contoh pidato persuasif

12 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Berbagai Tema


Dalam berbagai acara resmi, pidato merupakan bagian penting yang tidak bisa dilewatkan. Salah satu pidato yang biasa disampaikan adalah pidato persuasif. Pidato ini bertujuan untuk membujuk serta mempengaruhi audiens agar melakukan suatu hal. Jika Sedulur sedang mencari contoh pidato persuasif, maka Sedulur dapat menyimak informasi di bawah ini. 

Sama seperti pidato yang lainnnya, struktur pidato persuasif terdiri dari salam pembuka, pembukaan, isi dan juga penutup. Berikut beberapa contoh pidato persuasif yang dapat Sedulur jadikan referensi. 

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Penutup Pidato untuk Segala Jenis Acara

1. Pengertian pidato teks persuasif

iStock

Teks persuasif adalah sebuah teks pidato yang berisi pernyataan untuk mendorong serta mengajak seseorang atau khalayak ramai untuk melakukan sesuatu. Jenis pidato ini berisi pesan yang disampaikan kepada audiens untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk masyarakat.

2. Tujuan pidato persuasif

contoh pidato persuasif
Freepik

Berikut beberapa tujuan dalam pidato persuasif yang perlu Sedulur ketahui.

a. Pembentukan tanggapan

Tujuan pidato persuasif yang pertama adalah untuk membentuk masyarakat supaya dapat memberikan tanggapan. Sehingga para pendengar dapat berbicara serta berperan aktif dalam menanggapi pidato. Sebagai seseorang yang sedang berpidato, kita harus mampu mengaitkan topik pembicaraan dengan kondisi masyarakat saat ini agar nantinya akan menghasilkan tanggapan yang natural.

b. Penguatan tanggapan

Ketika telah adanya pembentukan tanggapan yang baik dan topik yang sesuai dengan pembicaraan, tahapan selanjutnya adalah menguatkan tanggapan tersebut. Memberikan penguatan tanggapan bagi sekelompok masyarakat memiliki tujuan kesinambungan pada perilaku yang sedang berlangsung terhadap beberapa topik, gagasan atau isu tertentu. Pada dasarnya proses ini juga bertujuan untuk mendorong audiens bahwa yang dilakukan mendapat dukungan dan juga berdasarkan data atau nilai-nilai dalam masyarakat.

c. Pengubahan tanggapan

Pengubahan tanggapan umumnya dilakukan kepada audiens atau kelompok masyarakat karena adanya kebiasaan buruk. Sebagai pembicara pidato atau orator, maka Sedulur harus bisa mengubah pemikiran dan mengajak audiens untuk berubah kepada hal yang lebih baik. Contohnya seperti mengajak masyarakat untuk membuah sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan dimanapun kamu berada,dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA : 7 Contoh Teks Prosedur Singkat Beserta Strukturnya

3. Contoh pidato persuasif singkat

contoh pidato persuasif
Freepik

Selamat pagi!

Hadirin yang saya hormati,

Bumi ini sudah semakin tua. Kita selaku penghuni yang lebih berakal dari hewan dan tumbuhan haruslah menjaganya demi masa depan anak cucu kita. Jangan sampai udara, air, dan tanah yang masih bersih sekarang hilang sehingga tidak bisa dinikmati oleh keturunan kita.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk melestarikan bumi. Pertama, kita bisa menjaga bumi dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Kedua, gunakanlah air bersih secukupnya dan tidak boros. Ketiga, manfaatkanlah lahan selayaknya jangan sampai berlebihan sehingga bisa mengakibatkan berbagai bencana.

Hadirin yang saya hormati,

Udara kini semakin panas, air bersih jadi barang ekonomi, dan tanah tak lagi subur seperti dulu. Mari kita bersama-sama mulai melakukan penghijauan alam untuk anak cucu kita. Mereka berhak mendapatkan air bersih, udara bersih, dan tanah yang subur.

