doujin

Doujin adalah? Istilah yang Wajib Kamu Tahu Dalam Anime


Baik di dunia maya maupun nyata, istilah “doujinshi” cukup populer di kalangan penggemar anime. Namun, bagi orang biasa, mereka pasti sangat asing dan tentunya tidak begitu paham apa itu doujinshi.

Popularitas anime terus berkembang seiring dengan banyaknya aplikasi berbayar untuk menonton film dan kartun dari Jepang. Namun, penggunaan kata “doujinshi” itu sendiri mulai dikaitkan dengan banyak hal negatif, karena deskripsinya identik dengan konten dewasa.

Nah, buat Sedulur yang ingin tahu lebih dalam tentang arti dōjin dan tahu contohnya seperti apa, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Situs untuk Nonton Anime Legal Sub Indo

Doujin artinya

sudut anime

Istilah “dōjin” adalah istilah Jepang yang digunakan untuk merujuk pada karya yang diterbitkan oleh seorang seniman. Beberapa orang juga menggunakan istilah doujinshi, yang memiliki arti serupa.

Ada banyak jenis karya yang termasuk dalam kategori djin. Bisa berupa novel, manga, majalah, karya ilustrasi seperti komik.

Dilihat dari asal katanya, djin berasal dari kata dōjinshi yang terdiri dari dua kata utama, yaitu: gin (同人) yang berarti sekelompok orang yang memiliki kepentingan yang sama. Sedangkan kata kedua shi (誌) apa yang berasal dari kata Zashi (雑誌) yang berarti berkala atau majalah.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dōjinshi adalah karya yang dibuat oleh individu atau kelompok, baik amatir maupun semi-profesional, yang diterbitkan secara independen.

Karakteristik Manga dōjin

Arti dari doujin
Amino

Ada dua karakteristik utama dimana manga doujin ini dapat diidentifikasi. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Doujin adalah mangan yang dibuat oleh penggemar untuk penggemar.

Manga jenis ini seringkali merupakan karya seorang mangaka amatir yang baru mengenal dunia manga. Mereka biasanya membuat konsep manga berdasarkan seni penggemar dari manga, anime, atau karakter 2D yang sudah ada sebelumnya, atau membuat konsep manga dari karakter aslinya sendiri.

Karena hal di atas, doujin sering dikaitkan dengan istilah yang buruk. Soalnya banyak penggemar manga yang membuat fan art sangat jauh dari karakter aslinya yang biasanya dibuat hetong manga gan.

  1. Doujin diterbitkan sendiri

Karya dalam manga ini akhirnya diterbitkan secara mandiri oleh mangaka atau penciptanya. Seorang mangaka akan membagikan atau menjual manganya secara pribadi di dunia maya atau dunia nyata. Sebenarnya Sedulur juga bisa mendapatkan versi gratisnya.

BACA JUGA: Deskripsi Singkat Kimi No Na Wa, anime fenomenal dari Makoto Shinkai

Sering dianggap negatif

Arti dari doujin
Temukan Los Angeles

Sayangnya, keberadaan doujinshi ini lebih banyak menimbulkan perhatian negatif dari publik dan penggemar manga. Hal ini tidak lepas dari kebiasaan mangaka yang menyebabkan konsep manga menyimpang atau tidak sesuai dengan karakter aslinya yang sudah ada.

Selain itu, mangaka juga biasa menambahkan bumbu dewasa ke dalam manga yang mereka buat. Hal ini menyebabkan karakter yang sudah memiliki citra baik menyimpang bahkan jauh dari karakter aslinya.

Contoh penciptaan dōjinshi yang tidak biasa adalah kisah cinta segitiga karakter manga seperti Naruto, Sasuke, dan Sakura. Banyak mangaka membuat seni penggemar dengan konsep yang sangat berbeda dari karakter manga aslinya, yang menyebabkan salah tafsir.

Ini adalah penjelasan lengkap tentang doujinshi beserta karakteristik dan tampilan umum dari karya seni tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang bukan pecinta manga untuk lebih memahami istilah anime Jepang.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!

Baca juga  12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik




https://wvmuseums.org