Mengenal Konsep 'Money Jar' Untuk Atur Keuangan Rumah Tangga

71 Daftar Negara Bebas Visa yang Bisa Kamu Datangi Kapan Saja


Jika kamu ingin pergi ke luar negeri tetapi tidak mau repot mengurus visa, kamu bisa mendatangi daftar negara bebas visa berikut ini.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan simak artikel berikut sampai habis!

 

Summary: 

  • Berlibur ke luar negeri tanpa mengurus visa, sangat memungkinkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) lakukan.
  • Ketika datang ke 71 negara ini, masyarakat Indonesia bisa langsung masuk tanpa urus visa selama periode dan mengikuti sejumlah cara tertentu.

 

Berkunjung ke Negara Lain

Ketika akan mendatangi suatu negara, seseorang dari negara lain harus mengantongi visa negara tujuan untuk menjadi pelancong legal.

Tapi nyatanya, dari 200-an negara di dunia, ada 71 di antaranya yang masuk dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia. Artinya, pemegang paspor Indonesia akan bebas dari visa paspor selama periode tertentu, misalnya 30 hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 71 daftar negara bebas Visa untuk Indonesia. Silakan baca dengan saksama, ya!

 

Daftar Negara Bebas Visa Paspor Bagi Wisatawan Indonesia

Ketika ingin berlibur ke suatu negara, umumnya seseorang harus memiliki visa. Visa yang kedutaan besar keluarkan merupakan izin resmi masuk ke negara tersebut dan berisi identitasmu.

Saat ini, ada sekitar 71 daftar negara bebas visa bagi masyarakat Indonesia. Meski jumlah ini cukup besar, Singapura menjadi salah satu negara dengan paspor paling sakti karena bebas visa di 192 negara.

Namun, fitur bebas visa tidak bisa kamu perpanjang. Jika butuh waktu lebih lama, maka kamu harus membuatnya.

Beberapa negara dalam daftar negara bebas visa masih mengharuskan kamu mengurus “Visa on Arrival”. Visa ini didapat di perbatasan negara tujuan. Berikut adalah daftar negara bebas visa untuk Indonesia:

 

#1 Armenia

Armenia adalah negara di kawasan Asia Barat. Meski begitu, kebudayaan setempat lebih dekat dengan Eropa. Armenia memiliki kebijakan bebas visa untuk Indonesia selama 120 hari.

 

#2 Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara di Asia Tenggara. Negara bebas visa ini memungkinkan masyarakat Indonesia berada di sana selama 14 hari.

 

#3 Filipina

Negara Asia Tenggara lain yang bebas visa adalah Filipina. Di negara ini, kamu bisa melakukan aktivitas tanpa memikirkan visa selama 30 hari.

 

#4 Hongkong

Hongkong merupakan salah satu negara maju yang memberlakukan bebas visa untuk masyarakat Indonesia selama 30 hari.

 

#5 Iran

Di Asia Barat Daya, ada Iran yang masuk dalam daftar negara bebas Visa untuk Indonesia. Di negara ini, kamu bisa singgah dengan eVisa atau Visa on Arrival selama 30 hari.

 

#6 Kamboja

Kamboja masuk dalam daftar negara bebas Visa selanjutnya, negara di kawasan Asia Tenggara ini memiliki bebas visa sampai 30 hari.

Artinya, kamu punya waktu satu bulan untuk menyelesaikan urusan di sana.

 

#7 Kazakhstan

Selanjutnya, ada Kazakhstan yang menjadi negara di Asia Tengah dan bebas visa. Negara yang dulunya bagian dari Uni Soviet ini memperbolehkan warga Indonesia tinggal atau berlibur selama 30 hari.

 

#8 Kyrgyzstan

Kyrgyzstan memiliki dua opsi untuk bebas visa, yakni melalui eVisa atau Visa on Arrival yang berlaku selama 30 hari.

Jika menggunakan fitur ini, kamu akan tiba melalui Bandara Internasional Manas.

 

#9 Laos

Daftar negara bebas visa selanjutnya adalah Laos. Laos merupakan salah satu negara tetangga Indonesia.

Di Asia Tenggara, Laos merupakan satu-satunya negara yang tidak punya pantai. Negara ini memiliki kebijakan bebas visa selama 30 hari.

 

#10 Makau

Di kawasan Asia Timur lainnya, ada negara Makau yang memberlakukan bebas visa. Di sini, masyarakat Indonesia bisa berkunjung maksimal sampai 30 hari.

