emulator android ringan

15 Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC & Laptop


Apakah Sedulur tengah mencari rekomendasi emulator android ringan untuk PC atau laptop? Jika iya, pilihan yang tepat Sedulur ada di artikel ini. Karena dalam kesempatan kali ini kita akan bahas rekomendasi beberapa emulator yang bisa Sedulur download di laptop atau PC untuk dapat memainkan berbagai game yang ada di android.

Beberapa emulator android ringan untuk PC yang akan dibahas juga mungkin telah Sedulur ketahui atau ada yang sudah Sedulur pernah coba mainkan. Namun, untuk memastikannya, Sedulur bisa simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi PS4 Emulator Terbaik untuk PC dan Laptop

Apa itu emulator android

Ruang Laptop

Emulator android merupakan sebuah software yang dapat membuat Sedulur menjalankan sistem operasi android di perangkat laptop atau PC yang berbasis sistem operasi Windows atau MacOS. Tujuannya adalah untuk dapat memainkan game-game yang tersedia di android melalui PC atau laptop.

Kelebihannya, kita bisa menikmati permainan yang ada di android dari layar yang lebih besar. Selain game, kita juga bisa melakukan simulasi panggilan telepon, pesan teks, hingga akses ke Google Play Store. Tidak hanya itu saja, emulator android ini juga digunakan para developer. Bahkan menjadi sebuah tool wajib bagi developer yang ingin membuat aplikasi android. Karena fungsi emulator ini juga untuk menguji aplikasi android yang sudah mereka buat.

Tentu, kini tersedia beberapa rekomendasi emulator android ringan yang bisa Sedulur gunakan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini:

1. Bluestacks

TauGadget

Rekomendasi pertama emulator android ringan RAM 1GB dan paling populer adalah BlueStacks. Dengan kualitas bersertifikat, ini tersedia secara gratis dari situs web dan play store. Emulator terus diperbarui oleh  pengembang. Ini tersedia untuk Windows dan Mac dan menawarkan banyak fitur menarik.

Dari alat keymapping yang  membuat skema kontrol sesuai keinginan pengguna, hingga pengelola instance yang memungkinkan pengguna memainkan beberapa jenis game secara bersamaan. Yang terpenting, emulator ini memastikan keamanan data pengguna sesuai dengan Peraturan Perlindungan Data Umum Uni Eropa. Jadi Sedulur  aman menggunakan emulator ringan untuk laptop ini tanpa khawatir terjadi pencurian data dari ponsel.

2. LDPlayer

LDPlayer.Net

Pilihan emulator android ringan RAM 2GB kedua adalah LDPlayar. yang juga tersedia secara gratis. Emulator ini dikenal sebagai software yang ringan dan handal untuk para gamers. Memang fiturnya tidak selengkap BlueStacks, tapi cukup untuk memainkan game mobile dengan lancar di PC.

Sedulur bisa merasakan main game android dengan grafis menawan dan smooth di layar yang lebih besar. Bisa jadi pilihan menarik bermain game dengan menggunakan emulator satu ini;

 3. ArChon

emulator adroid ringan
Teknohits

Rekomendasi emulator android ringan untuk PC kentang adalah ArChon yang juga bisa didapatkan gratis melalui situs GitHub. Pihak pengembangnya menggunakan nama alias Vladikoff. Ini agak berbeda dengan emulator biasanya. Sedulur bisa langsung mengunduhnya di Chrome sebagai ekstensi.

Sedulur dapat memilih dari beberapa jenis paket android  (APK) yang tersedia untuk Chrome. Nantinya, Sedulur bisa menggunakan fitur ArChon dengan mengikuti petunjuk di halaman ini. Agak rumit, tetapi cocok untuk pengguna berpengalaman yang  ingin mengubah fungsionalitas.

4. GameLoop

GameLoop

Emulator android ringan yang bisa jadi pilihan Sedulur selanjutnya adalah GameLoop. Rekomendasi emulator ini bisa Sedulur gunakan untuk pemula Sedulur. Awalnya bernama Tencent Gaming Buddy, GameLoop adalah emulator resmi untuk  game seluler populer seperti PUBG, Arena of Valor, dan Call of Duty.

