Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja & Tipsnya

Contoh CV Lulusan SMK Lengkap Dengan Cara Membuatnya


Seorang lulusan SMK sudah cukup memiliki bekal ilmu dan ketarampilan untuk bekerja. Dalam materi pembelajaran SMK, telah ditunjang dengan materi pembelajaran agar dapat diterapkan dalam dunia pekerjaan. Namun, anak lulusan SMK masih banyak yang kesulitan dalam membuat CV lulusan SMK.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas seperti apa cara membuat CV lulusan SMK dan disertai dengan contoh agar lebih mudah dalam membuatnya. Sebelum masuk ke pembahasan utama terkait CV lulusan SMK. Kita simak terlebih dahulu seperti apa cara membuat CV lulusan SMK di bawah ini. Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya!

BACA JUGA: 20 Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Dijamin Dilirik Rekruter!

Cara membuat CV lulusan SMK

Freepik

Bagi Sedulur yang telah lulus SMK dan sedang bersiap untuk mencari pekerjaan, tentu berkas-berkas harus disimpan saat melamar dan mencari kerja. Saat membuat CV, tentu Sedulur harus mengetahui cara membuatnya.

Umumnya, dalam CV dibutuhkan informasi seperti biodata diri, riwayat pendidikan, dan informasi lainnya. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas terlebih dahulu bagaiaman cara membuat CV lulusan SMK.

1. Biodata diri

Cara membuat CV pertama yaitu dengan membuat biodata diri terlebih dahulu. Sedulur bisa membuat isi dari biodata diri sesingkat mungkin, dengan kalimat yang padat dan jelas. Dalam biodata diri, bisa dimasukkan informasi seperti jumlah anggota keluarga, agama, zodiak dan golongan darah.

Jangan lupa juga lampirkan foto diri yang memberikan tampilan yang bersih, rapih, dan formal/semi-formal untuk memberikan kesan profesional pada daftar riwayat hidup. Tambahkan juga untuk mencantumkan informasi kontak seperti nomor telepon dan e-mail agar mudah dihubungi.

2. Deskripsi diri

Langkah kedua dalam membuat CV lulusan SMK yaitu dengan menuliskan deskripsi diri. Deskripsi diri memiliki peran yang sangat penting dalam membuat CV lulusan SMK. Penulisan deskripsi diri sebaiknya berisikan cerita singkat beserta bukti yang dapat memberikan kesan positif kepada perusahaan.

Pastikan juga untuk menulis peranan yang dapat diberikan kepada perusahaan dan juga tujuan karir yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Seperti misalkan contoh CV lulusan SMK Akuntansi di bawah ini:

“Lulusan SMK Terbit Timur jurusan Akuntansi dengan pengalaman magang selama 6 bulan di PT. Matahari Plastik sebagai akuntan yang berorientasi pada ketepatan perhitungan dan kerapihan data. Dapat membuat buku besar dengan bahasa Indonesia maupun Inggris. Memiliki tujuan untuk terus berkembang demi kemajuan diri dan perusahaan.”

Sementara itu, bagi yang lulusan bisnis, contoh deskripsi diri seperti di bawah ini:

“Siswa SMK Terbit Timur jurusan Bisnis yang berpengalaman dalam online shop Shopee selama 2 tahun dengan omzet lebih dari 10 juta dalam sebulan. Aktif dalam media sosial dan mengerti penggunaan SEO secara garis besar. Bertujuan mencari praktek kerja lapangan untuk mengenal bisnis skala besar.”

3. Riwayat pendidikan

Cara membuat CV lulusan SMK selanjutnya yaitu dengan membuat riwayat pendidikan. Penulisan riwayat pendidikan di dalam CV fresh graduate SMK cukup dua jenjang pendidikan terakhir saja dan diurutkan dari terakhir ke terdahulu.

Selain untuk menghemat tempat pada CV PKL /lamaran kerja SMK yang dibuat, Sedulur bisa menambahkan riwayat pendidikan non-formal yang lebih menjual seperti pengalaman kursus bahasa atau pelatihan lainnya yang pernah diikuti.

Adapun format penulisan riwayat pendidikan wajib mencakup hal hal berikut ini:

  • Pedidikan formal
  • Penddikan non-formal

Buka hanya mencantumkan informasi riwayat pendidikan, namun Sedulur juga bisa menambahkan informasi penting seperti:

  • Nilai yang didapatkan
  • Prestasi dan penghargaan
  • Judul tugas atau laporan penelitian

4. Pengalaman kerja/organisasi

Dalam CV lulusan SMK juga Sedulur wajib mencantumkan pengalaman kerja atau pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Meskipun anak SMK biasanya belum memiliki banyak pengalaman kerja, bisa diganti dengan pengalaman magang atau pengalaman organisasi.