[Baca Juga: Seberapa Penting Waktu untuk Liburan? Ini Kata Financial Planner!]

 

#11 Maladewa/Maldives

Negara selanjutnya yang memberlakukan bebas Visa untuk Indonesia adalah Maladewa. Negara yang menjadi surga liburan ini memungkinkan kamu singgah selama 30 hari dengan Visa on Arrival.

 

#12 Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga memberlakukan bebas Visa. Kebijakan di sini sangat panjang, yakni mencapai 90 hari.

Maka, kamu bisa puas menjelajahi negara Malaysia dengan nyaman.

[Baca Juga: Seru Banget! 10 Destinasi Wisata Malaysia Ini Bikin Kamu Betah]

 

#13 Myanmar

Selanjutnya, ada Myanmar. Negara ini memberikan kebijakan bebas visa yang singkat, yakni 14 hari saja.

Tapi, itu adalah waktu yang pas untuk berlibur.

 

#14 Nepal

Selanjutnya, ada Nepal yang  bebas visa. Di sini, kamu bisa melakukan kunjungan dengan Visa on Arrival selama 90 hari.

Artinya, kamu tetap mengurus visa di perbatasan negara sebelum bisa memasukinya.

 

#15 Oman

Oman merupakan negara di kawasan Timur Tengah atau Asia Barat Daya. Di negara yang masuk dalam daftar negara bebas visa ini, kamu bisa singgah dengan eVisa selama 30 hari.

 

#16 Pakistan

Pakistan berada di Wilayah Asia Selatan. Di sini, kamu bisa menikmati fitur bebas visa dengan eVisa selama 90 hari.

Maka, dapat diartikan bahwa Pakistan adalah negara bebas visa dengan waktu bebas visa yang lama.

 

#17 Singapura

Di Singapura, kamu bisa berkunjung tanpa mengkhawatirkan visa selama 30 hari. Jika ingin singgah lebih lama, kamu harus membuat visa setempat.

[Baca Juga: Keren! 10 Fakta Unik Singapura Ini Bisa Dikembangkan di Indonesia]

 

#18 Sri Lanka

Sri Lanka adalah salah satu yang memberlakukan bebas visa untuk Indonesia. Di sini, kamu bisa tinggal dengan Visa on Arrival selama 30 hari.

Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di negara yang masuk Asia Selatan ini.

 

#19 Tajikistan

Negara bebas visa selanjutnya adalah Tajikistan. Di sini, kamu bisa berkunjung ke sini tanpa ribet dengan layanan bebas visa eVisa selama 45 hari.

 

#20 Thailand

Thailand menjadi negara selanjutnya yang memberlakukan bebas visa untuk Indonesia. Di sini, kamu bisa mendapatkan izin kunjung selama 30 hari sebelum wajib membuat visa.

 

#21 Qatar

Qatar adalah salah satu negara kaya di dunia. Negara di kawasan Asia Barat ini memberlakukan bebas visa dengan durasi 30 hari.

Di negara ini, kamu bisa menikmati liburan menarik yang berbeda dari Indonesia.

 

#22 Republik Demokratik Timor Leste

Timor Leste sempat menjadi bagian Indonesia di masa lalu. Kini, setelah merdeka, Timor masuk kategori negara bebas visa untuk Indonesia. Di sana, kamu bisa berkunjung selama 30 hari.

 

#23 Uzbekistan

Di Uzbekistan, kamu bisa tinggal selama 30 hari. Negara ini kawasan Asia Tengah ini sudah memiliki layanan bebas visa untuk masyarakat Indonesia.

 

#24 Vietnam

Di Vietnam, masyarakat Indonesia bisa menikmati fitur bebas visa selama 14 hari. Kamu hanya wajib memiliki paspor dan syarat masuk sesuai norma kesehatan baru yang ditetapkan di sana.

[Baca Juga: Tiket Pesawat Naik, Terus Gimana Nasib Liburanku?]

 

#25 Yordania

Yordania menyediakan fasilitas bebas visa untuk masyarakat Indonesia. Di sini, kamu bisa menggunakan layanan Visa on Arrival.

 

#26 Azerbaijan

Di negara Azerbaijan, kamu bisa tinggal selama 30 hari. Layanan yang kamu pilih bisa eVisa atau Visa on Arrival.

 

#27 Belarus

Belarus merupakan negara yang menyediakan fasilitas bebas visa yang ada di Eropa.