Mari mulai dari sekarang dan mari mulai dari hal terkecil, dari yang paling dekat dengan diri kita.

Sekian.

Semoga pidato singkat ini membawa manfaat.

Salam.

4. Contoh teks pidato persuasif beserta strukturnya

contoh pidato persuasif
Freepik

(Bagian Pembukaan)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah, serta Bapak/Ibu Wali Kelas.

Pada pagi hari yang cerah ini, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan berkah dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

Bapak/Ibu dan teman-teman, izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang pentingnya membaca.

(Isi Pidato)

Teman-teman sekalian, sebagai seorang pelajar selayaknya kita mencintai ilmu pengetahuan. Sebagian besar ilmu datang dari buku. Seperti yang kita ketahui, buku adalah jendela ilmu dan jendela dunia. Melalui buku, kita dapat mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan wawasan.

Untuk itu, marilah kita menjadi generasi yang memiliki kegemaran membaca. Mengapa demikian?

Jawabannya karena dengan membaca kita mendapatkan banyak manfaat berupa wawasan, pengetahuan tentang hal baru, serta melatih kemampuan berpikir dan konsentrasi kita. Jika kita melihat tokoh-tokoh besar, baik nasional maupun internasional, mereka memiliki kegemaran membaca. Pendiri Tesla, Elon Musk selalu menyempatkan diri untuk membaca buku. Bapak BJ Habibie memiliki perpustakaan pribadi dengan 5000 koleksi buku.

Baca juga  Urutan Skincare Daily dan Weekly untuk Berbagai Jenis Kulit

Mungkin, selama ini kita lebih banyak menghabiskan waktu luang untuk bersantai, bergurau, atau bermain game. Sekarang sudah saatnya kita mengubah kebiasaan itu menjadi waktu untuk membaca buku. Bahkan, di zaman sekarang kita tidak harus membaca buku. Kita juga bisa membaca buku elektronik melalui ponsel atau komputer kita. Dengan kemudahan itu, marilah kita gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk membaca dan menambah wawasan kita.

(Bagian Penutup)

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan kata-kata mutiara yang dikutip dari “Mata Najwa” yang berbunyi, “Membaca adalah upaya merekuk makna ikhtiar untuk memahami alam semesta. Itulah mengapa buku disebut jendela dunia, merangsang pikiran agar terus terbuka.”

Sekian pidato yang saya sampaikan pagi hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BACA JUGA : Pengertian Teks Laporan Beserta Struktur, Ciri dan Tujuannya

5. Contoh pidato persuasif tentang lingkungan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sehat dan selamat pagi untuk para guru-guru dan juga para sahabat-sahabat satu perjuangan. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita berupa kesehatan pada hari ini sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul bersama-sama di sini.

Hadirin yang berbahagia.

Indonesia dikenal sebagai negara dengan muslim terbanyak di dunia. Salah satu jargon dari hadist yang sering digaungkan pun adalah kebersihan sebagian dari iman. Namun sungguh ironis ketika kita melihat masih banyak suadara muslim kita yang membuang sampah sembarangan. Padahal ketika kita melihat Jepang yang acapkali dianggap sebagai negara Kafir, atau bahkan Singapura, tak satupun kita melihat sampah berserakan.

Jikalau kita benar-benar masih menganggap diri sebagai seorang muslim, maka seharusnya kita malu dengan realita sehari-hari ini. Untuk itu saudara-saudaraku, marilah kita membuang sampah pada tempatnya. Tak perlu kita menyuruh orang lain agar bisa membuang sampah pada tempatnya jika kita sendiri masih belum bisa melakukannya

Dengan keberanian kita untuk membuang sampah pada tempatnya di tengah masyarakat yang tak acuh dengan kebersihan lingkungan, kita bisa menjadi contoh dan perlahan-lahan tapi pasti, kebersihan lingkungan bisa tercapai.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Contoh pidato persuasif singkat kemerdekaan

iStock

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat hadirin sekalian,

Pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Hari ini, 17 Agustus 2022 merupakan hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia.

