film yuni

Review Film Yuni, Perjuangan Remaja Melawan Budaya Patriarki


film Uni menjadi salah satu film besutan anak negeri yang sempat viral beberapa waktu lalu. Pasalnya, film ini sarat dengan berbagai persoalan sosial yang dihadapi perempuan, terutama yang berkaitan dengan budaya patriarki.

Uni Sendiri, inilah judul film karya Camila Andini, sutradara ternama Indonesia yang telah menerima berbagai penghargaan. Film ini tayang perdana pada 9 Desember 2021 silam. Film Camille Andini dengan cepat memenangkan penghargaan Toronto International Film Festival (TIFF) 2021.

Sebelum Sedulur menonton filmnya, disarankan untuk membaca review dan sinopsis singkat filmnya. Uni ini. Simak reviewnya sampai habis ya Sedulur!

BACA JUGA: Kode hero gitar PS2 terlengkap, ini dia daftarnya!

Tentang film Uni

Bintang panas

Seperti yang telah disebutkan dalam pembahasan di atas, Uni merupakan judul film drama anak negeri yang rilis pada tahun 2021 silam. Uni sebuah proyek film itu sendiri, yang telah dipersiapkan sejak 2017.

Yuni sebagai pemeran utama film ini diperankan oleh aktris Aravinda Kirana. Film ini sendiri merupakan debut film layar lebar dan langsung memenangkan Piala Citra untuk Aktris Terbaik dalam Pemeran Utama.

BACA JUGA: Sinopsis Semuanya di mana-mana dan sekaligus, bersama dengan fakta

Sinopsis Film Uni

film uni
Baca lebih banyak

Film ini mengikuti perjalanan seorang gadis remaja yang cerdas dan brilian, Yuni (Aravinda Kirana). Ia memiliki cita-cita yang besar, ia ingin kuliah dan menimba ilmu setinggi-tingginya. Wisuda sebentar lagi, Yuni pun berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Karena kecerdasannya, Boo Lis (Marissa Anita) ingin membantu Yuni mendapatkan beasiswa kuliah. Gadis penyuka warna ungu ini akhirnya heboh dengan sisa masa sekolahnya sebelum lulus.

Di beberapa titik, Yuni mendapat nilai buruk dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan oleh Pak Damar (Dimas Aditya). Dari sana, ia dibantu oleh adik kelasnya Yoga (Kevin Ardillova) untuk belajar bersama materi dalam bahasa Indonesia. Diam-diam terungkap bahwa Yoga memiliki perasaan terhadap Yuni.

Tak hanya Yoga, ternyata dua orang asing yang datang ke Yuni berniat melamarnya dan melamarnya. Yuni benar-benar menjadi idola beberapa pria di lingkarannya.

Permohonan tersebut rupanya ditolak oleh Yuni. Apalagi saat Yuni mengenang pengalaman sahabat mudanya yang sudah menikah, Suchi (Asmara Abigail). Kehidupan Sacred menjadi berantakan karena keputusannya untuk meninggalkan kehidupan lajang di usia yang sangat muda. Akhirnya Suchi menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan menjadi janda.

Pengalaman pahit sahabatnya itu membuat Yuni semakin berpikir untuk melangkah ke pelaminan. Ia tetap teguh berkomitmen pada cita-citanya untuk belajar setinggi mungkin. Namun di sisi lain, Yuni dihantui oleh mitos yang mengatakan bahwa wanita yang dua kali menolak lamaran seseorang akan tetap perawan selamanya. Gosip dan tekanan dari tetangga Yuni juga membebani gadis itu.

Lantas, siapa yang akhirnya dipilih Yuni? kuliah atau menikah?

BACA JUGA: Cara Membuat Nama FF Tidak Terlihat Ruang Kosong, Keren!

Pertimbangan isu perempuan Indonesia

film uni
Saluran E

Kontroversi film Uni Hal ini menjadi sangat menarik untuk diikuti, karena banyak sekali permasalahan sosial yang ada di sekitar kita. Apalagi, isu-isu sosial terkait perempuan berkutat dengan patriarki.

Dalam film tersebut, Yuni dihadapkan pada dilema besar: memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau menikah dengan pria yang tidak begitu dikenalnya.

