Daftar Universitas Terbaik di Indonesia, yang Mana Kampusmu?

10 Contoh Pidato Persuasif dengan Beragam Tema Menarik


Gaya persuasif adalah salah jenis pidato yang sering digunakan untuk mewujudkan tujuan tertentu. Kamu perlu membaca contoh pidato persuasif agar lebih tahu bagaimana gambarannya.

Nah, untuk mendapatkan informasi yang lengkap baca artikel berikut sampai habis, yuk!

 

Summary:

  • Pidato persuasif merupakan salah satu seni menyampaikan gagasan yang berkemungkinan untuk menggerakan hati dan tindakan pendengarnya.
  • Mempelajari cara menyampaikan pidato persuasif bisa dengan cara membaca berbagai jenis contohnya sebagai referensi atau untuk latihan.

 

Mengajak Orang Lain Melakukan Perintah Melalui Pidato Persuasif

Pasti kamu pernah mengikuti upacara bendera, menghadiri acara seminar, atau kajian agama, bukan? Di sana, biasanya kamu akan melihat seseorang menyampaikan sesuatu di hadapan umum dalam bentuk pidato.

Pidato yang seseorang sampaikan umumnya berisi informasi penting mengenai masalah tertentu, yang relevan dengan kelompok di mana kamu berada.

Biasanya, gaya pidato tersebut adalah pidato persuasif. Penggunaan pidato persuasif sangat penting, terutama untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Di sana, orator bisa menyampaikan gagasan dengan lantang agar sebuah tujuan bisa tercapai. Nah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menguasai teknik pidato ini adalah membaca contoh. 

Tak perlu bingung, kali ini, kita akan membahasnya dalam artikel berikut. Simak baik-baik, ya!

 

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif sering orang gunakan untuk menyampaikan informasi tertentu. Biasanya, isinya merupakan ajakan, anjuran, atau perintah untuk mengikuti sesuatu. 

Sebelum mengetahui contohnya, kamu perlu tahu maksudnya terlebih dahulu. Pidato persuasif adalah jenis pidato yang berisi ajakan kepada khalayak untuk melakukan sesuatu. 

Di sini, orator akan memberikan pemaparan yang jelas mengenai masalah yang ia bahas, dampaknya, dan manfaat yang akan muncul jika masalah tersebut tetap berlangsung atau berhenti. 

Kemudian, khalayak akan menilai sendiri mengenai tindakan yang harus mereka perbuat.

[Baca Juga: Catat! Pengertian Teks Eksplanasi, Jenis, dan Strukturnya]

 

10 Contoh Pidato Persuasif

Agar lebih memahami bagaimana isi dari pidato persuatif, silakan baca contoh berikut dalam berbagai tema yang ada:

 

#1 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,

Dan teman-teman yang saya cintai.

 

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan karakter yang harapannya kelak generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.

Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Hal ini bisa dilihat dari berkurangnya jam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah. Oleh sebab itu, kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

#2 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,

dan teman-teman yang saya cintai

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan kesempatan bagi kita untuk bertemu di kesempatan yang baik ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang memberikan saya waktu untuk menyampaikan pidato singkat ini.

Manusia telah lama mengenal rokok. Dan kita juga menyadari fakta bahwa benda tersebut tidak baik untuk kesehatan. Pra perokok, khususnya perokok aktif, sangat menyadari potensi bahaya tersebut. Tapi, memilih menutup mata dari semua potensi yang muncul.

Ada 25 potensi penyakit yang bisa timbul dari kebiasaan ini. Di tengah gencarnya gerakan menekan angka perokok di berbagai negara, Indonesia justru menjadi salah satu negara dengan jumlah perokok terbesar. Bahkan, anak-anak juga merokok di sini.

Yuk kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok. Di hari bebas rokok ini, semoga kesadaran orang-orang mengenai bahaya benda ini makin tinggi, dan pada akhirnya, dunia bisa mewujudkan peradaban yang lebih sehat. Mohon maaf untuk perkataan yang kurang berkenan.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

[Baca Juga: 15+ Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa, Ada yang Murah!]

 

#3 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Kenakalan Remaja

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 34 Jakarta

Serta teman-teman yang saya sayangi

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan tentang kenakalan remaja.

Saat ini, kita menemukan fakta bahwa kenakalan remaja sudah tidak sesuai dengan norma yang berlaku untuk bangsa yang menganut budaya ketimuran. Aktivitas tabu seperti seks bebas, kebiasaan merokok pada anak di bawah umur, sampai narkoba menjadi hal yang sering dilakukan.