77 tahun lalu di hari yang sama, yakni pada 17 Agustus 1945, Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Oleh karena itulah setiap tanggal 17 Agustus selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, yang saat ini sudah menginjak usianya yang ke-77.

Marilah bersama-sama kita renungkan perjuangan para leluhur kita dalam usaha merebut kemerdekaan. Berkat jasa beliaulah saat ini kita semua bisa menghirup udara kebebasan tanpa adanya ancaman dari para penjajah.Tentunya tidak cukup untuk sekadar kita direnungkan.

Kemerdekaan yang telah diperjuangkan para leluhur, bukan hanya untuk menjadi sebuah renungan. Tugas kita semua saat ini adalah melanjutkan perjuangan para leluhur kita, dengan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Kita lestarikan budaya gotong royong, saling membantu antar sesama, dan jangan mau diadu domba oleh pihak manapun.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk semua. Terima kasih.

7. Contoh pidato persuasif tentang narkoba

contoh pidato persuasif
iStock

Assalamualaikum wr wb.

Selamat siang hadirin semua. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Di hari ini saya ingin menyampaikan sepatah kata mengenai narkoba dan hukum yang mengaturnya.

Seperti yang kita ketahui, narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Di Indonesia narkoba adalah hal yang dilarang dan telah diatur di UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Dalam aturan tersebut tertulis bahwa semua orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, dan menyediakan narkoba akan dikenakan hukum pidana.

Sayangnya, para pengedar narkoba kini menjadi semakin cerdik dan memanfaatkan orang lain di luar sindikat mereka untuk mengantar narkoba tanpa sepengetahuan kurir tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, jangan pernah mau mengirim sesuatu tanpa mengetahui apa yang dititip atau diserahkan pada kita. Bila menemui orang mencurigakan, segera melapor ke polisi.

Baca juga  15 Contoh Artikel Singkat yang Benar & Baik Dengan Beragam Tema

Mari sama-sama jaga generasi kita dari bahaya narkoba. Sekian dari saya, tetap waspada dan selamat siang.

BACA JUGA : Apa itu Hosting: Pengertian, Jenis, Manfaat & Cara Kerjanya

8. Contoh pidato persuasif tentang pendidikan

freepik

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pada pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya sehingga kita dapat berkumpul di aula sekolah SMPN 2 Karanganyar dalam keadaan sehat. Amin.

Siswa dan siswi SMPN 2 Karanganyar yang saya cintai,

Sebagai seorang pelajar, sudah selayaknya kalian semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besarnya tertuang dalam buku-buku. Buku merupakan jendela ilmu karena dari sanalah kalian akan meraup banyak sekali wawasan, ilmu dan pengetahuan. Jadilah generasi yang gemar membaca. Mengapa? Membaca akan mendatangkan banyak manfaat seperti;

  • Meningkatkan wawasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
  • Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis.
  • Membuat seseorang mampu berpikir mendalam dan lebih bijak.
  • Meningkatkan peluang untuk sukses di bidang akademik maupun non-akademik.
  • Melatih kecerdasan memori.
  • Memperbanyak kosakata yang dimiliki.
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa, terutama bahasa tertulis.
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Anak-anakku yang berbahagia,

Semua tokoh besar nasional maupun dunia pasti punya kegemaran membaca. Contohnya Bapak BJ.Habibie yang di perpustakaan pribadinya mengoleksi 5.000 buku. Sebagai generasi penerus bangsa, kalian jangan kalah dengan beliau. Kalian harus lebih banyak membaca supaya dapat mengikuti jejak langkah Bapak Habibie menjadi generasi yang gemilang.

