Bye-Bye BI Checking! SILK OJK Siap Jadi Penggantinya

5+ Dongeng Anak Sebelum Tidur Penuh Pesan Moral, Baca Yuk!


daftar apa saja cerita anak sebelum tidur, apa yang bisa kita baca? Lalu apa gunanya membacakan dongeng untuk anak?

Temukan jawabannya di artikel Financialku ini.

Ringkasan:

  • Membaca dongeng untuk anak sebagai waktu tidur dapat membawa banyak manfaat bagi perkembangan anak.
  • Ada beberapa link dongeng yang mendidik dan sarat pesan moral dalam cerita.

Manfaat membaca dongeng anak

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak cerita dan dongeng apa yang bisa menjadi referensi untuk kita bacakan kepada anak sebelum tidur.

Biasanya anak-anak merasa senang ketika kita membacanya karena mereka cenderung memiliki konten yang menarik dan dapat mengembangkan imajinasinya.

Bahkan beberapa cerita anak mengandung pesan atau pesan moral yang berkaitan dengan kehidupan.

Inilah sebabnya mengapa beberapa orang tua sering menggunakan dongeng untuk lebih memahami kehidupan anak-anak mereka. Sekaligus, tanamkan nilai-nilai moral di dalamnya.

Selain itu, membacakan cerita pengantar tidur anak juga dapat membangun hubungan yang erat antara orang tua dan anak, kamu tahu.

Jadi, seperti orang tua, Ayo, Kami dengan susah payah membacakan dongeng untuk anak-anak.

[Baca Juga: Pelajaran dari Sebuah Dongeng Keuangan Anak yang Bermanfaat]

Daftar bacaan cerita pengantar tidur anak-anak

Hampir setiap anak suka jika dongeng anak-anak dibacakan untuk mereka sebelum tidur. Saat ini, ada berbagai dongeng anak yang bisa kita baca dengan mudah.

Tidak harus hanya dari buku, tapi ada banyak dongeng yang bisa kita akses dengan mudah di internet. Koleksi dongeng anak apa yang cocok untuk dibaca sebelum tidur? Ini tautannya, Bund:

#1 Kisah Bangau yang Sombong

Cerita pengantar tidur pertama untuk anak-anak sejarah bangau padaarogan. Dongeng ini menceritakan tentang burung bangau yang sombong dan angkuh.

Suatu ketika seekor bangau menangkap seekor ikan di sungai dan memakannya dengan paruhnya. Namun, bangau merasa pilih-pilih dalam hal makan ikan.

Dia tidak mau makan ikan yang terlalu kecil dan terlalu besar.

Karena pemilihan makanan terlalu lama, yang menyebabkan ikan semakin masuk ke tengah sungai. Selain itu, sudah terlambat. Pada akhirnya, bangau terpaksa memakan siput di tepi sungai.

Melalui dongeng ini, dia mengajarkan anak-anak untuk tidak sombong dan makan apa adanya.

#2 Kisah Tikus Rusa dan Buaya

Selanjutnya kita bisa membaca cerita kancil Gbuaya. Bercerita tentang seekor rusa yang berjalan melalui hutan untuk mencari makanan.

Pasalnya, makanan di sekitar tempat tinggal rusa semakin sedikit. Itu sebabnya dia memutuskan untuk mencari makanan di luar daerahnya.

Di tengah jalan, kancil harus menyeberangi sungai. Dimana sungai tersebut dikenal sebagai tempat tinggal buaya.

Akhirnya, si kancil muncul dengan ide untuk menipu buaya. Dia meminta buaya untuk berbaris di sepanjang sungai dengan dalih bahwa raja hutan ingin memberi mereka hadiah.

Kemudian, setelah buaya berbaris, rusa menghitungnya satu per satu. Saat sampai di barisan terakhir, kancil akhirnya pergi dan lolos dari tusukan buaya. Cerita anak ini mengajarkan bahwa akal bisa mengalahkan kekuatan.

Selain cerita tentang kijang dan buaya, teman keuangan saya mungkin juga membacakan cerita tentang kuda dan keledai yang sarat untuk anak-anak.

#3 Kisah Aji Saki

Cerita anak lagi Sejarah Aji Saka. Pada zaman dahulu, ada sebuah kerajaan bernama Madang Kamulan.

Kerajaan ini diperintah oleh seorang raja bernama Prabu Devata Changkar, yang dikenal sebagai raja dengan sifat liar dan suka memakan orang.

Setiap hari ia memakan daging manusia yang dibawakan oleh Patih Jugul Muda.

Tentu saja kebiasaan ini membuat orang takut. Hingga mereka melarikan diri ke daerah lain secara rahasia.

Suatu hari seorang pemuda bernama Aji Saka mendengar cerita tentang Raja Prabu Devata Chankara.

Akhirnya Aji Saka memutuskan untuk membantu masyarakat Madang Kamulan agar pengorbanan manusia tidak lagi menjadi santapan raja.

Aji Saka pun menyerah kepada raja dengan syarat memberikan sebidang tanah sebesar sorban miliknya. Raja menurut.

