dapur outdoor

10 Desain Dapur Terbuka Minimalis, Bikin Masak Lebih Seru!


Dapur outdoor atau terbuka dengan desain minimalis banyak diminati. Hal ini dikarenakan open kitchen memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga membuat kegiatan memasak menjadi nyaman. Apalagi jika harus membuat olahan makanan dengan cara dipanggang atau dipanggang. Konsep dapur terbuka bahkan keluar rumah tentu bisa menjadi solusi agar bau dan asap tidak masuk ke dalam ruangan agar penghuni rumah tetap nyaman beraktivitas.

Bagi Anda yang berencana membangun rumah atau sekedar merenovasi dapur, tidak ada salahnya mempertimbangkan konsep dapur terbuka atau outdoor. Sebagai referensi, berikut 10 inspirasi desain dapur terbuka minimalis. Yuk, simak informasinya sekarang juga!

BACA JUGA: 12 tip rak bumbu untuk mencerahkan dapur Anda

1. Jajanan minimalis

iStock

Inspirasi desain dapur outdoor pertama datang dari Sedulur yang memiliki halaman belakang cukup luas. Dapur dapat dibangun langsung terhubung ke taman. Aneka tanaman di sekitar dapur juga bisa dijadikan ornamen dan dekorasi untuk menciptakan suasana sejuk.

Untuk menambah kealamian, Anda bisa memilih atap kaca yang memudahkan masuknya cahaya alami. Selain itu, Sedulur juga bisa memadukan ruang makan dengan dapur musim panas, seperti terlihat pada gambar di atas. Menyatunya dapur dengan ruang makan tentu akan memudahkan proses pendistribusian makanan dari dapur untuk disajikan di meja makan.

2. Dapur semi terbuka serba putih

Tanah Mustika

Warna putih banyak digunakan pada dekorasi hunian karena memberi kesan bersih. Sedulur juga bisa menggunakan warna putih untuk dapur outdoor dan semi outdoor seperti inspirasi ini. Pemilihan warna cerah juga membuat dapur mungil Anda terlihat lebih besar.

Sedulur bisa menyediakan partisi kaca untuk memisahkan dapur dan taman. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dapur Anda basah saat hujan. Selain itu, sekat pintu kaca juga memberikan kesan dapur terbuka meski pintunya tertutup.

3. Dapur outdoor minimalis

iStock

Bagi sebagian orang, berbagi jamuan makan dengan undangan kerabat atau kerabat dekat merupakan agenda rutin. Biasanya acara makan bersama dilanjutkan dengan memasak bersama, sehingga agenda semakin padat. Jika Sedulur sering mengadakan acara seperti itu, tidak ada salahnya membuat dapur tambahan di luar rumah.

Baca juga  7 Vape Termahal di Dunia, Harganya Bikin Nangis!

Keberadaan dapur tambahan ini sekaligus dapat memberikan privasi bagi keluarga sekaligus menjaga kebersihan dapur utama. Sebab, seperti yang Anda ketahui, makan dan memasak bersama seringkali membuat dapur berantakan, mengingat banyaknya orang di dapur. Tak hanya itu, dapur musim panas berkonsep terbuka juga lebih nyaman untuk memasak bersama.

BACA JUGA: 12 Ide Desain Dinding Teras Depan Batu Alam yang Akan Membuat Anda Terkesan!

4. Dapur terbuka dengan desain bata

masakan musim panas
iStock

Mereka yang menyukai konsep alam di rumahnya bisa memilih desain dapur terbuka ini. Dominasi warna merah kecokelatan pada dinding bata dan kayu pada furnitur tentu akan memanjakan mata. Tak hanya itu, konsep dapur yang dibuat terbuka dan terhubung langsung dengan taman akan menciptakan sirkulasi udara yang baik.

5. Dapur terbuka dengan perabotan kayu

arsip

Furnitur kayu masih menjadi pilihan banyak orang. Sedulur juga bisa menyamai lemari dapur kayu untuk dapur semi terbuka. Namun, pastikan material kayu yang Anda pilih aman untuk area basah agar perlengkapan tidak mudah rusak. Sedulur juga bisa membuat atap kaca untuk taman yang bersebelahan dengan dapur agar furnitur terlindung dari air hujan.

6. Dapur musim panas terbuat dari batu alam

Kekuatan Belgard

Selain batu bata, Sedulur juga bisa memilih batu alam untuk dekorasi dapur outdoor. Untuk mencegah lumut tumbuh pada batu alam akibat hujan, Anda bisa melapisinya dengan cairan anti lumut yang banyak tersedia di pasaran. Batu alam pada dinding dapur akan sangat indah jika dipadukan dengan kompor perak atau peralatan dapur.

