Berapa Gaji CPNS Lulusan SMA & SMK? Berikut Rinciannya!

Berapa Gaji CPNS Lulusan SMA & SMK? Berikut Rinciannya!


Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika pilihan CPNS (sekarang dikenal dengan CASN) dibuka adalah “Berapa gaji PNS lulusan SMA dan SMK?Ya, menurut sumber tersebut, pendaftaran seleksi CASN tahun ini dibuka pada 5 Oktober 2022.

Tahun ini seleksi akan dilakukan dengan pembentukan PPK (Pendaftaran Pegawai Negeri Sipil dengan Kontrak Kerja). Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, tahun ini 530.028 orang bisa mengikuti PPPK.

Peserta akan dipilih dari nomor ini dan ditugaskan ke badan pemerintah sesuai kebutuhan. Pilihan CASN sangat membutuhkan jenjang pendidikan yang berbeda, mulai dari SMA atau SMK, D3, S1, hingga S2. Setiap jenjang pendidikan tentunya akan menempati posisi dan ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk gajinya.

Lantas, berapa gaji PNS lulusan SMA dan SMK? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: Contoh portofolio foto yang menarik dan tips membuatnya!

Aturan remunerasi bagi pegawai negeri sipil dengan lulusan lembaga pendidikan khusus menengah dan menengah

ID Tirta

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, seleksi CASN akan membutuhkan peserta dengan jenjang pendidikan yang berbeda, salah satunya adalah SMA dan SMK. Saat membahas gaji yang akan diterima lulusan CASN SMA dan SMK, kita bisa merujuk pada keputusan pemerintah yang dikeluarkan pada tahun 2019.

Kita berbicara tentang Peraturan Pemerintah (GD) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Pengupahan Pegawai Negeri Sipil. Berdasarkan PP, dapat diketahui bahwa gaji PNS lulusan SMA dan SMK berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.820.000. Nah, distribusi pendapatan dari upah terjadi menurut kelompok yang sudah dibagi.

BACA JUGA: Pembantu: Definisi, Tugas, Jenis, Gaji dan Tenggat Waktu

Kelas Divisi II ASN lulusan SMA dan SMK

gaji lulusan SMA
Kemerdekaan

Kita sudah tahu bahwa gaji PNS lulusan SMA dan SMK berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.820.000. Pecahan tersebut kemudian akan diberikan kepada ASN sesuai dengan kelasnya. Secara umum, kelompok II mencakup orang-orang yang telah lulus dari sekolah menengah atas dan sekolah kejuruan.

Salah satu sumber informasi juga menyepakati bahwa gaji terendah pegawai negeri sipil kelas II yang disebut juga lulusan SMA dan DIII berada pada kisaran Rp 2,02 hingga 3,37 juta rupiah. Sedangkan gaji tertinggi berada pada kisaran Rp 2,39 juta hingga Rp 3,82 juta.

Kemudian kelompok II akan dibagi menjadi empat, tergantung banyaknya pekerjaan yang dilakukan. Besaran gaji yang diterima tiap golongan juga berbeda-beda lho! Cek nominalnya pada daftar berikut.

  • Grup II/A – Gaji pokok berkisar antara Rp 2.022.200 hingga Rp 3.373.600.
  • Grup II/B – Gaji pokok berkisar antara Rp 2.208.400 hingga Rp 3.516.300.
  • Grup II/C – Gaji pokok berkisar dari Rs 2.301.800 hingga Rs 3.655.000.
  • Grup II/D – Gaji pokok yang diterima berkisar dari Rs 2.399.200 hingga Rs 3.820.000.

BACA JUGA: Gaji perawat di rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan di Indonesia

Selain gaji, lulusan SMA dan SMK ASN apa yang didapat?

Keuangan Detik

Meski terkesan kecil dan merugi bagi swasta, hasil kerja keras lulusan ASN SMA dan SMK tidak sebatas upah. Tunjangan lain, seperti berbagai tunjangan, juga akan diterima selama Anda bekerja.

Nah, Sedulur, ini adalah informasi singkat tentang gaji lulusan KPNS universitas dan sekolah kejuruan. Penjelasan di atas mencakup ketentuan yang mencakup gaji, gaji, dan berbagai manfaat lain yang akan diterima CASN setelah seleksi berhasil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Baca juga  Sinopsis On Your Wedding Day, Kisah Mengejar Cinta Sejati

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org