dosa seorang istri

12 Dosa Seorang Istri Terhadap Suami yang Harus Diketahui!


Perlu dicatat bahwa ada beberapa dosa seorang istri terhadap suaminya. Ini tidak berarti bahwa suami bebas dari dosa terhadap istrinya. Sebagai maqmu dalam keluarga, istri wajib mengikuti imamnya.

Pernikahan adalah ibadah terpanjang, hidup dan mati. Bahkan pernikahan juga bisa memperhalus ibadah, setidaknya hal ini disampaikan dalam syariat Islam. Namun, sebagai pendamping dan pendukung utama, istri juga memberikan peran kepada suaminya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bersama apa saja dosa-dosa istri yang harus diketahui para supermother. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Suami ideal! 6 Sifat Pria Keluarga Yang Harus Anda Ketahui

1. Melawan perintah suami

iStock

Dosa pertama seorang istri adalah mendurhakai perintah suaminya. Karena salah satu kewajiban seorang istri adalah mentaati suaminya, jika istri menentangnya, maka pahalanya adalah dosa.

Oleh karena itu, jika istri bertindak dengan sengaja, bahkan sampai melanggar perintah suaminya, maka istri telah berdosa. Karena melawan perintah suami adalah dosa besar bagi istri.

2. Jangan menemani suami tidur

dosa istri
iStock

Suami istri juga harus selalu tidur bersama selama situasi dan kondisi memungkinkan. Dengan kata lain, seorang istri yang ingin tidur sendiri atau tidur dengan anak harus terlebih dahulu meminta izin suaminya.

3. Penolakan ajakan suami

iStock

Menolak ajakan suami, terutama dalam berhubungan seks, adalah dosa bagi seorang istri. Seks juga merupakan cara untuk mendapatkan keturunan. Jika suami menginginkannya, maka istri harus memenuhinya.

Namun, harus diingat bahwa istri berhak menolak ajakan suaminya untuk melakukan hubungan seksual jika istri sakit, bersalin, menstruasi, atau di Udzuras lainnya.

4. Suami terjebak

dosa istri
iStock

Seorang istri tidak hanya harus taat dan menghormati suaminya, tetapi juga harus bisa menjaga suaminya. Istri disarankan untuk mengingatkan suaminya untuk selalu berbuat baik dan berada di jalan Allah SWT.

Jika istri tidak melakukan hal tersebut dan malah menjerumuskan suaminya ke dalam kegiatan yang dilarang oleh Allah SWT, maka dia telah melakukan dosa besar. Diyakini bahwa ini membawa mereka berdua ke neraka.

Baca juga  Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Struktur & Contohnya

5. Beban berat pada suami

iStock

Tugas utama suami dalam rumah tangga adalah mencari penghidupan dan kelangsungan hidup yang sah bagi keluarganya. Akan tetapi, Allah Swt memiliki ketentuan tersendiri, sehingga seringkali suami tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Jika ini terjadi, istri harus tetap mendukung suaminya dan tidak memaksanya bekerja lebih keras. Karena beban beban suami dalam mencari nafkah dianggap dosa besar bagi istri dan diharamkan oleh Allah SWT.

6. Kurangnya perhatian dan kepedulian terhadap suami

dosa istri
iStock

Hubungan suami istri yang saling mencintai dan melindungi harus dijaga setiap saat, baik dalam suka maupun duka. Oleh karena itu, istri wajib menjaga dan merawat suaminya. Mulai dari mengurus kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan pergi bekerja, kebutuhan makan, dan sebagainya, adalah kewajiban seorang istri. Selain itu, istri juga berkewajiban untuk merawat suaminya, terutama ketika suaminya sakit. Seorang istri tidak hanya ketika dia bahagia, ketika dia sedih karena suatu penyakit, tetapi juga merawatnya.

Jika seorang istri tidak merawat suaminya, terutama ketika dia sakit, bahkan jika istri lebih suka melakukan hal lain, maka istri akan menerima dosa.

7. Keluar rumah tanpa izin suami

iStock

Seorang istri akan berdosa terhadap suaminya jika istri meninggalkan rumah tanpa izin suaminya. Kasus keluar rumah tanpa izin suami seringkali dianggap sepele, padahal dosa besar bisa menimpa istri.

Dalam Islam, istri adalah pendamping suami dan bertanggung jawab atas rumah tangga. Jadi ketika pergi, istri harus mendapat izin dari suaminya.

