ekuitas adalah

Pengertian, Jenis, Contoh dan Perhitungannya


Ekuitas adalah istilah yang digunakan ketika membahas bisnis atau saham. Istilah ini mengacu pada jumlah total uang yang akan ditransfer kepada pemegang saham suatu perusahaan ketika perusahaan melikuidasi semua asetnya atau melunasi semua hutangnya. Biaya ekuitas dapat dilihat dari nilai total aset dikurangi total biaya utang.

Biaya ekuitas bisa positif atau negatif. Berdasarkan hasil nilai akhir modal saham, Sedulur dapat menentukan apakah posisi keuangan perusahaan dalam kondisi baik atau tidak. Jika ekuitas negatif, maka keuangan perusahaan tergolong tidak sehat (karena tidak memiliki aset yang cukup untuk melunasi hutang).

Namun, keadilan adalah istilah yang memiliki definisi yang sangat luas. Bahkan pemahamannya tidak terbatas pada nilai positif atau negatif dari kekayaan perusahaan. Dalam artikel ini, kami akan mempertimbangkan secara rinci semua seluk-beluk istilah, mulai dari definisi, elemen, jenis, serta contoh keadilan.

BACA JUGA: Sejarah perkembangan uang dari barter ke digital

Definisi ekuitas

foto deposit

Sebagaimana dijelaskan dalam pembukaan di atas, ekuitas adalah jumlah total uang yang akan ditransfer ke pemegang saham perusahaan ketika perusahaan melikuidasi semua asetnya atau melunasi semua hutangnya.

Jika Sedulur mencari arti ekuitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Sedulur akan menemukan bahwa kata tersebut memiliki arti properti berupa nilai moneter, selisih antara nilai aset yang dapat dijual dan tagihan. menukarkan. saham atau modal.

Cost of equity sendiri dapat menjadi ukuran sehat tidaknya keuangan suatu perusahaan. Karena pada dasarnya untuk menentukan cost of equity adalah total pelunasan aset dikurangi total hutang perusahaan, sehingga jika hasilnya negatif berarti keuangan perusahaan tidak sehat.

BACA JUGA: Apa itu hukum pidana? Ini dia pengertian, fungsi dan jenisnya

Elemen pemerataan

keadilan
foto deposit

Berikut ini adalah lima elemen modal.

  1. Modal disetor

Modal disetor adalah sejumlah nilai tunai yang diberikan oleh pemilik atau pemegang saham. Modal disetor dapat dibagi menjadi dua kategori; agio dan disagio.

  1. Keuntungan tidak dibagi

Lada yang tidak dibagi (sisa laba ditahan) adalah kumpulan keuntungan dari tahun-tahun sebelumnya, yang tidak dibagikan kepada pemegang saham.

  1. Revaluasi modal

Modal revaluasi adalah selisih antara nilai total buku keuangan lama dengan nilai total buku keuangan baru.

  1. Modal yang disumbangkan

Modal yang disumbangkan berasal dari aset yang disediakan oleh pihak eksternal.

  1. Modal lainnya

Modal lainnya adalah modal dari sisa cadangan untuk menebus obligasi. Sisa-sisa ini tidak dapat dikaitkan dengan empat elemen di atas.

BACA JUGA: Memahami komposisi simetris dalam sebuah gambar

Jenis ekuitas

foto deposit

Secara umum, ada dua jenis modal yang sering dibicarakan. Dua jenis tersebut adalah ekuitas dan ekuitas pemegang saham. Berikut gambaran lebih lengkapnya.

1. Ekuitas

Kekayaan bersih adalah nilai total kepemilikan seseorang atas bisnis atau bisnis. Ekuitas sering digunakan hanya dalam usaha kecil. Cara menghitung modal sendiri sama dengan modal dasar (modal saham).

2. Bagi modal

Modal saham mengacu pada nilai total aset yang ditransfer ke pemegang saham perusahaan. Nilai total aset ini kemudian dikurangi dengan hutang dan kewajiban lain dari perusahaan sebagai pemegang saham.

BACA JUGA: Tari Lilin Sumatera Barat: Sejarah, Fungsi, Makna, dan Gerakannya

Contoh keadilan adalah

foto deposit

Untuk melengkapi paragraf di atas mengenai penjelasan keadilan, Sedulur dapat menyimak lima contoh keadilan berikut ini.

1. Saham biasa

Saham biasa dapat diklasifikasikan sebagai modal komersial. Jenis saham ini mencerminkan modal awal atau investasi yang dilakukan oleh pemiliknya. Sebagai ekuitas, pemegang saham biasa dapat memiliki aset tertentu perusahaan.

Baca juga  65 Contoh Slogan Berbagai Tema yang Unik dan Menarik

Selain itu, pemegang saham biasa akan memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi selama mereka menjadi bagian dari perusahaan, seperti memilih direktur dan calon dan merumuskan kebijakan dan prosedur perusahaan.

2. Saham preferen

Meskipun tidak terbatas pada saham biasa, saham preferen juga dapat dikategorikan sebagai saham. Namun, ada perbedaan besar antara pemegang saham biasa dan pemegang saham preferen.

Kewajiban pemegang saham preferen biasanya lebih sedikit dan mereka tidak memiliki hak untuk memilih dewan direksi di perusahaan. Meski begitu, hak menuntut kekayaan dan pendapatan perusahaan tetap menjadi milik pemegang saham preferen.

3. Stok pundi-pundi

Membagikan pundi-pundi termasuk dalam kategori ekuitas. Membagikan pundi-pundi sendiri digunakan untuk membeli kembali saham pemegang saham biasa. Buku biasanya mencantumkan nilai saham. pundi-pundi ini akan menjadi negatif dan disajikan sebagai pengurangan total biaya modal perusahaan.

BACA JUGA: Pengertian serat alam, jenis dan ciri-cirinya

4. Pendapatan yang ditabung

Istilah lain dari laba ditahan adalah laba ditahan. Ini adalah jumlah total pendapatan yang diperoleh bisnis, dikurangi dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham.

Dengan kata lain, akumulasi pendapatan ini merupakan pendapatan bersih bersih, hasil dari keuntungan usaha, dan tidak dibayarkan kepada pemegang saham.

5. Tambahan modal

Modal tambahan dalam hal ini diperoleh dari tambahan modal atau penyertaan yang diberikan oleh pemegang saham melebihi nilai saham yang mendasarinya. Tambahan modal ini disebut juga dengan tambahan kontribusi, yang nilainya jauh lebih tinggi dari modal perusahaan lainnya. Nilai modal ini dapat berfluktuasi tergantung pada keuntungan dan kerugian dari penjualan saham perusahaan.

Demikianlah rangkuman tentang arti keadilan. Di atas telah kita bahas bersama-sama mengenai deskripsi ekuitas, unsur-unsur ekuitas, serta beberapa jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan dan pemahaman dunia bisnis, ya!

Baca juga  8 Makanan untuk Tupai dan Cara Memberikannya Secara Tepat

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org