deadline adalah

Apa itu Deadline? Ini Pengertian Beserta Cara Menghadapinya


Dalam dunia kerja, salah satu istilah yang akrab di telinga adalah deadline. Istilah dari bahasa Inggris ini semakin banyak digunakan oleh para pekerja kantoran karena lebih singkat pengucapannya. Sederhananya, tenggat waktu adalah istilah yang mengacu pada tenggat waktu penyerahan pekerjaan atau hari dimana sesuatu harus diselesaikan.

Saat membahas istilah ini, Anda pasti pernah mendengar istilah serupa, yaitu garis tanggal. Walaupun terlihat sama, namun memiliki arti dan kegunaan yang berbeda. Nah, agar tidak menyalahgunakan kedua istilah tersebut, Anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Selain pengertian dan perbedaan dengan tanggal, kita juga akan membahas bagaimana cara menghadapi tanggal yang benar. Yuk, simak baik-baik!

BACA JUGA: Berpikir Lateral: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengembangkannya

Pengaturan waktu

iStock

Batas waktu adalah salah satu kata dalam bahasa Inggris yang tergolong sebagai “kata benda”. Istilah ini memiliki arti waktu atau hari ketika sesuatu harus dilakukan. Oleh karena itu, istilah ini sering digunakan oleh pekerja kantoran dan anak sekolah.

Berdasarkan penjelasan di atas, dalam bahasa Indonesia dapat dipahami bahwa arti kata tenggat waktu adalah tenggat waktu. Dalam hal ini, deadline digunakan sebagai batasan pengerjaan atau penyerahan tugas atau pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Perbedaan antara tenggat waktu dan tenggat waktu

ketentuan
iStock

Jika dilihat lebih dalam, kata deadline yang berasal dari bahasa Inggris ini terdiri dari dua kata yaitu “dead” yang berarti “tidak berlaku lagi” dan “line” yang berarti garis atau titik. Dengan demikian, tenggat waktu dapat diartikan sebagai “titik waktu dimana sesuatu harus diselesaikan” atau “batas waktu atau tenggat waktu yang mengharuskan seseorang untuk menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan”.

Sementara itu, istilah “dateline” merupakan kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyebut waktu dan tempat dalam sebuah berita. Istilah ini juga terdiri dari dua kata: “date” yang artinya tanggal, dan “line” yang artinya “line”. Jadi, istilah dateline memiliki penjelasan berupa kalimat yang mengandung waktu (hari, tanggal) dan tempat.

Baca juga  Harga Emas Hari Ini Naik Rp8.000 Per Gram, Cek Lengkapnya!

Dataline umumnya digunakan dalam jurnalisme. Menurut Merriam Webster, arti kata ini adalah “baris dalam dokumen tertulis atau publikasi cetak yang menunjukkan tanggal dan tempat kompilasi atau terbitan”. Dengan demikian, garis tanggal digunakan untuk menunjukkan hari, tanggal, dan penempatan informasi di awal artikel berita di dunia jurnalistik.

Selain itu, istilah dateline juga merupakan komponen penting dari elemen berita. Hal ini karena berita harus diberitakan berdasarkan fakta, sehingga aspek “kapan dan di mana” menjadi poin penting yang tidak boleh diabaikan. Untuk lebih memahami penggunaan kata deadline dan deadline, lihat contoh penerapannya di bawah ini.

BACA JUGA: Panduan untuk foto lamaran kerja profesional dan tips untuk mengambilnya

Penggunaan kata “tenggat waktu”

iStock

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kata deadline berarti batas waktu. Jadi, contoh penggunaan kata ini digunakan untuk merujuk pada batas waktu penyelesaian suatu tugas.

  1. Saya tidak bisa pergi ke pantai karena hari ini adalah tenggat waktu matematika saya.
  2. Deadline pengiriman paper akan dimajukan ke hari Rabu ya.
  3. Saya harap saya bisa menyelesaikan semuanya sebelum batas waktu.
  4. Jangan lupa lakukan ini, malam ini adalah batas akhir pengiriman file presentasi.
  5. Jika Anda bebas, dapatkah Anda menyelesaikan semua pekerjaan ini lebih cepat dari jadwal?

Penggunaan kata garis waktu

iStock

Sedangkan kata dateline berarti string yang berisi informasi tentang waktu dan tempat dalam berita. Dengan demikian, penggunaan kata dateline dalam sebuah kalimat akan memiliki makna yang terkait dengan unsur yang terkandung dalam berita tersebut.

  1. Tanggal akan ditempatkan di awal berita.
  2. Harap tunjukkan tanggal saat Anda menulis berita, oke?
  3. Rancang tanggal sebelum mengunggah.
  4. Tanggal rilis berita di surat kabar tersebut adalah Kamis, 15 Maret 2022.
  5. Silakan baca tanggal artikel, saya ingin tahu!