Apa yang saya katakan barusan adalah fakta. Semua itu merupakan buntut dari mudahnya akses informasi, terutama dari media elektronik di mana kita bisa mengakses informasi apa pun dari seluruh dunia.

Kondisi ini harus dihentikan dengan melakukan tindakan tertentu, misalnya dengan pendidikan agama sejak dini, menerima nasihat yang diberikan guru dengan baik, dan sebagainya.

Sebagai anak muda, kita harus hidup dengan cara yang positif, menganut prinsip positif, dan berkegiatan positif.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

#4 Tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, puji dan syukur senantiasa kita haturkan kepada ke hadirat Allah subhanahu wataala atas rahmatnya kita dapat berkumpul di kelas ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apa pun.

Selawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW.

Bapak dan Ibu yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia, izinkan saya menyampaikan pidato singkat yang berjudul “Cara Menjaga Kebersihan Sungai”.

Sungai adalah salah satu ciptaan Allah yang perlu kita jaga. Beragam manfaat sungai telah kita rasakan hingga sekarang. Dan sudah menjadi kewajiban bersama untuk selalu menjaga sungai agar tetap bersih dari sampah.

Menjaga kebersihan dan pelestarian sungai sangat penting. Jangan sampai kita membuang sampah ke dalam sungai yang nantinya dapat membuat arus sungai terhambat.

Di sebagian wilayah sungai merupakan jalur transportasi yang masih digunakan. Oleh karena itu, keberadaan sampah akan mengganggu perjalanan alat transportasi seperti perahu yang digunakan masyarakat.

Tidak hanya itu, beberapa pekerjaan orang tua kita pun juga banyak menggantungkan pada kondisi sungai. Contohnya seperti nelayan, apabila air sungai dipenuhi sampah mereka tidak akan bisa mencari ikan dan udang karena air yang tercemar dan ikan di sungai yang mati.

Peran sungai sangat besar dalam kehidupan. Bahkan sungai menjadi mata air yang digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, marilah kita menjaga dan melestarikan kebersihan sungai kita. Hal sederhana bisa kita lakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Tindakan kecil ini akan bermanfaat besar apabila diterapkan oleh semua orang. Sungai menjadi bersih, banjir bisa diantisipasi, jalur air tidak mampet, masyarakat juga dapat memanfaatkan air sungai untuk kehidupan lainnya.

Menjaga sungai adalah kewajiban bersama, tugas bersama dan membutuhkan kerja sama seluruh pihak. Mari lestarikan sungai kita agar air semakin jernih dan indah.

Saya berharap kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya serta hidup teratur dengan menjaga kebersihan lingkungan

kita. Akhir kata, mohon maaf jika ada kesalahan pada ucapan saya. Terima kasih 

 

Wassalamualaikum warrahmatullah wabbarakatuh.

 

#5 Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru SMA Al-Azhar

Serta teman-teman yang berbahagia

 

Saya ucapkan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang memberikan kita kehidupan yang baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu dan teman-teman yang sudah datang ke ruangan ini. dalam kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai cinta tanah air.

Bagi setiap warga negara, rasa cinta tanah air patut diterapkan dalam hati dan kehidupan. Hal ini merupakan wujud terima kasih kepada pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa.  Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk cinta tanah air. Cara termudahnya adalah dengan membeli produk dalam negeri. Tindakan ini akan membantu pengusaha lokal mendapatkan dukungan.

Bentuk kecintaan semacam itu harus ditanamkan sejak dini. Hal itu dimaksudkan akan kita menghayati kemerdekaan dan memanfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang mengharumkan nama negara. Jadilah warga negara yang baik dengan mencintai negerinya.

Demikian pidato yang saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Wasalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

[Baca Juga: 10+ Tips Menabung Harian untuk Pelajar dan Mahasiswa]

 

#6 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Membaca Buku

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Ibu Kepala SMA Negeri 5 Metro

Dan teman-teman yang berbahagia

 

Alhamdulillah, hari ini kita masih bisa bertemu di ruangan ini dalam keadaan yang baik. tentu saja, ini merupakan berkah dari Tuhan yang Mahabaik.

Perkenalkan, saya Dani Fadillah, siswa kelas 11 MIA1. Dalam kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya membaca buku di era digital.

Saat ini, jumlah pengakses internet sangat besar. sayangnya, tingginya akses tidak diimbangi dengan larisnya toko buku daring. Benar, hal itu diakibatkan oleh anak muda yang lebih senang mengunjungi situs media sosial dibanding membaca buku. Bahkan, sebuah studi mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam 3 negara ASEAN dengan literasi terendah. Dengan jumlah penduduk yang banyak, sangat disayangkan jika jumlah pembaca buku di dalam negeri sangat sedikit.