8. Tidak menghormati keluarga suami

dosa istri
iStock

Akan menjadi dosa besar bagi seorang istri jika dia tidak menghormati keluarga suaminya. Mereka bahkan cenderung bermusuhan dan tidak menyukai keluarga suami. Apalagi jika ini merupakan awal dari tindakan seperti menjauhkan suami dari keluarga.

Baca juga  Pengertian Tari Berpasangan Beserta Daerah Asal & Contohnya

Dalam perkawinan, istri berhutang budi kepada suaminya dan tidak sepenuhnya berutang kepada keluarga. Tidak seperti seorang suami, ketika seorang suami menikah, kewajibannya terhadap keluarga adalah yang terpenting. Jadi jika istri melakukan ini, itu adalah dosa besar.

9. Berhubungan dengan pria lain

iStock

Menyentuh pria lain juga merupakan dosa besar bagi seorang istri. Seorang istri hanya diperbolehkan untuk suaminya, seorang istri adalah milik suaminya, ini membuat haram bagi seorang istri untuk menyentuh pria lain.

Oleh karena itu, istri yang saleh adalah istri yang mampu menjaga dirinya sendiri, meskipun dia jauh dari suaminya. Sebaliknya, jika istri tidak menolak sentuhan laki-laki lain, maka dia memang berdosa terhadap suaminya.

10. Taati perintah, kecuali suami

dosa istri
iStock

Satu hal yang menjadi dosa seorang istri terhadap suaminya adalah ketika istri menuruti perintah dan bukan suami yang ada di dalam rumah. Ketika kontrak dibacakan, istri sepenuhnya tunduk pada suaminya. Bahkan kepada orang tua istri, istri harus terlebih dahulu meminta izin kepada suami.

Karena izin suami adalah hal terpenting yang harus diperhatikan istri. Ketika seorang istri menuruti perintah orang lain selain suaminya, itu adalah dosa bagi istri.

11. Menuntut kesempurnaan dari seorang suami

iStock

Dosa selanjutnya yang dilakukan seorang istri adalah menuntut dan meminta kesempurnaan dari suaminya. Jika istri terus menuntut kesempurnaan dalam kehidupan keluarga, maka dia akan mendapat peringatan dari Allah.

Peringatan dari Allah bisa berupa penyakit sebagai hukuman. Tentu saja hal ini tidak diinginkan, maka sudah sepatutnya berperilaku dengan suami sesuai dengan norma hukum dan agama.

12. Puasa sunnah tanpa izin suami

dosa istri
iStock

Puasa sunnah itu sangat baik. Namun, jika puasa dilakukan tanpa izin suami, bisa jadi dosa bagi istri. Pasalnya, saat berpuasa, sang istri pasti akan menolak ajakan suaminya untuk berhubungan badan.

Penolakan seperti itu dapat menyebabkan istri berdosa. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits, yaitu:

Baca juga  Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa (sunnah) tanpa izin suaminya, kemudian suaminya mengajaknya untuk bergaul, tetapi dia menolak (karena dia sedang berpuasa), maka Allah akan memerintahkannya untuk melakukan tiga dosa besar. ” (HR.Tayalisi).

Oleh karena itu, seorang istri harus dan wajib meminta izin kepada suaminya ketika ingin berpuasa menurut sunnah. Hal ini agar sang suami juga menahan diri untuk tidak mengajaknya berhubungan seks, sehingga tidak ada penolakan.

BACA JUGA: 6 Gaya Hubungan Suami Istri Yang Dilarang Dalam Islam!

Seorang istri adalah cerminan dari suaminya

iStock

Seorang istri adalah cerminan dari suaminya, jadi setiap perilaku istri harus diwaspadai karena bisa jadi itu adalah cerminan dari suaminya. Pandangan buruk seorang istri dari luar juga menjadi penilaian seseorang terhadap suaminya.

Di sisi lain, suami adalah cerminan dari istri. Oleh karena itu, sebagai pasangan, penting untuk saling mendukung perilaku, etika, dan sopan santun di luar rumah. Mulai dari sikap, tindakan hingga kata-kata.

Sehingga setiap sikap, tindakan dan ucapan yang keluar adalah sesuatu yang baik dan dapat mempengaruhi hubungan dan keharmonisan rumah tangga itu sendiri.

Inilah penjelasan tentang dosa istri terhadap suaminya. Istri adalah cerminan suaminya, istri harus memenuhi setiap perintah dan permintaan suami sendiri. Dengan cara ini, rumah tangga sakin, mawadd dan varrohma dapat terwujud.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org