ekspektasi adalah

 Ekspektasi adalah Harapan, Berikut Pengertian & Contohnya


Saudara-saudara, tentu saja, sering mendengar dan bahkan menggunakan kata “menunggu”. Ekspektasi adalah makna harapan seseorang yang akan terwujud di masa yang akan datang. Sedulur tahu bahwa harapan dan kenyataan adalah dua hal yang berkaitan erat.

Jadi apa harapan dan apa tips manajemen Anda agar tidak kecewa? Di bawah ini adalah penjelasan tentang apa itu ekspektasi dan contohnya yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Mengetahui pengertian sugesti beserta bentuk, jenis dan contohnya

Menunggu artinya

pilih bebas

Secara umum, harapan adalah harapan atau keyakinan yang ingin menjadi kenyataan. Harapan berkaitan erat dengan keinginan seseorang untuk mewujudkan suatu keinginan. Menurut KBBI, harapan adalah keinginan, harapan, impian, atau cita-cita.

Berdasarkan kamus Merriam Webster, menunggu adalah tindakan atau keadaan menunggu. Harapan juga diartikan sebagai sesuatu atau keadaan yang diharapkan. Sedangkan menurut kamus cambridge, Antisipasi lebih tentang perasaan bahwa hal-hal baik akan terjadi di masa depan. Kemudian menunggu dalam bahasa Inggris harapan yang berarti harapan.

Memahami ekspektasi menurut para ahli

ekspektasi
pilih bebas

Agar Sedulur lebih memahami ekspektasi, berikut beberapa interpretasi ekspektasi dari beberapa ahli yang aktif di bidangnya, yaitu:

1. Fleming dan Levy

Menurut Fleming dan Levy (1981), pengertian harapan adalah segala keinginan, harapan, dan cita-cita akan sesuatu yang ingin dicapai dengan perilaku dan tindakan nyata.

2. Bori

Boeree (2005), pengertian harapan adalah harapan akan kesenangan yang tidak kekal yang timbul dari membayangkan sesuatu di masa depan.

3. Anderson dan Chambers

Menurut Anderson dan Chambers (1985), konsep harapan adalah semua yang diyakini konsumen tentang apa yang akan mereka terima sehubungan dengan kualitas produk atau jasa tertentu. Pengertian ini mengacu pada konteks sebuah produk dalam sebuah bisnis.

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

4. Sutisna

Menurut Sutisna (2001), yang dimaksud dengan harapan adalah keyakinan sebelumnya atau keyakinan individu tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi dalam situasi tertentu.

BACA JUGA: Kesadaran diri: definisi, manfaat dan cara mengembangkannya

Contoh Harapan

pilih bebas

Setelah mempelajari beberapa pengertian harapan dari para ahli di atas, untuk melengkapi pemahaman tentang sedulur dan mempermudah pemahaman mereka tentang sedulur, berikut adalah contoh harapan dalam kehidupan sehari-hari:

Harapan di bidang ekonomi

Ekspektasi ekonomi adalah ekspektasi atau prakiraan perkembangan ekonomi di masa yang akan datang. Ekspektasi ekonomi tersebut mencakup berbagai hal seperti inflasi, pengangguran dan neraca perdagangan.

Sebagai contoh, pemerintah Indonesia mengharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 6% pada tahun 2020. Namun, pada kenyataannya, ekspektasi tersebut tidak dapat dibenarkan karena sejumlah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Ekspektasi ekonomi tidak selalu sesuai dengan ekspektasi atau prakiraan. Pertumbuhan ekonomi mungkin lebih rendah dari yang diharapkan, atau jauh lebih baik dari yang diproyeksikan.

Harapan di dunia kerja

Harapan dalam dunia kerja biasanya ditetapkan oleh perusahaan dan karyawan. Harapan kedua belah pihak seringkali tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya, sebuah perusahaan mengiklankan lowongan untuk manajer yang sangat berkualitas.

Dengan gaji Rs 8 juta per bulan, perusahaan mengharapkan karyawan yang dapat mengawasi beberapa divisi. Sebagian besar dari mereka yang melamar posisi ini memiliki ekspektasi gaji yang lebih tinggi daripada yang ditawarkan perusahaan.

Untuk itu, guna mendapatkan manajer yang tepat, perusahaan memiliki dua pilihan, yakni menurunkan ekspektasi atau menaikkan gaji sesuai ekspektasi pencari kerja.

Harapan dalam hubungan manusia

Harapan dalam hubungan antar manusia sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang mampu melakukan apa saja untuk mewujudkan keinginannya, tetapi seringkali apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapannya.

Baca juga  Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Misalnya, ketika ada seorang pria yang berusaha dengan berbagai cara untuk lebih dekat dengan gadis impiannya. Menurut pria itu, semua usahanya pada akhirnya akan membuat gadis impiannya luluh. Namun, pada kenyataannya, sang gadis tidak terlalu menyukainya dan justru merasa kesal dengan apa yang dilakukan sang pria.

Harapan dalam Pendidikan

Contoh dari harapan pendidikan adalah bahwa siswa berharap untuk mendapatkan nilai yang memuaskan dalam ujian. Namun, mereka menerima peringkat yang agak rendah. Atau siswa yang berharap untuk mendapatkan IPK yang sangat baik setelah lulus.

BACA JUGA: Pengertian Slow Living dan cara melamar serta manfaatnya

Kiat untuk Mengelola Harapan

ekspektasi
pilih bebas

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengelola harapan Anda sehingga Anda tidak frustrasi dengan Sedulur:

1. Tetapkan harapan yang realistis

Tip pertama untuk mengelola ekspektasi adalah dengan menetapkan ekspektasi yang realistis. Sesuaikan ekspektasi dengan kondisi saat ini. Keseimbangan antara perasaan dan logika ketika Sedulur memutuskan sesuatu.

2. Jangan terlalu berharap pada orang lain

Selanjutnya, jangan menaruh harapan terlalu tinggi pada orang lain. Karena kita tidak bisa mengontrol orang lain. Ekspektasi tinggi adalah ekspektasi tinggi yang tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Harapan tinggi inilah yang jika tidak diwujudkan hanya akan mengecewakan individu.

3. Selalu maafkan diri sendiri

Terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan realita. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri untuk ini, karena itu di luar kendali kita. Anggap saja setiap orang memiliki bagian kegagalannya masing-masing.

Demikian penjelasan tentang harapan dan cara mengelolanya agar tidak mudah kecewa. Harapan adalah arti dari harapan seseorang yang menginginkan cita-cita atau keinginannya untuk dicapai di masa yang akan datang. Untuk mengelola ekspektasi, Anda perlu menetapkan ekspektasi yang tidak terlalu tinggi dan selalu realistis.

Baca juga  Freelance adalah Pekerja Lepas, Ketahui Konsep & Caranya

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org