24 Rekomendasi Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa

24 Rekomendasi Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa


Butuh tontonan yang mendidik dan menghibur untuk anak? Simak daftar film kartun terbaik dan terbaru sepanjang masa di bawah ini.

Salah satu genre film yang paling banyak diminati dan masuk bagi setiap kalangan usia adalah film kartun atau film animasi. Terdapat daftar film animasi terbaik dan film kartun bioskop yang bisa Sedulur tonton. Salah satu studio film yang menghasilkan film kartun terbaik adalah studio disney. Banyak film kartun terbaik disney yang menjadi legenda.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar rekomendasi film animasi sebagai rekomendasi film anak terbaik. Mulai dari kartun disney, kartun terbaik hollywood, hingga daftar film kartun Indonesia dan negara lainnya. Film kartun bagus bisa jadi media yang baik untuk pembelajaran anak tentang nilai-nilai kehidupan.

Karena, di setiap film animasi lucu atau film kartun box office, selalu menyimpan pesan moral dan nilai-nilai yang baik untuk kehidupan. Lalu seperti apa saja daftar rekomendasi macam macam film kartun dan film anak terbaik sepanjang masa yang bisa jadi rekomendasi? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Film Kartun Anak Sekolah Terbaik, Menghibur & Edukatif!

Daftar Film Kartun Terbaik dan Terbaru Sepanjang Masa yang Bisa Jadi Rekomendasi!

Jelang liburan pasti banyak rencana yang telah Sedulur persiapkan untuk bisa merehatkan pikiran dari berbagai macam penat pekerjaan. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar pikiran bisa lebih fresh adalah dengan menonton film-film kartun terbaik. Hal ini karena film kartun biasanya memiliki cerita yang ringan dan kita tidak perlu berpikir terlalu keras untuk mengikutinya. Selain itu, film kartun juga bisa digunakan sebagai sarana berkumpul bersama keluarga di rumah. Jadi manfaatnya pun bisa sangat banyak untuk Sedulur.

1. Raya and The Last Dragon

liputan6.com

Film kartun populer pertama sekaligus juga film terbaru tahun 2021 ini adalah Raya and The Last Dragon. Film ini rilis pada bulan Maret ini. Mengambil latar dunia fantasi, yang menceritakan tentang kehidupan manusia dan naga. Namun, dalam film ini, manusia dan naga sudah tidak lagi hidup bersama.

Hal tersebut disebabkan karena naga mengorbankan diri untuk menyelamatkan umat manusia pada 500 tahun yang lalu. Raya, karakter utama dalam film ini pun kemudian melacak keberadaan naga terakhir untuk mengalahkan monster jahat yang kembali hadir dan mengganggu manusia.

2. The Boss Baby: Family Business

2. The Boss Baby: Family Business
kompas.com

Film anak anak terbaik selanjutnya adalah The Boss Baby, film ini merupakan film kedua dan masih mengangkat cerita yang sama, tentang bagaimana seorang anak bayi menguasai rumah. Dalam film kedua ini, alur utama film menceritakan tentang seorang bayu menguasai bisnis keluarga dan berdampak pada kehidupan sang kakak. Film ini rencana dirilis pada September tahun 2021.

BACA JUGA: 16 Film Adventure Terbaik & Seru, Serasa Diajak Berpetualang!

3. Minions: The Rise of Gru

3. Minions: The Rise of Gru
tribunnews.com

film animasi yang wajib ditonton dan sekaligus film kartun terbaik adalah The Minions. Bagi Sedulur yang mengikuti film Minions mungkin sudah tidak asing lagi dengan sosok Gru, seorang pencuri handal yang memiliki berbagai teknologi canggih. Sedulur akan mengetahui latar belakang awal kehidupan Gru dalam film ini. Film ini direncanakan akan tayang pada tahun 2021 saat ini.

