developer adalah

Apa Itu Developer? Ini Pengertian, Skill dan Peluang Karirnya


Bagi Anda yang banyak bekerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi atau dunia IT, kata developer pasti sudah tidak asing lagi. Ya, developer adalah seseorang yang mengetahui bahasa pemrograman, dan tugas developer adalah mengimplementasikan desain suatu produk atau layanan. Karena pekerjaannya tidak mudah, tidak heran jika profesi ini memiliki gaji yang sangat fantastis.

Gaji developer, menurut salah satu sumber, khususnya di Indonesia, berada di kisaran Rp 7 juta. juta sampai sekitar 10 juta Rupiah Indonesia. Namun, gaji tersebut hanya mencakup beberapa daerah di Indonesia. Seperti di Batam yang harganya sekitar 6,6 juta rupiah, dan di Jakarta sekitar 10,2 juta rupiah. Nah, jika Anda tertarik terjun ke dunia developer, maka simak dulu penjelasan profesi IT berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian Identifikasi Masalah di Dunia Kerja dan Contohnya

1. Apa itu pengembang?

Depositphotos

Dunia IT berkembang sangat cepat dan luas, memaksa banyak perusahaan membutuhkan teknologi ini untuk mendukung bisnis dan mengembangkan perusahaan. Saat ini banyak perusahaan nasional dan internasional berbasis IT.

Di Indonesia, kita mengenal perusahaan e-commerce yang menggunakan perangkat IT untuk menjalankan bisnisnya. Jadi, dengan menggunakan IT, Anda akan menemukan profesi seorang developer.

Pengembang adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengimplementasikan desain produk dan layanan, biasanya berurusan dengan perangkat lunak atau masalah dengan perangkat lunak dan situs web. Pengembang perangkat lunak adalah profesi yang dirancang untuk membuat produk dengan menulis baris kode yang rumit menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML dan Python.

Memiliki kemampuan desain membuat developer menggunakan jasanya untuk membuat aplikasi bagi perusahaan. Banyak orang menyebutnya pengembang aplikasi. Pengembang aplikasi adalah seseorang yang membuat dan menguji aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat komputasi elektronik.

Selain menjadi pengembang aplikasi, peran lain dari pengembang adalah untuk meningkatkan situs web. Banyak orang menyebutnya web developer.

Baca juga  Naik Lagi, Harga Emas Hari Ini Rp945.000 Per Gram

Pengembang harus dapat melakukan semua pekerjaan dengan prinsip penerapan perangkat lunak dan situs web. Termasuk dalam masalah maintainability, scalability, performance, security dan design.

BACA JUGA: Tips Belajar Copywriting dengan Cepat untuk Pemula

2. Jenis pengembang

developer
Depositphotos

Setelah lebih jelas memahami pengertian developer, selanjutnya perlu diketahui tentang jenis-jenis profesi ini. Ya, ternyata profesi developer masih terbagi menjadi beberapa divisi, dan perannya masih tersebar di dunia IT. Aku ingin tahu siapa mereka? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pengembang web

Jenis developer yang pertama adalah web developer. Pengembang web adalah pengembang web yang mendesain, membangun, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa disimpulkan bahwa profesi ini memang benar-benar bergelut di bidang web development.

Aplikasi Pengembang

Selain web developer, ada profesi lain yang masih berhubungan dengan dunia IT development. Profesi ini disebut sebagai pengembang aplikasi atau biasa disebut sebagai pengembang aplikasi. Pengembang aplikasi adalah seseorang yang membuat dan menguji aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat komputasi elektronik. Komputasi elektronik dalam hal ini adalah smartphone dan tablet. Biasanya seorang pengembang aplikasi memiliki spesialisasinya masing-masing. Misalnya, pengembang aplikasi yang fokus pada aplikasi seluler atau hal spesifik lainnya.

BACA JUGA: Sasaran & Manfaat & Sasaran SMART

Pengembang perangkat lunak

Berikutnya datang pengembang perangkat lunak lain yang biasa disebut sebagai pengembang perangkat lunak. Pengembang perangkat lunak adalah seseorang yang memiliki tugas membangun dan membangun suatu produk. Mereka menerapkan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak.

pengembang ETL

Berikutnya, namun tidak kalah pentingnya, adalah ketersediaan pengembang ETL. Pengembang ETL adalah profesional TI yang bekerja merancang sistem penyimpanan untuk perusahaan. ETL adalah singkatan dari Extract, Transform, dan Load. Ini adalah proses memuat data bisnis ke gudang atau gudang data.

