Doa Setelah Sholat Dhuha, Lengkap dengan Keutamaannya

Doa Setelah Sholat Dhuha, Lengkap dengan Keutamaannya


Apa keutamaan dan doa setelah doa Roh? Temukan jawaban lengkap untuk pertanyaan ini di artikel Financialku ini.

Ringkasan:

  • Waktu terbaik untuk memancingSholat Zuha, menurut para ilmuwan, dari pukul 10.00 hingga 15 menit sebelum tengah hari.
  • Kita bisa berdoa dalam bahasa apapun, tapi yang lebih penting adalah berlatih membaca. sesuai sunnah.

Apakah Doa Roh itu?

Sholat setelah sholat dhuha pada dasarnya adalah harapan untuk mendapatkan ampunan dan kelegaan yang seluas-luasnya dalam mencari makanan yang halal dan baik.

Seperti yang kita ketahui, kita dianjurkan untuk membaca doa ini setelah melakukan dua rakaat saat Zuha, yaitu Sholat Zuha.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, doa Roh adalah doa selama waktu Roh. Itu sekitar 15-20 menit setelah matahari terbit (syuru) setinggi satu tombak di depan halangan (Masukkan waktu siang).

Ulama mengatakan bahwa waktu terbaik untuk shalat ini terutama pada dari pukul 10.00 hingga 15 menit sebelum tengah hari.

Padahal itu sunnah, Rasulullah SAW. mendorong umat Anda untuk selalu melakukan ibadah ini.

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, dijelaskan bahwa Rasulullah saw. menetapkan tiga hal yang tidak boleh kita tinggalkan sampai kematian datang.

Ini termasuk shalat zuha, puasa sunnah selama tiga hari setiap bulan, dan tidur setelah shalat witir.

Ketiga hal ini sangat dianjurkan untuk kita lakukan setiap hari karena banyak sekali manfaatnya. Jadi sayang sekali jika kita melewatkan saat-saat terbaik saja.

Diantara sekian banyak keutamaan, salah satu sifat yang paling dibutuhkan manusia adalah ampunan Allah SWT. Dengan melakukan setiap hal ini, Allah SWT. membuka lebar-lebar pintu ampunan.

Dalam pelaksanaannya, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak berdoa, dan tidak hanya melakukan ibadah. Karena doa-doa yang kita doakan selama puasa dan sesudah sholat akan lebih mudah diterima Allah.

Pada umumnya doa saat puasa, doa setelah sholat zuha atau sholat witir dapat diucapkan dalam bahasa apapun. Namun, lebih penting untuk berlatih membaca dari Sunnah.

Asal tahu saja, di bawah ini adalah ulasan bacaan doa setelah doa Roh.

Pentingnya Doa Roh

Sebelum Anda mengetahui doa setelah doa Roh, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa keutamaannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih khusyuk saat beribadah.

#1 sebagai amal terbaik

Imam Muslim meriwayatkan hadits tentang keutamaan shalat Ruh, membandingkannya dengan sedekah. Bahkan disebutkan juga bahwa shalat sunnah ini merupakan sedekah yang paling baik karena nilai ibadahnya yang begitu besar.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menjelaskan, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Setiap pagi, setiap bagian tubuh Anda harus diberi sedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, perintah berbuat baik adalah sedekah, dan larangan berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat zuha.

#2 Optimalisasi Mata Pencaharian

Dalam bacaan doa setelah sholat dhuha banyak sekali permintaan agar kita nyaman saat mencari makan.

Selain memudahkan kita, banyak kandungan doa juga memberikan harapan agar rezeki yang kita terima bisa membawa berkah.

Karena itu, shalat Zuha memiliki kekuatan dalam membuat makanan lebih mudah dan buat hati selalu merasa cukup.

Mengenai hal ini, hadits Imam Ahmad, Imam Dawud dan Imam Tirmidzi menegaskan firman Allah.Azza wa Jalla.

“Wahai anak Adam, jangan pernah malas untuk melakukan empat rakaat di pagi hari. Artinya, shalat zuha, nanti saya penuhi kebutuhannya di akhir, yaitu di sore hari.

3. Waktu terbaik untuk meminta maaf

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah r., disebutkan bahwa Nabi SAW. dikatakan.

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat Ruh, maka diampuni dosa-dosanya, meskipun buih di lautan sebanyak buih.”

Dari hadits ini dapat kita simpulkan bahwa berapapun banyaknya dosa yang dilakukan seseorang, jika ia melakukan shalat Ruh dan istighfar maka ia akan diampuni.

#4 Ibadah disamakan dengan haji dan umrah

Keutamaan melaksanakan shalat sunnah ini selanjutnya adalah: mendapat hadiah seperti orang yang menunaikan haji dan umrah. Dari Anas ra., Rasul semoga Allah memberkati dan menyapanya dikatakan,

“Barangsiapa yang mengerjakan salat subuh secara berjamaah, kemudian (setelah selesai) duduk berdzikir kepada Allah hingga terbit matahari. Kemudian, melakukan dua rakaat (zuha) akan menerima pahala yang sama dengan pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR.Tirmizi)

#5 Peternakan menghasilkan untung

Karena besarnya pahala orang yang melakukan dua rakaat sunnah saat Zuh, Allah menjanjikan lebih banyak berkah kepada hamba-Nya.