BACA JUGA: Tips dan Trik Memilih Alat Pembagi Bawah 15 Galon

7. Dapur musim panas dengan gaya modern minimalis

Di bawah nol

Gaya minimalis dengan sentuhan modern juga menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Sedulur bisa memilih konsep ini untuk membuat dapur outdoor yang cantik seperti gambar di atas. Silverware tentunya akan membuat dapur Anda tidak hanya modern, tapi juga elegan. Peralatan dapur ini akan semakin spektakuler jika dipadukan dengan meja dapur marmer yang mengkilap.

Baca juga  Cara Daftar & Bikin SIM Secara Online Pakai Aplikasi

8. Buka dapur di teras rumah

Rumah.com

Bagian belakang patio juga bisa dimanfaatkan untuk membuat dapur outdoor. Sedulur bisa mengisi dapur dengan peralatan baking dan peralatan pelengkap lainnya. Agar area dapur tetap terhubung dengan bagian dalam rumah, sediakan sekat berupa pintu kaca. Hal ini juga dapat membuat area dalam rumah menjadi lebih luas.

9. Dapur semi terbuka untuk rumah mungil

masakan musim panas
Tanah Mustika

Anda yang memiliki rumah mungil bisa membuat dapur terbuka yang terhubung langsung dengan taman belakang. Ini juga bisa menjadi solusi untuk menciptakan kesan luas pada area dapur.

Jika ruang dapur memiliki bentuk seperti koridor yang panjang, Anda bisa meletakkan furnitur di dekat dinding. Dengan demikian, akan tersedia ruang yang cukup untuk area meja makan.

10. Dapur musim panas dengan atap kaca

masakan musim panas
arsip

Dapur outdoor tidak harus memiliki atap yang menghadap ke langit, Sedulur juga bisa dibuat lebih nyaman dengan menggunakan atap kaca. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan terbaik mengingat hujan di Indonesia seringkali tidak bisa diprediksi. Tak hanya itu, atap kaca juga memungkinkan masuknya cahaya alami dari luar, sehingga area dapur menjadi terang di siang hari. Sedulur masih bisa menikmati langit malam sambil bersantai di meja makan.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Tahan Lama!

Tip Dapur Jalanan

Rumah Rumah

Selain panduan desain dapur di atas, ada beberapa hal yang juga perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan dapur berkonsep terbuka. Dengan demikian, kehadiran dapur musim panas bisa sangat bermanfaat, terutama bagi penghuni rumah.

  • Pertimbangkan iklim dan lingkungan rumah. Anda tentu tidak menginginkan hal ini saat sedang sibuk memasak dan tiba-tiba hujan turun. Untuk itu, perhatikan iklim dan lingkungan rumah sebelum memutuskan desain dapur.
  • Pertimbangkan tujuan dapur. Dapur luar ruangan biasanya tidak lebih nyaman untuk memasak sehari-hari daripada dapur dalam ruangan. Apalagi jika dapur dibuat terpisah dari bangunan utama. Sedulur harus mempertimbangkan tujuan pembuatan dapur, apakah untuk keperluan memasak sehari-hari atau hanya untuk momen-momen tertentu saja.
  • Memahami gaya memasak sehari-hari. Anda perlu memahami jenis makanan apa yang biasa Anda masak setiap hari. Apakah metode memasak lebih nyaman di dalam ruangan atau di luar ruangan?
  • Perhatikan bahan untuk perabot dapur. Seperti disebutkan sebelumnya, dapur luar ruangan, terutama di luar ruangan, rentan terhadap kerusakan cuaca. Oleh karena itu, penting untuk memilih material yang tepat agar perabot dapur tidak mudah rusak.
Baca juga  Pengertian Unsur Halogen Beserta Sifat dan Manfaatnya

Itulah 10 ide desain dapur outdoor yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Anda bisa memilih desain sesuai dengan konsep living agar lebih cantik. Selain itu, beberapa tips telah dijelaskan untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menyiapkan dapur musim panas.

Selain memilih desain yang cantik, jangan lupa lengkapi kebutuhan dapur Anda agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Sedulur bisa membeli berbagai kebutuhan dapur dan rumah tangga di aplikasi super. Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan berbelanja di aplikasi super.

Pertama, harga kebutuhan dapur dan rumah tangga dijamin murah. Kedua, banyaknya promosi dengan diskon, cashback, dan gratis ongkos kirim yang membuat belanja semakin menguntungkan. Ketiga, Sedulur tidak perlu keluar rumah. Cukup pesan melalui aplikasi dan produk akan dikirim ke rumah Anda.

Menarik bukan? Ayo, unduh dan gunakan sekarang aplikasi super membeli untuk kebutuhan dapur Anda!




https://wvmuseums.org