film sci fi terbaik

15 Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik untuk Ditonton Akhir Pekan


Apakah Sedulur tahu apa itu sci-fi? Sci-fi merupakan singkatan dari science fiction atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai fiksi ilmiah. Istilah sci-fi sendiri banyak digunakan untuk menyebut genre suatu karya fiksi baik itu novel maupun film. Sesuai namanya, karya fiksi bergenre sci-fi umumnya membahas tentang pengaruh sains dan teknologi terhadapan kehidupan suatu masyarakat. Contoh film sci-fi terbaik yang cukup terkenal adalah Inception.

Sedikit informasi, film garapan sutradara kawakan, Christoper Nolan itu menceritakan tentang seorang pencuri andal yang melakukan aksinya menggunakan alam bawah sadar korbannya. Film Inception sendiri masuk dalam jajaran film sci-fi yang banyak direkomendasikan dan mendapat review positif dari para kritikus.

Sementara itu, dalam artikel kali ini Super telah merangkum 15 film sci-fi terbaik yang bisa menjadi referensi hiburan Sedulur di akhir pekan. Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Deepwater Horizon, Kisah Tentang Pengeboran Minyak

1. Inception (2010)

Kompas

Bisa dikatakan, Inception merupakan salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa. Film ini sendiri dirilis pada tahun 2010 silam dan dibintangi oleh sederet aktor kenamaan, termasuk Leonardo DiCaprio dan Joseph Gordon-Levitt.

Inti film Inception menceritakan tentang pencuri andal yang melakukan aksinya dengan menggunakan alam bawah sadar korbannya. Pencuri bernama Dom Cobb (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) dan rekannya, Arthur (Joseph-Gordon Levitt) pun memanfaatkan kemampuan itu untuk mencuri ide maupun rahasia perusahaan yang menjadi sasaran mereka. Hingga suatu ketika, mereka mendapat tugas untuk menanam ide di dalam pikiran seseorang atau disebut sebagai inception.

2. The Hunger Games (2012)

Forbes

The Hunger Games merupakan film sci-fi yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Suzanne Collins. Film ini menceritakan tentang seorang gadis berusia 16 tahun bernama Katniss (diperankan oleh Jennifer Lawrence). Ia tinggal bersama ibu dan adiknya di Distrik 12 di Negara Panem.

Suatu ketika Pemerintah Panem mengadakan kompetisi maut bernama The Hunger Games. Pada saat itu, adik Katniss yakni Primrose (Willow Snields) mendapat giliran untuk bermain di kompetisi mematikan tersebut. Katniss lantas memutuskan menjadi relawan untuk menggantikan sang adik. Ia mengikuti The Hunger Games bersama Peeta Mellark (Josh Hutcherson).

3. Gravity (2013)

film sci fi terbaik
FOX News

Gravity adalah film bergenre sci-fi dengan tema luar angkasa. Film yang dirilis pada tahun 2013 ini dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney.

Cerita film Gravity sendiri berfokus pada seorang insinyur biomedis bernama Ryan Stone (diperankan oleh Sandra Bullock) yang melakukan misi ke luar angkasa. Misi tersebut dipimpin oleh Matt Kowalski (George Clooney) yang merupakan seorang astronot veteran. Misi yang semula berjalan lancar itu tiba-tiba mengalami masalah yang cukup serius. Kala itu mission control markas NASA yang berada di Houston memerintahkan agar misi dihentikan lantaran misil Rusia dilaporkan telah menyerang satelit yang sudah mati. Serangan tersebut pun menimbulkan reruntuhan di luar angkasa. Di tengah situasi darurat itu, komunikasi antara tim yang berada di luar angkasa dengan mission control malah terputus. 

4. The Maze Runner (2014)

TribunStyle

The Maze Runner merupakan film bergenre fiksi ilmiah dengan tema survival yang dirilis pada 2014. Film garapan sutradara Wes Ball ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya James Dashner. Adapun film ini dibintangi oleh Dylan O’Brien, Kaya Scodelario, Will Poulter, Thomas Brodie Sangster, dan aktor Korea-Amerika, Ki Hong Lee.