Baca juga  Pengertian, Unsur, Bentuk & Manfaatnya

Koleksi game terhubung kami yang terus bertambah melampaui game produk kami sendiri. Dikembangkan oleh pengembang game sendiri, GameLoop memenuhi semua kebutuhan gamer, termasuk keyboard  yang nyaman dan kinerja grafis yang luar biasa.

5. MeMu

emulator android ringan
For PC

 

Emulator PC android handal berikutnya adalah MeMu. Dapat digunakan untuk PC dengan prosesor AMD. Sesuatu yang pasti dinanti-nantikan oleh pengguna. MeMu juga memungkinkan Sedulur menjalankan beberapa game secara bersamaan dengan mulus. Menariknya, emulator ini memiliki versi gratis dan premium.

 Versi gratisnya bebas iklan, jadi jika Sedulur lebih suka tanpa iklan, harap tingkatkan ke versi berbayar yang jauh lebih murah dengan 3 USD per bulan atau Rp 45-50.000. Salah satu rekomendasi emulator menarik yang bisa jadi pilihan Sedulur.

6. Chromebook

Kopi Tekno

Cara menjalankan aplikasi android di PC tanpa emulator bisa dilakukan bila Sedulur memiliki Chromebook. Ini merupakan PC dari Google yang menggunakan ChromeOS dan dikenal ringan serta ramah di kantong.

Cocok untuk para siswa yang butuh produktif tanpa perlu fitur-fitur sophisticated. Kabar baiknya, dengan Chromebook Sedulur tidak perlu lagi aplikasi pihak ketiga ketika ingin menggunakannya untuk membuka Play Store maupun mengunduh beberapa aplikasi yang dibutuhkan serta kompatibel. Bila kurang puas, Sedulur bisa mengunduh android Studio.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi PS2 Emulator Terbaik untuk Android dan PC

7. Leapdroid

Broodle

Sama dengan Amidu, Leapdroid juga aplikasi yang sudah outdated dan tidak lagi kompatibel dengan versi android yang sekarang beredar di pasaran. Kecuali Sedulur akan menggunakan emulator untuk OS android lama, mungkin masih bisa dipakai. Perangkat ini juga sudah tidak bisa ditemukan situs resminya.

Hanya tersedia di situs-situs pihak ketiga seperti Softonic dan Filehorse. Namun, Sedulur diharapkan hati-hati saat mencoba mengunduh dan memasang emulator ini, bisa saja terkandung virus maleware atau virus lainnya yang bisa merusak sistem.

8. YouWave

emulator android ringan
03 Pulsa

YouWave sebenarnya lebih dulu muncul dari Bluestacks dan sudah lebih dulu populer. Emulator android ringan ini berpenampilan ramah, mudah diinstall dan juga sangat nyaman dipergunakan. Namun kekurangan YouWave adalah merupakan aplikasi berbayar dan belum mendukung game COC yang merupakan aplikasi populer di android. Selain itu YouWave Android juga masih setara Android ICS sehingga bisa dianggap jadul.

9. DuOS-M

North Gate School

DuOS-M juga pemain baru dalam dunia emulator android ringan. Aplikasi ini cukup berbeda dari emulator yang lain karena menawarkan fitur Full android pada PC yang Sedulur miliki. Jadi Sedulur seperti sedang mempergunakan sebuah smartphone dengan layar besar, padahal sedang berada di depan PC.

DuOS-M juga sudah mendukung layar sentuh dan juga Pinch to Zoom, sehingga ketika Sedulur instal pada laptop dengan layar sentuh, maka seolah-olah laptop atau PC Sedulur berubah menjadi smartphone. Jadi bayangkan Sedulur main COC dengan DuOS-M emulator, terbayang nikmatnya kan? Sayangnya DuOS-M tak sepenuhnya gratis.

Sedulur hanya mendapat jatah 30 hari gratis mempergunakan emulator ini, setelahnya Sedulur harus bayar $9,99 untuk seumur hidup. Namun harga tersebut sangat layak untuk kenikmatan yang bisa Sedulur dapatkan dalam bermain game android di laptop.

