11 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik & Benar

11 Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan yang Baik & Benar


Contoh resume tulisan tangan adalah salah satu topik yang paling banyak diminta oleh lulusan baru. Ya, curriculum vitae adalah salah satu dari sekian banyak dokumen yang harus dilampirkan saat melamar pekerjaan.

Meski terkesan ketinggalan zaman karena masih menggunakan tulisan tangan, masih ada perusahaan tertentu yang meminta pencari kerja untuk menyiapkan informasi biografi jenis ini.

Jadi, bagaimana cara menulis otobiografi dengan tangan? Tidak perlu khawatir jika Sedulur tidak tahu bagaimana melakukannya. Mari kita lihat ikhtisar singkat contoh resume tulisan tangan bersama dengan teknik dan tip untuk membuatnya di bawah ini!

BACA JUGA: 22 contoh kekuatan dan kelemahan pribadi untuk diwawancarai

Ringkasan Apa itu?

foto deposit

Sebelum kita beralih ke pembahasan utama tentang contoh biografi tulisan tangan, Sedulur memiliki gambaran yang lebih baik tentang apa yang dimaksud dengan biografi.

Curriculum Vitae (CV) atau CV adalah dokumen yang berisi gambaran tentang riwayat hidup, ringkasan pengalaman kerja, kualifikasi, dan riwayat pendidikan seseorang.

Penggunaan curriculum vitae ini umum di banyak bagian dunia. Resume biasanya merupakan informasi pertama yang diterima perusahaan saat memilih calon karyawan baru. Setelah memilih latar belakang, biasanya mereka yang lulus diundang ke tahap wawancara.

Penggunaan biodata tidak terbatas pada dunia kerja. Dalam dunia pendidikan, informasi biografi biasanya diminta pada saat pendaftaran sekolah magister, beasiswa, dan lain-lain.

Memasuki abad 21, lebih khusus lagi tahun 2010-an, data biografi biasanya dibuat dengan menggunakan komputer (Microsoft Word, Google Docs, dan aplikasi lainnya). Daftar tersebut kemudian dikirimkan ke HRD perusahaan melalui email atau di situs pencari kerja seperti LinkedIn, Glints, TechInAsia, dan lain-lain.

BACA JUGA: Pemahaman dan berapa lama dia bisa disebut lulusan baru?

Bagaimana cara menulis resume?

foto deposit

Resume biasanya ditulis di atas kertas A4, dengan maksimal dua halaman. Oleh karena itu, daftar tersebut hanya akan berisi informasi penting, seperti riwayat pekerjaan, kualifikasi, kemampuan, pendidikan, serta beberapa informasi pribadi lainnya.

Namun terkadang ada juga yang melampirkan foto resmi pemilik biodata, serta nominal gaji di tempat terakhir bekerja. Lampiran tambahan untuk menampilkan beberapa posting dari pemilik daftar riwayat juga terkadang diperlukan atas permintaan tempat kerja yang diminta.

Baca juga  Kumpulan Pidato Tentang Pendidikan yang Berkesan & Singkat

Nah, pada artikel kali ini, Sedulur akan diminta untuk mempertimbangkan cara membuat bio. Berikut ini adalah ringkasan dari metode-metode tersebut.

BACA JUGA: Apa itu Bursa Kerja? Ini Pemahaman, Saran dan Sisi Menarik!

  1. Tuliskan detail pribadi

Langkah pertama dalam menulis resume adalah menuliskan informasi pribadi. Data pribadi tersebut akan digunakan oleh HRD untuk mengetahui siapa Sedulur sebenarnya. HRD akan memperhatikan dengan seksama semua data yang tercantum, mulai dari nama, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi, dan beberapa data pribadi lainnya.

Terkadang informasi tentang status perkawinan juga disertakan di bagian data pribadi. Namun, pencantuman status tersebut tidak wajib, hanya atas permintaan perusahaan.

  1. Sertakan riwayat pendidikan

Langkah kedua dalam menulis curriculum vitae adalah memasukkan riwayat pendidikan. Bagian pendidikan ini tidak memerlukan konten yang lengkap, misalnya dari TK sampai S1. Sedulur hanya perlu menyelesaikan pendidikan terakhir yang relevan dengan lingkup pekerjaannya (misalnya SMA dan S1).

Jika Sedulur senang, Sedulur juga bisa menambahkan sejarah pembentukan yang menjelaskan apa hasil akhirnya. Bagian ini juga dapat merinci kegiatan dan judul studi akhir, jika sesuai.

  1. Tambahkan pengalaman kerja

Langkah ketiga dalam menulis resume adalah menambah pengalaman kerja. Pengalaman kerja adalah salah satu aspek terpenting dari resume. Pengalaman diurutkan dari yang terbaru hingga terlama.

Jika Sedulur hanya memiliki satu kali pengalaman kerja, Sedulur dapat mencantumkan pengalaman magang mereka di bagian ini.

  1. Jika ada, silakan tulis pengalaman organisasi atau sukarelawan Anda

Langkah keempat dalam menulis curriculum vitae adalah menuliskan pengalaman organisasi atau relawan. Di bagian ini, Sedulur dapat membuat daftar organisasi mana pun yang dia ikuti selama kuliah atau sekolah.

Rekam format dari terbaru ke terlama. Jika masa jabatan organisasi lebih dari 5 tahun, maka pertimbangkan apakah Sedulur akan memasukkannya ke dalam bagian itu, karena sudah terlalu lama.

