doa pagi hari

10 Doa Pagi Hari Dalam Islam yang Wajib Diketahui!  


Pagi ditekankan dalam ajaran Islam karena pagi adalah permulaan hari. Untuk itu, umat Islam disarankan untuk membaca doa pagi untuk memulai hari dengan penuh semangat dan menerima berkah dari Allah SWT. Ada beberapa doa dan dzikir yang bisa dibaca Sedulur di pagi hari.

Rasulullah juga melihat pengajian salat subuh sebagai salah satu amalan yang diidamkan. Membaca doa pagi untuk memulai aktivitas, setiap muslim akan selalu mendapat keselamatan dan keberkahan dari Allah SWT. Berikut amalan dan doa pagi yang bisa Anda amalkan.

BACA JUGA: Niat sholat haji beserta tata cara dan doa yang dibaca

latihan pagi

pilih bebas

Ada beberapa latihan pagi yang akan membuat kelas lebih menyenangkan. Berikut amalan pagi yang bisa saudara-saudara lakukan agar hidup lebih berkah dan selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.

1. Dzikir

Amalan pertama adalah melakukan dzikir pagi. Selain membuat pagi lebih semangat, membaca dzikir di pagi hari juga bermanfaat untuk mempermudah segala urusan di pagi hari oleh Allah SWT. Adapun dzikir pagi ini, ada berbagai jenis virid yang bisa dipraktikkan saudara-saudara.

Tentang dzikir pagi ini, Allah SWT berfirman:

ا ا الَّذِينَ ا اا اللَّهَ ا ا * لا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (menyebut nama) Allah, berdzikirlah sebanyak-banyaknya. Dan pujilah Dia pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab : 41-42].

Saudara dapat membaca berbagai dzikir dan virid, salah satunya adalah dzikir. subhanallah wa bihamdihi, subhanallah hal ajim 100x.

2. Baca Al Quran

Adik-adik harus tahu bahwa mengaji di pagi hari, dilakukan dengan penuh perenungan, apresiasi dan kerelaan hati untuk menyerap isinya dan mengamalkannya, bisa membantu otak untuk lebih fokus, lho. Tidak hanya itu, membaca Al Quran di pagi hari juga baik untuk meningkatkan semangat keimanan agar lebih hidup.

3. Cepat mandi

Hukum kebaikan dalam Islam harus dilakukan dengan cara yang sama seperti mandi pagi. Mandi pagi juga baik untuk kesehatan tubuh karena meningkatkan sirkulasi darah dan membuatnya lebih cerah dan sehat.

4. Amal

Diriwayatkan oleh seorang Sahabat Abu Hurairah dari Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) bahwa dia berkata;

Baca juga  20 Fakta Karakter Zodiak Gemini yang Jarang Diketahui

الدِّينَ لَنْ ا الدِّينَ لاَّ لَبَهُ ا اret

Artinya: “Sesungguhnya agama itu sederhana. Tidak ada yang membebani dia di luar kemampuannya, kecuali dia dikalahkan. Anda harus melakukan bisnis Anda dengan sempurna (tanpa berlebihan atau menerima begitu saja). Jika Anda tidak dapat melakukan yang sempurna (sempurna), maka lakukan sesuatu yang mendekatinya. Perhatikan bahwa ada pahala di balik amal yang berkelanjutan. Lakukan ibadah (terus menerus) di pagi hari dan setelah matahari terbenam dan sebentar di akhir malam.” [HR. Bukhari no. 39]

5. Berdoa Roh

Sholat Ruh adalah sunnah muakkad, terbukti telah dilakukan oleh Nabi (damai dan berkah Allah besertanya), sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dari hadits Aisyah, damai dan berkah Allah atasnya, katanya ;

(اولired اللail.Ru لail.Ru اللail.Ru لail.Ru ouch nds لhouse الضroom الضail.Ru ا اءined الللellent

Artinya: “Rasulullah SAW dan shalatnya ada empat (rakaat), kadang-kadang dia menambahkan sesuai keinginannya.” (HR Muslim).

BACA JUGA: Doa dan Bacaan Maulid Nabi, full arab, latin dan terjemahannya

Kumpulan doa pagi

sholat subuh
Institut Yakin

Seperti disebutkan di atas, sholat subuh akan membuat aktivitas lebih semangat dan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Berikut kumpulan doa pagi yang bisa di ucapkan Sedulur agar hidup lebih berkah dan penuh semangat.

