company profile

10 Contoh Company Profile Beserta Cara Membuatnya


Apakah Sedulur tahu apa itu profil perusahaan? Secara sederhana, konsep company profile dapat dijelaskan sebagai company profile. Dengan kata lain, merupakan gambaran singkat tentang perusahaan, yang biasanya memuat latar belakang, visi, dan misi dari produk yang ditawarkan perusahaan. Karena berisi profil perusahaan, maka profil perusahaan dimaksudkan untuk mewakili perusahaan kepada publik.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang profil perusahaan? Berikut adalah ringkasan super dari detail lengkapnya. Tonton sampai habis ya, Kak!

BACA JUGA: 12 Perusahaan Terbesar di Indonesia, Ini Daftarnya

Mendefinisikan profil perusahaan

pilih bebas

Profil perusahaan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep company profile adalah gambaran singkat atau rangkuman yang berisi tentang gambaran umum suatu perusahaan.

Rangkuman ini biasanya memuat profil perusahaan, yang terdiri dari sejarah atau latar belakang penciptaannya, visi dan misinya, serta kegiatannya, termasuk produk yang diproduksi dan dijual kepada publik. Istilah “profil perusahaan” sendiri dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “profil perusahaan”.

Tujuan profil perusahaan

pilih bebas

Seperti diketahui, profil perusahaan memuat gambaran umum tentang perusahaan, terutama yang berkaitan dengan bisnis yang digelutinya. Menjadi penting untuk dapat mempresentasikan perusahaan kepada publik, baik kepada masyarakat luas sebagai calon klien, maupun kepada klien dan investor untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Sedangkan berdasarkan definisi tersebut, tujuan dari profil perusahaan dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Memberikan informasi tentang gambaran perusahaan secara keseluruhan kepada publik.
  • Sebagai sarana mempromosikan brand perusahaan kepada masyarakat luas.
  • Menjelaskan visi dan misi keunikan perusahaan agar dapat menarik investor dan mitra usaha.

BACA JUGA: Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat, Contoh dan Kegunaannya

Struktur profil perusahaan

pilih bebas

Profil perusahaan dapat diatur dalam berbagai bentuk dan struktur. Media yang digunakan untuk membuatnya juga beragam, seperti brosur atau website. Namun dapat dijelaskan bahwa secara umum struktur profil perusahaan adalah sebagai berikut.

Baca juga  Pengertian Sugar Daddy Beserta Fakta-Fakta Tentangnya

1. Penutup

Jika Anda mendesain profil perusahaan Anda sebagai brosur cetak, memiliki sampul tentu memainkan peran penting. Karena juga dapat menambah nilai estetika yang dapat menunjukkan karakter perusahaan. Di sisi lain, sampul perusahaan dapat berupa foto atau ilustrasi yang mewakili bisnis perusahaan.

2. Sejarah atau latar belakang perusahaan

Sejarah atau backstory suatu perusahaan dapat menjadi nilai tambah yang juga menunjukkan arah perusahaan. Oleh karena itu, informasi ini penting untuk ditampilkan di profil perusahaan. Misalnya, latar belakang pendiriannya, kapan didirikan, siapa pendirinya, dan perkembangannya sejak didirikan hingga sekarang. Selain itu, informasi mengenai struktur organisasi perusahaan juga dapat diberikan kepada daftar pengurus perusahaan.

3. Visi dan misi

Perusahaan harus memiliki visi dan misi. Kedua hal ini menjadi indikator apa yang ingin dicapai perusahaan dan bagaimana perusahaan bekerja untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, dengan visi dan misi ini, arah perusahaan menjadi lebih jelas.

4. Informasi produk atau layanan

Biasanya, perusahaan ada untuk melakukan bisnis dengan menawarkan produk atau layanan tertentu. Informasi tentang produk dan layanan ini juga dapat ditampilkan di profil perusahaan, yang juga menunjukkan kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan cara ini, masyarakat dapat mengetahui produk apa yang dihasilkan perusahaan dan layanan apa yang ditawarkannya. Selain itu, informasi tentang produk dan layanan ini juga dapat dilengkapi dengan ulasan konsumen.