Baca juga  Sudut Pandang Dalam Cerita: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang dapat memberikan bukti nyata prestasi dan pencapaian seperti memberikan angka, peringkat, perbandingan berupa persentase, agar membuat CV lulusan SMK kamu  lebih menonjol dan unggul.

Contoh penulisan pengalaman kerja seperti berikut:

  • Mampu menyiapkan, meracik, serta mengemas obat dengan selalu memperhatikan tepat jumlah obat, dosis, serta etiket obat.
  • Dapat memberikan penjelasan detail mengenai etiket obat kepada customer.

5. Kamampuan diri

Dalam CV lulusan SMK juga wajib menyampaikan kemampuan diri. Kemampuand iri ini penting untuk menunjukan seberapa besar kemampuan diri digunakan saat bekerja. Umumnya, kemampuan diri ditunjukan menjadi tiga, yaitu soft skills, hard skills, dan kemampuan bahasa.

Kemampuan sangat penting dalam membuat CV untuk fresh graduate SMK yang belum memiliki pengalaman kerja apapun. Akan tetapi, yang sering salah dalam membuat CV lulusan SMK adalah tampilan tolak ukur kemampuan yang dicantumkan.

Sering kali grafik yang terlihat cantik dan rapi menjadi pilihan para pelamar kerja untuk menunjukkan kemampuannya. Hal ini sangat bersifat subjektif dan sulit bagi para rekruter untuk menilai kemampuanmu.

Contoh kemampuan bahasa Inggris yaitu:

Contoh lain yaitu kemampuan akuntansi yaitu:

  • Analisis Data
  • Microsoft Excel
  • Membaca Laporan Finansial
  • Berorientasi pada detail dan teliti

Tips membuat CV fresh graduate SMK

Freepik

Setelah mengetahui seperti apa cara membuat CV SMK di atas, Sedulur juga harus tahu tips apa yang Sedulur ketahui dalam membuat CV, terutama untuk lulusan SMK. Dalam kesempatan kali ini, yuk langsung kita simak apa saja tips yang perlu diperhatikan saat membuat CV.

1. Tonjolkan sisi unik

Tips pertama yaitu dengan menonjolkan sisi unik dalam CV lulusan SMK. Meskipun dengan keterbatasan pengalaman bekerja, siapapun tetap bisa membuat CV lulusan SMK yang unggulan dan terbaik. Pertama-tama, dimulai dengan mencari tahu keunikan diri sendiri.

Usahakan keuniakan yang dimiliki yaitu keunikan yang bisa menjadi daya saing dalam proses lamaran kerja terutama proses screening. Karena dalam tahap ini CV lamaran kerja lulusan SMK akan bersaing dengan CV pelamar lain dari latar belakang yang berbeda.

Sedulur bisa menuliskan keahlian mulai dari lingkup keluarga, sekolah sampai luar sekolah yang berhubungan dengan posisi lamaran kerja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Jangan lupa untuk mengaitkan keahlian dengan sifat pribadi, sehingga memiliki nilai yang unik.
  • Hindari kalimat umum seperti “pekerja keras” agar CV terlihat lebih menarik dan lebih detail.
  • Jangan lupa tambahkan juga bagaimana keunikan diri dapat berperan besar dalam perusahaan.

2. Jangan mengirim CV yang sama untuk semua lamaran

Tips kedua yang perlu Sedulur ingat dalam membuat curriculum vitae lulusan SMK yaitu melamar dengan CV yang berbeda ke perusahaan yang berbeda. Meskipun sebagian besar data dalam daftar riwayat hidup lulusan SMK sama, Sedulur tetap perlu menyesuaikan beberapa bagian seperti deskripsi diri ataupun skills sesuai kriteria yang dicari perusahaan.

Kenapa hal tersebut perlu dilakukan? Karena jika isi daftar riwayat hidup SMK yang dituliskan sesuai dan relevan dengan kriteria yang dicari perusahaan, hal ini akan membuat CV lamaran kerja lulusan SMK yang dikirimkan terlihat lebih kuat dan unggul.

3. Baca dan tulis kata kunci

Tips penting selanjutnya untuk membuat CV lulusan SMK lebih menarik yaitu dengan membaca job description secara menyeluruh dan memahami kualifikasi & kriteria yang perusahaan sedang dituju, dengan begitu Sedulur akan menyadari beberapa kata kunci yang dapat menarik perhatian perusahaan.

