Selain Gaji, Ini 14 Fasilitas yang Diharapkan & Wajib Didapatkan!

Selain Gaji, Ini 14 Fasilitas yang Diharapkan & Wajib Didapatkan!


Sebagai orang yang rajin, kita tentu menginginkan kenyamanan yang kita harapkan sebagai balasannya. Bukan maksud perhitungan atau adanya pikiran kita sebagai buruh yang tidak melakukan pekerjaan dengan ikhlas. Dana yang dimaksud meliputi lebih banyak asuransi kesehatan, pekerjaan, dan jaminan hari tua.

Di bawah ini adalah daftar fasilitas yang diharapkan setiap pekerja dari tempat kerja mereka. Sedulur, yaitu pekerja, harus mengetahui benda apa yang dimaksud.

BACA JUGA: Pembelian personil: tugas, tanggung jawab, gaji dan pengembangan karir

1. Biaya pengiriman

LinovHR

Kondisi kerja adalah fasilitas yang diterima setiap karyawan dari perusahaan tempatnya bekerja. Fasilitas ini dapat mengambil banyak bentuk, seperti perumahan atau transportasi. Salah satunya yang dibutuhkan oleh pekerja dan yang paling penting adalah biaya transportasi.

Tunjangan transportasi juga menjadi salah satu layanan tambahan dari kantor yang banyak diandalkan karyawan selain gaji. Apalagi jika Sedulur tinggal jauh dari kantor, atau jenis pekerjaan seperti sales(pengembangan bisnis) atau manajer akun yang perlu menghadiri rapat dengan klien dan bertemu di luar kantor.

Penggantian biaya transportasi dapat berupa jaminan akomodasi untuk perjalanan bisnis, yang mencakup pemesanan hotel, tiket pesawat, dan lainnya. Ini termasuk ongkos dan bensin yang dipegang oleh keluarga selama bekerja atau kantor.

2. Tunjangan hidup

Mimbar

Selain transportasi, fasilitas perumahan lainnya. Ini juga yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja BUmn. BUMN adalah instansi pemerintah yang tersebar di seluruh Indonesia, biasanya anggotanya sering diutus untuk bekerja ke luar kota atau ke luar pulau. Tempat tinggal merupakan salah satu fasilitas yang disediakan.

Tak hanya BUMN, perusahaan swasta atau start-up pun kerap mengirimkan karyawannya untuk dinas lapangan. Ketersediaan tempat tinggal memudahkan para pekerja untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang ditujukan ke luar kota. Namun, sebagai pekerja, kita harus mengetahui secara detail apa itu tempat tinggal. Jangan sampai apa yang kita dapatkan tidak seperti yang diharapkan

3. Tunjangan teknologi

objek yang diharapkan
Compasiana

Objek ini adalah objek yang diharapkan lulusan baru atau lulusan baru. cinta pekerja penulis kontendesain grafis, programmer, atau mereka yang terlibat dalam teknologi digital biasanya menerima bantuan teknologi dalam bentuk gadget seperti smartphone, tablet, dan laptop.

Selain itu, biaya tambahan teknologi juga dapat berupa insentif tunai atau kuota lalu lintas internet bulanan. Anda bisa meminta tunjangan tersebut, terutama jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk sering menelepon klien atau mengadakan rapat online. Di tengah pandemi saat ini, gadget itu penting dan bisa menunjang pekerjaan kita.

Baca juga  10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Makan siang

Makanan Anak

Konsumsi adalah sarana yang diharapkan selama wawancara. Sekarang ada banyak layanan katering online yang tersedia yang membuat pendirian ini pantas ditunggu untuk kantor baru di atas gaji. Dengan tersedianya catering, Anda tidak perlu lagi memikirkan mau makan apa untuk makan siang di kantor.

Sedulur juga dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda dengan alat ini. Seduluru menjadi lebih mudah ketika Anda bisa mendapatkan menu masakan yang sesuai dengan kondisi Anda jika mengikuti catering kantor. Misalnya, makan dengan diet keto atau produk bebas gluten. Beberapa perusahaan telah memasukkan makan siang gratis untuk karyawan mereka.

Namun jika pekerjaan baru Anda tidak seperti itu, tidak ada salahnya menanyakan apakah ada kompensasi berupa uang makan siang dan apakah sudah termasuk gaji Anda atau tidak.

