10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya


Pernahkah Sedulur membuat contoh teks laporan hasil observasi pada waktu sekolah atau kuliah? Teks laporan hasil observasi merupakan suatu jenis laporan akhir yang biasanya ditulis ketika seseorang telah selesai melakukan sebuah pengamatan atau observasi. 

Teks laporan tersebut biasanya berisikan penjelasan umum dari objek pengamatan. Objek pengamatan dapat berupa berbagai macam, seperti manusia, tumbuhan, hewan, benda, fenomena sosial, musik, dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas bersama-sama pengertian dari teks laporan hasil observasi. Selain itu, terdapat juga beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta strukturnya yang akan dibahas. Yuk, langsung simak saja informasi-informasi di bawah ini!

BACA JUGA: 40 Ucapan untuk Orang Sakit Agar Lekas Sembuh

Pengertian teks laporan hasil observasi

Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan contoh-contoh, ada baiknya kita terlebih dahulu mengupas sekilas tentang jenis laporan hasil ini. Observasi yang dilakukan dalam teks laporan hasil tersebut memiliki makna suatu pengamatan dan pencatatan yang dilakukan secara sistematik mengenai berbagai tanda yang muncul di objek penelitian. Proses pengamatan tersebut biasanya akan menghasilkan bermacam-macam fakta sesuai apa yang dilihat dan didengar oleh pelaku observasi

Lebih lanjut lagi, mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), observasi adalah sebuah kegiatan peninjauan secara cermat. Apabila kita menganut pengertian kata “observasi” dari kamus tersebut, maka akan didapati bahwa teks laporan hasil observasi adalah pendeskripsian suatu objek pengamatan yang ditinjau dari aspek-aspek tertentu, seperti bentuk, ciri, dan aspek lain yang bersifat umum.

Apabila dilihat secara sepintas, karakteristik yang dimiliki oleh teks laporan hasil observasi sejatinya serupa dengan teks deskripsi. Keduanya sama-sama memiliki elemen penyampaian informasi berdasarkan fakta yang ditemukan pada saat proses observasi. 

Kemudian, perbedaan antara keduanya terletak pada hasil pengamatan yang dilakukan. Hasil pengamatan pada contoh teks laporan hasil observasi biasanya bersifat lebih universal, sedangkan hasil pengamatan pada teks deskripsi sangat terfokus pada objeknya, sehingga lebih bersifat individual.

Teks laporan hasil observasi memiliki tujuan utama untuk memaparkan informasi tentang pengamatan yang telah dilakukan. Informasi tersebut kemudian dikategorikan menjadi beberapa kriteria berdasarkan fakta yang ada, tergantung si pelaku observasi. Karena sifatnya yang objektif dan sistematis, teks laporan hasil observasi dapat menjadi jawaban atau hipotesis dari sebuah permasalahan.

Tujuan lain dari teks laporan hasil tersebut adalah untuk mengambil kesimpulan. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan mengambil kesimpulan adalah demi menyumbangkan manfaat dalam ilmu pengetahuan.

Terdapat beberapa ciri dan karakteristik dari sebuah teks laporan hasil observasi, berikut adalah poin-poin rangkumannya.

  • Teks laporan hasil observasi disusun secara objektif dan sistematis.
  • Teks laporan hasil observasi dijabarkan dari sudut pandang keilmuan.
  • Teks laporan hasil observasi berisi pembahasan objek-objek pengamatan yang berfokus pada aspek-aspek tertentu.
  • Teks laporan hasil observasi memiliki perincian tentang klasifikasi dan informasi objek pengamatan.
  • Teks laporan hasil observasi dibuat dengan menggunakan bahasa baku dan jelas.

BACA JUGA: 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Struktur teks laporan hasil observasi

contoh teks laporan hasil observasi
Depositphotos

Setelah membahas tentang pengertian dari contoh teks laporan hasil observasi, beserta dengan tujuan serta karakteristiknya, pada bagian ini kita akan sedikit mengulas mengenai struktur yang terdapat dalam teks laporan hasil tersebut.

Setidaknya terdapat empat bagian utama dari sebuah teks laporan hasil observasi, yaitu judul, pernyataan umum, deskripsi bagian, serta deskripsi manfaat.

  1. Judul

Judul menjadi salah satu bagian penting dari teks laporan hasil observasi karena ia akan memuat tentang keseluruhan informasi dari hasil pengamatan.

  1. Klasifikasi umum

Klasifikasi umum berisikan garis besar dari objek pengamatan, berperan untuk mengenalkan berbagai informasi yang berkaitan dengan objek tersebut.