Masyarakat Indonesia bisa menikmati fasilitas bebas visa selama 30 hari. Syaratnya, kamu harus menggunakan Minsk Internasional Airport untuk masuk dan keluar dari negara tersebut.

 

#28 Serbia

Serbia merupakan rumah salah satu ilmuan paling jenius di dunia, yakni Nikola Tesla. Di negara dalam daftar negara bebas visa ini, kamu bisa singgah selama 30 hari.

 

#29 Cape Verde Island

Cape Verde Island juga menyediakan bebas visa yang terletak di pesisir barat Afrika. Untuk masuk ke sini, kamu perlu menggunakan Visa on Arrival.

Pintu keluar masuk dengan fasilitas tersebut adalah Aristides Pereira International Airport, Cesaria Evora Airport, Amilcar Cabral Internasional Airport, serta Nelson Mandela Internasional Airport.

 

#30 Comoros Island

Comoros Island yang masuk dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia ini ada di Timur daratan Afrika. Di sini, kamu bisa menggunakan fasilitas Visa on Arrival selama 45 hari.

[Baca Juga: Rencanakan dari Sekarang, Segini Total Budget Liburan ke Korea!]

 

#31 Gabon

Di negara Gabon, kamu bisa menggunakan eVisa atau Visa on Arrival selama 90 hari. Jika berkunjung dengan fasilitas tersebut, kamu harus keluar masuk dari Libreville International Airport.

 

#32 Gambia

Gambia juga menjadi salah salu negara yang menyediakan layanan bebas visa untuk Indonesia. Kamu bisa tinggal selama 90 hari dengan bebas visa di sini.

 

#33 Guinea-Bissau

Guinea-Bissau yang berada di kawasan Afrika Barat. Negara satu ini memungkinkan kamu singgah dengan eVisa atau Visa on Arrival selama 90 hari.

 

#34 Madagaskar

Madagaskar pernah muncul dalam film populer dengan judul sama. Di Madagaskar, kamu bisa mengakses bebas visa melalui eVisa atau Visa on Arrival selama 90 hari.  

Pasti sangat menyenangkan berkunjung ke negara yang merupakan kerabat bangsa Indonesia ini.

 

#35 Malawi

Malawi merupakan negara di Afrika bagian Selatan. Di negara ini, kamu bisa singgah selama 30 hari dengan bebas visa. Menariknya, kamu bisa memperpanjang bebas visa sampai 90 hari.

[Baca Juga: 10 Daftar Negara Terkaya yang Jadi Peserta Piala Dunia FIFA 2022]

 

#36 Maroko

Di Maroko, layanan bebas Visa berlaku selama 90 hari. Tentu waktu yang lama menghabiskan 3 bulan di negara dalam daftar negara bebas visa satu ini.

 

#37 Mali

Negara di Afrika yang memberlakukan bebas visa selanjutnya adalah Mali. Di sini, kamu bisa bebas tinggal selama 30 hari.

Untuk masuk ke sana, kamu membutuhkan International Certificate of Vaccination.

 

#38 Mauritania

Mauritania juga menyediakan layanan bebas visa untuk Indonesia dengan Visa on Arrival.

Kamu bisa keluar masuk negara ini melalui Nouakchott-Oumtounsy Internasional Airport. Kamu juga harus memiliki International Certificate of Vaccination.

 

#39 Mauritius

Selanjutnya, ada Mauritius dalam daftar negara bebas visa. Di negara ini, kamu bisa menikmati fasilitas bebas visa selama 60 hari.

 

#40 Mozambik

Mozambik memiliki kebijakan bebas visa untuk Indonesia. Di negara ini masyarakat Indonesia akan dapat kebebasan singgah sampai dengan 30 hari.

[Baca Juga: Tips Cari Tiket Pesawat Murah Untuk Menghemat Dana Liburan]

 

#41 Namibia

Jika berkunjung ke negara bebas visa ini, kamu memiliki waktu 30 hari sebelum wajib membuat visa.

Tapi, 30 hari adalah waktu yang cukup untuk berlibur.

 

#42 Senegal

Selanjutnya, ada Senegal yang memberlakukan layanan bebas visa untuk Indonesia. Di negara ini, kamu bisa datang menggunakan Visa on Arrival dengan kewajiban memiliki International Certificate of Vaccination

Di Senegal, kamu bisa mengunjungi situs bersejarah yang merupakan warisan masa lalu.

 

#43 Sychelles

Seychelles adalah negara pulau yang ada di lepas pantai timur Afrika, tepatnya ada di Utara Madagaskar. 

