doa perjalanan

7 Doa Perjalanan Jauh agar Dilindungi & Selamat Sampai Tujuan


Saat bepergian, baik melalui darat, laut atau udara, kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan kita, salah satunya adalah bacaan doa. Selain meminta kelancaran dan keselamatan, mengaji di jalan juga bisa mendatangkan rasa tenang dalam perjalanan.

Hal ini sejalan dengan kebiasaan Nabi Muhammad. seperti yang dikatakan Imam An Nawawi dalam Kitab al-Adzkar. Dijelaskan bahwa Rasulullah selalu meminta perlindungan dari kerasnya jalan, tempat kembali yang buruk, bengkok setelah jalan yang lurus, dan penglihatan yang buruk saat bepergian atau perjalanan jauh.

Jadi, apakah Sedulur tahu doa mana yang dianjurkan untuk dibaca di jalan? Berikut Super telah merangkum tujuh doa untuk perjalanan yang bisa diikuti Sedulur.

BACA JUGA: 5 doa nabi sholavat untuk memperbanyak amalan

1. Sholat di luar rumah

Pilih bebas

Meski terlihat basi, ternyata kita umat Islam terpanggil untuk salat di luar rumah, keluar ke jalan. Hal ini dinyatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Anas bin Malik sebagai berikut.

«الَ – ا – اللَّهِ لْتُ لَى اللَّهِ لاَ لَ لاَ لاَّ الل ‏.

Itu berarti:

“Orang yang mengatakan ini ketika meninggalkan rumah: “Dengan nama Allah, saya menyerahkan urusan saya kepada Allah, tidak ada kekuatan selain Allah, damai dan berkah (bismillah, tawakkaltu allallah, la aulya wa la quwwata illa billah). ” Mereka akan berkata kepadanya: “Kamu dipenuhi dan dilindungi,” dan Setan akan berpaling darinya. (HR.Tirmizi).

Sedangkan berikut adalah bacaan doa di luar rumah beserta artinya.

لْتُ لَى لاَحَوْلَ لاَقُوَّةَ الاَّ الل

Bismillahi, tawakkaltu ‘alallaahi la howla wa la kuvwata illa billaah.

Itu berarti:

Dengan menyebut nama Allah, saya menyerahkan diri saya kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah.

2. Doa sebelum perjalanan

doa perjalanan
Pilih bebas

Setelah membaca doa di luar rumah, Sedulur dapat membacakan doa berikut untuk meminta perlindungan bagi keluarga yang menunggu di rumah. Doa ini tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan diriwayatkan oleh Salim.

الoint الل icles لicles Photiant لnkughter ادlex ادuzz ادuzz ادipe inct الَmp ال origin لى الله ليه Phot لcl له اللlection ليه لς لUNALAMISHICAL kemungkinan besar.

Baca juga  15+ Nama Toko yang Membawa Berkah dan Cara Memilihnya

Itu berarti:

Salim berkata bahwa ketika seseorang hendak bepergian, Ibnu Umar biasa berkata kepada orang itu, “Mendekatlah padaku agar aku bisa mengucapkan selamat tinggal sebagaimana Rasulullah mengucapkan selamat tinggal kepada kita.” Kemudian beliau bersabda: “Saya titipkan kepada Allah SWT agamamu, amanatmu dan amalanmu yang terakhir (Astavdiullah dinaka wa amanataka wa hawatima malik)” (H.R. Tirmidzi).

BACA JUGA: Lengkapi bacaan Doa Istigos dengan Dalil dan Artinya

3. Doa perjalanan jauh

Pilih bebas

Sementara itu, berikut adalah doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca dalam perjalanan atau perjalanan jauh. Jika dilihat maknanya, doa ini dimaksudkan untuk memohon kelegaan dan perlindungan selama dalam perjalanan.

لَيْنَا ا ا اshlie

Allahhumma howvin alayna safarana hadzaa waswi anna budakhu allahumma anta ashshuhibu fissafari cholifatu fil-ahl

Itu berarti:

Ya Allah mudahkan jalan kami dan perpendek jarak. Ya Allah yang menemani perjalananmu dan juga melindungi keluargamu.

Sebelum perjalanan, Sedulur juga bisa mengucapkan doa berikut.

لَنا ا ا لَهُ ا لَى ا لَمُنْقََلِبُونَ

Subhanallazi sahara lana haza wama kunnaa lahuu mukriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunkalibuun

Itu berarti:

Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini kepada kami, meskipun kami tidak dapat mengaturnya sebelumnya, dan, sesungguhnya, kami akan kembali kepada Tuhan kami (pada Hari Kebangkitan).

4. Doa untuk perjalanan darat

Pilih bebas

Selain itu, Sedulur bisa membaca doa sambil mengendarai kendaraan. Bagi anda yang melakukan perjalanan darat, dibawah ini adalah doa perjalanan dengan mobil atau kendaraan darat yang bisa di baca beserta artinya.

