ciri-ciri jodoh saya

Ciri-Ciri Jodoh Saya, Apa Sudah Ada di Pasanganmu?


Jodoh merupakan takdir yang telah digariskan dalam hidup manusia yang kerap dianggap sebagai sebuah misteri. Tak jarang kita mendengar ungkapan bahwa jodoh ada di tangan Tuhan ataupun jodoh tak akan ke mana. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang bertanya-tanya, seperti misalnya bagaimana ciri-ciri jodoh saya? apa tanda bahwa seseorang adalah jodoh kita?

Menariknya, ternyata ada sejumlah hal yang dapat menunjukkan apakah seseorang merupakan sosok yang ditakdirkan menjadi jodoh kita. Di sisi lain, tanda-tanda tersebut juga bisa menunjukkan jika ternyata seseorang lainnya bukanlah jodoh yang tepat untuk kita.

Penasaran apa saja ciri-ciri bahwa dia merupakan jodoh Sedulur? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Apa Arti Mimpi Orang yang Kita Suka? Pertanda Jodoh?

Ciri-ciri jodoh saya

Freepik

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan jodoh sebagai orang yang cocok menjadi suami atau istri, pasangan hidup, atau imbangan. Jodoh juga diartikan sebagai sesuatu yang cocok sehingga menjadi sepasang. Dalam kaitannya dengan masalah asmara, jodoh dianggap sebagai sosok belahan jiwa yang ditakdirkan untuk menjadi pasangan hidup.

Banyak orang beranggapan, seseorang yang bisa membuat kita merasakan getaran hati adalah tanda jodoh. Selain itu ada pula berbagai firasat jodoh yang dianggap dapat menunjukkan apakah seseorang merupakan jodoh kita atau bukan. Sementara dirangkum dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri apakah pasanganmu adalah jodoh sejatimu.

1. Memiliki rasa saling percaya

Rasa percaya memiliki peran penting dalam sebuah hubungan. Adanya rasa saling percaya dapat menghilangkan kecemburuan hingga rasa curiga yang dapat menimbulkan konflik di dalam sebuah hubungan. 

Di samping menaruh rasa percaya kepada pasangan, adalah hal yang penting pula bagi Sedulur untuk menunjukkan sikap dapat dipercaya oleh pasangan. Terlebih jika Sedulur dan pasangan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Berkaitan dengan ciri-ciri jodoh saya, rasa percaya juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang adalah jodoh kita. Baik itu rasa percaya Sedulur kepada si dia, maupun sebaliknya. Sebab, rasa percaya dapat menjadi pertanda bahwa Sedulur dan si dia sama-sama memiliki kemauan untuk mengandalkan satu sama lain dalam menjalani hidup ke depan.

2. Memberikan rasa nyaman dan ketenangan

Rasa nyaman dan ketenangan yang Sedulur rasakan ketika berada di dekat pasangan juga dapat menjadi tanda bahwa ia merupakan sosok yang tepat. Tentunya, rasa nyaman ini tidak hanya dirasakan oleh Sedulur seorang, namun juga dirasakan si dia ketika berada di dekat Sedulur. Rasa nyaman hingga ketenangan saat berada di sisi satu sama lain juga merupakan hasil dari adanya rasa percaya. Sebab ketika Sedulur merasa nyaman dan tenang bersamanya, artinya tidak ada perasaan curiga yang nantinya dapat menjadi pemicu konflik dalam hubungan.

3. Saling menghormati

Ciri seseorang adalah jodoh kita yang selanjutnya adalah adanya rasa saling menghormati. Rasa hormat di sini maksudnya ada rasa saling menghormati atau menghargai atas pilihan masing-masing. Misalnya menghormati impian dan hobi satu sama lain. Adapun sikap menghormati ini bukanlah hal yang bisa dipaksakan. Sedulur dan pasangan juga saling menerima apa adanya dan memahami.

Sebab jika seseorang tidak memiliki keinginan dari dalam dirinya untuk menghormati orang lain, akan sulit untuk bisa bersikap demikian. Oleh karenanya rasa saling menghormati ini juga sekaligus dapat menunjukkan bagaimana seseorang memandang dan ingin memperlakukan Sedulur.

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Asas, Ciri & Tujuannya

4. Saling menyeimbangkan satu sama lain

Tanda jodoh berikutnya adalah Sedulur dan pasangan dapat saling menyeimbangkan satu sama lain. Menyeimbangkan di sini artinya bahwa Sedulur dan pasangan tidak merasa tertinggal ataupun mendahului pasangan masing-masing. Seperti yang diketahui, dua insan manusia yang berjodoh tak berarti harus memiliki karakter hingga ketertarikan yang sama. Melainkan adalah hal yang wajar jika sepasang kekasih atau bahkan suami istri memiliki beragam perbedaan. Jika dia memang sosok yang tepat sebagai pendamping hidupmu, perbedaan ini tidak akan menjadi penghalang. Malah dari perbedaan ini Sedulur dan pasangan dalam saling menunjukkan dukungan kepada satu sama lain.