5. Program pengembangan personel

objek yang diharapkan
Tokopedia

Kenyamanan yang dapat dinantikan oleh para pekerja masa depan selain upah di kantor dapat berupa tunjangan yang tidak berwujud. Salah satu contohnya adalah pelatihan atau workshop pengembangan diri. Saat ini, pekerja dapat menghasilkan bengkel pengembangan diri seperti pelatihan kepemimpinan, pelatihan manajemen, hingga pelatihan keterampilan yang lebih spesifik seperti pelatihan public speaking dan komunikasi.

Lokakarya tersebut diperlukan karena dapat membantu mengasah keterampilan dan juga menjadi prasyarat untuk peningkatan karir di masa depan. Mungkin tidak semua perusahaan dapat menawarkan manfaat ini pada awalnya. Namun, Anda bisa mencoba meminta atasan Anda untuk menundanya di kemudian hari.

Program pengembangan diri lain yang dapat Anda minta dari perusahaan tempat Anda bekerja adalah keanggotaan eksklusif pusat olahraga atau pusat kebugaran, keanggotaan maskapai penerbangan atau klub sosial. Setelah menerima semua jaminan yang diharapkan dari perusahaan ini, Sedulur tidak memiliki alasan untuk ceroboh dalam pekerjaannya.

6. Asuransi kesehatan

objek yang diharapkan
teman hidup

Inilah obat yang diharapkan dalam setiap pekerjaan dimana mereka bekerja, yaitu asuransi kesehatan. Sedangkan untuk asuransi kesehatan diatur dengan undang-undang pemerintah. Apabila ada perusahaan atau instansi yang tidak memberikan jaminan kesehatan bagi karyawannya, maka pemerintah akan menindak dan memberikan sanksi kepada perusahaan atau instansi tersebut.

Adanya asuransi kesehatan dari perusahaan merupakan jaminan bagi setiap karyawan agar dapat dengan tenang melakukan pekerjaannya, dan perusahaan atau instansi tersebut dapat mencapai maksud atau tujuannya.

7. Jam kerja fleksibel

Kisi

Setiap pekerja diharapkan tidak hanya dibayar, tetapi juga memiliki fleksibilitas dalam jam kerja. Setiap perusahaan memiliki aturan mengenai jadwal dan jam kerjanya masing-masing. Namun, tidak ada salahnya membahas masalah ini.

Sedulur harus mengajukan serangkaian pertanyaan spesifik, bukan hanya menanyakan apakah Anda bisa yakin. Salah satu contohnya adalah apakah perusahaan mengizinkan karyawannya untuk check-in lebih lambat atau lebih awal dari yang ditentukan dalam kondisi tertentu.

Baca juga  Kabar Harga Emas Hari Ini 22 Desember 2022, Turun?

Atau bisa pulang lebih awal jika ada kebutuhan mendesak atau mendadak? Dan aturan seperti kebijakan work from home (WFH). WFH kini menjadi salah satu benefit yang sangat dinanti-nanti karyawan karena selain hemat gaji, juga hemat waktu dan tenaga.

Kemajuan teknologi saat ini juga semakin memudahkan orang untuk bekerja sehingga tidak harus datang ke kantor setiap hari. Selama pandemi Covid-19, Anda dapat bekerja kapan saja, di mana saja.

8. Ketentuan khusus bagi karyawan wanita

objek yang diharapkan
Chatelain

Salah satu fasilitas yang diharapkan adalah fasilitas khusus bagi pekerja atau karyawan perempuan. Setiap pekerja perempuan wajib mendapatkan hak-hak khususnya, termasuk hak atas cuti haid dan melahirkan. Menurut UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 81 ayat (1).

Undang-undang di atas menyebutkan bahwa pekerja perempuan atau pegawai perempuan yang tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami sakit yang hebat (dismenore). Sedangkan cuti hamil dapat diambil sebelum, saat dan setelah melahirkan. Dengan demikian, perempuan pekerja dapat memperoleh hak-haknya setelah menunaikan setiap kewajibannya.

BACA JUGA: 12 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Pengguna

9. Konsultasi kesehatan jiwa

Yugov

Di tengah keterbukaan informasi saat ini, banyak orang yang kini paham betapa pentingnya kesehatan mental. Karena salah satu penyebab banyak orang yang kesehatan mentalnya terganggu adalah beban kerja dengan segala macam kesulitan dan tuntutan dari atasan.

Sebagai hasil dari pemahaman yang baik tentang kesehatan mental, perusahaan dan startup kini menyediakan asuransi kesehatan mental. Baik dalam bentuk konseling maupun pengobatan. Konsultasi juga didampingi oleh psikolog atau psikiater yang ditunjuk langsung oleh perusahaan tempat kita bekerja.