BACA JUGA: Kepemimpinan: definisi, jenis, fungsi dan tujuan

Cara membuat profil perusahaan

pilih bebas

Untuk membuat company profile, Sedulur perlu memperhatikan item atau informasi apa yang akan ditampilkan. Secara umum, elemen atau hal yang penting untuk ditampilkan dalam konten profil bisnis antara lain sebagai berikut.

  • Informasi perusahaan yang meliputi nama perusahaan, riwayat pembuatan termasuk tanggal pembuatan, alamat perusahaan, informasi kontak perusahaan seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat situs web. Di era digital ini, company profile juga bisa dilengkapi dengan informasi media sosial perusahaan.
  • Informasi dasar tentang perusahaan seperti visi dan misi, bisnis yang dijalankan, termasuk produk dan layanan yang ditawarkan, informasi tentang pendiri dan eksekutif senior perusahaan, struktur organisasi.
  • Prestasi perusahaanyang meliputi pencapaian, testimoni, penjualan tahunan dan perkembangan perusahaan selama periode waktu tertentu.
Baca juga  Pengertian, Aspek, Ruang Lingkup dan Manfaatnya

Profil perusahaan juga dapat dilengkapi dengan dokumentasi perusahaan seperti foto aktivitas bisnis yang diambil untuk potret karyawan dan pemberi pengaruh seperti pendiri dan eksekutif perusahaan.

BACA JUGA: 5 keterampilan korporat yang harus dimiliki di perusahaan rintisan

Contoh profil perusahaan

Untuk lebih memahami company profile, berikut beberapa contoh sederhana company profile yang bisa dilihat Sedulur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, profil perusahaan dapat dibuat dalam berbagai format dan media yang sesuai dengan target audiens dan kebutuhan lainnya.

1. Buku

Profil Perusahaan
99

Contoh proposal company profile yang pertama berupa buku atau majalah perusahaan. Tidak perlu gemuk-gemuk, buku perusahaan ini bisa terdiri dari beberapa halaman saja tetapi memuat informasi lengkap tentang perusahaan. Selain itu, buku profil perusahaan ini memiliki desain yang menarik dan dilengkapi dengan foto-foto kegiatan perusahaan.

2. Brosur

Shribu

Brosur adalah salah satu bentuk paling umum untuk menggambarkan sebuah perusahaan. Biasanya, perusahaan memproduksi brosur untuk distribusi langsung atau di lobi atau ruang tunggu untuk perusahaan jasa.

3. Situs web perusahaan atau situs web resmi

meson

Di era digital, hampir setiap perusahaan memiliki website atau website resmi. Bahkan memiliki website resmi perusahaan sering digunakan sebagai cara untuk mengecek kredibilitas perusahaan, sekaligus sebagai link untuk mencari informasi tentang perusahaan tersebut.

4. Profil perusahaan dalam bentuk video pendek

CNN Indonesia

Profil perusahaan juga dapat dibuat dalam bentuk video. Seperti bentuk lainnya, video company profile ini akan menampilkan informasi perusahaan disertai dengan video dokumentasi.

5. Profil perusahaan di aplikasi

cara mendapatkan pinjaman telekomunikasi
Kedua

Untuk perusahaan yang memiliki produk sebagai aplikasi, profil perusahaan juga dapat ditampilkan di aplikasi. Biasanya, profil akan dicantumkan di menu “tentang kami” atau “tentang kami”.

Baca juga  15 Amalan Tahun Baru Islam Bulan Muharram yang Dianjurkan

Contoh profil berbagai perusahaan

Sementara itu, berikut adalah beberapa contoh profil perusahaan yang dibuat oleh merek-merek terkenal dunia:

1. BCA

Profil Perusahaan
web pengembang

2. Starbucks

Profil Perusahaan
meson

3. Philips

Profil Perusahaan
Nore.web.id

4 Bloomberg

Rekrut

5. Google

Rekrut

Itu tadi pembahasan lengkap tentang company profile atau profil perusahaan. Jelas bahwa informasi singkat tentang perusahaan ini memegang peranan penting bagi perusahaan, terutama dalam rangka mempresentasikan perusahaan dan bisnisnya kepada publik. Semoga artikel ini membantu Sedulur memahami company profile, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org