gila kaya maksudnya

Pengertian Crazy Rich Beserta Asal Usul Penyebutannya


Crazy Rich kini semakin terdengar dan digunakan oleh netizen di media sosial. Apa yang dimaksud dengan kaya raya? Yakni, orang yang sangat kaya. Biasanya orang gila dimaksudkan untuk artis, sosialita, pengusaha, pejabat pemerintah untuk menggambarkan betapa kayanya mereka.

Jadi apa sebenarnya orang kaya yang gila-gilaan dan siapa sajakah orang-orang yang pantas disebut orang kaya yang gila-gilaan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Nota Kesepahaman: Pengertian, Isi, Ciri, Fungsi dan Contohnya

Definisi

Pikiran Rakyat

Istilah “sangat kaya” secara khusus diterapkan pada orang-orang yang memiliki kekayaan besar seperti bisnis, rumah cantik, dan mobil mewah. Super kaya yang berarti “super kaya” dalam bahasa Indonesia. Nama panggilan di Indonesia gila kaya terlampir untuk beberapa orang seperti Rudy Salim, Gilang dan Shendi Purnamasari yang merupakan pemilik produk perawatan kulit MS Glow. Julukan ini juga biasanya diikuti dengan nama tempat asalnya, misalnya sangat kaya Medan, Surabaya yang sangat kaya, Bali yang sangat kaya dan lain-lain.

Indonesia Kaya Gila

gila kaya maksudnya
Trenasia

Di Indonesia, orang yang disebut gila kaya adalah mereka yang suka memamerkan kekayaannya di media sosial. Pada kenyataannya, Crazy Rich sebenarnya memiliki kehidupan yang tenang dan hampir tidak pernah memamerkan kekayaannya di media sosial.

Di bawah ini adalah daftar orang kaya yang benar-benar gila yang jarang muncul di jejaring sosial, tetapi memiliki harta yang sangat besar.

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Robert dan Michael Hartono adalah saudara kandung yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya bahkan mencapai Rp 601 triliun. Orang kaya gila keturunan Tionghoa-Indonesia ini merupakan pemegang saham terbesar Bank Central Asia (BCA). Sebanyak 51% saham BCA dimiliki oleh Robert dan Michael Hartono. Sumber kekayaan lain bagi kedua bersaudara itu adalah perusahaan rokok Djarum.

2. Keluarga Wijaya

Keluarga Wijaja memiliki kekayaan sebesar 138,7 triliun rupiah Indonesia dan masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki keluarga ini berawal dari Ek Tjipta Wijaya yang meninggal pada Januari 2019. Vijaya memulai bisnis kuenya saat masih remaja. Kemudian ia mendirikan Sinar Mas Group. Setelah kematiannya, pekerjaan Vijaji dilanjutkan oleh anak-anaknya. Ada juga seorang putra, Vijaya, yang memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya sendiri.

3. Anthony Salim

Tempat ketiga di Crazy Rich Indonesia adalah Anthony Salim. Kekayaannya mencapai 121,5 triliun rupiah. Anthony Salim dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia oleh majalah Forbes dan majalah Flobe Asia. Dia membangun perusahaan mie instan dan tepung terigu.

4. Charul Tanjung

Orang kaya gila sejati berikutnya adalah Chairul Tanjung dengan total kekayaan bersih US$7,8 miliar. Chairul Tanjung adalah ketua dan pendiri CT Group Chairul Tanjung. Beliau juga pernah menjabat sebagai Menteri Perekonomian menggantikan Hatta Rajas pada tahun 2014.

BACA JUGA: Kata Selamat Datang: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Asal Usul Orang Kaya Gila di Indonesia

gila kaya maksudnya
fimela.com

The Crazy Rich pertama kali muncul dalam novel Kevin Kwan berjudul Orang Asia kaya yang gila. Istilah tersebut menjadi lebih dikenal setelah novel tersebut dibuat menjadi film, dengan Henry Golding berperan sebagai aktor di dalamnya.

Film ini menceritakan tentang dunia dan kehidupan para konglomerat Asia, khususnya di Singapura. Dalam film ini, kehidupan orang kaya Asia dikemas dengan sangat baik. Kemudian konglomerat tersebut mendapat julukan “crazy rich”.

Sejak itu, julukan “Orang Kaya Gila” melekat pada orang yang sangat kaya. Selain orang kaya yang gila, ada juga julukan Sultan untuk orang dengan kekayaan luar biasa. Beberapa nama artis yang mendapat julukan “Sultan” dari netizen adalah Raffi Ahmad, Andre Taulani dan Anang Hermansia.

Baca juga  15 Rekomendasi Film Sci Fi Terbaik untuk Ditonton Akhir Pekan

Meski berawal dari Crazy Rich Asians, fenomena Crazy Rich di Indonesia mulai booming saat sebuah pesta pernikahan akbar berlangsung di Surabaya. Pernikahan tersebut kemudian menjadi perbincangan banyak warganet, karena sang mempelai pria memberikan suvenir berupa smartphone kepada para undangan. Selain itu, kedua mempelai juga mengundang penyanyi populer Raisa sebagai pengisi acara.

Crazy rich adalah orang super kaya yang identik dengan memamerkan kekayaannya di media sosial. Sedangkan real crazy rich artinya orang yang benar-benar kaya, yang hidupnya asik tanpa pamer kekayaannya, tapi sudah diketahui publik.

JCrazy Rich pertama kali menjadi terkenal dengan novel Crazy Rich Asians, yang kemudian dibuat menjadi film. Beberapa orang kaya gila Indonesia antara lain Robert Budi Hartono, Rudy Salim dan Chairul Tanjung.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org