4. Hotel Transylvania

4. Hotel Transylvania
liputan6.com

Menceritakan tentang kehidupan vampire yang mengelola sebuah hotel. Pernikahan antara vampir dan manusia menghasilkan seorang anak setengah manusia dan setengah vampire. Banyak kejadian kocak dan seru dari kehidupan pernikahan unik tersebut. Film ini dijadwalkan akan tayang pada 6 Agustus 2021 mendatang. Sedulur wajib nonton film ini, terutama bagi yang mengikuti kisah dari film animasi keren satu ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Film Seperti Fifty Shades, Erotis & Sensual

5. Encanto

film kartun terbaik
thathashtagshow.com

Film dari disney lainnya yang akan tayang pada tahun ini berjudul Encanto, sebagai produsen film kartun terbaik, disney selalu memperhatikan kualitas cerita dari setiap filmnya. Film ini menceritakan tentang kehidupan dunia magis atau dunia sihir. Menceritakan tentang seorang gadis kolombia yang semua keluarganya memiliki kekuatan sihir.

6. The Lego Movie

6. The Lego Movie
detik.com

Film kartun terbaik satu ini merupakan parodi dari film-film kartun yang telah populer, terutama film kartun tentang superhero. Namun, disajikan dengan lego, mainan anak-anak yang sangat disukai. Film ini sangat cocok ditonton oleh anak-anak yang terutama sekali sangat menyukai mainan lego. Dijamin sangat menghibur.

Baca juga  10 Rekomendasi Kasur Lantai yang Nyaman dan Empuk

BACA JUGA: Film Zombie Terbaik yang Memacu Adrenallin, Wajib Tonton

7. Shaun the Sheep Movie

7. Shaun the Sheep Movie
imdb.com

Anak-anak mana di dunia ini yang tidak mengetahui shaun the sheep, cerita tentang sekumpulan kambing yang memiliki tingkah laku yang lucu dan konyol. Kali ini hadir dalam konsep film. Film kartun terbaik satu ini dijamin akan sangat disukai oleh anak-anak. Karena animasi kambing dalam film ini sangat lucu.

8. Upin Ipin

8. Upin dan Ipin
liputan6.com

Film kartun terbaik lainnya adalah Upin dan Ipin, Film kesukaan anak-anak Indonesia. Menceritakan tentang kehidupan sepasang anak kecil kembar, Upin dan Ipin. Kehidupan Upin dan Ipin sebagai anak sekolah taman kanak-kanak, yang tinggal bersama nenek dan kakak perempuan di sebuah rumah sederhana yang tinggal di pedesaan negara Malaysia.

Di sekolahnya, Upin dan Ipin memiliki banyak teman, di antaranya Ehsan, Fizi, Mei-mei, Mail, Susanti, Jarjit. Film ini banyak mengajarkan tentang pertemanan, sekeluarga, sopan santun dan beragama.

9. Nussa

film kartun terbaik
detik.com

Film kartun terbaik selanjutnya adalah Nussa, tidak kalah populer dengan Upin dan Ipin di kalangan anak kecil di Indonesia. Film kartun anak sekolah ini menjadi kebanggaan Indonesia, karena asli buatan anak negeri Indonesia. Banyak hal mendidik dan sekaligus menghibur dari film ini. Film ini mengisahkan seorang anak lelaki periang yang bernama Nussa.

Nussa memiliki cita-cita menjadi seorang hafiz penghafal Al-Quran yang juga ingin menjadi astronot. Bersama dengan adik perempuannya bernama Rara yang lucu dan polos. Film ini menceritakan tentang kehidupan Nussa di sekolah yang mendapatkan berbagai pelajaran tentang makna kehidupan sehari-hari.

10. Doraemon

10. Doraemon
pikiran-rakyat.com

Film kartun terbaik dan film anak sekolah yang legendaris satu ini berasal dari Jepang. Sudah tayang sejak tahun 1980-an dan masuk ke Indonesia sejak tahun 1990-an. Film kartun anak sekolah yang menjadi kartun lintas generasi. Menceritakan tentang seorang bocah laki-laki bernama Nobita yang ditemani oleh kucing robot masa depan bernama Doraemon.

BACA JUGA: Film Thriller Terbaik yang Seru & Memacu Adrenalin

11. Chibi Maruko Chan

film kartun terbaik
idntimes.com

Salah satu film kartun terbaik anak sekolah dari Jepang lainnya adalah Chibi Maruko Chan, yang sempat populer di tahun 1990-an. Tokoh utama dari film kartun ini bernama Maruko, seorang anak perempuan yang sangat sederhana dan hidup bersama orang tua, kakak perempuan, kakek dan neneknya. Film ini merupakan rekomendasi anak-anak sebagai tontonan yang menghibur.