Saat bertanya kepada orang tuanya, Yuni tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Solusi yang diberikan oleh orang tuanya adalah dengan memilih jalannya sendiri. Padahal, sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan anak. Sementara itu, lingkungan di sekitar kehidupan Yuni malah menambah beban pikiran Yuni, terus mendesaknya untuk menikah muda.

Baca juga  Penyebab Mimisan Pada Anak Beserta Cara Menanganinya

BACA JUGA: Urutan yang benar untuk menonton Star Wars dari film ke seri

Sering menggunakan serang jawa.

orang Parapua

Saat menonton film ini, Sedulur akan melihat banyak dialog antar aktor yang berbahasa Jawa Serang. Sutradara Camila Andini sengaja memasukkan banyak interaksi karakter dengan bahasa karena setting film. Uni di Serang,Banten.

Bisa juga dikatakan bahwa Aravinda Kirana sebagai protagonis berhasil memainkan perannya dengan menggunakan bahasa Jawa Serang. Bahkan, ia tinggal beberapa hari di rumah warga Serang Banten untuk menghidupkan karakter Yuni.

Ia juga mengatakan bahwa kesuksesannya dalam film ini tidak terlepas dari perannya sebagai guru bahasa Jawa di Serang. Gadis itu juga berhasil membuatkan kamus khusus untuk memudahkan belajar bahasa Jawa Serang.

Tak hanya Aravind Kirana, Asmara Abigail yang berperan sebagai Suchi, sahabat Yuni pun tak kalah keren saat memerankan karakter ini. Penampilannya yang jenaka dan genit sangat mendukung bahasa Jawa Serang yang ia gunakan dalam film tersebut.

BACA JUGA: 5 Hero Counter Thamuz Yang Bikin Susah!

Aravinda Kirana, yang menarik perhatian publik

ID jala

Aravinda Kirana memang menjadi salah satu aktris rookie yang banyak menarik perhatian netizen. Tak heran, meski baru pertama kali tampil di layar lebar, ia langsung menyabet Piala Citra kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik. Dia juga dianugerahi Penghargaan Snow Leopard untuk penampilannya di Festival Film Dunia Asia 2021.

Jika Sedulur sudah menonton film ini, Sedulur pasti akan setuju bahwa penampilan Aravind Kirana tidak cemerlang. Mulai dari bagaimana ia berperan sebagai gadis remaja yang bermain bersama Kevin Ardillova hingga bagaimana kita semua bisa merasakan kegelisahan yang dirasakan oleh karakter Yuni.

Tinjauan film Uni

Menurut Database Film Internet, film Uni berhasil mendapatkan rating yang cukup tinggi yaitu 7.5/10. Banyak yang setuju dengan penilaian ini. Tidak mengherankan, Uni menjadi entri resmi Indonesia dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik di Academy Awards ke-94 pada tahun 2022.

Baca juga  Pengertian Budaya Beserta Ciri, Fungsi, Unsur dan Contohnya

Informasi Film Uni

  • Judul: Uni
  • Disutradarai oleh: Camila Andini
  • Pengarang: Camila Andini, Prima Rusdi
  • Genre: Drama
  • Pemeran: Yuni: Aravinda Kirana, Asmara Abigail, Sekar Sari, Marissa Anita, Dimas Aditya, Kevin Ardillova, Rukman Rosadi, Neneng Wulandari, Boa Sartika, Nazla Toyib, Ann Yasmin
  • Waktu tayang: 122 menit (Indonesia), 90 menit (internasional)
  • Tanggal Rilis: 12 September 2021 (Kanada), 9 Desember 2021 (Indonesia)
  • Peringkat: 17+

Di mana Anda menonton film Yuni?

Jika Sedulur tertarik dengan makna ending film Yuni dan sudah tidak sabar untuk menonton filmnya, Sedulur bisa langsung lompat ke platform streaming Bintang Disney+ Panas. Film ini telah ditayangkan di Disney+ Hotstar sejak 21 April 2022 untuk memperingati Hari Cartini.

Saudara, di atas adalah ringkasan dari tinjauan dan sinopsis film Yuni. Film ini layak mendapat rating tinggi dan dua acungan jempol karena secara vokal menonjolkan suara-suara perempuan yang kerap tertindas dan menjadi masyarakat kelas dua akibat budaya patriarki yang mengakar di lingkungan kita.

Saudara-saudara dapat menonton film ini di Platform mengalir Film resmi Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org