fiksi adalah

Fiksi adalah Cerita Buatan, Ketahui Karakteristik, Ciri & Jenisnya


Fiksi adalah cerita fiksi atau fantasi yang dibuat oleh orang-orang. Cerita dibangun di atas imajinasi manusia, yang tidak terjadi dalam kenyataan. Walaupun pengarang membuat cerita berdasarkan pengalaman atau referensi tertentu, fiksi sangat imajinatif, sehingga pengalaman tersebut hanya sebagai tambahan atau inspirasi bagi penulis, dan tidak benar-benar terjadi.

Untuk membedakan fiksi dari yang lain, Sedulur dapat mendengarkan uraian yang akan diberikan tentang fiksi dan contoh berdasarkan jenis berikut. Dengan mempelajari arti, ciri, ciri dan jenisnya, Sedulur dapat mencoba membuat cerita sendiri. Membuat cerita fiksi baik untuk mengasah dan menyalurkan imajinasi, yang membantu penulis menjadi lebih kreatif.

BACA JUGA: Legenda adalah cerita rakyat, ketahuilah jenis-jenis, ciri-ciri dan contohnya

definisi fiksi

Pertukaran ide

Agar Sedulur lebih memahami fiksi, berikut beberapa pendapat para ahli Indonesia yang menjelaskannya.

  • Nurgadaliantoro. Fiksi adalah prosa naratif yang bersifat kiasan. Namun, mereka biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisir hubungan manusia.
  • salim. Fiksi adalah segala sesuatu yang merupakan realitas sosial, selalu imajiner atau berubah menjadi fantasi yang diciptakan melalui tindakan imajiner. Jadi dari segi manufaktur masih jauh dari objektivitas dan konsistensi, meski sifatnya sistemik.
  • Sujiman. Fiksi, juga dikenal sebagai fiksi, adalah cerita yang memiliki karakter, tindakan, dan plot yang dibuat oleh imajinasi atau imajinasi. Pengarang mengolah imajinasi atas dasar pengalaman, pandangan, interpretasi para ilmuwan, wawasan dan penilaiannya terhadap berbagai peristiwa yang diungkapkan melalui bahasa.

Ciri-ciri fiksi

kaskus

Cerita fiksi adalah cerita kreatif, seperti cerita pada umumnya, yang menyampaikan banyak hal dengan ciri khas yang menjadi identitasnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri fiksi.

1. Kreatif

Dalam fiksi, kebenaran tidak mutlak. Namun, seorang penulis dapat menggunakan imajinasi mereka sebagai cara untuk mengekspresikan sudut pandang mereka. Dengan cara ini, sesuatu yang perlu ditransfer dapat dengan mudah dikemas.

Baca juga  Pengertian, Tujuan, Ciri dan Jenisnya

2. Penggunaan bahasa konotatif

Gaya bahasa konotatif yang menyampaikan sesuatu yang tidak memiliki arti sebenarnya. Hal ini membuat tulisan lebih indah dan terkesan tidak baku.

3. Sistematika tidak standar

Selain gaya bahasanya yang tidak kaku, taksonominya juga tidak terlalu formal. Penulis bisa berkreasi, tidak seperti karya ilmiah, yang terdiri dari abstrak, pembuka, isi, dan penutup dengan aturan penulisan yang jelas.

4. Memiliki pesan moral

Tujuan membuat cerita fiksi bagi banyak orang adalah untuk menyampaikan pesan moral atau hikmah dari peristiwa tersebut. Terlepas dari genre yang dianut, nilai positif harus ada dalam fiksi.

5. Berusaha menyentuh hati pembaca

Fiksi bukanlah bacaan formal yang menuntut pembacanya untuk menambah pengetahuan. Namun, sambil menikmati cerita fiksi, pembaca mungkin dapat menambahkan perspektif dan pemahaman mereka sendiri tentang perasaan manusia. Ia juga hiburan, jadi salah satu ciri fiksi adalah sering mempermainkan emosi pembaca.

BACA JUGA: Memahami kalimat efektif beserta istilah, ciri dan contohnya

Elemen fantasi

fiksi
Topik utama

Unsur-unsur fiksi terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Unsur eksternal cerita fiksi terdiri dari hal-hal yang mempengaruhi cerita di luar cerita itu sendiri. Unsur ini lebih untuk kondisi penulis yang menciptakan cerita. Misalnya, unsur eksternal adalah asal usul pengarang, asal usul masyarakat, dan nilai/norma yang berlaku di masyarakat tempat pengarang tinggal.

Sedangkan untuk unsur dalam, yang terdiri dari 9 bagian. Berikut ini adalah unsur-unsur eksternal fiksi.

