Makin Bengkak! Apa Penyebab GoTo Terus Rugi?

Catat! 5 Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta, Yuk Amalkan!


Sebagai seorang anak, ada baiknya kita selalu membaca doa untuk kedua orang tua apalagi setelah sholat.

Mengucapkan doa tidak hanya memberi pahala, tetapi juga sebagai bentuk kasih sayang dan rasa syukur atas jasa-jasa mereka. Simak ulasan artikel berikut untuk informasi selengkapnya!

Ringkasan:

  • Membaca doa untuk orang tua inilah salah satu bentuk bakti yang harus kita amalkan sejak kecil.
  • Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan setiap hari, terutama setelah sholat, karena kita mendapatkan berbagai manfaat.

Peran orang tua dalam kehidupan

Orang tua adalah sosok terdekat dan terpenting dalam kehidupan seorang anak.

Selain didikan yang ikhlas, orang tua selalu mengajarkan akhlak dan budi pekerti yang baik, misalnya mengajar berdoa.

Satu hal yang perlu diingat anak-anak adalah doa untuk kedua orang tua. Doa ini berisi harapan, harapan dan pujian kepada orang-orang yang telah merawat kita sejak kecil.

Tidak ada lagi kebingungan Ayo, simak penjelasannya di artikel ini sampai habis. Jangan lupa amalkan setiap waktu setelah sholat, Ya.

Kumpulan Doa Untuk Orang Tua

Sholat adalah salah satu akhlak yang baik yang harus kita amalkan sejak kecil. Termasuk memaksa anak membaca doa, terutama untuk kedua orang tuanya. Ini akan meningkatkan hubungan keluarga.

Sedang belajar Jurnal Seni dan Ilmu Sosial bahwa hubungan yang baik antara orang tua dan anak akan mempengaruhi kemampuan akademiknya.

Maka, sebaiknya orang tua mendidik anaknya dengan baik, salah satunya adalah ajaran shalat.

Berikut beberapa kumpulan doa yang bisa Anda amalkan:

#1 Doa untuk Orang Tua yang Hidup

Berikut yang dapat kami kutip:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى لِوَ الِدَىَّ ارْ ا ا ا

Allahhumma figfirli wa liwa lidhaya varham humaa kamaa rabbaiya ni shahiran.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu dan ayah mencintai mereka seperti mereka mencintai saya ketika saya masih kecil.

[Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Terjemahan dan Keutamaannya]

#2 Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Jika orang tua Anda sudah meninggal, maka Anda bisa membaca bacaan berikut ini:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummagfir lahu warhamhu wa ‘afihi aa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa vassi’ madhalahu, wagsilhu bil maa dan wats-tsalji walbarodi wa nakkihi minal hathaa ya kamaa yunakkats-tsavbul dan abyadhu abyadhu.

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min keahlian wa zavjan khairan min zavjihi, wa adhilhul jannata wa ‘iju min’ adzaabil kobri va fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan kasihanilah, bebaskan, bebaskan kedua orang tuaku. Dan menghormati tempat tinggalnya, memperluas pintu masuknya, mencuci kerabat saya dengan air bersih dan sejuk.

Dan bersihkan kedua orang tuaku dari segala keburukan, seperti baju putih, bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat yang lebih baik dari yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik dari yang ditinggalkannya.

Masukkan kedua orang tuaku ke dalam surga dan peliharalah mereka dari siksa kubur dan fitnahnya, serta siksa api neraka.

#3 Doa untuk orang tua yang sakit

Kita juga harus mendoakan orang tua yang sakit. Berikut doanya:

Allahhumma robbannaasi ajibil ba’sa wasi fihu, wa antasi-syaafi, laa syfaa-a illa syfauka, syfaan laa yughaadiru sakama.

Artinya: Ya Allah, Raja manusia dan alam semesta, hilangkan kesulitannya dan beri dia kesembuhan, Engkaulah yang Menyembuhkan.

[Baca Juga: Doa Agar Cepat Melahirkan dan Kontraksi, Yuk Amalkan Bund!]

#4 Doa untuk orang tua yang sedang sakit parah

Ketika orang tua sakit parah, maka doa berikut harus dibaca sebagai prestasi dan permintaan penyembuhan:

اللَّهُمَّ ا لَا

Allahhumma ahyini maa kaa natil hayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat aafaatu khirali.

Artinya: Ya Allah, sembuhkan penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan ambillah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.

#5 Doa untuk orang tua, saudara

Berikut doa yang bisa dibaca setelah sholat, yaitu:

لِوَالِدَىَّ ارْ ا ا ا ا . لail.Ru capai ال#Umpalebated, take nds nds ouch لARUNNAROPL الOXURؤURؤURؤUCHYYCYCEN الUCE imes الail.Ru اυleb اυleb اυleb الاالاال Moremp Maybe. ا الْخَيْرَا . ا الرَّ ا . لاَحَوْلَ لاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِ الْعَظِيْمِ

Allahummagfirli, valivaalidaya, war hamhumma, kamaa rabbayaani shagharaa. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati.

Wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa anta khairur rahimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku atas segala dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya, karena mereka berdua mencintaiku ketika aku masih kecil.

