Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya

Fungsi Toner Wajah Beserta Cara Memakai & Tips Memilihnya


Tonik merupakan salah satu perawatan wajah yang wajib digunakan. Tonik ini mengandung bahan formula yang akan membantu menghilangkan sisa kotoran. make up, pasang. Selain itu, toner mengelupas dan melembabkan kulit.

Sedulur sudah tahu apa itu toner? Apa saja manfaat dan tips memilih toner wajah yang tepat? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Daftar orang terkaya di dunia, seberapa besar kekayaan mereka?

Apa itu toner?

Kakak sering pakai toner. Jadi apakah Sedulur tahu apa itu toner? Toner merupakan salah satu produk perawatan kulit wajah yang diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa make up.

fungsi toner

www.caaantik.com

Ternyata toner memiliki banyak fungsi untuk kulit wajah, salah satunya untuk membersihkan wajah dari kotoran. Fungsi toner juga dipengaruhi oleh jenis bahan yang dikandungnya. Berikut adalah fungsi toner yang perlu Anda ketahui.

1. Penghapusan sisa kotoran

pilih bebas

Fungsi pertama penggunaan toner adalah dapat menghilangkan sisa kotoran, make up dan minyak pada kulit wajah yang tidak terhapus saat menggunakan susu pembersih atau mencuci muka.

2. Melembabkan kulit

fungsi toner
pilih bebas

Beberapa kandungan dalam susu pembersih wajah dapat menyebabkan kulit kering. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, Sedulur dapat digunakan toner secara merata pada wajah setelah dicuci. Tonik yang dapat melembapkan kulit wajah biasanya mengandung minyak mineral, hialuronat, dan asam amino. Fungsi toner sangat penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit wajah, terutama bagi yang memiliki jenis kulit kering.

3. Mengatasi jerawat

Fungsi toner selanjutnya adalah kemampuan mengatasi jerawat. Namun, penggunaannya harus dibarengi dengan produk yang bisa mengobati jerawat. Fungsi tonik untuk jerawat yang biasanya masih tergolong jerawat ringan, bisa diringankan dengan menggunakan tonik yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Kehadiran kedua bahan ini dapat membuka pori-pori dan mencegah komedo bahkan jerawat.

4. Menghilangkan bekas jerawat

fungsi toner

Toner mampu menghilangkan bekas jerawat jika toner mengandung asam glikolat. Glycolic acid dipercaya mampu menyamarkan flek hitam akibat bekas jerawat ringan. Namun, untuk bekas jerawat yang parah atau bahkan gigi berlubang, toner saja tidak cukup. Jadi, untuk menghilangkan bekas jerawat yang parah, Anda harus menggunakan produk yang mengobati jerawat dan membutuhkan perawatan khusus dari dokter kulit dan ahli kecantikan.

Baca juga  Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya  

5. Menghilangkan minyak dari kulit

Toner yang dimiliki zat dapat mengurangi sebum dan minyak pada permukaan kulit wajah. Selain itu, toner jenis ini juga dapat mengurangi kilap, membuat riasan wajah lebih tahan lama.

6. Menyeimbangkan pH kulit.

fungsi toner
pilih bebas

Fungsi toner selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan pH kulit. Tingkat keasaman dan pH dapat berubah sewaktu-waktu karena pengaruh produksi minyak, makeup, polusi atau penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol. Beberapa jenis dapat menyeimbangkan pH kulit wajah antara 5 dan 5,5 agar sesuai dengan pH alami kulit.

BACA JUGA: Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat dan Fungsi

Fungsi toner dan pelembab.

fungsi toner
pilih bebas

Meski sama-sama memiliki fungsi melembabkan kulit wajah, kandungan di dalamnya sangat berbeda. Tonik berbahan dasar air, sedangkan pelembab biasanya adalah emolien yang terbuat dari minyak seperti rosehip, argan, jojoba, dan lain-lain.

Beberapa fungsi pelembab antara lain: memenuhi kebutuhan nutrisi kulit, kemampuan menyembunyikan bekas luka, membuat kulit tampak lebih muda dan memaksimalkan fungsinya. Seperti halnya toner, penggunaan pelembab harus disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit Sedulur.

Fungsi toner dan serum juga hampir sama, yaitu melembabkan kulit. Dengan demikian, serum ini menjadi salah satu produk perawatan wajah yang wajib dimiliki. Selain itu, serum juga dapat digunakan untuk menghilangkan kerutan wajah dan menghilangkan komedo. Penggunaan serum pada wajah juga tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan jenis kulit sedulur.

Cara menggunakan toner

insomnia.net

Berikut cara menggunakan toner yang baik dan benar, yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pertama, bersihkan wajah dengan susu pembersih atau sabun wajah.
  2. Tuang toner ke kapas dan usap wajah dengan lembut dan merata.
  3. Hindari penggunaan di area mata
  4. Tunggu tonernya kering
  5. Gunakan tonik hanya 2 kali sehari
  6. Setelah menggunakan toner, akan lebih baik jika Anda juga menggunakan tabir surya dan pelembab wajah.