  1. Tema gagasan utama cerita.
  2. Angka seorang aktor dalam sebuah cerita atau karya sastra. Berisi nama-nama pemain yang berpartisipasi di dalamnya.
  3. Karakteristikbukan sekedar nama, tokoh yang memerankan cerita harus memiliki watak, dan penulis harus mampu menampilkan tokoh tersebut dengan cara tertentu sehingga dapat dikenali oleh pembaca/penonton.
  4. Latar belakangberupa tempat, waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa sejarah.
  5. Alur / alururutan peristiwa yang berbicara tentang sebab dan akibat dalam cerita yang dibangun.
  6. Sudut pandangbagaimana pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Apakah cerita akan diceritakan sebagai orang ketiga (menceritakan orang lain) atau orang pertama (menceritakan diri sendiri). Sudut pandang juga bisa dicampur.
  7. Konflikbagian dari sebuah cerita yang dimaksudkan untuk mengembangkan plot agar cerita menjadi lebih seru atau tidak membosankan.
  8. klimakspuncak konflik yang tidak bisa dilewatkan, sehingga inti cerita jelas bagi penonton.
  9. Mandat yaitu, solusi yang hadir dalam cerita. Ini adalah pesan moral yang diharapkan akan sangat membantu pembaca.
Baca juga  8 Cara Cek Nomor Smartfren, Via SMS Hingga Via WhatsApp

Struktur cerita fiksi

Berita Perpustakaan

Seperti sejarah, fiksi juga memiliki struktur yang membentuknya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur cerita fiksi.

  1. Abstrak dalam fiksi, itu adalah cerita pendek yang menggambarkan seluruh isi cerita.
  2. Orientasi berisi pengantar cerita, seperti pengenalan tentang sifat, latar, dan latar belakang masalah yang akan dibahas dalam cerita.
  3. Komplikasi berisi masalah atau konflik yang dihadapi tokoh.
  4. Nilai berisi solusi untuk masalah, tetapi masalahnya belum terpecahkan.
  5. Izin ini adalah bagian ketika masalah benar-benar terpecahkan.
  6. reorientasimasalah yang dipecahkan memberikan pesan moral, yang biasanya berupa kesimpulan di akhir cerita.

Jenis fantasi

fiksi
Foto setoran

Contoh teks fiksi datang dalam berbagai jenis, termasuk cerita fiksi pendek. Beberapa jenis fiksi yang sering ditemukan antara lain novel, cerpen, novel, drama, atau sinetron. Dengan demikian, cerita fiksi tidak hanya dibuat dalam bentuk buku, tetapi juga dapat berupa audiovisual dalam bentuk film dan serial.

Jika cerita di dalamnya dibuat secara kiasan melalui karangan pengarang, maka itu adalah bagian dari cerita fiksi itu sendiri. Di tengah pesatnya digitalisasi, banyak cerita fiksi yang dikemas dalam media populer dan semakin mudah dinikmati.

BACA JUGA: Heterogen adalah: definisi, sifat dan contohnya

Contoh Fiksi

Topik utama

Berdasarkan jenis-jenis di atas, akan kami uraikan contoh-contoh cerita fiksi berdasarkan jenisnya. Contoh cerita fiksi adalah sebagai berikut.

1. Novel

Novel memiliki dimensi ruang dan waktu yang sangat luas, dikemas menjadi buku yang dapat memiliki banyak halaman. Contoh novel adalah supernova (Dee Lestari) Tentang kami (Tere Lie) dan gerhana ganda (Clara Ng).

2. Cerita (cerita)

Kisah-kisah ini dapat ditemukan di majalah atau surat kabar. Beberapa contoh cerita terkenal: Karena kita tidak tahu (Farida Susanti) Runtuhnya Surau (AA Navis) dan Seribu kunang-kunang di Manhattan (Umar Qayyam).

Baca juga  Perbedaan Tokoh Cerita: Protagonis, Antagonis & Tritagonis

3. Romantis

Romance adalah cerita fiksi yang menceritakan tentang kehidupan seseorang dari lahir sampai mati. Contoh orang Romawi yang terkenal: Tenggelamnya Kapal Van der Wijk (Haj Abdul Malik Karim Marulla atau HAMKA) dan Pilihan yang salah (Nur Sutan Iskandar).

4. Drama atau sinetron

Gampang, misalnya banyak sinetron atau sinetron yang muncul di layar kaca. Periksa toko sebelah, Pretty Wolf.hingga drama Korea yang Sedulur tonton juga memuat cerita fiksi.

Ini tentang fantasi. Fiksi adalah sebuah karya yang sering kita jumpai dan menjadi sesuatu yang menghibur, dapat dikonsumsi dalam bentuk tulisan, visual, audiovisual. Semoga penjelasan ini dapat melengkapi pemahaman Sedulur tentang kekayaan dunia sastra.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org