5. Menerima kelebihan dan kekurangan

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Banyak orang dapat dengan mudah menerima kelebihan kita, bahkan tak jarang kelebihan kita menjadi alasan seseorang mendekati kita. Namun berbeda dengan kekurangan. Kenyataannya, tidak mudah bagi seseorang untuk menerima kekurangan pada diri orang lain. Untuk itu, ketika ada seseorang yang bersedia menerima kekurangan Sedulur, itu bisa menjadi tanda bahwa ia merupakan jodoh yang tepat untukmu.

BACA JUGA: Ini Dia 7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan

6. Diterima oleh keluarga

Restu dari keluarga terutama orang tua atas hubungan Sedulur dengan pasangan juga dapat menjadi pertanda jodoh. Apalagi jika Sedulur dan pasangan memiliki keinginan untuk melaju ke jenjang yang lebih serius. Sebab, restu keluarga juga bisa menjadi petunjuk dari Tuhan apakah si dia benar orang yang tepat untuk Sedulur.

7. Memberikan dorongan untuk menjadi lebih baik

Tanda jodoh berikutnya adalah kehadirannya mendorong Sedulur untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik. Saat bersamanya, ada dorongan untuk memperbaiki diri. Umumnya dorongan untuk menjadi lebih baik ini muncul karena adanya keinginan untuk memantaskan diri kepada sosok pasangan yang baik. Misalnya, si dia membuatmu semakin mendekatkan diri dengan Tuhan.

8. Memiliki tujuan yang sama

Memiliki tujuan hidup yang sama juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang merupakan jodoh Sedulur. Hubungan yang langgeng tentu hanya bisa terjalin jika kedua orang yang menjalankannya memiliki arah tujuan yang sama. Oleh karenanya, memiliki tujuan hidup yang sama juga merupakan faktor penting yang dapat menggambarkan bagaimana hidup Sedulur bersamanya kelak. Adapun yang dimaksud dengan tujuan hidup di sini tidak terbatas pada soal pilihan jurusan kuliah ataupun karier. Namun soal apa yang akan dilakukan di masa depan dalam jangka yang sangat panjang. 

9. Saling memahami satu sama lain

Ciri-ciri jodoh saya berikutnya adalah adanya kemauan untuk saling memahami satu sama lain. Saling memahami di sini tentu hanya bisa dicapai jika Sedulur dan pasangan sama-sama punya kemauan untuk mendengarkan pandangan masing-masing sehingga dapat menghindari adanya kesalahpahaman.

10. Memiliki kemiripan secara fisik

Meski terdengar sulit dipercaya, adanya kemiripan secara fisik seperti wajah disebut merupakan ciri-ciri jodoh menurut psikologi. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh psikolog dari University of St. Andrews, seseorang cenderung memiliki ketertarikan terhadap orang lain yang memiliki ciri wajah yang sama seperti dirinya. Sementara dalam studi lain dinyatakan tidak sedikit orang yang menikah dengan pasangan yang memiliki karakter fisik yang sama dengannya.

BACA JUGA: 11 Aplikasi Cari Jodoh yang Lagi Hits di Kalangan Para Jomblo

Baca juga  Pengertian, Unsur, Kaidah & Contohnya

Ciri-ciri jodoh saya dalam Islam

ciri-ciri jodoh saya
Freepik

Ciri-ciri jodoh saya seperti apa ternyata juga bisa dilihat dari perspektif agama Islam. Dihimpun dari berbagai sumber, ada sejumlah pertanda yang dari sudut pandang Islam dapat menunjukkan bahwa seseorang merupakan jodoh kita sebagaimana dikutip dari Merdeka.

1. Memiliki karakter atau sifat yang mirip

Kesamaan antara dua manusia dapat menjadi tanda bahwa keduanya berjodoh. Dalam hal ini kesamaan dapat meliputi sifat, karakter, hingga latar belakang. Sehingga tak jarang pula dinyatakan bahwa jodoh merupakan cerminan diri. Meski demikian bukan berarti pula pasangan yang berjodoh tidak memiliki perbedaan sama sekali.

Adapun Allah telah berfirman dalam surat an Nur ayat 26 mengenai tanda jodoh yakni adanya kesamaan.