12. Big Hero 6

12. Big Hero 6
detik.com

Film kartun anak sekolah menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Hiro yang memiliki kecerdasan dan senang bereksperimen membuat robot. Saat kota tempat tinggal Hiro mengalami peristiwa dahsyat yang membahayakan umat manusia. Bersama dengan empat orang temannya, dan robot bernama Baymax yang lucu, mereka menyelamatkan dunia bersama-sama.

BACA JUGA: Rekomendasi Film Disney Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

13. Up

13. Up
tribunnews.com

Rekomendasi film kartun terbaik selanjutnya merupakan film lawas, yang menceritakan tentang seorang anak bernama Russel yang mengikuti kegiatan pramuka dan ditugaskan mengumpulkan lencana. Russel kemudian bertemu dengan Carl yang memiliki rumah yang akan digusur karena pembangunan.  Carl pun tidak ingin menghancurkan rumahnya, karena penuh kenangan dengan bersama almarhum istrinya.

14. How To Train Your Dragon

film kartun terbaik
forbes.com

Rekomendasi film kartun terbaik bagi anak sekolah lainnya adalah How To Train Your Dragon. Memiliki cerita tentang seorang anak dari sejarah dan kebudayaan bangsa viking. Mereka memiliki hewan peliharaan naga yang menjadikan sukunya sangat ditakuti. Terdapat satu naga yang cacat yang hanya bisa ditunggangi oleh anak spesial.

BACA JUGA: Link Situs Download Film Indonesia Terbaru Pengganti LK21

15. Toy Story

15 Toy Story
bbc.com

Film kartun terbaik dan sekaligus film legendaris selanjutnya adalah Toy Story, menceritakan tentang berbagai mainan anak-anak yang ternyata memiliki kehidupan. Mereka mengalami kebahagiaan dan kesenangan ketika dimainkan oleh anak-anak. Perlakuan-perlakuan anak-anak yang jorok terhadap mainan, membuat para mainan mengalami hal sedih.

16. Lion King

film kartun terbaik
ohmy.disney

Film selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi tontonan anak-anak adalah Lion King. Film ini merupakan film klasik dari Disney. Menceritakan tentang seekor anak singa yang nantinya akan menjadi raja hutan. Namun, anak singa ini harus melarikan diri karena akibat kecerobohannya membuat masalah yang menyebabkan ayahnya mati.

Baca juga  8 Arti Mimpi Gunung Meletus, Pertanda Baik atau Buruk?

17. Kung Fu Panda

17. Kung Fu Panda
liputan6

Film kartun komedi satu ini menjadi tontonan seru bagi anak-anak, karena banyak adegan komedi dalam film ini yang menghibur. Selain itu, film ini juga bisa menjadi tontonan bukan hanya untuk anak-anak. Menceritakan tentang seekor panda yang belajar kung fu. Walaupun dengan tubuh yang gempal dan gemuk, panda tersebut menunjukan bahwa dia bisa menjadi seorang petarung kung fu yang handal.

18. Monster Inc

18. Monster Inc
detik.com

Film ini menceritakan tentang kehidupan para monster yang didik dan dilatih untuk menakuti manusia, terutama anak kecil. Semakin tinggi ketakutan anak kecil melihat monster, semakin besar poin yang akan didapatkan. Film ini dapat mengubar sudut pandang anak-anak atas ketakutan mereka terhadap monster.

BACA JUGA: Film India Terbaik Versi yang Wajib Ditonton, Versi Penggemar Holliwood

19. Kiki Delivery Service

19. Kiki Delivery Service
tribunnews.com

Rekomendasi film kartun anak sekolah selanjutnya berasal dari Studio Ghibli yang terkenal dengan film kartun dengan pesan moral yang tinggi. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Kiki sebagai pengantar barang, terutama roti dan kue.

Kiki sering kali mengalami masalah saat mengantarkan makanan. Mengantar barang menggunakan sihir dengan sapu terbang, permasalahan yang kiki alami membuat kiki tidak percaya diri akan sihirnya. Masalah yang Kiki hadapi bisa memberikan pelajaran kepada Kiki dan membuatnya memiliki kekuatan sihir baru dan lebih kuat lagi.