Cerita film The Maze Runner dimulai ketika Thomas (diperankan oleh Dylan O’Brien) terbangun dari tidur dan mendapati dirinya berada di sebuah lapangan berdinding batu yang tinggi. Tempat itu ternyata bernama Glade. Di sana ia bertemu dengan sekelompok remaja yang juga bernasib sama seperti dirinya.

Baca juga  Pengertian Diagram Konteks Beserta Manfaat & Cara Membuat

Menurut orang-orang yang telah lama terjebak di sana, mereka harus melewati sebuah labirin untuk keluar dari Glade. Namun ternyata bukan hal yang mudah untuk bisa melewati labirin tersebut. Apalagi tempat itu dijaga oleh monster berwujud laba-laba raksasa bernama Grievers.

5. Interstellar (2014)

HBO Max

Interstellar yang dirilis pada 2014 juga masuk dalam jajaran film sci-fi luar angkasa terbaik. Film yang dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Anne Hathaway ini mengambil latar ketika bumi mulai kehilangan kemampuannya sebagai tempat tinggal manusia.

Cerita film ini sendiri berpusat pada sosok Cooper (diperankan oleh Matthew McConaughey) yang merupakan seorang pensiunan pilot luar angkasa. Setelah pensiun, ia tinggal bersama dua anaknya, yakni Tom dan Murph, serta sang mertua, Donald.

Saat Cooper tengah menikmati masa-masa pensiun bersama keluarganya, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melakukan penelitian tentang lubang cacing yang disebut sebagai black hole. Proyek penelitian itu bertujuan untuk mencari planet baru sebagai tempat tinggal manusia. Namun, untuk merealisasikannya, harus ada beberapa orang yang bersedia melakukan survei dengan memasuki black hole. Cooper yang turut ditunjuk untuk ikut dalam misi tersebut pun mengalami pergulatan hati yang rumit. Sebab, misi pencarian planet baru itu terbilang berbahaya karena tidak ada yang tahu secara pasti apakah mereka yang ikut serta akan bisa selamat dan kembali ke bumi.

BACA JUGA: Sinopsis Beyond Evil, Pengungkapan Pembunuhan Berantai

6. X-Men: Dark Phoenix (2019)

Cineverse

X-Men: Dark Phoenix merupakan film superhero yang mengusung genre sci-fi dan fantasi. Film yang diadaptasi dari karakter Marvel Comics, X-Men ini dibintangi oleh James McAvoy, Sophie Turner, Michael Fassbender, Tye Sheridan, dan Jessica Chastain. Adapun X-Men: Dark Phoenix adalah sekuel dari X-Men: Apocalypse yang dirilis pada 2016 silam.

Seri film ini sendiri menceritakan tentang misi penyelamatan seorang astronot NASA di luar angkasa. Misi tersebut diperintahkan oleh Professor Charles Xavier (diperankan James McAvoy) yang merupakan salah satu pemimpin para pahlawan.

Namun misi penyelamatan itu rupanya berubah menjadi bencana hingga mengancam nyawa salah satu anggota X-Men. Hal itu bermula ketika Jean Gray (Sophie Turner) tidak mampu mengendalikan kekuatannya hingga membuatnya berubah menjadi Dark Phoenix. 

7. Don’t Look Up (2021)

film sci fi terbaik
Cosmopolitan Indonesia

Don’t Look Up merupakan film karya sutradara Adam McKay yang mengusung genre fiksi ilmiah, dark comedy (komedi gelap), dan satir. Film ini dibintangi oleh sederet bintang kenamaan, di antaranya adalah Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lawrence. Film sci fi terbaik terbaru ini juga turut menampilkan Mark Rylance, Ron Perlman, Timothee Chalamet, hingga penyanyi kenamaan Ariana Grande.

Film yang dirilis pada Desember 2021 lalu ini menceritakan tentang dua orang astronom yaitu Dr. Randall Mindy (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) dan mahasiswanya, Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence). Mereka menggelar tur media dalam rangka memperingatkan masyarakat mengenai ancaman asteroid. Namun mereka justru mendapat cemoohan lantaran dianggap membual.

