class diagram

Pengertian, Fungsi, Simbol & Contohnya


Diagram kelas adalah salah satu model dalam bahasa pemodelan terpadu (UML) adalah yang paling populer dan termudah untuk dibangun. UML sendiri merupakan model standar yang digunakan dalam pendekatan pemrograman berorientasi objek.

Model ini terdiri dari berbagai diagram terintegrasi. Nah, untuk lebih mengenal class diagram, dalam hal ini kita akan membahas class diagram UML secara detail. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Memahami Histogram dengan Contoh dan Tantangan

Definisi dan pengertian

Unila

Definisi diagram kelas adalah jenis struktur statistik dalam UML yang menggambarkan struktur suatu sistem dengan menunjukkan sistem kelas, atribut, metode, dan hubungan antar objek. Ada beberapa komponen dalam diagram kelas yang akan diprogram.

Kelas itu sendiri adalah istilah yang menggambarkan sekelompok objek yang memainkan peran yang sama dalam sistem. Kelompok objek ini terdiri dari karakteristik struktural yang menentukan apa yang diketahui kelas dan karakteristik fungsional yang menentukan apa yang dapat dilakukan kelas.

Fungsi dan Manfaat

diagram kelas
kuora

Baik itu simbol diagram kelas atau komponen dan contoh, jelas kehadirannya memiliki fungsi untuk menggambarkan struktur sistem dan program. Fitur ini juga memberikan manfaat untuk sesuatu.

Fungsi dari diagram kelas adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan struktur statis pengklasifikasi dalam sistem.
  • Menyediakan notasi dasar untuk diagram struktur lain yang ditentukan oleh UML.
  • Analis bisnis dapat menggunakannya untuk memodelkan sistem dari perspektif bisnis.

Keuntungan

diagram kelas
kuora

Selain beberapa fitur di atas, diagram kelas juga menunjukkan beberapa manfaat. Terutama manfaat untuk pemrograman dan untuk bisnis. Untuk kelengkapannya, berikut kelebihan dari class diagram itu sendiri:

  • Mampu mengilustrasikan model data untuk sistem informasi, baik model data kompleks maupun sederhana.
  • Memberikan gambaran yang lebih baik tentang skema aplikasi.
  • Membantu Anda mengomunikasikan persyaratan sistem tertentu secara visual dan menyebarkan informasi tersebut ke seluruh bisnis.
  • Ada diagram terperinci yang menyoroti kode spesifik yang perlu diprogram dan diterapkan pada struktur yang sesuai.
  • Memberikan deskripsi implementasi-independen dari jenis yang digunakan dalam sistem untuk transfer selanjutnya antara komponennya.
Baca juga  Pengertian, Manfaat, Contoh dan Cara Kerjanya

Diagram Kelas Komponen

diagram kelas
David B

Komponen diagram kelas ini merupakan bagian penting yang membentuk diagram kelas itu sendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebuah kelas program terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponennya adalah sebagai berikut:

1. Komponen teratas

Yang pertama adalah komponen teratas, komponen yang memberi nama diagram kelas. Setiap kelas pasti akan memiliki nama yang berbeda. Istilah lain untuk penamaan ini adalah nama sederhana atau simple name.

2. Komponen tengah

Komponen tengah, komponen ini berisi atribut kelas yang berguna untuk menggambarkan kualitas suatu kelas. Atribut dapat dijelaskan secara lebih rinci dengan memperkenalkan tipe nilainya.

3. Komponen bawah

Berikutnya adalah komponen bawah, bagian ini adalah komponen diagram kelas yang mencakup operasi kelas yang ditampilkan dalam format daftar. Jadi setiap operasi mengambil jalurnya sendiri.

Tidak hanya itu, komponen ini juga menjelaskan bagaimana setiap kelas berinteraksi dengan data itu sendiri.

4. Komponen tambahan

Terakhir ada komponen tambahan, ada beberapa komponen tambahan, ini dia daftarnya:

  • Kelas yang merepresentasikan objek atau kelompok objek yang memiliki struktur serupa.
  • Sinyal, yang merupakan simbol yang mewakili komunikasi asinkron satu arah antara objek aktif.
  • Tipe data dibentuk dengan mengeksekusi classifier yang menentukan nilai data. Tipe data ini dapat menghasilkan tipe primitif dan penghitung.
  • Paket yang dirancang untuk mengatur pengklasifikasi terkait dalam bentuk diagram. Komponen ini ditunjukkan dengan bentuk persegi panjang.
  • Antarmuka, yang merupakan seperangkat atribut yang mendefinisikan seperangkat perilaku yang koheren. Komponen ini mirip dengan kelas, tetapi harus memiliki setidaknya satu kelas untuk mengimplementasikannya.
  • Enumerasi yang menjelaskan tipe data yang ditentukan pengguna. Komponen enum mencakup grup pengenal yang mewakili nilai enum.
  • Objek adalah elemen yang dapat ditambahkan ke diagram kelas untuk mewakili contoh atau prototipe tertentu.
  • Artefak, yaitu elemen model yang mewakili objek tertentu dalam sistem perangkat lunak. Misalnya, dokumen, database, file yang dapat dieksekusi, komponen perangkat lunak, dan sebagainya.
Baca juga  Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Rumusnya

Diagram kelas karakter

123Dok

Sekarang ini adalah bagian penting ketika membahas diagram ini. Karena tidak mungkin lepas dari simbol dalam penerapannya. Ini adalah karakter berikut:

  1. Generalisasi: Simbol garis lurus ini mewakili hubungan di mana objek anak (child) memiliki perilaku dan struktur data dari objek yang berada di atas objek induk (ancestor).
  2. Asosiasi Rendah: Fungsi dari simbol berlian ini adalah untuk menghindari asosiasi dengan lebih dari dua objek.
  3. Kelas: Simbol tabel ini memiliki fungsi menampilkan sekumpulan objek yang memiliki atribut dan operasi yang sama.
  4. Kolaborasi: Simbol oval putus-putus ini mewakili deskripsi urutan tindakan yang dilakukan oleh sistem yang menghasilkan hasil yang dapat diukur untuk subjek.
  5. Implementasi: Panah di sebelah kiri dengan garis putus-putus ini mewakili operasi yang sebenarnya hanya dilakukan oleh objek.
  6. Dependency: Simbol panah di sebelah kanan dengan garis putus-putus ini mewakili suatu hubungan.
  7. Asosiasi: Simbol garis ini mewakili apa yang menghubungkan satu objek ke objek lainnya.

BACA JUGA: Memahami diagram konteks, manfaatnya dan cara membuatnya

Contoh Diagram Kelas

payet

Sedulur juga perlu mengetahui bahwa diagram kelas itu sendiri dimaksudkan untuk digunakan di seluruh sistem dan menyederhanakan sistem itu sendiri. Sementara itu, cara membuat diagram kelas dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan berbagai alat yang disediakan untuk UML.

Agar sedulur lebih mudah dipahami, berikut beberapa contoh class diagram, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini:

1. Sistem manajemen sekolah

Contoh pertama dapat diterapkan pada sistem manajemen sekolah. Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, contoh atau model penerapannya.

2. Sistem ATM

Contoh kedua berkaitan dengan sistem ATM atau ATM, yaitu sistem penarikan uang sebagai layanan bank. Contoh dan model bisa dilihat pada gambar di atas.

Baca juga  Pengertian, Kelebihan, dan Tips Membelinya

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian Sales Class Chart, berikut penjelasan pendukung lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah pemahaman tentang Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org