Di negara yang masuk dalam daftar negara bebas visa ini, kamu bisa menggunakan fasilitas Visitor’s Permit sampai dengan 3 bulan atau 90 hari.

 

#44 Sierra Leone

Sierra Leone adalah negara di kawasan Afrika Barat. Jika ingin ke negara, kamu bisa menggunakan Visa on Arrival dan melengkapi International Certificate of Vaccination.

 

#45 Somalia

Negara Somalia ada di Afrika Timur. Negara ini memungkinkan kamu datang dengan Visa on Arrival untuk berlibur atau melakukan penelitian.

 

#46 Tanzania

Seperti beberapa negara lainnya, Tanzania juga memberlakukan bebas visa melalui eVisa atau Visa on Arrival.

Di negara ini, kamu bisa singgah selama 3 bulan dengan fasilitas tersebut.

 

#47 Togo

Togo merupakan negara kecil Afrika Barat. Negara ini bebas visa dengan Visa on Arrival berdurasi 7 hari. Tentu ini adalah waktu yang sangat singkat daripada dengan negara lain.

 

#48 Rwanda

Rwanda memungkinkan kamu singgah dengan Visa on Arrival selama 90 hari. Dengan durasi tersebut, kamu bisa menikmati liburan tanpa cemas kehabisan waktu.

 

#49 Uganda

Uganda juga memiliki fasilitas bebas visa. Di sini, kamu bisa singgah dengan eVisa atau Visa on Arrival.

Untuk masuk Rwanda, kamu perlu memiliki International Certificate of Vaccination.

 

#50 Zimbabwe

Zimbabwe memberi layanan bebas Visa untuk Indonesia. Negara ini memberikan waktu bebas visa sampai 90 hari untuk masyarakat Indonesia.

[Baca Juga: Aneka Resep Sederhana Makanan Khas Korea yang Halal dan Kekinian]

 

#51 Fiji

Negara Fiji memiliki bentuk kepulauan dan berada di Oseania. Negara ini masuk dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia.

Di Fiji, kamu bisa singgah selama 120 hari.

 

#52 Marshall Island

Marshall Island merupakan negara Oseania lain yang masuk dalam daftar negara bebas visa.

Masyarakat Indonesia yang berkunjung ke sini memiliki waktu sampai 90 hari dengan Visa on Arrival.

 

#53 Mikronesia

Mikronesia merupakan negara cantik yang juga ada di Oseania. Di sini, masyarakat Indonesia bisa singgah selama 30 hari dengan fasilitas bebas visa.

Negara dalam daftar negara bebas Visa satu ini terkenal dengan keindahan lautnya.

 

#54 Palau Island

Jika kamu ingin mengunjungi laguna biru di Palau Island, kamu punya waktu sampai 30 hari dengan Visa on Arrival.

Negara dalam daftar negara bebas visa satu ini juga punya banyak koleksi wisata laut lain yang sayang dilewatkan.

 

#55 Papua Nugini

Papua Nugini berada di sebelah Provinsi Papua. Negara ini masuk dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia dengan durasi sampai 60 hari dengan eVisa atau Visa on Arrival.

 

#56 Samoa

Samoa memiliki banyak pantai indah yang patut didatangi. Menariknya, negara ini masuk daftar negara bebas visa sehingga kamu bisa tinggal hingga 60 hari dengan Visa on Arrival.

 

#57 Tuvalu

Tuvalu memungkinkan kamu berkunjung dengan Visa on Arrival selama 30 hari. Dengan fasilitas ini, kamu bisa menjelajah Tuvalu dengan tenang.

 

#58 Cook Islands

Daftar negara bebas visa berikutnya adalah Cook Islands yang ada di Oseania.

Negara ini ada di Pasifik Selatan, terletak di tengah antara Selandia Baru dan Hawaii. Kamu bisa tinggal selama 31 hari dengan bebas visa di sini.

 

#59 Niue

Niue merupakan negara kecil di Oseania. Negara ini memiliki kebijakan bebas visa untuk Indonesia sampai dengan 30 hari.

Meski tak besar, negara ini punya suasana yang bagus.

 

#60 Barbados

Di kawasan Karibia, ada negara Barbados yang masuk dalam daftar negara bebas visa. Di negara ini, masyarakat Indonesia bisa singgah sampai 90 hari.

Selama sebulan di sini, pasti kamu akan puas mengunjungi pantai-pantai tropis yang menakjubkan.