BACA JUGA: Insinyur QA: Definisi, Kualifikasi, dan Keterampilan yang Dibutuhkan

Baca juga  Arti Act of Service dalam Love Language & Cara Memberikannya

Bagaimana menghadapi tenggat waktu

iStock

Mengetahui apa itu tenggat waktu dan perbedaannya dengan jadwal, Anda juga perlu mengetahui cara menetapkan tenggat waktu dengan benar. Berikut adalah beberapa cara beserta ikhtisar singkatnya.

1. Komunikasikan kejelasan tenggat waktu

Ketika Anda memiliki tugas atau pekerjaan, Anda perlu melaporkan tenggat waktu yang diberikan. Hal ini sangat penting karena ada beberapa tenggat waktu yang tidak jelas, seperti tenggat waktu suatu tindakan, pertemuan kelompok, atau tindakan lainnya.

Pesan ini berguna untuk mengetahui apakah tenggat waktunya bersyarat atau tetap. Sehingga karyawan dapat memahami dengan jelas sebelum mereka bekerja. Maka dari itu, selalu tanyakan kapan batas waktunya, agar Anda bisa memenuhinya seperti yang diharapkan dari batas waktu tersebut.

2. Buat garis waktu kemajuan

Mengerjakan tugas memiliki tanggal mulai dan selesai, yang dikenal sebagai garis waktu. Sedulur harus membuat timeline kemajuan untuk mengetahui setiap langkah yang diambil. Jika tugas besar dapat dipecah menjadi urutan yang lebih kecil, pekerjaan yang Anda lakukan tentu akan terasa lebih mudah.

Selain dapat mengetahui progress pekerjaan, Sedulur juga dapat mengetahui progress pekerjaan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan atau tidak. Ini membuat garis waktu kemajuan menjadi sangat penting.

Di sisi lain, garis waktu ini memungkinkan Anda memeriksa hal-hal dari daftar tenggat waktu untuk pekerjaan yang ada. Jadi, Sedulur bisa mengetahui apa yang sudah selesai, apa yang sedang dikerjakan, dan apa yang belum tersentuh sama sekali.

BACA JUGA: Pembelian personil: tugas, tanggung jawab, gaji dan pengembangan karir

3. Hindari terlalu banyak komitmen

ketentuan
iStock

Jika Anda mengambil terlalu banyak, Anda akan memiliki peluang untuk lebih banyak stres. Ini bisa terjadi jika Sedulur mengambil terlalu banyak tugas dan kemudian panik ketika tugas harus diselesaikan pada waktu yang bersamaan.

Sedulur akan selalu memikirkan semua tugas tersebut dan bagaimana menyelesaikannya. Jika perasaan tersebut terus muncul, maka Sedulur bisa menjadi stres karena terlalu banyak beban yang harus ditanggung sendiri.

Baca juga  Sinopsis Fifty Shades Freed, Kisah Istri Seorang Miliuner

Jadi hindari komitmen berlebihan dan jangan takut untuk mengatakan tidak. Meskipun pernyataan bahwa banyak tugas akan terkesan mendahului, namun jika hasil pekerjaan tidak berkualitas, maka orang lain akan menganggap Sedulur sebagai orang yang tidak bisa diandalkan.

4. Istirahat yang cukup

Tenggat waktu sering membuat karyawan melupakan liburan. Padahal, istirahat sangat penting untuk menyegarkan pikiran saat menyelesaikan tugas. Tanpa istirahat, tubuh akan terasa lelah, bahkan bisa sakit dan mengulur waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas. Jadi, istirahat yang cukup adalah kunci penting untuk sesuatu, ya!

BACA JUGA: Sasaran & Manfaat & Sasaran SMART

5. Selalu merasa fokus

ketentuan
iStock

Saat Anda bekerja, cobalah untuk selalu merasa fokus pada apa yang ada di depan Anda. Dengan fokus pada setiap tindakan, maka waktu penyelesaian tugas akan lebih cepat dan hasilnya pun akan lebih maksimal. Fokus pada pekerjaan dengan tenggat waktu berikutnya, dan setelah selesai, ambil pekerjaan lain.

6. Komunikasikan kemajuan

Sedulur tidak hanya membuat grafik kemajuan pribadi, tetapi juga harus memberi tahu tim atau kolega Anda tentang kemajuan terhadap tugas yang sedang Anda kerjakan. Dengan komunikasi yang baik, maka pekerjaan akan terselesaikan dengan maksimal. Persekutuan ini juga membuat setiap anggota merasa lebih bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka lakukan.

7. Jangan menunda-nunda

Cara terakhir untuk menghadapi deadline adalah tidak menunda pekerjaan. Sedulur harus dapat mengalokasikan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kebiasaan menunda-nunda akan membuat pekerjaan semakin berat dan sulit. Jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda, Anda pasti tidak akan bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa deadline adalah batas waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki deadline agar bisa selalu fokus untuk memenuhinya. Pertahankan semangat yang baik!




https://wvmuseums.org