news 2

10 Daftar Negara Terkaya yang Jadi Peserta Piala Dunia FIFA 2022


Total, 32 tim dari berbagai negara lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Namun, dari 32 tim, peringkat negara mana negara terkaya di dunia ini?

Simak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Ringkasan:

  • Piala Dunia FIFA 2022 semakin dekat. Sebanyak 32 negara ikut ambil bagian dalam perayaan tersebut, termasuk 10 negara terkaya sebagai peserta.
  • Sejumlah daftar negara terkaya peserta Piala Dunia 2022 memiliki PDB per kapita dengan angka fantastis.

Daftar negara terkaya di Piala Dunia 2022

Dilaporkan bahwa Piala Dunia FIFA 2022 akan diadakan dari 21 November hingga 18 Desember 2022.

Sebanyak 32 negara akan berlaga di kompetisi sepak bola utama dunia selama empat tahun ini, termasuk Qatar sebagai tuan rumah.

Total ada 13 tim dari Eropa yang lolos ke Piala Dunia 2022. Di sisi lain, ada 6 tim dari Asia, 5 tim dari Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan masing-masing 4 tim.

Kemudian, negara mana saja yang termasuk daftar negara terkaya peserta piala dunia 2022? Untuk mengetahui jawabannya Ayo, simak artikel ini sampai habis.

# 1 Qatar: $112,789

Tuan rumah Piala Dunia 2022 masuk dalam 10 besar negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita $112.789. Qatar adalah salah satunya negara dengan ekonomi terbaik di Timur Tengah.

Negara yang berbatasan dengan Arab Saudi ini memiliki cadangan minyak dan gas terbesar setelah Iran dan Rusia.

Selain itu, ekonomi Qatar diproyeksikan tumbuh menjadi 1,7 miliar setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.

[Baca Juga: Kenalan Dengan Budaya Qatar yang Penuh Pesona Timur Tengah]

#2 Swiss: $84,658

Selain itu, Swiss masuk dalam daftar negara terkaya peserta Piala Dunia 2022. Kecuali Pada daftar negara paling bahagia, Swiss juga merupakan negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita sekitar $84.658.

Negara ini memiliki pendapatan yang cukup besar dan berasal dari ekspor logam mulia, yang menghasilkan hampir 100 miliar dolar AS setahun.

Menurut Laporan Kekayaan Global terbaru oleh Kredit Suissesekitar 14,9% orang dewasa memiliki aset senilai lebih dari satu juta dolar AS.

Swiss juga memiliki pendapatan besar dari bahan kimia, mesin dan obat-obatan. Di samping itu, Pemandangan alam yang indah dari Swiss juga mampu mengundang jutaan turis asing setiap tahunnya.

#3 US: $76,027

Amerika Serikat adalah sebuah republik federal yang terletak di Amerika Utara. Amerika Serikat memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan PDB sekitar $76.027.

Status adidaya, Amerika Serikat telah menjadi pusat pelayanan, produksi dan teknologi.

Negara-negara Grup B yang berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA 2022 menghasilkan minyak olahan, minyak mentah, elektronik, dan komoditas lainnya sebagai ekspor utama mereka.

#4 Denmark: $69.273

Salah satu negara Uni Eropa ini masuk dalam daftar negara terkaya di dunia. Negara dengan populasi 5.892.202 memiliki PDB per kapita lebih dari $69.000.

Denmark memiliki aset keuangan rata-rata setara dengan DKK 1,88 juta atau sekitar Rs 4,33 miliar pada tahun 2020, menurut Bank Sentral.

Denmark merupakan salah satu negara dengan kualitas hidup yang tinggi dan tingkat mobilitas sosial yang tinggi. Kegiatan ekonomi utamanya meliputi kimia, bioteknologi, farmasi, minyak dan mineral.

#5 Belanda: $68,572

Belanda merupakan negara Eropa Barat yang masuk dalam daftar negara terkaya di dunia peserta Piala Dunia FIFA 2022.

Belanda memiliki PDB per kapita sebesar $68.572 atau setara dengan Rs.1.060.465.980 pada tahun 2022.

Tidak hanya menjadi sumber gas alam terbesar, Belanda juga menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu ekonomi utama negara kincir angin tersebut.

Selain itu, perekonomian negara juga bergantung pada jasa dan industri.

Bbeberapa perusahaan multinasional dari Belanda antara lain Unilever, Royal Dutch Shell, ING Group dan Royal Philips Electronics.

[Baca Juga: Yuk Intip Model dan Desain Rumah Kolonial Belanda nan Klasik dan Elegan]

#6 Jerman: $63,271

Jerman adalah salah satu negara elit Eropa Tengah, berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Prancis.

Negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia ini masuk dalam daftar negara terkaya dengan PDB per kapita sekitar $63,271.

Sektor intinya seperti jasa, manufaktur dan teknologi adalah kekuatan pendorong di belakang pertumbuhan ekonomi Jerman.

Selain itu, negara ini juga terkenal dengan ekspornya, termasuk mobil, bahan kimia, dan peralatan.