Kesalahan Penggunaan Toner

truetoskin.com

Toner memiliki banyak manfaat untuk wajah, seperti menutup pori-pori, menutrisi kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Namun, masih banyak saudara kandung yang melakukan kesalahan saat menggunakan toner sehingga tidak memberikan manfaat yang optimal. Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan toner:

  • Menggunakan toner yang tidak sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah
Baca juga  15 Amalan Tahun Baru Islam Bulan Muharram yang Dianjurkan

Adik-adik yang baru mengenal perawatan kulit tidak boleh tergoda oleh influencer tampan yang menggunakan produk perawatan kulit mahal yang diulas dengan baik. Produk mahal belum tentu cocok untuk mengoleskan Sedulur pada kulit. Gunakan toner yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda. Pastikan untuk memeriksa bahan sebelum membeli tpner.

Kesalahan yang sering terjadi adalah penggunaan toner dengan cara mengoleskannya pada wajah. Sedangkan saat menggunakan toner cukup ditepuk-tepuk di wajah, tergantung kondisi kulit. Mengoleskan toner pada wajah justru akan membuat kulit Anda rentan terhadap kerutan.

  • Oleskan ke wajah yang kotor

Tonik sebaiknya digunakan setelah mencuci muka dengan sabun atau susu pembersih. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah penggunaan toner pada wajah yang belum dibersihkan atau masih kotor, baik yang masih terdapat riasan maupun yang sudah terkontaminasi. Para daei kemudian terlebih dahulu membersihkan wajah sebelum menggunakan toner.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan toner. Karena Sedulur sudah tahu, hindari kesalahan seperti di atas!

Fungsi toner dan serum pasti berbeda. Jika toner mampu membersihkan kulit dari kotoran, debu dan sisa make up, maka fungsi serum adalah untuk melembabkan kulit wajah. Toner biasanya digunakan setelah mencuci muka, dan serum setelah menggunakan toner. Sebelum menggunakan serum Sedulur, Anda harus menunggu hingga toner benar-benar kering dan meresap ke dalam kulit wajah.

BACA JUGA: Arti Nolep Beserta Ciri, Kegunaan dan Cara Mengatasinya

Tips memilih toner.

insomnia.net

Jangan asal-asalan dalam memilih toner wajah saudaramu. Hindari toner yang mengandung alkohol karena dapat mengeringkan kulit, terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Gunakan toner sesuai dengan jenis kulit Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih toner tergantung pada jenis kulit Anda:

Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol jika saudara Anda memiliki kulit kering. Zat-zat yang terkandung di dalamnya justru akan membuat kulit menjadi lebih kering karena akan kehilangan kelembapan alaminya. Untuk jenis kulit kering, pilihlah toner wajah berbasis lotion karena dapat menghidrasi kulit. Selain itu, pemilik kulit kering dapat memilih tonik yang mengandung geranium dan mawar.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, para ahli kecantikan menyarankan untuk menggunakan toner wajah yang mengandung bahan aktif pengontrol minyak. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih toner wajah yang mengandung astringen mentimun, atau tonik yang mengandung jeruk, lemon, dan bunga mawar. Zat-zat tersebut akan membuat kulit lebih segar dan dapat mempersempit pori-pori.

Baca juga  Jenis, Manfaat, Tujuan & Contohnya

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, disarankan untuk menggunakan toner yang berbeda. Kulit kombinasi ditandai dengan kelebihan minyak di zona-T (dahi, hidung, dan sekitar pipi). Sedangkan di luar area ini, kulit cenderung kering. Jadi, pilihan tonernya adalah menggunakan bahan lotion di luar area T-zone dan toner untuk kulit berminyak di area T-zone.

Selain tips pemilihan toner di atas, ada beberapa fakta mengenai jenis toner yang perlu Anda ketahui. Pertama, penggunaan tonik yang mengandung alkohol dalam jangka panjang dapat membuat kulit lebih sensitif dan mengganggu metabolisme kulit. Karena itu, hindari tonik yang mengandung alkohol.

Banyak orang berpikir bahwa air mawar cocok sebagai tonik. Tapi sebenarnya tidak. Sebaiknya air mawar hanya digunakan sebagai campuran scrub atau masker.

Kedua, penggunaan toner dengan bahan katun tidak akan maksimal karena toner akan lebih meresap ke dalam kapas. Sebaiknya Anda mengoleskan toner langsung dengan tangan, menepuk-nepuknya, atau mengoleskan toner dalam botol semprot pada wajah yang telah dibersihkan.

Toner memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, diantaranya melembabkan kulit dan menghilangkan sisa kotoran pada wajah. Tindakan toner juga dipengaruhi oleh bahan-bahan yang membentuk komposisinya. Seperti dijelaskan di atas, gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan pembersih wajah atau susu pembersih untuk hasil yang optimal.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan Sedulur adalah menggunakan air mawar sebagai tonik. Padahal air mawar disarankan untuk digunakan hanya dalam bentuk campuran masker dan lulur.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super keputusan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini baru saja!




https://wvmuseums.org