Sisa-siswi SMPN 2 Karanganyar yang saya cintai,

Bila selama ini kalian banyak menghabiskan waktu luang untuk bermain game atau bersenda gurau belaka, maka mulai sekarang alihkanlah untuk membaca buku. Semoga dengan gemar membaca buku, kalian menjadi orang-orang yang lebih bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

9. Contoh pidato persuasif tentang kesehatan

pidato perpisahan
Freepik

Selamat sehat untuk kita semua.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmatNya sehingga kita dapat bertemu dalam webinar dengan tema “Mematuhi Protokol Kesehatan di Tengah Ancaman Covid-19”.

Saudaraku sebangsa dan setanahair,

Banyak berita-berita bohong yang tersebar di masyarakat terkait covid-19 ini. Seolah-olah berita tersebut benar karena disertai dengan data-data yang tentunya tidak valid. Berita bohong seperti covid-19 sebenarnya tidak ada, hanya rekayasa politik, atau rekayasa orang-orang kesehatan untuk meraup keuntungan yang besar dapat merugikan masyarakat.

Faktanya, hingga hari ini, covid-19 telah membunuh 224 dokter dan 146 perawat. Masih banyak saudara tenaga medis yang dirawat secara intensif hingga detik ini. Sedangkan angka kematian total hingga hari ini mencapai 21.703 jiwa. Hal ini merupakan bukti konkrit bahwa covid-19 masih menjadi ancaman bagi kita semua.

Saya tidak bermaksud menakut-nakuti, namun mari kita tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan. Anda boleh ke luar rumah dengan tetap menggunakan masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak. Hindari dulu kerumunan, apalagi untuk acara-acara yang sifatnya kurang penting.

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan asupan nutrisi. Konsumsi makanan berprotein tinggi, vitamin dan mineral. Upayakan cukup istirahat dan hindari stres karena stres dapat menurunkan imun kita.

Saudaraku yang saya cintai,

Saya rasa cukup apa yang saya sampaikan. Besar harapan saya agar protokol kesehatan ini dapat selalu kita patuhi supaya angka kematian 21.703 jiwa ini tidak terus bertambah. Jangan sampai kita terinfeksi, baru kemudian menyadari betapa pentingnya menjaga protokol kesehatan.

Sekian dan salam sehat.

BACA JUGA : Manajemen Waktu: Pengertian, Manfaat, Karakteristik & Caranya

10. Pidato persuasif tentang membayar pajak

contoh pidato persuasif
Freepik

Selamat pagi, bapak, ibu, & para hadirin yg mulia. Pada kesempatan ini, izinkanlah saya menyampaikan pemikiran saya tentang pentingnya peran kita dlm membangun bangsa & negara dgn cara membayar pajak.

Tidak sedikit orang yg langsung pesimis atau skeptis tatkala disodorkan fakta bahwa pajak adalah salah satu cara terbaik untuk memajukan bangsa & negara. Siapa yg mau mengeluarkan uang, penghasilannya sendiri, untuk diberikan pada negara, tanpa ada jaminan ia pula akan menerima manfaat tersebut dengan-cara langsung?

Para hadirin yang mulia, pajak adalah bentuk kerjasama kita sebagai suatu bangsa. Dengan membayar pajak, kita memberi modal pada negara untuk melaksanakan pembangunan & memberikan manfaat yg sebesar-besarnya pada seluruh bangsa. Negara, melalui pemerintah, menyalurkanp ajak yg kita berikan ke dlm berbagai sektor, mulai dr pembangunan inrastruktur hingga pelayanan sosial, seperti kesehatan, pendidikan, & lain sebagainya.

Baca juga  Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan Agar Hubungan Baik

Tanpa pajak, kita akan kesulitan membiayai bidang-bidang tersebut & kegiatan ekonomi kita sebagai satu negara pula akan hancur perlahan-lahan. Oleh karena itu, jika kita memang mencintai negara kita ini & ingin menjadikannya maju, marilah kita rajin membayar pajak sesuai dgn kewajiban kita masing-masing.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besar.