10. PrimeOS

PrimeOS

Emulator android ringan yang bisa jadi rekomendasi terbaik berikutnya adalah PrimeOS, para gamer menyukai kinerjanya yang mulus. Emulator ini juga dapat diinstal  sebagai partisi eksternal pada PC yang Sedulur gunakan, sehingga tidak mengganggu saat Sedulur tidak menggunakannya.

Emulator android ringan ini dikembangkan oleh pengembang India, dan kinerja dari PrimeOS juga sudah terbukti sangat dapat dipercaya dan sangat handal. Bermain di emulator ini lancar, tidak terhalang, dan tidak lambat.

Baca juga  Sejarah, Pendiri, Letak & Masa Kejayaan

11. XePlayer

Nesabamedia

XePlayer adalah emulator yang juga bisa dilirik. Tampilannya memang tak seberapa elegan dibanding aplikasi lain. Namun, emulator ini menjadi salah satu yang paling enteng untuk pengguna PC low-end dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Performanya mulus dengan kompatibilitas mulai dari Windows 7 hingga 10.

Sayangnya, tidak bisa dipakai untuk Mac. Instalasinya juga cepat dan mudah, setelah terpasang, Sedulur bisa langsung login ke email yang sudah terhubung dengan Play Store.

12. Remix OS Player

emulator android ringan
Quora

Remix OS Player adalah emulator android ringan untuk PC yang sudah ada sejak lama. Sayangnya, emulator ini terlalu tua dan pengembang belum memperbaruinya. Situs resmi mereka juga sepertinya sudah tidak tersedia lagi. Sebagai gantinya, Sedulur  diarahkan untuk mengunduh melalui pihak ketiga yang mungkin sebenarnya berjalan dengan virus atau malware.

Oleh karena itu, rekomendasi emulator ini sudah seharusnya sangat Sedulur perhatikan dengan seksama. Jangan sampai, Sedulur malah terkena virus dan setiap sistem dan software android malah menjadi rusak. Untuk jaga-jaga, silakan coba aplikasi lain yang tersedia dan aman digunakan.

13. Windows 11

Kumparan

Windows 11 juga memungkinkan Sedulur untuk tidak perlu mengunduh emulator. Sedulur tinggal pasang saja game yang diinginkan melalui Microsoft Store. Banyak pilihan yang tersedia, bahkan berbagai game XBox bisa dimainkan di PC tanpa halangan. Serunya, tampilan besar layarnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sedulur juga bisa membuka aplikasi dan software lain sembari main game.

Cocok buat multitaskers. Jika ingin melakukan hal lain selain game, Sedulur akan menemukan aplikasi bawaan bernama Windows Subsystem for Android yang bisa Sedulur sambungkan dengan email Google yang terhubung dengan ponsel.

14. Bliss OS

XDA

Emulator Bliss juga cocok untuk pemburu emulator android ke PC. Tidak diperlukan instalasi dan dapat dijalankan pada stik USB  atau hard drive eksternal. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Sedulur yang menggunakan PC dengan ruang penyimpanan terbatas.

Dengan emulator Andorid ringan ini, PC atau Mac Sedulur akan berperilaku seperti sistem operasi android asli. Namun, perlu Sedulur ingat bawa emulator ini bekerja seperti partisi untuk sistem operasi yang digunakan, oleh karena itu pastikan Sedulur menyimpan data emulator ini di bagian komputer dengan aman karena ada risiko kehilangan

15. AmiduOS

Technogone

AmiduOS telah lama menjadi favorit, tetapi belum diperbarui dan tidak lagi tersedia di versi android terbaru untuk emulator andorid ringan satu ini. Oleh karena itu, Sedulur disarankan untuk menggunakan dan sekaligus mencoba alternatif lain yang kompatibel dengan sistem operasi android. Ada banyak pilihan lain yang bisa Sedulur gunakan. Namun, jika Sedulur penasaran dengan emulator satu ini, tidak ada salahnya untuk Sedulur coba langsung.

