Bye-Bye BI Checking! SILK OJK Siap Jadi Penggantinya

Terkenal Besar, Ini Kisaran Gaji Dokter dan Tunjangannya


Menjadi dokter membutuhkan biaya hingga ratusan juta rupiah. Lalu, apakah biaya sekolah mahal tersebut sepadan dengan gaji dokter di Indonesia? Baca selengkapnya di artikel Finansialku selanjutnya.

Ringkasan:

  • Banyak orang yang marahBagaimana menurutmu gaji dokter sangat tinggi untuk merawat dan merawat pasien.
  • Gaji dokter di Indonesia bisa berbeda-beda berdasarkan jabatan, PNS, dokter umum dan spesialis.

Dokter dan Pengabdian

Dokter dan tenaga kesehatan merupakan profesi yang memerlukan pendidikan dan pelatihan khusus, serta gelar doktor.

Dedikasi dokter dalam merawat dan merawat pasien membuat profesi ini selalu disegani, itulah sebabnya banyak orang beranggapan bahwa dokter menerima gaji yang sangat besar.

Namun, survei yang dilakukan oleh Junior Doctors Network (JDN) di Indonesia menunjukkan bahwa 83,85% dokter di Indonesia mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan pedoman Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Lalu berapa gaji yang mereka dapatkan?

Daftar gaji dokter di Indonesia

Jika berbicara soal jumlah, maka gaji dokter di Indonesia bisa berbeda-beda tergantung jabatan, PNS, dokter umum dan spesialis.

Adapun faktor-faktor lain yang mempengaruhi upah seperti masa kerja, luas wilayah, dan kebijakan rumah sakit setempat.

Di bawah ini adalah daftar gaji dokter di Indonesia menurut wilayah.

  • Mengerjakankter yang beroperasi di daerah terpencil: Rp 3.252.606.
  • Mengerjakankter beroperasi di daerah yang sangat terpencil: Rp 2.220.000
  • Mengerjakankter mereka yang bekerja di area reguler: Rp 3.594.889

PNS #1

Saat ini, dokter umum berstatus PNS sudah memiliki jatah gaji sendiri. Selain gaji pokok, dokter PNS juga mendapatkan tunjangan dan insentif sesuai dengan besarnya jadwal kerja mereka.

Dokter yang baru saja mengambil sumpah dokter dan secara resmi dikategorikan III B akan menerima gaji pokok sekitar 2,8 juta rupiah.

Sedangkan untuk kategori III A akan mendapatkan gaji pokok lebih dari Rp 3 juta, belum termasuk tunjangan.

Biasanya, dokter PNS ditempatkan di fasilitas kesehatan umum seperti Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah, atau Rumah Sakit Pusat.

Dokter pemerintah juga dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi jika mereka berpraktik di lebih dari satu lokasi dan memiliki pengalaman bekerja di luar jam kantor.

[Baca Juga: Perhitungan Pajak Bagi Dokter yang Juga Memiliki Klinik]

#2 Gaji Dokter Umum

Pada 2016, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merekomendasikan dokter umum harus memiliki gaji Rs 12,5 juta dan spesialis dari Rs 40 juta.

Hal ini dikarenakan profesi medis menuntut mereka untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan di dunia medis.

Bahkan, JDN dalam Survei Kesejahteraan GP 2018 menyebutkan sebanyak 26,24% dokter dibayar. kurang dari Rp 3 juta per bulan jika hanya untuk melatih di satu tempat.

Bahkan, banyak dari mereka harus berolahraga hingga 42 jam seminggu.

Sementara itu, hanya 10,63% yang berpenghasilan di atas Rp 10,5 juta per bulan dari satu kali latihan. Dokter umum memiliki gaji di bawah 1,5 juta rupee, yaitu 8,89%.

Biasanya, ini terjadi pada mereka yang bekerja di area start-up atau terus-menerus mengganti dokter.

Gaji dokter spesialis No.3

Besaran gaji dan insentif yang diterima oleh dokter spesialis sangat bervariasi, tergantung pada spesialis mana yang dipekerjakan. Itu juga tergantung pada kontrak kerja dan upah minimum regional.

