ciri jaringan meristem

Ciri-Ciri Jaringan Meristem Beserta Struktur dan Fungsinya


Apakah Anda sudah mengetahui ciri-ciri jaringan meristem pada tumbuhan? Seperti yang Anda ketahui, tumbuhan merupakan organisme yang terdiri dari berbagai jenis jaringan, salah satunya adalah jaringan meristem.

Sederhananya, jaringan meristem digambarkan sebagai jenis jaringan yang ditemukan di ujung atau titik pertumbuhan. Jadi jaringan ini memungkinkan organisme untuk tumbuh.

Sama seperti jenis jaringan lainnya, jaringan meristem juga memiliki ciri dan struktur tersendiri. Berikut Super telah merangkum informasi selengkapnya yang bisa Anda simak.

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan dan Lingkungan

Apa itu jaringan?

Pelapisan 6

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih detail, ada baiknya kita menyimak dulu pengertian jaringan pada tumbuhan, agar lebih mudah dalam memahami materi ini.

Mengutip Modul Pembelajaran SMA : Biologi Kelas XI diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pengertian jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk, asal, struktur dan fungsi yang sama. Letak sel-sel khusus dalam tubuh digabungkan menjadi jaringan sehingga dapat melakukan fungsi biologis tertentu.

Secara umum, ada dua jenis jaringan yang menyusun tumbuhan, yaitu jaringan meristem atau disebut juga jaringan embrionik dan jaringan permanen atau jaringan dewasa. Pembahasan jaringan meristem akan dijelaskan lebih detail pada paragraf berikut.

BACA JUGA: Bagian-bagian sel tumbuhan dan definisinya

Definisi jaringan meristematik

ciri-ciri jaringan meristematik
Sumber Belajar Kemendikbud

Sebelumnya dianggap bahwa jaringan adalah kumpulan atau kumpulan sel pada tumbuhan yang memiliki bentuk, struktur, dan fungsi yang sama. Susunan sel-sel penyusun jaringan menjalankan fungsi biologis tertentu yang penting bagi pertumbuhan atau kelangsungan hidup tumbuhan.

Jaringan meristem adalah jenis jaringan yang terdapat pada tumbuhan. Jaringan ini berperan penting dalam pertumbuhan, baik primer maupun sekunder.

Jaringan meristem sendiri didefinisikan sebagai jaringan sel yang aktif membelah secara mitosis sehingga tumbuhan dapat tumbuh tinggi dan bervolume. Sel-sel penyusun jaringan meristem akan menghasilkan sel-sel baru yang sebagian akan tetap berada di dalam jaringan, yang kemudian disebut sel induk atau parent cell. Sehingga dapat dipahami bahwa pembelahan terjadi pada jaringan meristem yaitu proses pembentukan sel-sel baru.

Berdasarkan Modul elektronik pada mata pelajaran biologi kelas XI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jaringan meristem terletak pada titik tumbuh tanaman. Misalnya pada ujung akar, ujung batang dan kambium.

Baca juga  Info dan Harga Franchise Sabana Fried Chicken Terbaru

Ciri-ciri jaringan meristem

ciri-ciri jaringan meristematik
Anak Jala

Berdasarkan uraian pengertian jaringan meristem pada paragraf sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa jaringan meristem merupakan salah satu jenis jaringan pada tumbuhan, terdiri atas sel-sel yang aktif membelah. Oleh karena itu, jaringan meristem berperan penting dalam pertumbuhan tumbuhan tersebut.

Di sisi lain, ada beberapa ciri jaringan meristem yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Jaringan meristem terdiri dari sel-sel muda, sama-sama kecil dan bulat. Selain itu, dinding sel penyusun jaringan meristem juga cenderung tipis dan elastis karena masih muda.
  • Sel-sel yang menyusun jaringan meristem memiliki sitoplasma padat dan jarang, vakuola kecil, dan plastida yang belum matang.
  • Jaringan meristem terdapat pada bagian muda tumbuhan, seperti ujung akar dan batang.
  • Susunan sel pada jaringan meristem sangat rapat, sehingga tidak ada ruang antar sel. Ini karena sel-sel ini masih tumbuh.
  • Sel memiliki banyak protoplasma yang mengisi isi sel, dan juga memiliki inti sel yang besar.

BACA JUGA: 10 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, Terlengkap!

Struktur jaringan meristem

Bobo

Mengutip dari Botany Studies, seperti dilansir Kompas.com, jaringan meristem terdiri dari tiga struktur, yaitu meristem primer, meristem sekunder, dan promeristem. Di bawah ini adalah penjelasan untuk setiap bagian.

  1. Jaringan meristem primer adalah jenis jaringan meristem yang terletak di ujung akar dan batang. Jaringan ini terdiri dari meristem apikal dan terlibat dalam pembentukan epidermis, korteks, mesofil, dan jaringan pembuluh.
  2. jaringan meristem sekunder itu adalah jaringan dewasa yang mulai tumbuh kembali. Jaringan ini berkembang menjadi jaringan meristem.
  3. Jaringan promeristem adalah jaringan meristem yang ditemukan pada fase embrio tanaman. Jadi kita dapat mengatakan bahwa promeristem adalah bagian awal dari meristem.

