daun insulin

10 Manfaat Daun Insulin untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Kenali!


Daun yacon atau lebih dikenal dengan daun insulin merupakan tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk masalah kesehatan. Salah satunya mengobati diabetes. Seperti namanya, daun ini dipercaya memiliki manfaat yang sama dengan pengobatan injeksi insulin untuk mengontrol gula darah. Selain mengobati diabetes, ada banyak manfaat kesehatan lain dari ramuan Amerika Selatan ini.

Penasaran apa saja manfaat daun insulin bagi kesehatan tubuh? Berikut rangkuman informasi berbagai manfaat daun insulin beserta cara mengolahnya dan efek samping yang harus diwaspadai.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kesehatan Daun Jarak dan Spesies dan Efek Sampingnya

Temui Daun Insulin

Tribunnews

Sebelum mengetahui apa saja manfaat daun insulin, ada baiknya Sedulur mengetahui terlebih dahulu seperti apa daun insulin itu.

Kutipan dari Manfaat Daun Insulin (Smallanthus sonchifolius) sebagai obat anti diabetes di Majalah Mayoritas Volume 5 Nomor 4 Edisi Oktober 2016, daun atau tanaman insulin memiliki nama ilmiah Mallanthus soncifolius. Nama lain dari daun insulin adalah daun yacon atau daun yacon.

Konon tanaman ini berasal dari Andes, Peru, dan masih termasuk dalam keluarga bunga matahari. Di Indonesia, tanaman insulin baru menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti Wonosobo, Jawa Tengah.

FYI, daun insulin dalam bahasa jawa sering dianggap sama dengan daun paytan atau rondo semoyo. Namun, menurut laman Alodokter, kedua tanaman tersebut sebenarnya berbeda, meski keduanya telah diteliti untuk menurunkan kadar gula darah. Daun paytan sendiri memiliki nama latin. Tithonia diversifolia.

BACA JUGA: 14 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

kandungan insulin daun

daun insulin
iStock

Mengutip artikel yang sama, daun insulin atau daun yacon diketahui mengandung sejumlah senyawa yang dapat menurunkan kadar glukosa darah. Diantaranya adalah komponen fenol bagaimana klorogenat, kopisebaik ferulic. Selain itu, tanaman ini juga mengandung protein, lemakserat dan sakarida, catecho, terpensebaik flavonoid. Kandungan ini memberikan tanaman ini efek seperti insulin, yang dapat mengurangi produksi glukosa di hepatosit.

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Cara Mengkonsumsi Daun Insulin

daun insulin
iStock

Ada beberapa cara untuk mendapatkan manfaat daun insulin bagi kesehatan tubuh. Seperti namanya, bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daunnya. Sedulur bisa langsung merebus daun insulin lalu mengkonsumsi air rebusannya.

Daun insulin juga dapat digunakan untuk memasak atau direbus dengan teh. Daun ini dianggap sebagai pemanis bagi penderita diabetes.

Selain direbus, tanaman yang juga dikenal dengan nama daun yacon ini dapat dikonsumsi dengan cara lain, yaitu dengan cara dikunyah. Mengutip dari situs Halodoc, Sedulur bisa mengunyah daun ini setiap pagi dan malam.

Cara lain yang juga bisa Anda coba untuk mendapatkan manfaat daun yacon adalah dengan mengeringkannya. Setelah kering, daunnya bisa digiling menjadi bubuk. Kemudian, Sedulur cukup melarutkan daun yacon yang telah dihancurkan ke dalam air dan meminumnya secara teratur.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Sirih Cina untuk Berbagai Penyakit

10 manfaat kesehatan daun insulin

pilih bebas

Mengetahui asal usul, komposisi dan pengolahan daun insulin, Sedulur tentunya ingin mengetahui apa saja manfaat dari daun ini saja. Berikut Super telah merangkum 10 manfaat daun insulin untuk kesehatan.

1. Menjaga Gula Darah Anda

Seperti yang telah dibahas, daun insulin mengandung sejumlah senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah. Manfaat daun insulin untuk diabetes juga sudah banyak diketahui, karena itulah tanaman ini sering digunakan sebagai obat alternatif.

Namun, perlu dicatat bahwa Sedulur tidak dianjurkan untuk menggunakan tanaman ini untuk pengobatan tunggal. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau spesialis sebelum menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan alternatif. Selain itu, manfaat tanaman ini untuk pengobatan pasien diabetes juga memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Jaga kesehatan sistem pencernaan Anda

orang tua Asia

Selain manfaatnya untuk menurunkan gula darah, tanaman yang masih satu keluarga dengan bunga matahari ini juga dikenal baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena daun insulin mengandung probiotik yang dapat memaksimalkan penyerapan vitamin dan mineral dalam sistem pencernaan. Secara khusus, daun ini dikatakan mampu mengatasi sejumlah masalah pencernaan mulai dari sembelit, perut kembung dan sebagainya.