BACA JUGA: 21 Rekomendasi Emulator Android PC Terbaik & Teringan

Tips memilih emulator

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Sedulur gunakan saat memilih emulator android ringan terbaik yang cocok untuk PC atau laptop Sedulur. Tips yang perlu diperhatikan adalah:

  • Selalu unduh file dari situs resmi milik developer. Jika tidak tersedia, Sedulur bisa berasumsi bahwa aplikasi tersebut sudah tidak lagi dikembangkan. Solusinya, silakan cari alternatif emulator lainnya yang lebih mudah diakses.
  • Ada beberapa jenis emulator yang berbeda-beda fungsinya. Pastikan yang Sedulur unduh memang untuk mobile game Android bukan untuk game console lainnya seperti Nintendo, PS, dan XBox.
  • Lihat juga versi Android yang kompatibel dengan emulator. Beberapa sudah terlalu lawas sehingga mungkin tidak lagi cocok untuk sistem operasi terbaru yang terpasang di ponsel Sedulur.
  • Cek seberapa besar mereka membutuhkan space, Android Studio misalnya, butuh PC dengan RAM minimal 8GB dan beberapa spesifikasi minimal lainnya yang harus dipenuhi. Bila tidak memadai, aplikasi tidak akan berjalan dengan baik.
  • Ada beberapa emulator yang sudah tidak tersedia, antara lain AmiduOS, Remix OS, Leapdroid, dan Andy. Silakan Sedulur urungkan niat untuk mencoba fitur mereka dan cari alternatif lain yang masih aktif.
  • Pastikan Sedulur sudah memasang antivirus yang handal di PC untuk menghindari terjadinya infeksi virus dan malware selama proses instalasi maupun penggunaan. Bagaimanapun, emulator memiliki potensi menyebarkan virus dan merusak sistem.
  • Lakukan backup file di PC. Seiring dengan risiko tersebut, Sedulur juga disarankan untuk selalu melakukan backup rutin atas dokumen-dokumen yang tersimpan di PC. Bila memungkinkan Sedulur bisa menggunakan PC khusus untuk gim yang terpisah dengan PC untuk bekerja misalnya.
  • Pakai ROM untuk menjamin kelancaran emulator. ROM pada dasarnya adalah hardware eksternal yang bisa dipakai untuk menyimpan dan membaca data dari emulator. Ini akan membuat beban RAM di PC berkurang dan membuat proses lebih cepat.
  • Gunakan file game yang legal untuk menghindari malware dan kerusakan sistem di PC. Sedulur bisa mengecek berbagai situs resmi seperti Play Store dan Microsoft Store. Untuk gim Android sepertinya pembajakan bisa dihindari. Namun, jika Sedulur akan menggunakan console game klasik, lakukan dengan hati-hati karena penyedianya tidak selalu terverifikasi.
Baca juga  Standar Kesuksesan Untuk Usia Kepala Tiga, Seperti Apa?

Risiko yang dialami menggunakan emulator

Bukan tanpa risiko, emulator android ringan merupakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki risiko sendiri. Dalam penggunaan emulator, terdapat beberapa risiko yang akan didapatkan. Sedulur harus pahami risikonya di bawah ini:

  • Tidak semua emulator menjamin keamanan data Sedulur. Ada risiko data bocor atau rusak dan dimanfaatkan pihak tertentu. Terutama bila Sedulur mengunduhnya dalam versi Android Packages (APK) yang belum melalui proses verifikasi dari Play Store atau Amazon Appstore. Sedulur harus benar-benar memastikan APK tersebut bebas dari virus. Untuk itu, selalu pasang di PC yang sudah dijamin dengan antivirus yang bagus.
  • Sedulur juga akan membutuhkan ROM saat menggunakan emulator. ROM sendiri memiliki beberapa risiko yang seperti membuat baterai jadi lebih rawan habis dan rusak, kerusakan pada hardware bila tidak menggunakan ROM yang benar-benar cocok, serta potensi bugs yang membuat PC dan ponsel jadi lebih lemot dari biasanya.

Mengetahui daftar emulator android ringan yang bisa Sedulur gunakan akan seimbang dengan pemahaman terkait risiko yang dialami saat menggunakannya. Jangan lupa juga untuk menerapkan tips yang telah dijelaskan di atas, agar semakin memudahkan Sedulur untuk menggunakannya dan membuat Sedulur nyaman dalam bermain game android.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org