Namun, ukuran sorban Aji Saki melebihi ukuran kerajaan. Raja pasti marah ketika mengetahui niat Aji Saki yang sebenarnya. Namun, dia tidak punya waktu untuk bertindak karena Aji Saka melilitkan sorbannya dengan erat ke tubuh raja.

Akhirnya raja terlempar ke laut dan ombak menelan raja. Cerita anak ini mengajarkan kita untuk melakukan tugas kita dengan cara yang terbaik.

#4 Kisah Malin Kundang

Selain itu, kita juga bisa membaca cerita Malin Kundang untuk anak. Semua orang tahu cerita ini, tentu saja.

Malin Kundang adalah legenda terkenal dari Indonesia tentang seorang anak laki-laki bernama Malin Kundang yang tidak menaati ibunya.

Pasalnya, Malin Kundang tidak mengenali ibunya hanya karena memakai pakaian lusuh. Tidak seperti orang yang memakai pakaian mahal seperti saudagar kaya.

Karena itu, ibunya merasa sakit dan mengubah Malin Kundang menjadi batu.

Dari kisah Malin Kundang, kita bisa mengajari anak-anak untuk menghormati orang tua dan berbakti kepada mereka.

[Baca Juga: Mahir Keuangan Dari Dongeng dan Cerita Keuangan “Emas dan Batu”]

#5 Kisah beruang dan lebah

cerita selanjutnya cerita beruang sebaik lebah. Menceritakan tentang seekor beruang yang menjelajahi hutan untuk mencari makanan berupa buah-buahan.

Sebelum itu, ia menemukan pohon tumbang dengan sarang lebah, yang memiliki banyak madu. Pertama, beruang dengan hati-hati mengendus sarangnya.

Tujuannya untuk mengetahui apakah ada lebah di dalamnya. Tepat pada saat itu, seekor lebah kecil terbang dengan banyak madu.

Lebah, tentu saja, tahu apa yang dilakukan beruang itu. Jadi lebah itu terbang mendekati beruang dan menyengat beruang itu dengan keras.

Tindakan lebah membuat marah beruang. Beruang menghancurkan sarang lebah dengan cakarnya.

Karena tindakannya, segerombolan lebah datang dan marah, lalu menyengat beruang itu dengan tajam.

Akhirnya beruang itu ketakutan dan lari ke sungai, lalu bergegas ke sungai.

Melalui dongeng anak-anak ini, dia mengajarkan kita untuk tidak menyentuh milik orang lain tanpa izin pemiliknya.

#6 Kisah kelinci dan kura-kura

Cerita pengantar tidur anak-anak Sejarah kelinci GKuraayam. Cerita anak-anak ini adalah tentang perlombaan antara kura-kura dan kelinci.

Pada awalnya, kelinci meremehkan kura-kura karena kelambatannya. Alhasil, saat balapan, kelinci hanya duduk-duduk di jalanan, karena kelinci sangat yakin akan menang.

Sampai kelinci tahu bahwa kura-kura hampir mencapai garis menyelesaikan. Mengetahui hal ini membuat kelinci melompat tepat ke garis menyelesaikan.

Tapi sudah terlambat. Karena kura-kura telah mencapai garis menyelesaikan pertama di depan kelinci.

Saat ini, Pelajaran yang dapat dipetik dari cerita anak-anak ini adalah jangan meremehkan lawan dalam perlombaan.

Ambil banyak pelajaran dari dongeng

Ini adalah dongeng yang bisa kita bacakan untuk anak-anak sebelum tidur. Ya, Bund. Diharapkan dengan mempraktekkan kebiasaan ini, sedikit banyak anak-anak dapat mengambil berbagai pelajaran dari cerita ini.

Melalui dongeng, kita juga bisa mengajarkan banyak ilmu dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Misalnya, si kecil mungkin belajar tentang keuangan melalui kisah Tiga Babi Kecil dan Serigala.

Sementara untuk ibu-ibu yang ingin belajar keuangan juga bisa baca buku Elektronik bebas dari Financialcu Cara mudah mengatur keuangan.

Klik spanduk di bawah untuk unduh ebook-dia, sekarang!

Banner Promosi E-Book Cara mudah mengatur keuangan - HP

Jika Anda ingin terus membahas keuangan, Ayo, kontak perencana keuangan Keuangan saya melalui whatsapp untuk membuat janji, Ya.

teman keuangan saya Saya suka membaca cerita anak-anak sebelum tidur? Yuk bagikan artikel ini untuk lebih memahami dongeng anak-anak mana yang memiliki plot menarik, Terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Haikal Luthfi. 21 Agustus 2020 6 cerita pengantar tidur pendidikan untuk anak-anak. Haibunda.com- https://bit.ly/3QAYQsW
  • Dan Khandayani. 28 Januari 2022 Hari Peri Sedunia! Inilah 7 dongeng terbaik untuk anak usia 1-3 tahun.. Popmama.com- https://bit.ly/3c8Cccn




https://wvmuseums.org

Baca juga  Simak Kurs Dollar Hari Ini di Awal Pekan Sebelum Tukar