Mulai saat ini, kita harus bisa menggunakan gawai dengan bijak. Anak muda harus bisa mencintai buku. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Semoga kita bisa mendapat hikmahnya.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

#7  Tentang Motivasi Diri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa Yosomulyo

Serta teman-teman yang saya banggakan

 

Puji syukur saya sampaikan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan kebaikan kepada kita. Berkat kebaikan-Nya, kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan yang sehat. Dlaam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang motivasi diri.

Kita melewati banyak hal selama ini. sedih, senang, sedih lagi, senang lagi. Semua berganti seperti kincir angin.

Anak-anak menempuh pendidikan, kemudian menemukan kendala dalam pendidikan. Mereka yang bekerja, memiliki masalah di dalam pekerjaan mereka. Dan mereka yang mencari kerja, beberapa kali mengalami penolakan oleh perusahaan.

Tapi, apakah itu alasan untuk berhenti? Bukan. Sebagai anak muda, kita tidak boleh jatuh karena hal-hal demikian. Rintangan memang akan memperlambat perjalanan, tapi tidak untuk menghentikan. Kita bisa mengubah apa pun dalam hidup ketika mengusahakannya. Kita bisa menjadi apa  yang kita mau.

Demikian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Terima kasih

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

#8 Tentang Kedisiplinan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Yang saya hormati Ibu Kepala Sekolah SMA Negeri 05 Sekampung

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru,

dan teman-teman yang saya cintai.

Saya haturkan puji syukur ke[ada Allah, Tuhan yang telah memberikan kita kesehatan dan kebaikan sehingga masih diberi kesempatan untuk berkumpul di sini. Kali ini, saya akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya kedisiplinan dalam beraktivitas.

Sikap disiplin harus dimiliki siapa pun untuk melakukan kegiatan apa pun. Hal disebabkan oleh manfaatnya bagi kehidupan kita dan orang lain. Dengan memiliki sikap disiplin, segala aktivitas yang kita lakukan akan berjalan dengan tertib dan lebih teratur.

Oleh karena itu, biasakan bersikap disiplin karena kedisiplinan dapat membuat kita menjadi pribadi yang kokoh dan taat pada aturan atau norma yang berlaku.

Kedisiplinan juga membuat kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, dan membuat siswa yang disiplin akan menjadi panutan bagi siswa-siswa lainnya. Kedisiplinan mesti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di lingkungan sekolah.

Adapun bentuk kedisiplinan yang bisa dilakukan di sekolah antara lain datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yang ditugaskan guru tepat waktu dan dikerjakan di rumah masing-masing, menaati peraturan sekolah, mengikuti pelaksanaan upacara bendera, melakukan piket sesuai jadwal, dan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Oleh karena itu, marilah murid-muridku mesti bisa menerapkan kedisiplinan di dalam diri masing-masing terutama saat di lingkungan sekolah. Sebab, hal itu sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri, bagi orang lain maupun bagi sekolah. Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam pidato kali ini.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

[Baca Juga: Mau Belajar Investasi? Tips Investasi Reksa Dana Untuk Mahasiswa]

 

#9 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Kesehatan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua

 

Sejak dua tahun terakhir, dunia dihadapkan dengan kondisi sulit. Bahkan, ada masa di mana tiap hari kita dengan waswas menghitung jumlah kematian akibat virus Covid-19. Imbasnya, kita mengalami perubahan besar-besaran dalam gaya hidup.

Salam kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua tenaga kesehatan yang telah berjuang untuk mempertahankan kesehatan masyarakat. Bersama dengan elemen lain, mereka berjuang dalam tugas hidup mati setiap hari.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang tetap di rumah selama pandemi. Kita semua telah berhasil memutus mata rantai penyebaran virus dan menyelamatkan banyak nyawa.

Sampai kapan pun, kita harus tetap bergotong royong menjaga kerja sama ini. kita akan terus bahu membahu mempertahankan kesehatan masyarakat melalu aksi nyata.

Saat ini, kondisi berangsur membaik. Tapi, kita masih harus menaati anjuran untuk melengkapi vaksinasi. Selain itu protokol kesehatan juga harus dipertahankan agar keselamatan lebih terjamin. Semoga kita semua selalu sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa.

Terima kasih.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

#10 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Kebersihan Sungai

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua

 

Yang terhormat Bapak dan Ibu tamu undangan serta para hadirin

 

Kehidupan masyarakat di daerah aliran sungai merupakan hal yang harus diperhatikan. Sebab, kebanyakan dari mereka memanfaatkan aliran untuk mencuci pakaian, jamban, tempat mandi, sampai menambatkan jukung.