  1. Deskripsi bagian

Pada bagian ini, akan tertulis berbagai gambaran dari objek yang diamati. Misalnya, ketika meneliti tumbuhan, maka harus dijelaskan tentang wujud fisik dari bunga, akar, buah, dan lain-lain.

  1. Deskripsi manfaat

Pada bagian ini, akan tertulis manfaat dan sifat khusus dari objek observasi. Terdapat juga kesimpulan dari hasil pengamatan.

Baca juga  10 Contoh Company Profile Beserta Cara Membuatnya

BACA JUGA: Mengenal Katsuobushi, Sajian Jepang dari Serpihan Ikan

Contoh teks laporan hasil observasi beserta strukturnya

contoh teks laporan hasil observasi
Depositphotos

Semoga Sedulur sudah sedikit lebih paham tentang seluk beluk dari laporan hasil observasi, ya. Di atas telah kita ulas bersama-sama mengenai pengertian, tujuan, ciri dan karakteristik, serta struktur dari jenis laporan tersebut.

Di bawah ini terdapat beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang dapat dijadikan referensi bagi Sedulur. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Teks laporan hasil observasi singkat

Kelinci

Kelinci merupakan hewan mamalia yang dapat dengan mudah ditemui di berbagai belahan dunia. Pada zaman dahulu, kelinci termasuk hewan liar yang hidup di dataran Afrika hingga sebagian Eropa. Jika dikelompokkan, kelinci dibagi menjadi dua, yaitu kelinci liar atau kelinci lepas dan kelinci peliharaan.

Pembagian kelinci juga kemudian dapat dibagi lagi menjadi dua berdasarkan penampakannya, yaitu kelinci bulu panjang dan kelinci bulu pendek. Jenis-jenis kelinci pun ada bermacam-macam, seperti Lyon, Amerika, Inggris, Himalaya, dan lain sebagainya.

Makanan sehari-sehari kelinci adalah wortel. Tetapi, apabila diamati lebih lanjut, kita dapat memberinya makan sisa sayuran, biji-bijian, umbi-umbian, serta tahu. Lebih lanjut lagi, beberapa studi menyebutkan bahwa daging kelinci dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk meredakan penyakit asma.

2. Teks laporan hasil observasi tentang buah jeruk

contoh teks laporan hasil observasi
Depositphotos

Jeruk

Jeruk adalah salah satu jenis buah yang termasuk ke dalam kategori Citrus. Buah tersebut berasal dari daerah Myanmar, India, dan Cina Selatan. Di era modern ini, tumbuhan jeruk menjadi tumbuhan buah yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Salah satu negara di Amerika Selatan sana menjadi produsen terbesar dari buah jeruk. Negara tersebut adalah Brazil. Cina dan India kemudian menyusul peringkat kedua dan ketiga. Jeruk menjadi salah satu buah yang paling diminati dimanapun itu, maka dari itu tidak heran bahwa produksinya semakin naik dari tahun ke tahun.

Buah jeruk mempunyai berbagai macam jenis, dan setiap jenisnya memiliki karakteristik khasnya tersendiri. Terdapat buah jeruk yang memiliki segmen yang bisa dipisahkan, namun ada juga yang tidak bisa dipisahkan. Terdapat buah jeruk yang hampir sebesar melon, namun ada juga yang sekecil bola bekel.

Sebagian besar jeruk yang dapat kita temui memiliki kandungan vitamin C yang tergolong tinggi. Vitamin C sangat baik untuk mendukung kesehatan gusi dan memperkuat daya tahan tubuh. 

Selain dari sudut pandang kesehatan, manfaat jeruk juga didapatkan dari segi olahan makanan atau minuman. Jeruk sering digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan yang enak dan minuman yang menghilangkan dahaga. Jadi tidak heran bahwa semua orang menyukai buah ini.

3. Teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan kaktus

Kaktus

Kaktus merupakan sebuah tumbuhan dari famili Cactaceae. Ia menjadi sangat khas karena dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa air. Habitatnya sendiri berada di daerah gurun, padang rumput kering, atau wilayah-wilayah lain yang panas. Karakteristik khas yang bisa dilihat dari tanaman tersebut adalah daun kaktus yang berbentuk duri, batang yang dilapisi lilin, dan akar yang panjang untuk digunakannya mencari air pada cuaca kering tanpa hujan. 

Seperti yang telah kita ketahui, kaktus dapat bertahan hidup lama tanpa air. Hal tersebut dikarenakan kaktus dapat menyimpan banyak air pada bagian batang. Alhasil, walaupun dalam kondisi lingkungan sekitarnya yang sangat kering, ia tetap bisa hidup. Pada malam hari, kaktus akan melakukan gerakan untuk membuka stomata dan kemudian mengambil karbondioksida untuk disimpan di bagian vakuola. 