20. Spirited Away

film kartun terbaik
rafu.com

Film kartun terbaik selanjutnya merupakan film yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli juga, karya sutradara terkenal dan perfeksionis bernama Hayao Miyazaki. Film-film dari Studio Ghibli memiliki kualitas cerita dan kualitas gambar yang sangat baik dan juga sangat relate ditonton kapanpun, alias timeless atau abadi.

Film ini bercerita tentang Chihiro anak perempuan berusia 10 tahun yang menjalani hidup baru di pedesaan. Terjadi hal aneh yang mengantarkan Chihiro ke sebuah tempat yang dipenuhi arwah dengan bentuk aneh. Chihiro pun harus berjuang agar bisa keluar dari tempat tersebut dan kembali bersama keluarganya.

21. Inside Out

21. Inside Out
kompas.com

Film animasi atau  film kartun terbaik selanjutnya adalah film Inside Out. Film ini menceritakan lima emosi yang terdapat dalam tubuh manusia yang digambarkan dengan visual yang sangat lucu. Dengan sudut pandang yang menarik, film ini dapat mengajarkan anak-anak bagaimana sebuah emosi bekerja dan mengambil alih alam bawah sadar manusia. Film ini dapat mengajarkan anak-anak tentang beberapa emosi yang dimiliki oleh setiap manusia.

BACA JUGA: Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

22. Coco

film kartun terbaik
imdb.com

Banyak film animasi yang memiliki tema keluarga dan dapat membuat penontonnya lebih tersentuh. Film Coco mampu membuat setiap penontonnya tergugah dan terkuras emosinya. Hal tersebut yang membuat film kartun cocok untuk sebagai tontonan anak-anak.

Coco seorang bocah Meksiko yang periang dan lucu diceritakan telah kehilangan ayah dari neneknya. Seorang pria bernama Miguel pun memiliki kemampuan keluar masuk dunia arwah dan menemukan banyak fakta yang mencengangkan, salah satunya fakta tentang kematian ayahnya Coco. Sedulur harus menyiapkan tisu untuk menonton film satu ini.

23. Turning Red

Suara Surabaya

Salah satu rekomendasi film kartun terbaik sepanjang masa datang dari Disney dengan judul Turning Red. Turning Red dirilis pada platform streaming Disney+ pada 11 Maret 2022 yang lalu. 

Film ini mendapat respon positif dari banyak pihak karena berhasil menceritakan dengan baik kebudayaan China dengan baik. Selain itu, ia juga dipuji karena alur ceritanya yang seru, humor mengocok perut, visual dan animasi yang impresif, serta jajaran pengisi suara yang terkenal.

Turning Red menceritakan kisahnya yang berlatar belakang di kota Toronto, Kanada, di tahun 2002. Film ini berfokus pada kisah hubungan antara seorang anak dengan ibunya. Mei Lee, merupakan gadis kecil berusia 13 tahun yang sangat pintar dan rajin. Ia sering dianggap sebagai kutu buku oleh teman-teman sekolahnya. Tumbuh dan besar di keluarga yang sangat menjunjung tinggi kebudayaan China, Mei Lee sangat menghormati kedua orang tuanya, Ming sang ibu dan Jin sang ayah.

Sebagai seorang ibu, Ming adalah pribadi yang tegas, disiplin, dan tidak pernah meninggalkan sisi Mei Lee sekalipun. Ming bahkan lebih tegas dibanding Jin sang ayah. Ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya, walaupun hal yang menurutnya baik tersebut belum tentu sesuai dengan keinginan Mei Lee. Alhasil, Mei Lee tumbuh di tengah-tengah tekanan untuk selalu membanggakan kedua orang tuanya, terutama sang ibu, dan juga hubungan pertemanannya di sekolah. 

Baca juga  5 Tips Sukses Memulai Investasi Kostan untuk Masa Depan yang Cerah

Mei Lee mempunyai tiga teman akrab, Miriam si anak keren, Priya yang tidak pernah menunjukkan ekspresi, dan si aktif Abby. Berempat, mereka bersekolah di satu sekolah yang sama, sering bermain bersama, pulang sekolah bersama, dan melakukan berbagai macam aktivitas lainnya.

Salah satu hal yang mempererat hubungan pertemanan Mei Lee dan ketiga temannya adalah obsesi mereka terhadap 4*Town, salah satu boyband yang sedang hits pada waktu itu. Boyband tersebut akan mengadakan konser di Toronto pada tanggal 18 Mei, menurut pernyataan Abby. Keempat sahabat tersebut sangat ingin sekali untuk menyaksikan idola mereka secara langsung di atas panggung.