Baca juga  Contoh Alat Komunikasi Modern Beserta Perkembangannya

Namun juga perlu diingat, bahwa Sedulur harus tetap menulis dengan jujur dan apa adanya. Contohnya, jika sebuah perusahaan membuka lowongan untuk akuntan dengan kriteria jujur, teliti, memiliki kemampuan berhitung dan analisis yang kuat, dsb.

Sedulur bisa menuliskan deskripsi diri CV lamaran kerja seperti:

Lulusan SMK jurusan akuntansi dengan peringkat 5 besar paralel dan dipercaya sebagai bendahara selama 2 periode berorganisasi.”

4. Jangan ragu untuk pamer

Dalam CV lulusan SMK, penting untuk pamer. Maka Sedulu jangan pernah ragu untuk pamer. Karena lulusan SMK telah dilengkapi dengan keterampilan dan keahlian yang telah dilatih dan dipelajari selama tiga tahun di sekolah, baik dalam kelas atau saat praktek kerja lapangan.

Perusahaan yang Sedulur tuju untuk melamar, pasti sangat sedang jika salah satu calon pegawainya memiliki pengalaman dan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan sesuai dengan posisi yang dilamar. Tips yang bisa Sedulur gunakan saat memamerkan skill dan pengalaman adalah dengan menggunakan bahasa Inggris.

5. Tulis surat lamaran kerja

Menulis surat lamaran kerja sama pentingnya dengan membuat daftar riwayat hidup fresh graduate SMK. Keduanya tidak dapat dipisah jika Sedulur ingin memberikan usaha semaksimal mungkin. Surat lamaran ini fungsinya sebagai surat pengantar serta  memberi gambaran yang lebih detail.

Sehingga perusahaan yang dituju dapat mengetahui setiap hal terkait kemampuan, skill dan pengalaman hingga setiap pencapaian yang telah berhasil didapatkan. Gambaran-gambaran detail lain tentang kinerja dan kemampuan lapangan juga tidak kalah pentingnya untuk kamu sampaikan.

BACA JUGA: Cara & Tips Membuat CV ATS-Friendly Agar Lolos Screening

Contoh Surat lamaran kerja lulusan SMK

CV lulusan SMK
Koin Works

Nah berikut ini adalah bagian penting dan merupakan pembahasan utama yaitu terkait contoh surat lamaran kerja dan CV yang bisa Sedulur jadikan rekomendasi saat membuat CV sendiri. Semakin banyak contoh dan referensi semakin dapat memberikan gambaran bagi Sedulur.

Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak beberapa contoh CV dan surat lamaran kerja bagi lulusan SMK di bawah ini:

1. Contoh surat lamaran kerja via Email

Dengan Hormat Bapak/Ibu Manager HRD PT. ABC,

 Melalui email ini saya ingin mengungkapkan ketertarikan saya untuk bekerja sebagai Desainer Grafis di perusahaan Anda.

Saya percaya dengan keterampilan dan pengetahuan yang telah saya pelajari selama tiga tahun bersekolah di SMK JKL Jurusan Animasi dan Multimedia serta pengalaman saya menjadi panitia dekorasi di hampir seluruh acara sekolah dapat membantu perusahaan Anda menampilkan visual yang unik, menarik, dan memuaskan hati customer.

Selama bersekolah saya juga menerima beberapa pekerjaan freelance mengerjakan poster, logo, banner, dan beberapa desain grafis lainnya. Selain itu, melalui pengalaman praktek kerja lapangan (PKL) saya di PT. Desain ABG selama 6 bulan sebagai Desain Grafis dan Marketing telah membantu saya memiliki skill tambahan seperti marketing media sosial, komunikasi, juga kecekatan dan ketelitian dalam bekerja.

Besar harapan saya untuk dapat menuangkan keterampilan dan pengetahuan saya serta tumbuh bersama PT. ABC.

Bersama email ini saya lampirkan beberapa berkas dan portofolio untuk referensi Anda meliputi:

  • Curriculum Vitae
  • Transkrip nilai
  • Surat Keterangan Selesai PKL
  • Portofolio

Sekian surat lamaran pekerjaan saya, terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya mengharapkan informasi lebih lanjut terkait lamaran pekerjaan saya.