Kita dapat memanfaatkan kaktus untuk berbagai macam hal, salah satunya sebagai hiasan di rumah. Perawatannya yang tergolong mudah dan tidak kalah cantik dengan tanaman hias lainnya menjadi dua faktor mengapa kaktus semakin diminati.

4. Teks laporan hasil observasi tentang sampah

contoh teks laporan hasil observasi
Depositphotos

Sampah

Sampah adalah istilah sisa buangan dari suatu barang atau produk yang tidak lagi digunakan. Apabila diamati berdasarkan jenisnya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik (sampah yang bisa terurai) dan sampah anorganik (sampah yang sulit terurai). 

Baca juga  15 Contoh Teks Narasi Beserta Penjelasan, Jenis & Strukturnya

Sampah anorganik yang tidak bisa terurai inilah yang menjadi biang kerok masalah bagi lingkungan kita. Fakta tersebut benar adanya, karena sampah ini sulit terurai, dapat bertahan hingga bertahun-tahun, bahkan hingga ribuan tahun.

Apabila sampah anorganik ini tidak dikelola secara benar, maka ia dapat menimbulkan sejumlah dampak negatif bagi lingkungan dan makhluk hidup yang menempatinya. Salah satu tempat yang biasa menjadi tempat berkumpulnya sampah pembuangan adalah sungai.

Sampah-sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan pencemaran pada ekosistem sungai. Makhluk hidup yang tinggal di sungai, seperti ikan, menjadi korban utama dampak negatif tersebut.  Lebih lanjut lagi, kualitas air yang semakin memburuk akibat sampah tidak akan hanya mengurangi makanan ikan, tetapi juga bisa berujung pada kepunahan ikan-ikan tersebut. Penumpukan sampah di aliran sungai juga dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir yang tentu merugikan manusia yang tinggal di bantaran sungai.

Contoh sampah yang sulit terurai adalah bungkus plastik, botol minuman, kaca, kertas, serta logam. Semua jenis sampah itu harus bisa dikelola secara baik dan benar untuk menghindari risiko negatif yang dapat muncul.

BACA JUGA: 15 Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

5.  Teks laporan hasil observasi tentang keindahan alam Gunung Slamet

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif yang terdapat di pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan lima wilayah, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Brebes.

Ketinggian gunung tersebut yaitu sekitar 3.248 mdpl, membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah.

Banyak pecinta alam yang naik ke puncak gunung walaupun menempuh jarak dengan durasi pendakian sekitar 8 hingga 12 jam. Setelah mencapai puncak, kita akan melihat pemandangan beberapa kabupaten yang terletak mengelilingi Gunung Slamet dan juga pemandangan gunung-gunung lainnya yang berada di sekitar lokasi.

Menuju ke puncak Gunung Slamet tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Jalur-jalurnya sangat terjal, butuh bimbingan dari pendaki senior. Jadi, tetap berhati-hati dan waspada pada saat proses pendakian adalah solusi yang terbaik.

6. Teks laporan hasil observasi tentang hutan

Depositphotos

Hutan

Hutan memiliki peranan yang penting bagi keseimbangan ekosistem flora dan fauna di dalamnya dan juga pusat paru-paru dunia sebagai penghasil oksigen. Dari semua negara dan wilayah yang memiliki hutan, Indonesia menjadi peringkat ke-9 dengan hutan terluas, yaitu sekitar 888.950 meter persegi. 

Sayangnya, luas hutan di sekitar kita mengalami penurunan karena dari tahun ke tahun. Hal tersebut terjadi karena berbagai faktor, baik itu diakibatkan oleh manusia sendiri ataupun karena alam. Contoh faktor karena manusia adalah penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan dengan sengaja, alih fungsi lahan hutan menjadi pabrik atau tempat tinggal, dan lain-lain.

Berbicara tentang fungsi, hutan berperan signifikan dalam menyeimbangkan ekosistem. Tanpa hutan, produksi oksigen dunia dapat mengalami penurunan. Maka dari itu, berbagai kegiatan yang menyebabkan menurunnya luas hutan perlu dibatasi agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu dan menjaga kepunahan makhluk hidup.

7.  Teks laporan hasil observasi tentang hutan bakau

Hutan Bakau

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, luas hutan bakau di Indonesia mencapai 4,3 juta hektar, menjadikannya negara dengan hutan bakau terluas.

Hutan bakau merupakan salah satu bagian dari ekosistem pantai kita. Ia merupakan hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau, letaknya berada di garis pinggir pantai. Hutan bakau biasanya akan tumbuh di wilayah pantai yang airnya pasang dan surut. 