Demikian pula dengan semua Muslim dan Muslim, semua orang yang beriman, dan pria dan wanita yang masih hidup, dan mereka yang telah meninggal, dan datanglah di antara kami dan mereka menurut kebaikan-Mu.

Ya Allah, ampunilah dan kasihanilah, karena Engkau adalah Tuhan yang paling penyayang, dan tidak ada kekuatan dan usaha kecuali dengan pertolongan-Mu.

Manfaat Mendoakan Orang Tua

Berikut manfaat bila kita melakukan kebiasaan sehat ini, antara lain:

  1. Keuntungan pertama adalah itu bukalah pintu surga untuk anak-anak.

Karena ini sama dengan berbakti kepada orang tua, sesuai dengan kutipan “surga di bawah telapak kaki ibu”.

  1. Selanjutnya akan meminimalkan kesulitan hidup. Ini adalah bentuk balasan Tuhan atas kebaikan anak kepada orang tuanya.
  1. Mata pencaharian orang tua bangkit.
  1. dia amal baik yang diridhoi Allah SWT serta orang-orang. Orang-orang akan kagum dengan anak-anak yang sangat mencintai orang tua mereka.
  1. Keuntungan selanjutnya adalah bukalah pintu keridhaan Allah SWT anak-anak. Karena orang tua merupakan salah satu aspek definisi ridha dan murka Allah SWT.

Cara taat kepada orang tua

Proses tumbuh kembang anak tidak lepas dari peran orang tua. Oleh karena itu, sudah sepatutnya anak berbakti kepada orang tuanya.

Salah satu bentuk bakti yang bisa kita lakukan adalah dengan memanjatkan doa untuk kedua orang tua dan melakukan hal-hal berikut:

#1 Cara taat kepada orang tua yang masih hidup

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menunjukkan rasa hormat kepada orang tua Anda yang masih hidup:

  1. Bersikaplah sopan kepada orang tua Anda. Meski sangat dekat, batas kesopanan harus tetap dijaga.
  1. Selalu dengarkan nasehat orang tuamu, jika tidak bertentangan dengan ajaran agama.
  1. Jangan kasar pada mereka.
  1. Jangan menganggap nasihat orang tua sebagai beban. Ketika mereka diingatkan, itu berarti mereka tidak senang dengan tindakan anak itu.
  1. Membantu orang tua dengan pekerjaan rumah sehari-hari.
  1. Merawat orang tua dan merawat mereka, terutama jika mereka sudah lanjut usia.
  1. Menjaga nama baik keluarga, termasuk orang tua.

Selain melakukan beberapa hal di atas sebagai bentuk pengabdian kepada orang tua, Anda juga dapat membantu mereka mempersiapkan masa depan yang bahagia dan sejahtera.

Salah satunya dengan membantu merencanakan dana pensiun. Anda bisa mulai menghitung dana yang dibutuhkan orang tua di hari tua.

Untuk memperjelas Ayo, melacak selangkah demi selangkah-ini dengan membaca buku Elektronik keuangan saya Panduan praktis menuju masa pensiun yang bahagia, sejahtera dan sehat

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi perencana keuangan Keuangan saya untuk membuat strategi perencanaan yang lebih matang.

Klik spanduk di bawah untuk membuat janji, Ya!

Spanduk Penasihat WA - HP

#2 Cara taat kepada orang tua yang sudah meninggal

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat berkomitmen untuk orang tua yang sudah meninggal:

  1. Membaca doa untuk kedua orang tua secara teratur. Ini akan meringankan dosa-dosa mereka dan memperluas kuburan mereka.
  1. Menjaga nama baik orang tua dengan perbuatan baik.
  1. Ikuti kemauan dan nasehat orang tuamu selagi mereka masih hidup.

[Baca Juga: Tata Cara Salat Jenazah dengan Bacaan dan Maknanya, Lengkap!]

Biasakan membaca doa untuk kedua orang tua

Doa untuk kedua orang tua adalah bentuk pengabdian kepada mereka. Setelah Anda memahami doa, Anda dapat mempraktikkannya setelah setiap doa.

Ingatlah bahwa doa-doa anak shaleh kelak akan menjadi ladang pahala bagi orang tua kita, apalagi ketika mereka telah tiada. Saya harap Anda bisa bertahan Ya.

Semoga artikel ini bermanfaat, mari kita praktekkan dan jangan lupa bagikan informasinya kepada keluarga dan teman-teman. terima kasih

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Milenium Defan. 23 Juli 2022 5 doa untuk kedua orang tua tercinta, Ayo ajari anak itu! orami.com – https://bit.ly/3zBt9sb
  • Niken Aninsi. 21 Oktober 2021 Doa untuk Orang Tua dan Bacaan bahasa latin dan artinya. Catdata.co.id – https://bit.ly/3daz7IO
  • Rosita Mainita. 16 April 2022Kumpulan doa untuk kedua orang tua. Popbela.com – https://bit.ly/3JB4Xux
  • Rozma Vidiyani. 22 Desember 2021 Doa untuk orang tua, kita baca di Hari Ibu tanggal 22 Desember. Detik.com – https://bit.ly/3bvljZf




https://wvmuseums.org

Baca juga  Jadi Member Terkaya, Intip 5 Sumber Kekayaan Lisa BLACKPINK