diagram batang

Pengertian Diagram Batang Beserta Contoh & Soalnya


Histogram adalah suatu bentuk representasi data statistik yang dapat digunakan untuk membuat laporan, baik itu laporan penelitian, laporan kinerja, atau laporan terkait data lainnya. Termasuk sering digunakan oleh mahasiswa dan mahasiswa dalam penyusunan tugas.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama apa itu diagram batang dengan contoh dan pertanyaan agar Sedulur dapat mempelajarinya dengan lebih mudah. Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: DFD (Data Flow Diagram): Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Definisi Histogram

Panduan Kantor

Diagram batang adalah grafik yang terdiri dari batang-batang yang berbentuk kolom persegi. Bagan ini juga menggunakan batang horizontal atau vertikal untuk menunjukkan perbandingan antara kategori yang disajikan. Semakin panjang batang, semakin besar nilainya.

Satu sumbu di bagan menunjukkan kategori (parameter) yang dibandingkan, dan sumbu lainnya menunjukkan nilai diskrit (metrik). Histogram itu sendiri terdiri dari dua sumbu: x (horizontal) dan y (vertikal).

Tujuan histogram

Kafe Sentul

Memiliki beberapa diagram batang bukan tanpa tujuan, salah satunya adalah untuk menampilkan data secara lebih visual interaktif yang mudah dipahami. Tujuan dari histogram itu sendiri adalah untuk menyampaikan informasi tentang jumlah kategori yang perlu ditampilkan dan dieksplorasi.

Data tersebut awalnya berupa tabel, dalam bentuk diagram akan mudah untuk dipahami. Jumlah data dari yang terbesar sampai yang terkecil. Jadi mudah dipelajari dan dipahami bersama.

Tampilan Data Sederhana

grafik batang
Foto setoran

Tidak diragukan lagi, kehadiran grafik memudahkan penyajian data yang ada. Karena jika data disajikan hanya dengan tabel, tidak dapat dibaca atau dipelajari. Hanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan terlihat tidak menarik.

Bagan membuat penyajian data lebih mudah, lebih menarik, dan tidak membingungkan. Oleh karena itu, kehadirannya dianggap penting dan sangat bermanfaat. Banyak startup yang identik dengan budaya kerja modern dan modern menggunakan grafik untuk membuat setiap pertemuan lebih mudah untuk dikerjakan.

Baca juga  16 Rekomendasi Drama China yang Cocok Ditonton Saat Libur

Jika penerapan skema ini digunakan lebih luas, tentu pekerjaan akan lebih menarik dan lebih mudah. Apalagi jika penggunaan diagram digunakan dalam pekerjaan umum dari semua sisi, akan membuat pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat dan negara menjadi lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami.

Contoh bagan

Dari penjelasan di atas, Sedulur mengetahui bahwa ada dua jenis diagram batang, yaitu diagram batang vertikal dan diagram batang horizontal. Jadi contoh histogram apa yang bisa dieksplorasi dengan Sedulur? Berikut beberapa contohnya:

1. Contoh grafik minyak Indonesia

grafik batang
Kompas

Setelah Sedulur mempelajari arti, tujuan dan contoh serta permasalahan di atas. Bagi anda yang masih bingung, silahkan baca diagram ini. Pada contoh grafik di atas, hal ini terkait dengan produksi minyak Indonesia tahun 2020. Beberapa data disajikan.

Cara membacanya adalah sebagai berikut:

  • Total produksi minyak pada Januari 2020 sebesar 600 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada Februari 2020 sebesar 700 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada Maret 2020 sebesar 800 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada April 2020 sebesar 700 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada Mei 2020 sebesar 900 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada Juni 2020 sebesar 600 barel per hari.
  • Total produksi minyak pada Juli 2020 adalah 700 ribu barel per hari.

2. Contoh bagan kemajuan siswa sekolah menengah

grafik batang
99.co

Anda bisa lihat pada gambar di atas bahwa ada data terkait nilai mata pelajaran bahasa Inggris untuk siswa SMA, Sedulur akan lebih mudah dipelajari. Bagan di atas diambil dari data mentah pada tabel di bawah ini:

Bukan

Nama siswa

Memeriksa

satu

Nabila cantik

100

2

Kurniawan Setia Aji

100

3

Febrianti Wijaya

100

empat

Melody Vardhani

97,5

5

Akira Matsuyama

97,5

6

Anna Linda

90

7

Yusuf Maulana Hermawan

85

delapan

Sisilia Laxani

85

9

Carminanto Gunawan

80

sepuluh

Putu Mad Kesuma

77.5

Baca juga  Cara Membuat Buket Snack yang Menarik, Mudah & Sederhana

3. Contoh diagram batang vertikal

grafik batang
ID jala

Contoh berikut adalah bagan vertikal data sekolah menengah di luar kelas. Dari grafik di atas terlihat bahwa jumlah siswa kelas IV yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Misalnya, bagan menunjukkan bahwa 10 siswa menghadiri kelas bola basket tambahan.

Jika data di atas dalam bentuk tabel, mungkin sulit untuk dipahami. Jika ditampilkan secara menarik, seperti terlihat pada diagram di atas, tentu tidak sulit untuk dipahami.

BACA JUGA: Database: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Diagram Masalah untuk Dipelajari

Sulit untuk memplot grafik tanpa mengetahui cara membuat histogram. Berikut adalah beberapa contoh diagram batang horizontal yang dapat Anda jelajahi:

Diagram Masalah 1

ID jala

Untuk melengkapi pemahaman, berikut adalah beberapa pertanyaan diagram yang dapat dipelajari Sedulur. Misalnya, dari data grafik yang Anda lihat di atas, ada beberapa informasi seperti:

  • Chili = 20 kg
  • Wortel = 35 kg
  • Tomat = 25 kg
  • Ubi jalar = 35 kg

Total hasil yang diketahui = 20 + 35 + 25 + 35 = 115 kg. Diketahui, seluruh hasil panen kebun Pak Thani adalah 150 kg. Jadi hasil kentang = hasil total – hasil yang diketahui. Hasil kentang = 150 – 115 = 35 kg

BACA JUGA: Pengertian simetri lipat dan simetri lipat pada bangun datar

Diagram Masalah 2

99.co

Berikut ini adalah contoh bagan terkait makanan favorit masyarakat desa Makmoor Jawa, seperti yang bisa dilihat Sedulur pada penjelasan di atas. Solusi dari masalah di atas adalah dengan melihat angka-angka yang tertera pada sumbu vertikal yang menunjukkan jumlah penduduk, kemudian kita dapat melihat sumbu datar yang menunjukkan jenis makanan.

Terlihat bahwa histogram tertinggi adalah bakso dengan 40 jiwa, dan histogram terendah adalah Nasi uduk dengan 20 jiwa. Jadi, makanan yang paling disukai warga Jaya Makmoor adalah bakso, dan makanan yang paling tidak disukai warga Jaya Makmoor adalah nasi uduk.

Baca juga  Mengenal Arti & Manfaat Bunga Forget Me Not, Bunga Kesetiaan

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang histogram. Semoga penjelasan di atas dapat menyelamatkan Sedulur dari kerepotan membaca dan mempelajari setiap diagram yang berhubungan dengan kegiatan Sedulur.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org