8. Dune (2021)

film sci fi terbaik
IDN Times

Dune merupakan film sci-fi terbaik terbaru yang dirilis pada 2021 lalu. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Frank Herbert ini dibintangi oleh sederet aktor kenamaan, di antaranya yaitu Timothee Chalamet, Zendaya, Jasin Momoa, Oscar Isaac, dan Josh Brolin. Adapun film ini digarap oleh sutradara kawakan, Denis Villeneuve.

Baca juga  Rincian Modal Toko Sembako dan Proyeksi Keuntungan

Dune sendiri menceritakan tentang keluarga Atreides yang merupakan keluarga bangsawan di Planet Caladan. Mereka melakukan perjalanan dalam rangka untuk memastikan masa depan keluarga dan rakyatnya di alam semesta. Perlu Sedulur ketahui, sebagaimana halnya film-film sci-fi lainnya, film Dune juga menampilkan latar kehidupan di luar angkasa.

9. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

film sci fi terbaik
Kumparan

Doctor Strange in the Multiverse of Madness merupakan film superhero yang tergabung dalam rangkaian Marvel Cinematic Universe (MCU). Film sci-fi terbaik 2022 ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan diarahkan oleh sutradara Sam Raimi.

Adapun kisah film ini akan melanjutkan peristiwa yang terjadi dalam serial film Marvel sebelumnya. Salah satunya mengenai perjuangan Stephen Strange atau Doctor Strange (diperankan oleh Benedict Cumberbatch) menghadapi berbagai kejadian aneh akibat pintu lintas semesta terbuka setelah kejadian di Spider-Man No Way Home. Selain itu, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini juga akan menyoroti tentang kelanjutan penelitian terhadap time stone yang dilakukan oleh Doctor Strange. 

10. Avatar 2 (2022)

CNN

Film sci-fi terbaik 2022 selanjutnya yang bisa menjadi referensi hiburan Sedulur adalah Avatar 2. Film dengan judul lengkap Avatar 2: The Way of Water ini merupakan sekuel dari film Avatar seri pertama yang dirilis pada 2009 silam. Adapun film yang digarap oleh sutradara James Cameron ini kembali menampilkan pemain-pemain dari seri pertamanya, yakni Zoe Saldana, Sigourney Weaver, dan Sam Worthington. Selain itu turut digandeng pula Kate Winslet, Michelle Yeoh, dan Oona Chaplin.

Dirangkum dari berbagai sumber, Avatar 2 akan menceritakan tentang Jake Sully (diperankan oleh Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Zaldana) yang kini telah hidup bahagia di Planet Pandora. Hingga suatu ketika mereka harus kembali bertarung dengan umat manusia.

Perlu Sedulur ketahui, Avatar 2: The Way of Water rencananya akan dirilis pada Desember 2022 mendatang. Film Avatar sendiri disebut akan hadir dalam empat sekuel atau berakhir di Avatar 5 yang direncanakan tayang pada Desember 2028. 

BACA JUGA: Sinopsis Insidious, Kisah Keluarga yang Diganggu Roh Jahat

Film sci-fi Korea

Negeri Gingseng Korea Selatan ikut meramaikan industri film fiksi ilmiah atau sci-fi. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat sejumlah film Korea dengan genre sci-fi yang diproduksi. Sederet aktor dan aktris kenamaan pun ikut digandeng dalam proyek tersebut. Berikut rekomendasi lima film sci-fi terbaik Korea yang bisa Sedulur tonton.

1. Snowpiercer (2013)

AsianWiki

Snowpiercer merupakan film sci-fi terbaik karya sutradara Bong Joon Ho. Film disebut menjadi debut sang sutradara dalam menggarap film berbahasa Inggris. Film ini dibintangi oleh Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, dan Jamie Bell.

Film Snowpiercer digarap berdasarkan novel grafis Perancis Le Transperceneige karya Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean-Marc Rochette. Film ini menceritakan tentang eksperimen perubahan iklim yang gagal dan berakibat pada berubahnya dunia menjadi gurun beku. Hampir seluruh kehidupan dipastikan mati, kecuali beberapa orang yang menaiki Snowpiercer, sebuah kereta api yang mengelilingi dunia tanpa henti.