Namun masalahnya, ibu Mei Lee adalah seorang yang tegas dan belum tentu mau mengizinkan Mei Lee untuk datang ke konser tersebut. Masalah menjadi bertambah serius ketika secara ajaib, Mei Lee tiba-tiba berubah menjadi seekor panda merah raksasa karena suatu kejadian yang sangat mempengaruhi emosinya.

Dengan kondisinya yang berubah sebagai seekor panda merah, bisakah Mei Lee bergabung dengan kawan-kawannya untuk menonton konser 4*Town? Saksikan akhir cerita film animasi ini di platform streaming Disney+, ya!

24. Tangled

Walls Cloud

Rekomendasi film kartun terbaik terakhir juga merupakan salah satu karya dari Disney, yaitu Tangled. Tangled merupakan salah satu film animasi yang pastinya sudah banyak orang tahu. Dirilis pada 14 November 2010 silam, film ini berhasil meraup keuntungan setidaknya US$592,4 juta.

Tangled sejatinya bercerita tentang Rapunzel, dimana awal filmnya menuturkan tentang kisah seorang raja dan ratu yang sangat menanti-nanti keturunan. Saking sulitnya mendapat keturunan hingga sang ratu jatuh sakit, pasangan raja dan ratu tersebut sampai berkonsultasi ke seorang tabib, yang menyarankan untuk mencari bunga emas agar ratu sehat kembali.

Bunga emas itu pun berhasil ditemukan, tapi tanpa disadari, bunga tersebut adalah milik seorang penyihir tua yang jahat, Mother Gothel. Bunga emas tersebut akhirnya dapat menyembuhkan ratu dan mendapatkan keturunan bayi perempuan yang sehat, Rapunzel. Mother Gothel tidak terima jika bunganya diambil sembarangan, alhasil ia menculik Rapunzel dari kerajaan dan membawa pulang ke rumahnya.

Rambut Rapunzel ternyata memiliki keistimewaan, sangat panjang, berwarna emas, dan dapat membuat Mother Gothel untuk terus tampak muda. Dengan begitu, Mother Gothel semakin tidak mau kehilangan Rapunzel. Ia membesarkan Rapunzel di menara tinggi, tidak pernah mengizinkan Rapunzel keluar dari menara tersebut.

Maka dari itu, Rapunzel hanya dapat melihat pemandangan dunia luar dari jendela menaranya. Setiap kali Rapunzel meminta izin untuk turun dan menjelajahi lingkungan luar, Mother Gothel selalu menolaknya. Mother Gothel beralasan bahwa dunia luar sangatlah jahat, ia ingin selalu melindungi Rapunzel dari segala mara bahaya. Padahal, sejatinya Mother Gothel menyembunyikan Rapunzel di menara agar tidak ketahuan pihak kerajaan.

Suatu hari, seorang bandit tiba-tiba masuk ke menara tempat Rapunzel tinggal. Bandit tersebut bernama Flynn Rider. Alih-alih menyerahkannya ke pihak berwenang, Rapunzel malah meminta bantuan Flynn Rider untuk membawanya keluar menara dan menjelajah dunia sekitar.

Penasaran tentang bagaimana petualangan Rapunzel dan Flynn Rider? Sedulur dapat menonton Tangled di platform streaming Disney+, ya!

Film kartun bisa jadi tonton anak

film kartun terbaik
Fimela

Memberikan anak tontonan film kartun bisa jadi salah satu rekomendasi bagi Sedulur untuk mengajarkan suatu hal. Karena, seperti yang Sedulur tahu bahwa dalam setiap film kartun selalu terdapat pesan moral di dalamnya.

Ini tentu membuat Sedulur bisa mengajarkan pesan-pesan kehidupan kepada anak melalui tontonan film kartun. Semoga daftar film kartun terbaik di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur untuk ditonton bersama anak-anak.

Sekian daftar film-film kartun terbaik rekomendasi untuk Sedulur. Namun, kurang pas rasanya nonton film tanpa ngemil. Untuk itu Sedulur bisa menyiapkan camilan sebelum menonton agar lebih seru.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org