اسْمِ اللَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ {انَ الَّذِي لَنَا ا ا ا لَهُ} {ا لى ا لَمُنقَلِا ا adalah ™ огда الهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُهُновить الهُه ™ ™ трите) ا оже ا لкогда الлее ا

Bismillah. Alhamdulillah (Subhanal-ladzii sah-horo lana haadzaa va maa kunnaa lahu mukrinin. Wa innaa ilya robbinaa lamunkolibuun). Alhamdulillah (3 kali), Allahu Akbar (3 kali). Subhanaka inni jalamtu nafsi, fagfirli, fa innahu la yagfirudz-dzunuba illa anta.

Itu berarti:

Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan kendaraan ini kepada kami, meskipun sebelumnya kami tidak dapat mengendalikannya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (pada hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3 kali), Allah Maha Besar (3 kali), Maha Suci Engkau, ya Allah, sesungguhnya aku telah menyakiti diriku sendiri, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi).

BACA JUGA: Doa Tahun Baru Islam Lengkap dengan Latin dan Terjemahan

Baca juga  Urutan Nonton High and Low yang Benar dan Lengkap

5. Doa untuk perjalanan laut

Pilih bebas

Sementara itu, Sedulur yang bepergian melalui laut dapat membaca doa berikut dalam bahasa Arab.

لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillahi Mayrecha va Mursacha Inna Rabbi Laghafuurur Rahim

Itu berarti:

Dengan menyebut nama Allah Yang membuat kereta ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

6. Doa perjalanan udara

Pilih bebas

Di bawah ini adalah doa perjalanan udara yang bisa dibacakan oleh Sedulur.

Permainan

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. subhanalladzi Sakhoro Lana Hadza wa Maa Kunnaa Lahu Mukrinin, va Innaaa Ilaa Robbina Lamunkolibun, Allahumma Inna Nasaluka FII Safarina Hadzal Birro Vat Minal Minal Maa Maa Tardo, Allahuma Hauvin Haadova Takli Takhami Avnyubiuma Autzubika Autzubika Autzubika Autzubika

Itu berarti:

Tuhan itu hebat, Tuhan itu hebat, Tuhan itu hebat. Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah kami kembali. Ya Allah, kami memohon kebaikan dan ketakwaan dalam perjalanan ini, kami memohon amalan yang Engkau ridhoi.

Ya Allah, mudahkan perjalanan ini bagi kami dan perpendek jarak bagi kami. Ya Allah, Engkau adalah teman seperjalananku dan merawat keluargaku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari lelahnya perjalanan, dari pemandangan yang menyedihkan dan dari keburukan harta dan keluarga.

7. Berdoa setelah tiba di tempat tujuan

doa perjalanan
Pilih bebas

Setelah menyelesaikan perjalanan dan sampai di tempat tujuan, kita juga diajak untuk membaca doa sebagai bentuk rasa syukur atas perlindungan dan keselamatan yang telah diberikan Allah SWT. memberi. Selain itu, doa ini juga merupakan permintaan perlindungan di tempat itu.

لِهَا اا ا لِهَا اا

Allahumma inni sebagai aluka lhairohaa wahairo experthaa wahairo maa fiihaa wa audzubika min syaarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Itu berarti:

Baca juga  Cara & Syarat Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel Saat Darurat

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan negeri ini, kebaikan penduduknya, dan kebaikan apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya dan kejahatan yang ada di dalamnya.

Selain itu, Sedulur juga bisa mengucapkan doa selanjutnya setelah sampai di tempat tujuan.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ لَّمَنِىْ

Alhamdulillahillazi sallamanii walladzii awaanii walladzi jama’assyamla bii.

Itu berarti:

Segala puji hanya milik Allah yang telah menyelamatkanku, melindungiku dan mempertemukanku dengan keluargaku.

BACA JUGA: Doa saat hujan deras dan setelah hujan beserta artinya

Zikir saat bepergian

Pilih bebas

Selain membaca doa, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk perjalanan jauh. Dimulai dengan pelaksanaan sholat sunnah dua rakaat dengan niat berangkat, pamitan dengan keluarga atau kedua orang tua dan memperbanyak dzikir.

Adapun bacaan dzikir yang sunnah adalah sebagai berikut.

الَّذِيْ لَنَا ا ا لَهٗ

Subhanallazi sakhara lana haza vama kunnaa lahu muqriniin.

Itu berarti:

Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini kepada kami, meskipun sebelumnya kami tidak mampu mengendalikannya.

Anda kemudian dapat melanjutkan pengingat dengan membaca kalimat tayyib lainnya seperti subhanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar, dan la ilaha illallah.

Ini adalah tujuh doa jalan yang bisa diikuti Sedulur. Selain itu, juga menjelaskan beberapa amalan yang dianjurkan saat bepergian, serta membaca kenangan saat bepergian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org