[Baca Juga: Berapa Biaya Paket Liburan ke Bali? Cek Sekarang Juga]

 

#61 Dominica

Dominica juga masuk dalam daftar negara bebas visa. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa singgah hingga 21 hari.

 

#62 Haiti

Haiti adalah negara yang juga ada di Kawasan Karibia dan masuk dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia.

Di sini, kamu bisa mempelajari kehidupan hayati. Sebab, Haiti merupakan salah satu negara dengan spesies tumbuhan terbanyak.

Haiti memberikan fasilitas bebas visa hingga 90 hari.

 

#63 St. Vincent and The Grenadines

Berikutnya, ada St. Vincent and The Grenadines dalam daftar negara bebas visa.

Di sini, masyarakat Indonesia bisa melakukan kunjungan hingga 30 hari dengan bebas visa. 

 

#64 Bermuda

Bermuda adalah negara yang ada di kawasan Amerika Utara. Meski kecil, negara ini cukup berprestasi.

Sebab, Bermuda sempat menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Menariknya, Bermuda punya kebijakan bebas visa sepanjang waktu.

 

#65 Chile

Chile merupakan negara di Amerika Selatan yang menarik untuk kamu kunjungi. Dalam daftar negara bebas visa, Chile memiliki kebijakan bebas visa sampai 90 hari.

Tentu saja, ini masa yang panjang untuk menjelajah banyak tempat.

 

#66 Kolombia

Kolombia adalah negara yang menarik karena lebih dari 75% bagiannya adalah hutan. Di negara ini, kamu bisa singgah antara 90 sampai 180 hari.

Negara dalam daftar negara bebas visa ini cocok kamu kunjungi jika kamu tertarik dengan alam liar.

 

#67 Ekuador

Ekuador yang ada di Amerika Selatan merupakan negara yang salah satu bagiannya begitu populer, yakni Kepulauan Galapagos.

Wilayah tersebut adalah tempat Charles Darwin melakukan pengamatan sehingga melahirkan teori seleksi alam dan evolusi. Di sini, kamu bisa singgah sampai 90 hari.

 

#68 Guyana

Guyana memiliki kebijakan bebas visa untuk masyarakat Indonesia.  Di sini, kamu bisa singgah sampai 30 hari dengan fasilitas tersebut.

 

#69 Nikaragua

Nikaragua ada di dalam daftar negara bebas visa untuk Indonesia selanjutnya. Di sini, kamu bisa menggunakan Visa on Arrival sampai dengan 30 hari.

 

#70 Brazil

Di negara dalam daftar negara bebas visa satu ini, kamu bisa singgah sampai 30 hari. Di Brazil, kamu bisa mengunjungi Rio De Jeneiro yang memiliki patung Yesus super besar.

Sambil berlibur, kamu juga bisa berwisata religi.

 

#71 Peru

Di posisi terakhir dalam daftar negara bebas visa, ada negara Peru yang memiliki kebijakan bebas visa sampai 183 hari.

Maka, artinya, kamu bisa singgah di sini selama setengah tahun penuh jika mau.

 

Mengunjungi Negara Bebas Visa untuk Liburan atau Bekerja

Adanya daftar negara bebas visa membantu masyarakat Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri.  Sebab, di negara-negara ini, masyarakat tidak akan repot mengurus visa.

Dengan kemudahan yang ada, bukan berarti kamu bisa melancong ke luar negeri sesuka hati, lho. Tetap saja, kamu harus memperhatikan anggaran keuangan dengan benar.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana liburan secara matang agar pengeluaran yang lain tidak terganggu.

Untuk lebih mudah menyiapkan dana liburan, yuk, cari tahu lewat ebook GRATIS dari Finansialku di bawah. Klik banner-nya untuk akses langsung!

Banner Iklan Cara Menikmati Liburan Seru Anti Bokek (Dana Liburan) Web

 

Itulah pembahasan mengenai daftar negara bebas Visa. Sekarang, yuk share artikel ini sebanyak-banyaknya ke teman-temanmu! Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Admin. 23 September 2022. 71 Daftar Negara Bebas Visa Paspor Indonesia. Okenews.com – https://bit.ly/3FbhyVg
  • Sri Sumi Handayani. 10 Juli 2022. Daftar 71 Negara yang Bebas Visa untuk Paspor Indonesia, Update 2022. Solopos.com – https://bit.ly/3TtSSeF

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Rekomendasi 30 Film Horor Terbaik, Kamu Berani Nonton?