2. Okja (2017)

Tirto

Okja menjadi film sci-fi selanjutnya yang juga digarap oleh Bong Joon Ho dan dibintangi oleh Tilda Swinton. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Jake Ahn Seo Hyun, Choi Woo Shik, Jake Gyllenhaal, dan Lily Collins. Film Okja sendiri pertama kali ditayangkan di Festival Film Cannes pada 2017.

Baca juga  Simak Kurs Dollar Hari Ini di Awal Pekan Sebelum Tukar

Kisah film Okja dimulai dari sosok Lucy Mirando (diperankan oleh Tilda Swinton), seorang CEO Mirando Corporation yang membuat sebuah gebrakan besar dalam dunia peternakan. Ia mengirimkan 26 spesies babi super ke sejumlah petani untuk dirawat dan dibesarkan. Selanjutnya babi yang paling sehat dan memiliki bobot paling besar akan dinobatkan sebagai pemenang.

Beberapa tahun kemudian, Johnny Wilcox (Jake Gyllenhaal) pergi ke Korea Selatan untuk menemui Mija (Ahn Seo Hyun), seorang anak yang merawat babi super bernama Okja. Dr Johnny pun menobatkan Okja sebagai pemenang dalam kompetisi yang diadakan oleh Mirando Corporation dan bermaksud membawanya ke New York. Mija yang sedih melihat Okja dibawa pergi lantas berusaha menyelamatkannya.

3. Lucid Dream (2017)

Soompi

Film sci-fi terbaik Korea berikutnya adalah Lucid Dream. Film yang juga mengusung genre misteri dan thriller ini dibintangi oleh Go Soo, Sol Sung Kyu, Kang Hye Jung, dan mantan anggota boy band TVXQ, Park Yoo Chun.

Secara garis besar, film Lucid Dream menceritakan tentang upaya Choi Dae Ho (diperankan oleh Go Soo) mencari putranya yang hilang. Dae Ho sendiri digambarkan sebagai seorang jurnalis investigasi dan ayah tunggal. Ia diketahui memiliki sejumlah musuh lantaran kerap memberitakan kasus korupsi yang menyeret para politisi dan pengusaha. Sementara itu, kasus hilangnya sang putra tidak kunjung menemukan titik terang. Hingga tiga tahun kemudian Dae Ho mengikuti terapi yang dapat menghidupkan kembali ingatannya melalui lucid dream.

Sedikit informasi, lucid dream adalah istilah untuk sebuah fenomena terkait mimpi. Lucid dream adalah kondisi di mana seseorang yang sedang bermimpi menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi.

4. Space Sweepers (2021)

film sci fi terbaik
Soompi

Space Sweepers merupakan film Korea bergenre sci-fi yang dirilis pada Februari 2021 lalu. Film ini mengisahkan tentang kru pesawat pengumpul sampah luar angkasa bernama Spaceship Victory. Mereka adalah Tae Ho (diperankan oleh Song Joong Ki), yang sekaligus merupakan pilot pesawat Victory. Kemudian ada pula Kapten Jang (Kim Tae Ri), Tiger Park (Jin Sun Kyu), dan robot bernama Bubs (Yoo Hae Jin).

5. Seobok (2021)

Soompi

Rekomendasi film sci-fi terbaik Korea yang kelima adalah Seobok. Film ini menampilkan duo aktor kenamaan, Gong Yoo dan Park Bo Gum sebagai pemeran utama. Selain itu, ada pula Jo Woo Jin, Yeon Je Wook, Lee Un Jung, dan Lee Sang Kyung. 

Film Seobook sendiri mengisahkan tentang sosok klon manusia bernama Seobok (diperankan oleh Park Bo Gum). Ia disebut sebagai klon manusia pertama yang dibuat melalui kloning sel induk dan rekayasa genetika. Di sisi lain, Min Ki Heon (Gong Yoo) adalah seorang mantan agen badan intelijen. Ia ditugaskan untuk mengawal Seobok.

Itu dia rekomendasi 15 film sci-fi terbaik yang bisa menjadi referensi tontonan Sedulur di akhir pekan. Perlu dicatat, untuk film Avatar 2 baru akan dirilis pada akhir tahun ini. Nah, di antara 14 film yang sudah rilis, Sedulur berminat nonton yang mana dulu, nih?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org