10. Liburan berbayar

objek yang diharapkan
Slikr

Pilihan terakhir yang dinantikan adalah liburan berbayar. Kesempatan yang dikenal dengan cuti berbayar ini sangat penting bagi Sedulur. Sebab, tentunya terkadang Sedulur membutuhkan waktu untuk bersantai di tengah padatnya jadwal kerja. Ditambah lagi, kompensasi yang tetap cair saat istirahat juga bisa membuat Anda kembali merasa tenang dan bersemangat saat harus kembali bekerja.

Sayangnya, keuntungan ini sering dilewatkan oleh pencari kerja saat pemberian kontrak. Faktanya, tidak semua perusahaan akan memberikannya kepada karyawannya. Kalaupun diberikan, perusahaan hanya dapat memberikan cuti tidak dibayar atau cuti tidak dibayar.

Karena itu, selalu perhatikan kontrak kerja sebelum memberikan inisial Anda. Kemudian, jika ternyata objek tersebut tidak ditentukan dalam kontrak, Sedulur juga bisa bernegosiasi langsung dengan HRD atau atasan di perusahaan.

Baca juga  Flash Sale Super Seratus 24-25 September 2022. Belanja Tetap Hemat

11. Beasiswa dan program pengembangan karir

Pintek

Setiap karyawan, terutama yang berpotensi, sangat ingin mendapatkan alat yang diharapkan ini. Yakni, program beasiswa pendidikan. Karena perusahaan yang baik akan menjaga peningkatan kualitas pendidikan karyawannya. Sedulur juga perlu dilengkapi dengan ilmu dan pendidikan tambahan.

Program beasiswa juga terkadang tidak hanya dimasukkan dalam biaya pendidikan, tetapi juga beserta tunjangan harian selama studi. Namun, setelah menyelesaikan pendidikan kita, kita harus melakukan yang terbaik untuk perusahaan yang membiayai pendidikan kita.

Tidak hanya pendidikan, kita sebagai pekerja juga perlu meningkatkan pengembangan karir. Meskipun mendapatkan pendidikan juga merupakan bagian dari pemikiran tentang pengembangan karir. Jenjang karir merupakan bagian penting yang juga harus diperhatikan oleh perusahaan.

12. Tunjangan gigi dan kacamata

objek yang diharapkan
teman hidup

Pelayanan yang diharapkan dari perusahaan selain upah adalah pengobatan gigi dan tunjangan kacamata. Walaupun sama-sama berkaitan dengan kesehatan karyawan atau pekerja, namun kesehatan gigi dan mata harus diperhatikan secara berbeda dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Karena objeknya berbeda dan membutuhkan perawatan khusus. Sebagai hasil dari pemahaman yang baik tentang kesehatan karyawannya, perusahaan kini menyediakan asuransi kesehatan khusus untuk kaca mata dan kesehatan gigi. Plus, khusus untuk mata dan gigi, diperlukan biaya yang besar.

13. Asuransi keluarga

Masa depan

Asuransi keluarga juga merupakan salah satu dana yang diharapkan oleh setiap pekerja. Untuk mendukung kesehatan karyawan dan melindungi mereka secara finansial, beberapa perusahaan menyediakan layanan asuransi kesehatan bagi keluarga karyawan. Fasilitas ini memberikan pelayanan kesehatan yang diperuntukkan bagi pekerja dan anggota keluarganya dalam keluarga inti, seperti pasangan dan anak.

Perusahaan yang menyediakan layanan yang diharapkan ini menggunakan jenis asuransi kesehatan kelompok atau group insurance. Jenis asuransi ini dirancang khusus untuk sekelompok orang yang tergabung dalam suatu perusahaan atau institusi.

14. Jaminan hari tua

objek yang diharapkan
Danamon

Obat terakhir yang diharapkan yang didambakan setiap pekerja adalah jaminan hari tua. Banyak perusahaan besar sekarang memberikan tunjangan pensiun untuk talenta profesional mereka. Jaminan hari tua dapat diberikan dalam bentuk pesangon atau bahkan pensiun.

Banyak juga perusahaan yang menyediakan sebagian saham perusahaan sebagai jaminan pensiun jangka panjang yang bisa menguntungkan puluhan tahun. Benefit ini memungkinkan setiap karyawan untuk fokus bekerja tanpa mengkhawatirkan hari tuanya.

Ini adalah daftar fasilitas yang diharapkan oleh setiap karyawan untuk perusahaan, startup atau instansi tempat mereka bekerja. Dengan fasilitas yang menunjang dan menjamin tenaga kerja dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan, startup atau agen tenaga kerja.




https://wvmuseums.org