  1. Daftar Keterampilan Anda

Langkah terakhir dalam menulis resume adalah membuat daftar keterampilan yang Anda miliki. Keterampilan dalam daftar bisa lunak atau keras. Keterampilan apa pun dapat dicantumkan di resume, tetapi lebih baik lagi jika keterampilan itu relevan dengan lingkup pekerjaan yang ditentukan.

Baca juga  Cara Daftar Akun DANA, Praktis dan Bisa Langsung Dipakai!

Dengan adanya daftar keterampilan ini, HRD akan lebih membantu dalam memilih semua kemampuan karyawan potensial dari sebuah perusahaan baru.

Tips Menulis Lanjutkan

foto deposit

Di atas adalah ringkasan cara menulis bio. Ketika Sedulur telah berhasil mengumpulkan semua data pribadi dan memasukkannya ke dalam bentuk biodata, Sedulur juga harus memahami bahwa ada beberapa tips penting saat menyusun daftar.

Apa saja tips ini? Yuk, langsung simak ulasannya di paragraf berikut!

BACA JUGA: Berapa gaji PNS lulusan SMA dan SMK? Berikut rinciannya!

  1. Pilih resume sesuai dengan kebutuhan Anda

Tips pertama untuk menyusun curriculum vitae adalah dengan mengidentifikasi contoh atau referensi dari curriculum vitae sesuai kebutuhan. Ada banyak contoh biografi di Internet yang bisa dicontoh. Namun, tidak semua contoh ini benar dan cocok untuk Sedulur.

Carilah contoh atau link informasi biografi yang baik dan benar sesuai dengan bidang kegiatan yang Anda lamar. Contoh-contoh ini nantinya akan mempermudah proses produksi Sedulur.

  1. Siapkan selembar kertas A4 kosong.

Tips kedua untuk menulis otobiografi adalah menyiapkan selembar kertas A4 kosong. Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya, ukuran data biografi standar adalah A4.

Pada ukuran ini, hanya satu halaman yang dapat memuat banyak informasi pribadi Sedulur. Namun, tidak masalah jika ternyata Sedulur menggunakan dua halaman, asalkan informasi yang diberikan benar-benar up to date.

  1. Gunakan pena hitam

Tip ketiga untuk menyusun informasi biografi adalah dengan menggunakan pena hitam. Keterangan Curriculum Vitae harus terlihat jelas sehingga staf Sumber Daya Manusia dapat membacanya. Oleh karena itu Sedulur harus menggunakan pulpen tinta hitam.

  1. Jangan lupa gunakan penggaris untuk menggambar batas di atas kertas.

Tip biografi keempat adalah menggunakan penggaris untuk menandai batas di atas kertas. Agar terlihat lebih rapi, beri garis sebagai batas huruf pada daftar. Gunakan penggaris untuk mempermudah proses.

  1. Tulis resume yang bagus
Baca juga  Mengenal 9 Macam Kecerdasan Manusia, Kamu yang Mana?  

Tips Curriculum Vitae Kelima, tulislah dengan baik dan rapi. Keterangan Curriculum Vitae harus terlihat jelas sehingga staf Sumber Daya Manusia dapat membacanya.

  1. Sebelum memberi kepada perusahaan, periksa dengan cermat

Tips curriculum vitae yang keenam adalah meninjau curriculum vitae secara keseluruhan sebelum diserahkan ke perusahaan. Kesalahan besar atau kecil kemungkinan akan mempengaruhi jalannya proses rekrutmen ini. Hindari kesalahan ini dengan memeriksa ulang setiap posting di resume Anda.

Resume yang bagus dan ditulis dengan baik

Di bawah ini adalah beberapa contoh resume tulisan tangan yang dapat digunakan Sedulur sebagai bahan referensi.

BACA JUGA: Contoh portofolio foto yang menarik dan tips membuatnya!

1. Lengkapi informasi biografi tulisan tangan Anda.

keuangan saya

2. Contoh otobiografi tulisan tangan lulusan SMA

Popbela

3. Resume tulisan tangan rapi

pinterest

4. Contoh resume tulisan tangan pendek

BantuanDibagikan

5. Resume tulisan tangan untuk melamar pekerjaan.

contoh autobiografi tulisan tangan
Data

6. Contoh resume tulisan tangan yang kreatif

contoh autobiografi tulisan tangan
rumah 123

7. Curriculum Vitae Tulisan Tangan untuk Lulusan Baru

contoh autobiografi tulisan tangan
TeknoBgt

8. Contoh resume tulisan tangan yang bagus

contoh autobiografi tulisan tangan
kosong

9. Resume yang ditulis dengan baik

contoh autobiografi tulisan tangan
lulusan sarjana

10. Contoh otobiografi tulisan tangan lulusan SMM

contoh autobiografi tulisan tangan
lulusan sarjana

11. Resume tulisan tangan yang jelas

contoh autobiografi tulisan tangan
KueLanjutkan

Jadi, Sedulur, di atas adalah ringkasan dari contoh biografi tulisan tangan. Dalam diskusi juga diberikan gambaran singkat tentang nilai, cara pembuatannya, dan tips-tips yang harus diikuti agar curriculum vitae sedulur dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Ada 11 contoh resume tulisan tangan yang bisa digunakan Sedulur sebagai link. Beberapa contoh tersebut antara lain biografi lulusan SMA dan SMK, lulusan baru, dan lamaran kerja.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org