Padahal, negara ini terkenal dengan merek mobil seperti BMW dan Mercedes-Benz. memiliki standar hidup tertinggiberupa akses kesehatan dan pendidikan gratis.

#7 Australia: $61.941

Benua sekaligus negara australia adalah salah satu negara terkaya yang berpartisipasi dalam Piala Dunia FIFA 2022.

Di Australia, PDB per kapita mencapai $61.941 atau sekitar Rs 957.917.565 pada tahun 2022. Negara menerima pendapatan terbesar dari ekstraksi mineral dalam bentuk uranium dan emas.

Tidak hanya itu, sektor pertanian, industri, perkebunan dan pariwisata juga telah banyak memberikan kontribusi bagi perekonomian Australia hingga saat ini.

[Baca Juga: 10 Daftar Negara dengan Literasi Keuangan Tertinggi, Salut!

 

#8 Belgia: US$61.587

Belgia yang terkenal dengan banyaknya kota tua, museum, serta bangunan kuno ini tercatat sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

Negara yang akan bertanding dengan Kanada, Maroko, dan Kroasia ini memiliki PDB per kapita sebesar US$61.587 atau sekitar Rp952.442.955.

Belgia mampu menjadi salah satu negara terkaya di dunia berkat kemajuan ekonominya dalam bidang ekspor mesin, peralatan, bahan kimia, hingga berlian.

 

#9 Kanada: US$57.812

Selanjutnya, terdapat negara Kanada yang memiliki PDB per kapita US$57.812, menurut International Monetary Fund, World Economic Outlook (April 2022).

Negara yang berada di kawasan Benua Amerika Utara ini mempunyai banyak perusahaan raksasa yang mendunia.

Sebagai negara maju, pendapatan Kanada yang terbesar berasal dari minyak bumi, otomotif, industri penerbangan, mineral, dan industri makanan olahan. Selain itu, penghasilan rata-rata penduduknya pun juga sangat tinggi.

Melansir dari laman Compare Your Income, penghasilan rata-rata warga Kanada adalah sekitar 44-56 ribu dolar Kanada atau sekitar Rp725 juta per tahun.

Jika dibagi rata-rata dalam sebulan, satu orang Kanada memiliki penghasilan mencapai Rp60 juta.

 

#10 Perancis: US$56.036

Negara terkaya di dunia yang menjadi peserta Piala Dunia FIFA 2022 selanjutnya adalah Perancis.

Negara pusat seni dan mode ini memiliki PDB per kapita hingga US$56.036 pada tahun 2022, menurut International Monetary Fund.

Dengan arsitektur bangunan kotanya yang cantik dan mewah, Perancis menjadi salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi.

Hal ini membuat sektor pariwisata Perancis mampu berkontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi negaranya.

Selain itu, industri ekspor dan impor juga turut berperan penting yang mampu menyumbang hingga 63% terhadap PDB Perancis.

 

Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar

Itulah daftar negara terkaya di dunia yang menjadi peserta Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Sejumlah negara tersebut mampu memanfaatkan berbagai sektor untuk meningkatkan perekonomian di negaranya.

Nah, berbicara tentang Piala Duna FIFA 2022 ini, apakah kamu tertarik dan berencana untuk menyaksikan turnamen sepak bola internasional empat tahunan ini secara langsung di Qatar?

Tentu saja, momen ini bisa menjadi ajang refreshing, liburan, sekaligus hiburan. Terlebih untuk kamu yang punya ketertarikan di dunia sepak bola. 

Tapi,  pastikan kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Bukan cuma memastikan kondisi fisik yang sehat, tapi juga kesiapan finansial, ya.

Jangan sampai, niat kamu cari kesenangan malah berujung hidup nggak tenang karena cash flow keuangan berantakan. Akibat terlalu memaksakan keadaan, tanpa perencanaan keuangan.

Agar kondisi ini tidak sampai terjadi, kamu bisa terlebih dulu rencanakan keuangan secara detail menggunakan Aplikasi Finansialku. Termasuk untuk tujuan-tujuan keuanganmu yang lainnya. Baik jangka pendek, menengah, atau jangka panjang.

 

Selain itu, jika kamu memerlukan advice dari ahli agar tujuan keuanganmu bisa tercapai tepat waktu. Yuk, diskusikan bersama Perencana Keuangan Finansialku melalui aplikasi atau hubungi via WhatsApp, ya.

 

Sudah siap menyaksikan Piala Dunia 2022? Tuliskan komentar di bawah kalau kamu sudah punya persiapannya, ya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • World Economic Outlook (April 2022). International Monetary Fund – https://bit.ly/3S9W7qm
  • Luca Ventura. 02 Agustus 2022. Richest Countries in the World 2022. Global Finance – https://bit.ly/3S9nG35
  • Richest Countries in the World 2022. WolrdPopulationReview – https://bit.ly/3gjvMJn
  • Aarish Ansari. 15 Juni 2022. FIFA World Cup 2022: Brazil, Germany, England among confirmed teams for Qatar. Olympics – https://bit.ly/3D7qZ6L

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Yuk, Cek Kurs Dollar Hari Ini Sebelum Tukar Valas