Bahkan dikatakan bahwa pahala yang didapat dari ibadah ini lebih besar dari pahala mujahidin militer.

Rasulullah SAW. Konfirmasi,

“Barang siapa yang berwudhu kemudian masuk masjid untuk berwudhu, maka dialah yang paling dekat dengan tujuannya (tempat peperangan). Lebih banyak ghanima (keuntungan) dan pengembalian yang lebih cepat.”

#6 Roh adalah waktu terbaik untuk berdoa

Dalam Al-Qur’an, Surat Al-Isra ayat 78, Allah SWT. menegaskan bahwa dhuha adalah waktu terbaik untuk sholat.

Jika waktu ini digunakan untuk memohon dan mengharapkan doa, maka malaikat akan membantu mendoakannya agar doanya diterima oleh-Nya.

#7 Hindari Stres

Doa Roh bisa menjijikkan bagi siapa saja yang melakukannya secara teratur. Bahaya yang dimaksud di sini bukan hanya datang dari kejahatan manusia atau makhluk lain, tetapi juga dari berbagai ancaman lainnya.

Seperti penyakit, bencana dan lain sebagainya.

#8 Dapatkan emas dan istana di surga

Keutamaan lain dari shalat sunnah ini adalah mendapatkan emas dan istana di surga nantinya. Hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan sebagai berikut.

“Barang siapa yang melakukan zuha dua belas rakaat, Allah akan membangun istana emas di surga. Hadits ini merupakan bukti betapa bermanfaatnya zuha, jadi sayang sekali jika ibadah ini dihilangkan.”

Bacaan doa setelah doa Roh

Sebagai informasi, kita bisa melakukan Zuha dua rakaat, empat rakaat, enam rakaat, delapan rakaat, sepuluh rakaat, hingga dua belas rakaat.

Setelah salam dalam kitab Ian At-Talibin, dianjurkan untuk membaca doa berikut setelah doa Ruh.

الل#ٰ etger الض® اءined ال#urt oses اءlas ، الail.Ru feature الired الired ال#ipe الbed ال#ipe الail.Ru. لْهُ

Allahumma innadh-zuhaa-a zuhauka, wal bahaa-bahauka, wal jamaala jamaluka, wal kuvvat quvvatuk, wal kudrota kudrotuk, wal ‘ishmat ishmatuk.

Allahuma inkaana rizky fis-samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa ahrijhu, wa inkaana mu’siron fa yasirhu.

Va in kaana harouman fa tokhkhirhu, va in kaana bayidan fa korribhu, bihakki zuhaa-ika va bahaika, va jamaalika, va kuvvatika, va kudrotika. Aatini maa ataita min ibaadikash-shaalikhin.

Itu berarti:

Ya Allah, sesungguhnya waktu zuha adalah zuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, dan keindahan adalah kecantikan-Mu. Kekuatan adalah kekuatan Anda, dan perlindungan adalah perlindungan Anda.

Ya Allah, jika rizkiku ada di surga, maka turunkan, jika di bumi, ambillah, dan jika sulit, maka permudah. Jika makanan haram, sucikan, dan jika jauh, dekatkan.

Kebenaran-Mu dhuha, Keagungan-Mu, Kecantikan-Mu dan kekuatan-Mu. Berikan kepada hamba apa yang telah Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Saat ini,, adalah bacaan doa setelah doa Ruh dan berbagai keutamaannya. Jadi, coba cari waktu untuk sholat Zuha, ayountuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Jangan lupa untuk melihat informasi bermanfaat lainnya tentang artikel ini, yang dapat Anda akses di Situs web Finansialku.com atau lulus Aplikasi Keuangan saya.

Anda dapat menggunakan tidak hanya artikel informasi, tetapi juga banyak fitur keuangan yang tersedia. Ayo, unduh Aplikasi Finansialku agar lebih praktis, semua dalam satu tangan.

Unduh Aplikasi keuangan saya sekarang!

Setelah membaca artikel di atas, apakah ada keinginan yang lebih kuat untuk berdoa dalam Roh?

Bagikan artikel ini di jejaring sosial agar lebih banyak orang mengetahui informasi bermanfaat ini.

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Arif Abdurrahman. 11 Mei 2022 Bacaan doa setelah sholat zuha lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya bahasa indonesia. Rumah123.com https://bit.ly/3AF1b0V
  • Laudia Tisara Laudia Tisara. 2 Mei 2022 Bacaan Doa Setelah Sholat Zuha, Bahasa Arab, Latin dan Artinya. hot.liputan6.com https://bit.ly/3O1LDY1
  • Cynthia Sami Bhayankara. 31 Mei 2022 Niat doa Roh dan artinya, dilengkapi dengan doa setelah doa Roh. Suara.com – https://bit.ly/3uFDWQw




https://wvmuseums.org

Baca juga  Pengertian, Kelebihan, dan Tips Membelinya