Baca juga  Cara Belajar Efektif dan Efisien, Agar Lebih Menyenangkan

3. Menjaga kesehatan dengan efek diuretik

Nama tumbuhan latin Mallanthus soncifolius itu juga memiliki efek diuretik, seperti obat furosemid. Perhatikan bahwa efek diuretik adalah proses yang membantu ginjal untuk melepaskan lebih banyak garam dan cairan tubuh dari pembuluh darah melalui ginjal yang tidak diperlukan. air seni.

4. Melawan radikal bebas

Sehat Q

Manfaat lain dari daun yacon adalah untuk memerangi efek radikal bebas, yang merupakan molekul lingkungan berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan sel pada sejumlah penyakit kronis. Kerusakan akibat radikal bebas dapat dicegah dengan bantuan antioksidan seperti yang terdapat pada kandungan tanaman insulin. Tanaman ini diketahui mengandung dua senyawa antioksidan yaitu quercetin dan diosgenin.

5. Membantu menurunkan berat badan

daun insulin
Bersembunyi

Kandungan pati dan kalori yang rendah dari tanaman yang mengandung insulin dikatakan memberikan manfaat berupa membantu penurunan berat badan. Namun keunggulan ini dikatakan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keakuratannya.

6. Mencegah kanker

daun insulin
Bersembunyi

Manfaat daun yacon untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah kanker. Hal ini berdasarkan penelitian yang menyebutkan adanya flavonoid pada ekstrak daun insulin, yang memiliki sifat anti kanker. Dengan kata lain, kandungannya dapat mencegah berkembangnya kanker.

7. Mencegah infeksi kuman dan bakteri

Selain mencegah kanker, kandungan flavonoid Daun yacon juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-inflamasi dan antimikroba. Hal ini memungkinkan daun yacon untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau bakteri.

Di sisi lain, ekstrak metanol juga telah ditemukan di tanaman ini, yang juga memiliki sifat antibakteri. Beberapa jenis bakteri yang dikatakan mampu melawan senyawa ini adalah: Bacillus megatherium, mikrokokus kuning, Stafilokokus aureus sebaik laktisjuga bakteri Pseudomonas aeruginosa negatif.

8. Menjadi obat hipertensi atau darah tinggi

Bersembunyi

Efek diuretik, yang menyebabkan peningkatan keluaran urin karena ginjal mengeluarkan garam dan cairan lain yang tidak diperlukan, dikatakan baik untuk tekanan darah. Karena ketika jumlah cairan di dalam pembuluh darah berkurang, maka bisa menyebabkan tekanan darah turun. Sehingga dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca juga  Perlu Dicatat, Ini Harga Wortel 1 Kg Terbaru 2022

9. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Ini mungkin memiliki efek mengurangi risiko penyakit kardiovaskular atau masalah jantung mulai dari penyakit jantung koroner, serangan jantung hingga stroke.

10. Menjadi obat penghilang rasa sakit

Manfaat daun yacon yang terakhir adalah menghilangkan rasa sakit. Senyawa yang terdapat dalam daun ini konon memiliki efek analgesik yang dapat menekan, meminimalkan, bahkan menangkal rasa sakit pada sistem saraf.

BACA JUGA: 8 manfaat daun kapo untuk kesehatan dan resepnya

Efek Samping Daun Insulin

halodoc

Selain manfaat kesehatan yang diketahui, ada sejumlah efek samping yang harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin Anda alami dari mengkonsumsi yacon.

  • Hipoglikemia, yaitu kadar gula darah sangat rendah atau di bawah normal.
  • Lipohipertrofi atau pertumbuhan jaringan kulit yang tidak normal.
  • Gangguan kecemasan yang ditandai dengan kesulitan berkonsentrasi, jantung berdebar, pusing, dan diare.
  • Meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL.
  • Menyebabkan kerusakan sel otot jantung.

Demikian pembahasan mengenai manfaat dan efek samping daun insulin. Tanaman yang juga dikenal dengan nama daun yacon ini diketahui mengandung senyawa yang bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah, serta berbagai manfaat kesehatan lainnya. Namun, perlu dicatat bahwa konsumsi daun yacon tidak dianjurkan sebagai satu-satunya pengobatan. Selain itu, manfaat daun ini bagi kesehatan juga memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, artikel ini juga menjelaskan cara merawat daun dengan insulin. Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org