Baca juga  Entitas dalam Berbagai Konsep dan Kewajiban Perpajakannya

Itulah beberapa istilah yang perlu Anda pahami dalam dunia development atau yang dikenal dengan nama developer. Berikutnya adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang developer. Nah untuk itu anda bisa menyimak beberapa penjelasan dibawah ini.

BACA JUGA: Pembelian personil: tugas, tanggung jawab, gaji dan pengembangan karir

3. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pengembang

setiap piksel

Setelah Anda memahami apa itu developer dan kemudian istilah-istilah tentang developer, maka selanjutnya yang harus diketahui adalah kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh setiap developer di atas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Pengembang web Harus memiliki keterampilan dalam HTML dan CSS, Java Script, bahasa pemrograman, analitik, SEO untuk mesin telusur, desain grafis, dan multitasking.
  • Aplikasi Pengembang Harus memiliki pengetahuan: dapat menguasai alat, tahu cara menggunakan Android SDK, dan dapat bekerja secara mandiri.
  • Pengembang perangkat lunak harus memiliki keterampilan seperti: struktur dan algoritma, bahasa pemrograman, SLDC (Software Development Life Cycle), pemecahan masalah dan
  • pengembang ETL harus memiliki: alat ETL, SQL, parameterisasi, bahasa scripting, organisasi

4. Tugas pengembang

Depositphotos

Selain kebutuhan untuk mengetahui keterampilan yang dibutuhkan setiap pengembang, pertanyaan selanjutnya adalah tentang tugas yang harus Anda ketahui. Oleh karena itu, di bawah ini Anda dapat mendengarkan umpan balik tentang pekerjaan pengembang.

Pengembang ujung depan

Tugas profesi ini adalah menerjemahkan konsep produk ke dalam kode dan bahasa pemrograman. Seorang front-end developer harus memahami minimal 3 bahasa pemrograman yaitu CSS, HTML dan Javascript. Tidak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan produk terlihat bagus dan berfungsi atau tidak.

Pengembang backend

Tugas mereka yang berada di posisi ini adalah membuat kode dan program yang mendukung perangkat lunak atau server di situs. Salah satu tugas Back-end developer adalah memastikan situs cukup cepat agar SEO (Search Engine Optimization) dapat berfungsi dengan optimal.

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Simbol & Contohnya

Pengembang tumpukan penuh

Peran terakhir yang perlu Anda pahami adalah keberadaan Full-stack Developer. Profesi ini banyak diminati karena memungkinkan Anda menghasilkan produk yang tidak membutuhkan budget besar.

Berikut adalah beberapa tugas yang harus Anda ketahui di dunia pengembang. Berikut ini adalah gambaran kualifikasi yang dibutuhkan bagi Anda yang akan berkecimpung dalam pengembangan website. Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Insinyur QA: Definisi, Kualifikasi, dan Keterampilan yang Dibutuhkan

5. Kualifikasi Pengembang

Depositphotos

Tidak semua orang hanya dapat melakukan bidang ini jika mereka tidak belajar dengan giat. Karena sebagai seorang developer, Anda perlu memiliki beberapa kualifikasi yang perlu Anda pahami. Nah, kualifikasi apa saja yang dibutuhkan dalam bidang website development, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Memahami bahasa pemrograman

Setidaknya ada 3 bahasa pemrograman yang harus Anda ketahui sebagai calon developer. Misalnya, HTML, CSS, dan JavaScript. HTML adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website dan aplikasi. CSS kemudian digunakan untuk mendeskripsikan presentasi visual pada halaman, seperti font, warna, dan tata letak.

Pustaka dan kerangka kerja: Bootstrap dan jQuery.

Kualifikasi yang sama pentingnya adalah pengetahuan tentang pustaka dan kerangka kerja, yang terutama dirancang untuk menyederhanakan dan mempercepat pekerjaan Anda dengan HTML, CSS, dan JavaScript.

Git dan Github

Git adalah sistem manajemen yang dapat melacak semua perubahan kode. Sedangkan Github adalah layanan hosting yang menyimpan repositori Git Anda.

Demikian gambaran tentang pengertian, tanggung jawab, kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh developer. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang ingin terjun ke dunia website development.




https://wvmuseums.org