12 Desain Rumah Industrial, Agar Hunian Anda Semakin Keren

12 Desain Rumah Industrial, Agar Hunian Anda Semakin Keren


Menyiapkan desain rumah yang sesuai dengan keinginan pribadi tentu menjadi mimpi banyak orang. Salah satu referensi yang menarik untuk dicoba adalah desain rumah industrial. Design ini memiliki detail arsitektur yang nampak terbuka karena menggunakan logam, batu bata tanpa plester, dan kayu. Selain itu, tema ini juga memanfaatkan bahan bekas dan daur ulang.

Desain rumah industrial tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Pasalnya, tatanan ini memiliki ciri khas seperti dinding yang nampak tidak diselesaikan. Gaya industrial biasanya diciptakan melalui beberapa material, seperti plat stainless steel, plat baja beton, cermin, dan batu bata yang terekpos. Tak jarang, penambahan material kayu juga digunakan untuk menghadirkan kesan yang hangat pada ruangan.

Manfaat memiliki rumah industrial adalah Sedulur dapat menyesuaikan tampilan menggunakan furnitur maupun dekorasi yang sesuai selera dan benar-benar unik untuk rumah. Tertarik memiliki rumah dengan desain industrial? Berikut adalah beberapa contoh desain yang dapat Sedulur intip.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

1. Desain rumah industrial 2 lantai

iStock

Desain yang pertama merupakan rumah industrial dengan 2 lantai. Desain ini merupakan perpaduan dinding batu, tembok, dan kaca. Beberapa ruangan didesain tanpa dinding untuk membuat suasana lebih terbuka. Selain itu, design semacam ini digunakan untuk memperbaiki ventilasi udara sehingga rumah tidak terasa pengap.

Penggunaan kaca sebagai dinding pada desain rumah ini memang banyak digunakan. Hal ini karena interior rumah akan dilengkapi dengan gorden tinggi besar maupun penutup kayu bersekat yang dapat dinaik turunkan. Kaca juga berguna untuk menghemat penggunaan listrik saat siang hari karena cahaya matahari dapat memasuki sebagian besar bagian rumah.

Adanya dinding dari batu-batuan juga menambah suasana tenang namun tetap berani. Penggunaan batu sengaja diperlihatkan karena memang konsep rumah yang menonjolkan material bangunan.

2. Desain rumah industrial 1 lantai

desain rumah industrial 1 lantai
iStock

Selanjutnya ada rumah industrial dengan 1 lantai. Meskipun hanya satu lantai, desain rumah ini tetap memiliki kesan yang gagah dan berani. Selain itu, rumah tipe ini juga cocok dimiliki oleh para orang tua yang sudah tidak kuat lagi jika harus naik turun tangga setiap hari.

Desain rumah 1  lantai lebih banyak menggunakan dinding tembok yang dipadukan dengan kayu. Penggunaan dinding kaca hanya digunakan pada sedikit bagian rumah saja. Penggunaan lantai kayu juga sering dipilih untuk tetap menonjolkan sisi industrial pada rumah.

Tipe rumah 1 lantai ini sangat cocok ketika memiliki tanah yang luas sehingga setiap ruang dapat memiliki jarak yang pas atau tidak terlalu sempit. Rumah industrial 1 lantai juga dapat mewakili orang-orang yang baru memulai rumah tangga dan tidak memiliki banyak anggota keluarga. Dengan begitu, tidak banyak ruang kosong yang tidak terpakai.

BACA JUGA: 25 Desain Ruang Tamu Minimalis, Wujudkan Rumah Idaman

3. Desain rumah industrial minimalis

desain rumah industrial minimalis
iStock

Desain rumah industrial minimalis ini cocok untuk para pecinta suasana simpel. Rumah dengan desain ini tidak banyak menggunakan furnitur dan lebih fokus pada barang-barang yang memang dianggap penting oleh pemilik rumah.

Dinding dari kaca yang sedikit buram dan tidak dipasang korden yang dipadukan dengan dinding dari batu bata yang dibiarkan terekspos. Perabotan seperti kursi kayu dan lemari kayu juga  ditata sedemikian rupa sehingga tidak memakan banyak tempat. 

Baca juga  7+ Daftar Rumah Sakit Terbaik di Indonesia, Berstandar Nasional!

Rak perabot juga menggunakan rak tempel yang diletakkan di tembok sehingga tidak menggunakan space lantai. Hiasan dinding bata juga dibuat seminimalis mungkin. Tipe rumah ini memberikan kesan nyaman dan tenang.

4. Desain rumah industrial low budget

desain rumah industrial low budget
iStock

Tipe rumah industrial low budget ini memang sangat cocok untuk orang-orang yang masih mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi sebuah rumah. Rumah ini bisa menjadi pilihan karena tidak memakan banyak biaya seperti tipe  industrial lainnya.