11. Pidato persuasif tentang toleransi 

iStock

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang terhormat,

Mari kita mengucap syukur atas karunia, rahmat dan nikmat sehat yang telah Allah berikan. Sehingga siang hari ini kita dapat berkumpul tanpa kendala apapun.

Hari ini, perkenankan saya menyampaikan pidato berjudul “Pentingnya Toleransi Antar Umat Beragama.” Perlu kita pahami, toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati anta individu maupun kelompok. Di Indonesia terdapat 6 agama yang dianut oleh setiap warganya. Tentu saja dari masing-masing agama memiliki banyak perbedaan. Akan tetapi, tujuan mereka tetaplah sama yakni Tuhan Yang Maha Esa.

Banyaknya perbedaan, harus tetap membuat kita saling menghargani dan menghormati. Terlebih, agama adalah sesuatu yang sensitif bagi seseorang karena menyangkut hubungannya dengan sang pencipta. Semua agama pasti mengajarkan kebaikan untuk umatnya. Tidak mungkin ada agama yang mengajarkan keburukan kepada sesama manusia. Sayangnya, ada banyak sekali kejadian yang menyeret ajaran dalam suatu agama.

Hal-hal yang tadinya kecil menjadi besar hinggu menimbulkan perpecahan. Dengan adanya kejadian-kejadian tersebut maka kita bisa ambil sebagai contoh. Yang mana kita harus bisa mengontrol perbuatan juga perkataan supaya tidak menyinggung perasaan orang lain, apalagi jika berhubungan dengan agama. Pasalnya, dengan mengejek, merendahkan dan mencemooh agama tidaklah berfaedah.

Sebagai penganut agama yang baik, sudah selayaknya bagi kita untuk teguh dengan akidah masing-masing. Khususnya kita sebagai umat muslim, harus bertoleransi dengan dibarengi pada prinsip adil serta membela kebenaran. Pada intinya, marilah kita menjadikan keberagaman serta perbedaan ini menjadi sesuatu yang indah. Sesuai dengan dasar negara Pancasila dan semboyan Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Sekian pidato yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

12. Pidato persuasif tentang gadget

Freepik

Selamat siang rekan-rekanku semua.

Saat ini memang sulit sekali bagi kita untuk tidak memiliki gadget yang canggih. Kita sudah terbiasa hidup di tengah masyarakat yang serba modern dan instan. Apapun bisa dilakukan hanya dari smartphone yang ada di genggaman tangan. Semua jadi terasa muda berkat teknologi pintar di sekotak kecil gadget ini.

Tapi, sadarkah kita bahwa gadget canggih mulai mengambil alih kehidupan sosial masyakarat? Mari kita renungkan sekali lagi. Kapanpun kita pergi, kita selalu menghadap ke gadget. Dimanapun kita berada, wajah dan mata kita selalu tertuju pada layar ponsel. Kita jadi asing dengan lingkungan sekitar. Kita tak peduli lagi pada siapa dan apa yang ada di hadapan kita.

Gadget tanpa sadar telah mengambil waktu kebersamaan dan interaksi sosial kita dengan manusia lainnya. Gadget membuat kita jadi manusia yang individualistik. Interaksi sosial kita dengan keluarga dan lingkungan sekitar jadi renggang. Gadget telah mengambil alih perhatian kita yang dulunya banyak dicurahkan untuk keluarga, teman, rekan, dan juga kegiatan fisik.

Jadi, marilah kita mulai membatasi penggunaan gadget. Marilah kita mulai menghargai setiap detik waktu kebersamaan bersama dengan keluarga dan sahabat. Jangan sampai gadget justru menghancurkan kehidupan sosial kita di dunia nyata. Jangan sampai kita menjadi pecandu gadget. Mari kita mulai kembali melakukan aktivitas fisik dan sosialisasi yang bermanfaat.

Demikianlah contoh pidato persuasif yang dapat Sedulur jadikan referensi . Pidato persuasif merupakan salah satu jenis pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat agar menyetujui atau mengubah pandangannya tentang suatu hal. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org