima perawat. Gaji perawat S2 tentunya akan berbeda dengan lulusan S1 dan D3 karena dari segi kemampuan dan pengetahuan akademik akan lebih mumpuni untuk jenjang yang lebih tinggi. Jadi tertarik menjadi Perawat Sedulur?

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org