Penggunaan dinding dibuat menggunakan tembok dan kayu. Penempatan kaca juga hanya berada pada satu titik dibawah atap sehingga tidak membutuhkan gorden berlapis untuk menutupnya. Kaca di bagian atas juga berfungsi untuk menghemat listrik karena cahaya matahari akan masuk ke sebagian besar ruangan rumah.

Meskipun bermodal terbatas, Sedulur juga tetap dapat memasang pagar supaya merasa lebih aman. Pagar dapat dibuat dengan memadukan tembok, kayu, dan besi minimalis. Pagar dibuat berjarak untuk mengurangi penggunaan material namun tetap dapat melindungi rumah dari hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

5. Desain rumah industrial tropis

desain rumah industrial tropis
iStock

Desain rumah industrial selanjutnya adalah rumah industrial tropis. Tipe rumah ini memadukan suasana alam dan hunian yang nyaman. Rumah industrial tropis sangat cocok dijadikan tempat beristirahat dari penatnya pekerjaan atau tempat bekerja ketika di rumah yang menenangkan.

Rumah ini memiliki ciri penggunaan dinding dari kaca dengan lantai dari kayu. Sekeliling rumah juga terdapat pepohonan atau tanaman hijau. Selain itu, beberapa perabot juga sengaja diletakkan di luar rumah  untuk menyatukan hunian dengan alam.

Dinding kaca selain untuk menghemat penggunaan listrik juga berguna untuk menikmati pemandangan luar dari dalam rumah saja. Dengan desain seperti ini, pemilik rumah tidak harus keluar jika ingin melihat pemandangan yang segar maupun menikmati rintik hujan.

Penggunaan lantai kayu juga sangat pas diterapkan karena tema yang diusung adalah rumah industrial tropis. Lantai kayu akan menambah suasana tenang dan lebih dekat dengan alam. Ditinjau dari segi estetika, lantai kayu memang memiliki daya tarik yang istimewa.

6. Desain rumah industrial modern

desain rumah industrial modern
iStock

Rumah industrial selanjutnya adalah tipe modern. Desain ini sangat cocok untuk kaum milenial yang menyukai suasana modern dan simpel. Rumah tipe ini memiliki ciri khas anak muda yang terlihat segar dan unik.

Penggunaan atap baja yang tidak rapat akan menimbulkan bayangan yang estetik pada tembok dan bagian yang terkena bayangan tersebut. Tak ketinggalan, lantai kayu yang sesuai dengan tema industrial juga menambah keren desain rumah ini.

Terdapat beberapa anak tangga yang membuat rumah nampak lebih tinggi. Hal ini tidak akan memberatkan orang tua yang akan berkunjung, namun juga tetap memiliki daya tarik untuk anak-anak. Rumah dengan desain modern memang cocok menjadi pilihan para generasi Z saat ini.

Baca juga  10 Potret Rumah Arie Kriting di Kota Baubau yang Nyaman

Penataan tanaman juga dibuat berjarak tidak seperti desan tropis sebelumnya. Warna yang digunakan juga sangat kekinian yaitu putih keabu-abuan dan hitam. Penggunaan perabot juga dipilih dengan warna senada. Tidak hanya itu, pemilihan hiasan dinding juga mempengaruhi kesan modern yang ditimbulkan. 

BACA JUGA: 20 Desain Tangga Rumah Sempit yang Unik, Cantik & Mewah

7. Desain rumah industrial sederhana

Desain rumah industrial sederhana
iStock

Desain rumah selanjutnya adalah rumah industrial sederhana. Desain ini hamir mirip dengan rumah minimalis, namun memiliki tidak seminimalis itu. Rumah industrial sederhana tetap menggunakan cukup banyak perabot tetapi dengan bentuk dan penempatan yang sederhana.

Dinding rumah industrial sederhana banyak menggunakan kayu dan kaca. Pada bagian luar, dinding akan dilapisi dengan gorden yang tinggi dan berlapis, namun dinding kaca yang menyekat antar ruangan akan dibiarkan saja tanpa penghalang.

Sama seperti tipe sebelumnya, dinding dari kaca dibuat untuk menghemat penggunaan listrik dan memudahkan pemilik rumah untuk mengetahui suasana luar. Selain itu, dinding kaca pada rumah industrial sederhana juga sangat pas karena membuat suasana menjadi simpel. Selain itu, hampir tidak ada hiasan dinding yang membuat rumah tipe ini benar-benar tampak sederhana.

8. Desain terbuka

terbuka
iStock

Desain selanjutnya adalah rumah industrial terbuka. Tipe ini mengusung suasana rumah yang berpadu dengan udara luar. Desain seperti ini sangat cocok digunakan pada rumah pribadi di daerah pegunungan atau pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor untuk menghindari polusi udara.

Tipe rumah seperti ini akan menimbulkan suasana  segar karena sirkulasi udara yang baik. Selain itu, para tamu yang datang juga tidak sungkan untuk datang karena merasa disambut dengan baik oleh pemilik rumah.