Dengan posisi hutan tersebut, tentunya ia sangat dipengaruhi oleh keadaan air laut. Hutan bakau akan tergenang air laut di masa pasang, kemudian akan kosong dari genangan air ketika air laut mengalami surut. Fenomena air laut di hutan bakau tersebut terjadi secara berkala.

Terdapat karakteristik khas dari hutan bakau. Gelombang laut yang besar tidak dapat menjangkau hutan ini. Selain itu, hutan bakau juga terhindar dari arus pasang surut air laut yang memiliki tarikan kuat. Tentunya, hutan tersebut menjadi berawa-rawa karena air yang datang dan pergi.

Baca juga  Pengertian, Manfaat, Contoh & Penggunaannya

Terdapat sejumlah fungsi dan manfaat dari hutan bakau. Jika dilihat dari fisiknya, hutan bakau dapat dengan kuat menahan abrasi pantai. Masyarakat sekitar hutan bakau juga dapat memanfaatkannya sebagai sumber mata pencaharian, dimana biasanya terdapat binatang yang bisa diambil di lingkungan tersebut.

8. Teks laporan hasil observasi tentang pantai

Depositphotos

Pantai

Pantai adalah wilayah perbatasan antara daratan dengan lautan. Batas tersebut berlaku dari zona laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Tidak heran, sifat-sifat wilayah pantai serupa dengan wilayah daratan. Jika dilihat dari bentuknya, terdapat empat macam jenis pantai, yaitu pantai landai, pantai curam, pantai bertebing, dan pantai karang.

Pantai sendiri  menjadi tempat wisata yang populer untuk dinikmati bersama keluarga dan teman. Lebih daripada sekedar tempat wisata, wilayah pantai memiliki ekosistem yang kaya akan bermacam-macam komponen biotik dan komponen abiotik. 

Komponen tersebut dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia, contohnya seperti  pasir yang dicampur dengan air laut kemudian diolah menjadi garam, serta manfaat-manfaat lain seperti dalam aspek kesehatan.

BACA JUGA: 12 Laptop 10 Jutaan 2022 untuk Bikin Konten & Gaming

9. Teks laporan hasil observasi tentang Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta (TPY) merupakan satu di destinasi wisata pendidikan dan wisata edukasi paling sering dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung Yogyakarta. Bangunan TPY sangat menampilkan kesan modern dan tradisional yang mempunyai karakteristik tersendiri. TPY menawarkan sejumlah wahana belajar dan rekreasi bagi anak-anak, baik itu anak dengan usia pra sekolah sampai dengan tingkat sekolah menengah.

Terbentuknya Taman Pintar Yogyakarta (TPY) sejatinya terinspirasi dari dibangunnya pusat peragaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada sebelumnya, seperti di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Taman Pintar Yogyakarta (TPY) dipenuhi dengan bermacam-macam materi iptek yang terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Untuk kelompok usia dibagi lagi menjadi tingkat pra sekolah, TK, SD, hingga SMP-SMA. Penekanan materi di wahana TPY kemudian disampaikan dengan interaksi antara pengunjung melalui sejumlah anjungan. Anjungan tersebut seperti anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permainan, dan juga anjungan penerapan iptek.

10. Teks laporan hasil observasi tentang kucing

Depositphotos

Kucing

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan rumahan yang paling populer di antara binatang mamalia lainnya. Kucing sendiri termasuk ke dalam binatang karnivora karena makanan utamanya adalah daging. Ciri karnivora  sangat terpampang di struktur gigi kucing yang tajam, runcing, serta bertaring.

Terdapat beberapa jenis kucing berdasarkan asalnya, yaitu kucing kampung (Indonesia), kucing anggora, kucing Persia, dan juga kucing hutan.

Ciri fisik kucing yang dapat kita amati adalah kumisnya. Kumis tersebut berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan dalam kondisi gelap. Selain kumis, kaki kucing juga memiliki ciri khasnya. Kucing memiliki bantalan halus di telapak kakinya dengan berbagai macam warna, terkadang ada yang coklat semu kehitaman atau bahkan merah muda. Bantalan ini berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan.

Kucing hidup dalam hubungan mutualisme dengan manusia karena ia telah mengalami proses penjinakan. Manusia sering membiarkan kucing liar hidup di pemukiman sekitar. Kucing banyak dimanfaatkan untuk menangkap tikus-tikus dan hama-hama pengganggu lainnya.

Nah Sedulur, itulah 10 contoh teks laporan hasil observasi dengan beberapa tema dan juga pengertian beserta strukturnya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan berkaitan dengan teks laporan hasil observasi, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org