1. Doakan berkah di pagi hari

Muslim.SG

اَللَّهُمَّ ا ا ا، لَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahhumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ileikan nusyuru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku pagi, dengan-Mu aku sore, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali” (HR Abu Daoud, At-Tirmidzi, Ibnu Maja, dll).

2. Doa untuk kebaikan

sholat subuh
hypeabi

ال الكَسْلِ الكِبَرِ، ابٍ النَّارِ ابٍ القَبْرِ

Ashbahna wa asbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha ilallahu wahdahu la sarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huva ‘ala kulli syain kadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil laylata wa khaira ma ba’daha, wa a’udzu bika min syarri ma fi hadzihil laylata wa khaira ma ba’daha. Rabbi, audzu bika minal kasli wa suil kibari. A’udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil kabri.

Baca juga  Tukar Valas? Cek Dulu Kurs Dollar Hari Ini

Artinya: “Kami dan kekuatan Allah di pagi hari. Segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya, Dia tidak memiliki mitra. Dia memiliki semua kekuatan dan pujian. Dia memiliki kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan lusa. Aku memohon perlindungan-Mu dari kejahatan hari ini dan lusa. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kezaliman usia tua. Aku memohon perlindungan dari-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur” (lihat Imam an-Nawawi, Al-Adhkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]halaman 64).

3. Doa memohon rahmat Allah SWT

republik

A’udzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘azabin di kabri.’

Artinya: “Kami adalah kekuatan Allah SWT di pagi hari dan segala puji bagi Allah SWT. Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya segala kekuatan rahmat, dan kepunyaan-Nya segala pujian dan kekuasaan atas segala sesuatu.

BACA JUGA: Doa sakit gigi menurut ajaran nabi muhammad beserta artinya

5. Doa perlindungan dari godaan setan

Solopos

Allahhumma fatiras samavati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahada, rabba kulli syain wa malika, ashadu an la ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya: “Ya Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui yang gaib dan nyata, Tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hawa nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

6. Doa minta rezeki

pilih bebas

Allahumak-finii bi halaalika ‘an harumik, wa agh-ninii bi fadhlika’ amman sivaak

Artinya: “Ya Allah hamba, berilah kami segala bentuk rizki yang halal dan jauhkan kami dari rizki yang haram. Terlebih lagi, kemurahan hati-Mu sudah cukup bagiku untuk mengandalkan-Mu saja.” (Al-Hafiz Abu Tahir mengatakan bahwa Hadist H.R. Tirmidzi No. 3563 adalah Hadist Hasan).

7. Sholat Sayyidul Istighfar

sholat di masjid
pixabay

لَّهُمَّ لَا لَّا لَقْتَنِيْ . لَكَ لَيَّ. . لِيْ لَا الذُّنُوْبَ لَّا

Baca juga  10 Cerita Dongeng Pendek untuk Pengantar Tidur Si Kecil

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta halaktani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa va’dika mastata’tu. A’ûdzu bika min syarri mâ shana’tu. Abu laka binimatika alaya. Wa abu bidzanb. Fagfirli. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illa anta. Artinya: “Ya Tuhanku, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada tuhan yang harus disembah selain Engkau. Anda menciptakan saya. Aku adalah hamba-Mu. Saya berada di tim iman sesuai dengan perjanjian Anda, sebanyak mungkin. Aku memohon perlindungan dari-Mu dari kejahatan yang telah aku lakukan. Kepada-Mu aku mengakui semua nikmat-Mu kepadaku. Saya mengakui dosa saya. Maka ampunilah dosa-dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Sayyidul istighfar sendiri memiliki keutamaan yang luar biasa. Doa Sayyidul istighfar adalah pengucapan istighfar yang memiliki derajat paling tinggi. Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa setiap orang yang melakukan sayidul istighfar di pagi dan sore hari akan mendapat pahala yang khusyuk.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Syaddad bin Aws bahwa Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: “Barangsiapa membaca Sayyidul Istighfar di sore hari dan kemudian meninggal malam itu, dia pasti termasuk penghuninya. dari surga. Demikian pula orang yang membaca Sayyidul Istighfar di pagi hari kemudian meninggal di hari yang sama, niscaya dia termasuk penghuni surga.”

Inilah sholat subuh beserta amalan yang bisa saudara-saudara lakukan. Saudara harus tahu bahwa keutamaan membaca doa di pagi hari secara teratur akan mendapat cinta dan perlindungan dari Allah SWT. Jangan lupa berdoa di pagi hari untuk memulai bisnismu, Sedulur!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org