Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya

Doa Untuk Orang Meninggal Lengkap dengan Artinya


Tidak hanya bagi orang yang masih hidup, kita juga memiliki kewajiban untuk berbuat kebaikan bagi orang yang sudah meninggal. Salah satu caranya adalah dengan memanjatkan doa.

Baca selengkapnya di artikel Finansialku selanjutnya.

Ringkasan:

  • Bagi seorang Muslim untuk membaca doa untuk orang mati yg dibutuhkan agar almarhum atau mendiang mendapatkan perlindungan dan ampunan dari Allah swt.
  • Ada perbedaan dalam pengucapan doa untuk pria dan wanita yang sudah meninggal.

Bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal dan artinya

Doa untuk almarhum, baik laki-laki maupun perempuan, wajib dipanjatkan agar jenazah selalu mendapat perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.

Syekh M. Nawawi Banten juga menjelaskan:

“Pemberian orang hidup kepada orang mati adalah doa dan permohonan ampunan kepada Allah (istigfar) bagi mereka” (Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Fikr])

Ada banyak jenis doa untuk orang yang sudah meninggal. Finansialku telah merangkumnya dari beberapa sumber seperti berikut ini.

#1 Doa untuk berita kematian seseorang

Ketika kita mendengar kabar meninggalnya seseorang, ada baiknya kita bisa memanjatkan doa sebagai perwakilan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Sebuah hadits sejarah umat Islam dari kitab Al-Adzkar al-Nawawi selalu menganjurkan untuk mengucapkan kata-kata yang baik ketika melihat orang yang sakit atau mendengar berita tentang orang yang sedang sekarat.

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus tabah dan ikhlas ketika mengalami cobaan dari Allah SWT, berfirman:

ا لِلَّٰهِ ا لَيْهِ ا

Innalillahi wa innailaihi rajiun.

Itu berarti: Sesungguhnya semua ini hanya milik Allah, dan kepada-Nya kami akan kembali.”

Maka disarankan untuk melanjutkan pengucapan:

للَّهُمَّ ا لِي لَهُ

Allahummagfirli wa lahu wa’kibni minhu ‘ukba hasanah.

Itu berarti: “Ya Allah, ampunilah aku dan dia dan berilah aku pengganti yang terbaik darinya.”

[Baca Juga: Catat! 6 Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta, Yuk Amalkan!

 

#2 Doa untuk Orang yang Meninggal

Ketika mendoakan orang yang telah tiada, wajib hukumnya untuk membedakan doa sesuai dengan jenis kelamin mereka.

Berikut adalah doa untuk laki-laki yang sudah meninggal:

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa  
wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

 

Sementara itu, doa untuk perempuan yang sudah meninggal pada bagian “wa la hu” dan “min hu” diganti menjadi “wa la ha” dan “min ha”. Berikut doanya.

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

 

#3 Doa untuk Orang Tua yang Meninggal

Orang tua yang telah meninggal adalah sosok yang wajib kita doakan selepas shalat.

Hal ini karena doa dari seorang anak adalah amalan yang tak akan terputus bagi orang tuanya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh.” (HR Muslim)

 

Untuk orang tua yang telah meninggal, Sobat Finansialku bisa memanjatkan doa sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

[Baca Juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Terjemahan dan Keutamaannya]

Sholat anak sholeh tidak akan terputus bagi orang tua

Kita tidak bisa memprediksi takdir dan rencana Tuhan. Namun, dengan hidup dan mati kita bisa berusaha untuk beribadah kepada Allah SWT sebanyak-banyaknya.

Ingatlah untuk selalu berdoa dan menyenangkan orang tuamu selama mereka masih ada.

Salah satu cara membahagiakan orang tua adalah dengan mewujudkan impiannya untuk bisa pergi ke tanah suci.

Untuk mewujudkan mimpi ini, Anda bisa menghitung dana yang dibutuhkan untuk beribadah menggunakan kalkulator keuangan saya. Setelah itu, Anda akan dapat mengatur anggaran perjalanan ibadah dengan baik.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menyusun rencana dana haji yang tepat, anda bisa mengetahuinya melalui buku Elektronik Gratis dari keuangan saya di bawah ini.

Spanduk e-book promosi.  Panduan Sederhana Mempersiapkan Haji Sejak Dini - HP

Inilah kumpulan doa yang bisa kita panjatkan untuk kerabat atau sahabat yang telah meninggal. Pastikan untuk membagikan informasi ini agar menjadi lebih bermanfaat untuk diskusi. terima kasih

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • Iqbal Vidiarko. 08 Februari 2022 Bacaan doa untuk pria dan wanita yang sudah meninggal. Celebrities.id – https://bit.ly/3y2okrQ
  • Safira Akhtari. 27 Juli 2022 6 kumpulan doa untuk orang yang sudah meninggal. Popmama.com – https://bit.ly/3RopGnC
  • Andre Curniavan. 10 Agustus 2022 Bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal dalam bahasa latin beserta artinya. Merdeka.com – https://bit.ly/3Sno2UA




https://wvmuseums.org

Baca juga  Panduan MPASI 6 Bulan dan Inspirasi Menu Sehatnya, Lengkap!