Hormat Saya,

Rahmat Nusantara Sejahtera

2. Contoh surat lamaran kerja di Bank

Kepada YTH.HRD BANK MANDIRI Cabang Pasuruan

Jln. Kawi Kav. V Malang

 Dengan hormat,

Seperti halnya dengan informasi yang ada pada lowongan kerja di  BANK MANDIRI.

Berikut data singkat saya:

  •  Nama : Muhammad Efendi
  • Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 24 Juli 1987
  • Alamat : Jl. Merpati Putih no. 23B
  • No. Hand phone : 0812 3467 9017
  • Status : Lajang
  • Pendidikan Terakhir : Starta satu
  • Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Customer Service. Dan saya melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan.
  1. Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae )
  2. Foto copy Transkrip Nilai
  3. Foto copy ijazah S-1
  4. Foto copy KTP
  5. Pass foto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat ini, saya sangat berharap untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, saya berjanji akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang di harapkan oleh BANK MANDIRI.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Muhammad Efendi

3. Contoh surat lamaran kerja di PT

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 Solo, 7 April 2018

Kepada  :

Yth. Bapak / Ibu Pimpinan PT.Bentoel

di Malang

 Dengan hormat,

Dengan ini saya berinisiatif untuk melamar pekerjaan di PT.Bentoel. Saya ingin mengajukan diri dengan perantara lamaran pekerjaan ini agar bisa bergabung karena saya merasa memiliki keahlian istimewa dalam bidang yang dibutuhkan.

 Dengan ini, data singkat saya :

 Nama :  Elsya Naisyila Chabib

Alamat :  JL. Teratai no 156 H Palm Regency

Pendidikan terakhir :  SMA

No Telp :  082234571234

 Untuk  pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan saya menambahkan berkas pendukung

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Foto kopi KTP
  3. Foto kopi kartu keluarga
  4. Foto Kopi SKCK
  5. Pas foto 4×6 berwarna (1 lembar)
  6. Foto kopi ijazah terakhir

Demikian lamaran ini saya buat, saya sungguh sangat berharap bisa diterima. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya sampaikan terima kasih .

Hormat saya

Elsya Naisyila Chabib

4. Contoh surat lamaran kerja umum

Hal : lamaran pekerjaan

 Bali, 10 Desember 2018

Kepada Yth.

Bpk / Ibu Personalia PT. Jarum Emas

Jl. Kayu Tangan No. 123

Kalimantan

 Dengan hormat,

 Saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan agar dapat bergabung di perusahaan Bapak / Ibu pimpin. Saya sangat tertarik dengan posisi staf Marketing di perusahaan Jarum Emas ini.

 Perkenankan saya mengenalkan diri:

  • Nama : Marantika Dewi Anjani Pertiwi
  • Tempat/Tanggal Lahir : Bali, 23 Maret 1986
  • Pendidikan Terakhir : Srata satu
  • Alamat : Jl. Basket no 90 AH Green Date Regency
  • Telepon (HP) : 0876 5467 8903
  • Status : Menikah

Dalam penulisan surat ini, saya dalam keadaan 100% sehat dan fasih dalam berbahasa bilingual indonesia dan inggris. Saya adalah orang yang mengutamakan kejujuran, memiliki kemampuan Ms Office dengan sangat mahir dan berlatar pendidikan yang tinggi.

Saya melampirkan berkas sebagai bahan pertimbangan  :

  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy ijazah S1 telah dilegalisir
  • Foto copy transkrip nilai
  • Foto copy sertifikat kursus
  • Pas photo 4 x6 yang terbaru
  • Foto copy piagam penghargaan

Saya sangat berharap bisa bertemu dengan Bapak / Ibu personalia untuk melakukan interview agar bisa lebih jelas dan rinci menjelaskan keahlian saya.

Demikian surat lamaran yang saya buat ini, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

Marantika Dewi Anjani Pertiwi

5. Contoh CV fresh graduate SMK

cv lulusan smk
Cekresume

6. Contoh CV SMK Administrasi Perkantoran

cv lulusan smk
Cekresume

7. Contoh CV SMK Bahasa Inggris

CV lulusan SMK
Cekresume

8. Contoh CV lulusan SMK tanpa pengalaman

Talenta

Nah itulah daftar rekomendasi CV lulusan SMK beserta dengan tips dan cara membuatnya. Semoga penjelasan di atas membantu untuk membuat CV dan menginspirasi untuk terus berusaha mendapatkan pekerjaan. Selalu semangat dan terus pantang menyerah!

Baca juga  Anti Ribet! Ini Cara Cek Nomor Smartfren, Lengkap!

 




https://wvmuseums.org