Penggunaan dinding lebih banyak menggunakan tembok dan kayu daripada menggunakan kaca. Hal ini karena beberapa ruangan sudah terekspos sehingga pada beberapa ruangan lain dibuat lebih tertutup untuk menjaga privasi.

Rumah industrial terbuka ini sangat cocok digunakan sebagai rumah masa tua karena dapat membuka kesempatan bersosialisasi dengan tetangga menjadi lebih dekat. Tidak ada lagi banyak sekat, yang ada hanyalah kekeluargaan yang semakin akrab.

BACA JUGA: 12 Desain Pintu Kamar Mandi Terbaik yang Awet dan Mewah

9. Industrial klasik

klasik
iStock

Desain rumah ini banyak dipilih oleh orang-orang Eropa yang terkenal dengan suasana klasik. Namun tidak menutup kemungkinan apabila Sedulur juga tertarik untuk memilikinya di Indonesia. Jangan khawatir, suasana klasik dapat dimiliki oleh siapa saja.

Rumah tipe ini menggunakan lantai kayu yang cenderung pipih dan sudah dihaluskan. Penggunaan lantai kayu memang menjadi ciri khas rumah industrial klasik diberbagai tempat. Selain karena unik, lantai kayu juga tidak terlalu licin jika dibandingkan dengan keramik.

Dinding dibuat dengan perpaduan tembok dan kaca. Beberapa ornamen hiasan juga terdapat pada bagian sudut rumah, dinding, dan juga atap rumah. Pada beberapa rumah industrial klasik, penggunaan tungku perapian juga diperlukan untuk sekadar menghangatkan diri. 

Rumah tipe ini juga dilengkapi dengan satu atau dua tanaman yang sengaja ditanam di dalam rumah. Tnaman tersebut berguna untuk penyegar sehingga tidak perlu jauh-jauh ke luar rumah untuk menemukannya.

Baca juga  10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

10. Industrial biasa

biasa
iStock

Inspirasi kesepuluh yaitu rumah industrial biasa. Disebut biasa karena rumah tipe ini tidak memiliki ciri khas yang menonjol seperti rumah industrial lainnya. Namun begitu, rumah ini tetap indah dan pastinya keren untuk dijadikan hunian.

Rumah jenis ini biasa menggunakan dinding dari tembok dan pada beberapa bagian diberikan kaca yang ditutupi dengan gorden berlapis. Lantai yang digunakan juga berasal dari keramik yang pada beberapa tempat dilapisi dengan karpet berbulu lembut. 

Terdapat beberapa tanaman hias yang berada di dalam ruangan. Ada  pula hiasan dinding berupa lukisan maupun karya seni bentuk tulisan atau kata-kata. Dengan pemilihan warna putih, rumah industrial ini tampak rapi dan nyaman dipandang.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

11. Industrial mewah

industrial home design
iStock

Desain rumah selanjutnya adalah rumah industrial mewah. Desain ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki cukup dana sehingga dapat memiliki rumah mewah dengan desain industrial. Rumah ini terasa sangat nyaman dan privat.

Dinding yang digunakan terdiri dari 3 material utama yaitu tembok, kayu, dan kaca. Tembok digunakan untuk menutupi bagian depan dan samping, sementara bagian belakang atas dan bawah ditutupi menggunakan kaca dan juga kayu. Pada salah satu sisi, juga terdapat dinding dari batu yang menambah kesan berani dan kuat.

Karena mewah, rumah ini dilengkapi dengan kolam renang pribadi yang sangat cocok digunakan untuk resfreshing. Kolam renang ini tepat menghadap bagian belakang rumah sehingga orang tua tetap dapat memantau anak-anaknya dari dalam rumah ketika sedang berenang. Sangat mewah,’kan?

12. Industrial luas

luas
iStock

Desain terakhir yaitu rumah industrial luas. Rumah ini cocok untuk orang-orang yang menyukai ruangan berjarak. Desain seperti ini akan membuat rumah terasa luas dan pemilik rumah bebas melakukan kegiatan dengan ruangan yang tentunya tidak sempit.

Desain rumah industrial luas ini memadukan antara dua material utama yaitu tembok, kayu dan kaca. Lantai keseluruhan terbuat dari kayu dan sebagian besar dinding terbuat dari kaca tanpa gorden. Sementara itu, bagian yang berhubungan langsung dengan dunia luar tetap menggunakan dinding dari tembok. Tipe rumah ini sangat pas digunakan oleh orang-orang dengan tipe terbuka dan simpel. 

Apakah Sedulur tertarik memiliki rumah dengan desain industrial seperti contoh di atas? Jika iya, tetap sesuaikan keinginan dengan dana yang dimiliki ya. Jangan sampai pengeluaran membengkak karena ingin rumah mewah tapi dana minimalis.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org