Namun, dokter spesialis tentu saja dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi daripada dokter umum. Sekadar informasi, gaji dokter spesialis menurut Kementerian Kesehatan mencapai Mulai dari Rp 23 hingga 25 juta per bulan.

Jika Anda menjumlahkan upah dan insentif tambahan dari perawatan kesehatan, maka itu bisa mencapai 80 juta rupiah per bulan.

Beberapa dokter spesialis yang mendapat penghasilan sangat tinggi, yaitu dokter spesialis kandungan, dokter spesialis jantung, dokter spesialis penyakit dalam dan dokter gigi.

Gaji dokter gigi #4

Profesi dokter gigi dengan pengetahuan khusus di bidang kesehatan gigi dan mulut merupakan profesi medis yang dibayar mahal. Namun, dokter gigi juga dapat memperoleh gaji yang bervariasi berdasarkan jam kerja, pengalaman, posisi, dan lokasi praktik.

Dokter gigi yang bekerja di Puskesmas bisa mendapatkan gaji antara Rp 4 juta hingga 7 juta per bulan. Sedangkan dokter gigi yang bekerja di klinik menyesuaikan dengan jumlah pasien dan jadwal kerja.

Untuk dokter gigi yang bekerja di rumah sakit, gaji bulanan bisa mencapai Rp 2,9 juta hingga Rp 3,4 juta. Gaji akan meningkat setelah promosi dan kerja jangka panjang di rumah sakit.

Sedangkan gaji dan tunjangan bagi dokter gigi yang bekerja di rumah sakit swasta bisa mencapai Mulai dari Rp 12 hingga 30 juta per bulan.

#5 Gaji ahli bedah

Selain dokter gigi, ahli bedah juga memiliki pendapatan yang tinggi karena tugasnya dalam mengobati penyakit, cedera, atau kondisi. keadaan darurat metode bedah dan obat-obatan.

Oleh karena itu, gaji ahli bedah berada dalam kisaran Mulai dari Rp 20 hingga 45 juta per bulantergantung pada rumah sakit tempat mereka berlatih.

Alasan mengapa dokter mendapatkan gaji besar

Untuk memperoleh gelar doktor dan kewenangan merawat pasien, mahasiswa kedokteran harus melalui beberapa tahapan yang tidak singkat.

Teman keuangan saya harus menyelesaikan masa pra-klinis atau kuliah di sekolah medis memperoleh gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked).

Bahkan jika Anda memiliki latar belakang medis, Anda tetap tidak diperbolehkan untuk merawat pasien.

Anda harus melalui masa klinis, atau yang biasa kami sebut sekolah asrama, untuk mendapatkan gelar Ph.D.

Biasanya, pelaksanaan koas selama 2 tahun di rumah sakit atau pusat kesehatan yang disediakan oleh pihak kampus.

Untuk memiliki gelar Dokter di depan nama Anda, Anda harus terlebih dahulu lulus Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) setelah periode Koas.

[Baca Juga: Para Dokter, Inilah Strategi Mengelola Keuangan yang Tepat]

Anda juga harus melewatkan waktu Magang di fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk oleh pemerintah selama kurang lebih 1 tahun untuk mendapatkan Surat Izin Edar (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP).

Jika sudah melewati semua tahapan dalam waktu kurang lebih 7 tahun, akhirnya bisa buka praktek sendiri, bekerja di Puskemas atau di rumah sakit.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan gelar spesialis, Anda harus melanjutkan studi Anda, yang durasinya tergantung pada spesialisasi yang dipilih.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika gaji dokter sangat tinggi. Selain itu, profesi ini juga berkaitan dengan kehidupan pasien, sehingga dokter akan selalu dibutuhkan.

Agar gaji tetap terkendali, Anda perlu mengelola keuangan dengan bijak. Apa kamu tau bagaimana caranya? Jika Anda tidak mengenali secara sederhana di buku Elektronik gratis di bawah ini, klik langsung spanduk-miliknya.