Melihat fungsinya yang beragam, sebaiknya pencemaran sungai harus dikurangi dengan meningkatkan kesadaran diri. hal ini termasuk mengubah kebiasaan membuat MCK di pinggir sungai atau membuang limbah rumah tangga ke sungai. Hal ini akan membuat perkembangbiakan bakteri E. Coli makin tinggi.

Mari kita sama-sama jaga lingkungan agar tetap sehat. Kebersihan air sungai merupakan bagian dari lingkungan yang harus diperlakukan dengan baik.

Sekian pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila ada salah kata.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Struktur Isi Pidato Persuasif

Setelah mengetahui contohnya, kamu juga perlu tahu strukturnya. Hal ini akan memudahkan dalam menulis atau membuat poin-poin untuk pidatomu. Berikut adalah struktur isi pidato persuasif:

 

#1 Pembukaan

Pembukaan adalah bagian paling awal dari pidato. Bagian ini terdiri dari beberapa hal sebagai berikut:

  1. Salam pembuka. Salam pembuka memiliki tujuan untuk memberikan sapaan yang baik kepada orang-orang yang hadir di forum.
  1. Penghormatan ditujukan untuk menunjukkan sikap menghargai kepada orang-orang yang datang di forum.
  1. Ucapan syukur. Ucapan syukur berisi pujian kepada Tuhan karena kesempatan yang diberikan.

 

#2 Isi

Bagian isi merupakan poin penting dalam pidato. Sebab, memuat gagasan utama, argumen, serta posisi orator. Dari sini, khalayak akan memperoleh makna pidato dengan baik.

 

#3 Penutup

Bagian penutup merupakan akhir dari pidato. Penutup berisi kesimpulan, permohonan maaf, serta salam. 

Orator juga menekankan kembali ajakannya kepada khalayak agar diingat.

 

Tujuan Pidato Persuasif

Selanjutnya, berikut ini adalah beberapa tujuan pidato persuasif:

  1. Membentuk tanggapan di masyarakat mengenai suatu topik.
  2. Menguatkan tanggapan yang ada di masyarakat.
  3. Mengubah tanggapan atau respons masyarakat yang tidak benar menjadi tanggapan baru yang relevan.

 

Mempelajari Melalui Contohnya

Kamu bisa menggunakan contoh di atas untuk belajar dan menjadikannya referensi ketika akan membuat teks pidato persuasif. Hal ini akan membantumu menulis pidato yang benar dan sesuai konteks.

Selain belajar membuat pidato persuasif, setiap orang juga perlu mempelajari cara mengatur keuangan dengan tepat.

Apalagi jika kamu masih mahasiswa, kebiasaan ini akan membuatmu terhindar dari kehabisan uang di tengah bulan dan mampu mewujudkan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Kabar baiknya, kamu juga tidak perlu susah-susah mencari informasi mengenai cara mengatur keuangan bagi mahasiswa. Dengan membaca ebook Finansialku berikut ini, kamu bisa dapatkan tips lengkap dan panduannya.

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

 

Selanjutnya, kamu pun bisa menerapkan langsung pengelolaan keuangan yang mudah dan praktis dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Berbagai fitur di dalamnya, bisa kamu manfaatkan untuk membuat cash flow keuangan jadi lebih teratur serta merencanakan berbagai tujuan keuangan secara lebih terarah. Make a plan and get your financial dreams come true…

 

Itulah beberapa contoh pidato persuasif yang dapat kamu gunakan untuk belajar. Yuk, bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lain dan mulai belajar bersama. Terima kasih!

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi: 

  • Anisa. Wakidah. 16 September 2022. Contoh Pidato Persuasif, Struktur dan Tujuannya. Tirto.id – https://bit.ly/3rPaHZE
  • Ananda. Pidato Persuasif : Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, dan Contohnya. Gramedia.com – https://bit.ly/3yAwkkh
  • Iqbal Widiarko. 25 Agustus 2022. 15 Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema. Celebrities.id – https://bit.ly/3CjOsQc
  • Tiara Plorist Sibarani. 11 September 2022. 6 Contoh Teks Pidato Persuasif Dari Berbagai Tema, Singkat dan Mudah Dipahami. Batam.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3TcrzVR
  • Yandi Sofyan. 16 September 2022. Terbaru, Ini Contoh Pidato Persuasif Tema Bersih dan Hijau Lingkungan Sekolah. Faktaidn.com – https://bit.ly/3CPKvEp

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Informasi Lengkap Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN & PTS 2022!