Fungsi jaringan meristem

Kompas

Setelah memahami pengertian, ciri-ciri, dan struktur jaringan meristem, Anda juga perlu mengetahui fungsi jaringan tersebut.

Seperti dilansir laman Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, fungsi jaringan meristem pada tumbuhan adalah sebagai jaringan yang menjaga pertumbuhan tinggi dan ukuran tumbuhan. Fungsi ini juga didukung oleh karakteristik jaringan meristem yang merupakan kunci pembentukan jaringan dewasa melalui proses diferensiasi atau spesialisasi.

Baca juga  Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi Beserta Dalilnya

Di sisi lain, jaringan meristem juga berfungsi sebagai jaringan embrio, berperan dalam pembentukan sel-sel baru. Nantinya, sel-sel ini akan berdiferensiasi menjadi jaringan lain. Ini juga mengarah pada jaringan meristem umum yang disebut sebagai jaringan embrionik.

BACA JUGA: Mengenal Kingdom Plantae: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Klasifikasi

Jenis jaringan meristem : tergantung letaknya

Sumber Belajar Kemendikbud

Saat mempelajari biologi, jaringan meristem dibagi menjadi beberapa jenis. Pertama, berdasarkan posisinya pada tumbuhan, jaringan meristem dibagi menjadi tiga bagian, yaitu meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral. Berikut ini adalah penjelasan untuk masing-masing jenis.

  1. Meristem apikal

Meristem apikal adalah jaringan yang terletak di bagian atas batang utama, ujung lateral dan ujung akar. Pertumbuhan jaringan ini menyebabkan panjang tanaman bertambah baik ke atas maupun ke bawah. Pertambahan panjang ke atas terjadi pada meristem apikal batang, dan pertambahan panjang ke bawah terjadi pada meristem apikal akar.

  1. meristem interkalar

Jenis meristem kedua adalah meristem interkalar, yaitu jaringan meristem yang terletak di antara jaringan dewasa atau berdiferensiasi. Misalnya jaringan pada pangkal ruas batang dan pada pangkal batang cabang. Pertumbuhan jaringan ini menyebabkan bertambahnya panjang ruas batang serta terbentuknya bunga.

  1. Meristem lateral

Jenis jaringan meristem berdasarkan letaknya pada tumbuhan ketiga adalah meristem lateral. Letak jaringan ini pada tumbuhan sejajar dengan permukaan organ, seperti batang atau akar. Misalnya kambium dan kambium gabus.

Jaringan meristem lateral berperan sebagai jaringan yang memisahkan dan memperbesar diameter batang atau akar. Selain itu, tumbuhnya jaringan meristem lateral ke samping memungkinkan tumbuhnya akar dan batang.

Jenis jaringan meristem: tergantung asalnya

National Geographic Indonesia

Selain dibedakan berdasarkan letak atau posisinya pada tumbuhan, jaringan meristem juga dibedakan menjadi tiga berdasarkan asalnya. Tiga jenis jaringan meristem adalah promeristem, meristem primer, dan meristem sekunder. Inilah penjelasannya.

  1. Promeristema

Promeristem adalah bagian awal dari jaringan meristem yang sudah ada pada fase embrio tanaman. Jaringan ini juga biasa dikenal sebagai meristem primer. Menurut teori Haberlandt, jaringan promeristem akan berkembang menjadi protoderm, prokambium, dan meristem utama.

  1. Meristem primer
Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri

Jenis jaringan meristem selanjutnya adalah meristem primer, yaitu jaringan meristem hasil perkembangan promeristem. Jaringan ini terdiri dari sel-sel yang berkembang langsung dari sel-sel embrio yang ditemukan di ujung batang dan akar.

  1. meristem sekunder

Terakhir adalah meristem sekunder, yaitu suatu jenis jaringan meristem yang berasal dari sel dewasa yang berubah sifatnya menjadi sel meristem. Jaringan ini terdiri dari sel-sel yang berkembang dan jaringan dewasa yang telah mengalami diferensiasi.

BACA JUGA: Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

Gambaran umum jaringan tanaman permanen

Kompas

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tumbuhan tersusun atas dua jenis jaringan, yaitu jaringan meristem dan jaringan dewasa. Pada artikel kali ini, Super juga akan membahas secara singkat jaringan tumbuhan dewasa.

Jaringan dewasa atau disebut juga jaringan permanen adalah jaringan meristem yang telah mengalami perkembangan. Jaringan ini memiliki ciri-ciri antara lain berdiferensiasi menjadi bentuk lain sesuai dengan fungsinya, tidak membelah, dan memiliki ukuran sel yang relatif lebih besar dibandingkan sel pada jaringan meristem.

Sama seperti jaringan meristem, jaringan dewasa juga terbagi menjadi beberapa jenis. Misalnya, tergantung pada fungsinya, jaringan meristem dibagi menjadi lima, yaitu jaringan pelindung atau epidermis, jaringan di bawahnya atau parenkim, jaringan pengangkut atau pembuluh, jaringan pendukung atau penguat, dan jaringan sekretori. Pembahasan lebih lanjut mengenai jaringan dewasa atau jaringan permanen pada tumbuhan akan dibahas pada artikel lainnya.

Maka dari itu, ada pembahasan tentang jaringan meristem. Dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, diakhiri dengan jenis-jenis jaringan meristem. Semoga informasi ini bisa menambah pemahaman tentang Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org