Banner Promosi E-Book Cara mudah mengatur keuangan - HP

Tunjangan dokter

Selain gaji pokok yang dijelaskan di atas, dokter juga berhak atas beberapa tunjangan, termasuk dokter spesialis, dokter gigi, dan dokter umum.

Tunjangan dokter diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.02.02/MENKES/412/2015 yang menjelaskan tentang upah dan tunjangan bagi tenaga medis tidak tetap. Berikut rinciannya:

  1. Tunjangan insentif bagi dokter tidak tetap dan dokter spesialis gigi dengan kriteria daerah terpencil sebesar Rp 11.208.000. Biaya tambahan ini dipotong dari pajak penghasilan sebesar 7,5% sehingga insentif bersih yang diterima adalah Rs 10.367.400.
  1. Tunjangan insentif untuk dokter tidak tetap dan dokter spesialis gigi yang tinggal di daerah sangat terpencil menerima insentif sebesar Rs 14.110.000. Pemotongan pajak penghasilan sebesar 7,5% untuk mendapatkan insentif bersih Rs 13.051.750.
  1. Tunjangan pegawai tidak tetap dokter dan dokter gigi reguler, kriteria daerah terpencil Rp 5.695.000. Manfaatnya menerima potongan pajak penghasilan sebesar 7,5%, sehingga stimulus bersihnya adalah Rs 5.267.900.
  1. Tunjangan untuk dokter dan dokter gigi biasa, kriteria di daerah sangat terpencil adalah Rs 8.281.000. Pemotongan pajak penghasilan pada tingkat 7,5% sehingga Anda mendapatkan insentif bersih Rs 7.659.950.

Gaji besar dengan dedikasi besar

Gaji seorang dokter tentunya dipengaruhi oleh masa kerja, tempat kerja dan jenis spesialisasi yang dipilih.

Sementara banyak yang masih berpenghasilan kurang dari upah IDI yang direkomendasikan, profesional kesehatan akan selalu dihargai atas dedikasi dan layanan mereka.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan perencanaan dan penganggaran keuangan yang matang agar situasi keuangan Anda tetap stabil meski penghasilan Anda di bawah rata-rata.

Konsultasikan perencanaan keuangan Anda melalui aplikasi keuangan saya, manfaatkan banyak fitur manajemen keuangan dan dapatkan berbagai tips keuangan lainnya dari perencana keuangan diverifikasi.

Anda juga bisa langsung mendownload aplikasi Finansialku untuk membaca artikel perencanaan keuangan terbaru setiap hari. Ayo, unduh saat ini!

Spanduk iklan aplikasi keuangan saya

Demikian penjelasan mengenai gaji dokter di Indonesia dan tunjangannya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi tambahan untuk Anda, ya. Pastikan untuk membagikan informasi ini kepada rekan-rekan lainnya. terima kasih

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Dwi Latifatul Fajri. 21 Januari 2022 Ini adalah gaji dan tunjangan dokter. Catdata.co.id – https://bit.ly/3DfOpao
  • taman. 03 Januari 2021. Ini gaji dokter PNS tahun 2021, ternyata masih di bawah standar IDI. Woke.id – https://bit.ly/3RFtzWb
  • Amber Arum Giulianti. 24 Januari 2022 Gaji dan Tunjangan Dokter Umum, Dokter Gigi, Spesialis Terbaru 2022 [Terlengkap] SmartJualan.id – https://bit.ly/3xhn8R7
  • Buddha inspirasi. 22 Desember 2020 Garda Depan Melawan Covid-19. Ternyata ini gaji dokter di Indonesia. Apakah jauh dari rekomendasi IDI? 99.co – https://bit.ly/3RHeOm
  • Tanya Lateef. Tertarik dengan gaji dokter? Cek jumlahnya mulai dari dokter umum, spesialis, dokter gigi hingga operasi. TheAsianParent.com – https://bit.ly/3U5QZWw




https://wvmuseums.org

Baca juga  SR017, Begini Simulasi Investasinya dan Untung Ruginya