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS an-Nur: 26)

2. Membuatmu semakin dekat dengan Tuhan.

Munculnya keinginan memperbaiki diri termasuk mendekatkan diri dengan Tuhan juga merupakan tanda bahwa seseorang adalah jodoh kita. Kehadirannya di dekat kita membuat kita terdorong untuk dapat berubah menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari.

3. Memberikan ketenangan

Tanda jodoh menurut Islam berikutnya adalah seseorang tersebut dapat memberikan ketenangan dan kesejukan hati. Dengan kata lain jodoh membuat hati tenang saat bersamanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang tertuang dalam surat al Furqan ayat 74 yang artinya adalah sebagai berikut, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

4. Diterima oleh keluarga

Dalam Islam, restu keluarga terutama orang tua menjadi hal yang penting dalam berlangsungnya sebuah hubungan. Sebab, pernikahan dianggap tidak hanya menyatukan dua anak manusia, namun juga menyatukan dua keluarga besar. Oleh karenanya, seorang pria harus memohon izin kepada orang tua pujaan hatinya sebelum secara resmi meminangnya sebagai istri. Adapun sikap keluarga terhadap pasangan Sedulur juga bisa menjadi tanda apakah ia benar merupakan jodoh yang baik. Jika pihak keluarga saling menerima dan merestui Sedulur dan pasangan, maka hal itu bisa menjadi petunjuk bahwa ia adalah jodohmu.

5. Memberikan rezeki yang baik 

Ciri-ciri jodoh kita menurut Islam yang terakhir adalah ia dapat menjadi pembuka pintu rezeki. Bahkan dikatakan bahwa apabila Allah telah mempertemukan dua manusia yang saling mengasihi, maka akan terbuka pula pintu rezeki yang tak terduga bagi keduanya untuk membangun rumah tangga. Selama bersamanya, Sedulur bisa merasa cukup.

BACA JUGA: Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Wajib Diketahui

Tanda seseorang bukan jodoh kita menurut Islam

Freepik

Selain ciri-ciri seseorang adalah jodoh kita, ternyata ada pula ciri-ciri bahwa seseorang bukan jodoh kita. Tanda-tanda berikut ini bisa menjadi pertimbangan Sedulur untuk melanjutkan hubungan dengan pasangan ke jenjang yang lebih serius. Sebab hal-hal berikut bisa menjadi petunjuk soal bagaimana hubungan Sedulur akan berjalan ke depannya.

Berikut adalah beberapa tanda dia bukan jodoh kita menurut Islam sebagaimana dikutip dari Dalam Islam. 

1. Memberikan syarat yang mustahil

Sebelumnya sudah disinggung bahwa salah satu ciri-ciri jodoh saya adalah mau menerima kelebihan dan kekurangan. Hal itu menunjukkan bahwa dalam sebuah hubungan, pasangan harus dapat memahami satu sama lain, termasuk dengan tidak memberikan syarat yang sulit dipenuhi oleh pasangannya. Syarat di sini dapat merujuk pada apa yang diminta ketika akan menikah maupun tuntutan lain yang harus dipenuhi setelah memulai kehidupan rumah tangga.

Baca juga  12 Laptop 10 Jutaan 2022 untuk Bikin Konten & Gaming

2. Tidak ada rasa saling percaya

Telah dipaparkan sebelumnya bahwa rasa saling percaya merupakan pondasi dari sebuah hubungan. Jika suatu hubungan tidak dilakukan dengan rasa percaya maka akan sangat mudah terjadi konflik hingga pertengkaran. Oleh karenanya, jika Sedulur mendapati tidak ada atau sulit untuk menaruh rasa percaya kepada pasangan ataupun sebaliknya, mungkin itu merupakan petunjuk bahwa dia bukan jodoh yang tepat untuk Sedulur.

3. Tidak disukai keluarga

Dalam Islam, pernikahan tidak hanya tentang bersatunya dua insan, namun juga dua keluarga. Untuk itu restu keluarga terlebih orang tua merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah kehidupan pernikahan yang sakinah, mawadah, wa rahmah. Namun jika keluarga ternyata tidak menyukai pasanganmu dengan alasan yang sesuai dengan syariat, boleh jadi itu merupakan tanda bahwa dia bukanlah sosok yang baik untuk menjadi pasangan hidupmu.

4. Tidak mau bersikap terbuka

Seperti yang dikatakan sebelumnya, rasa percaya merupakan pondasi dari terciptanya sebuah hubungan yang harmonis. Namun rasa percaya ini juga baru bisa tumbuh ketika ada sikap terbuka antara satu sama lain. Oleh karenanya, jika pasangan Sedulur memiliki kesan menutup diri dan menyimpan banyak rahasia, coba pertimbangkan kembali apakah melanjutkan hubungan dengannya adalah keputusan yang baik.

5. Tidak menemukan ketenangan dalam menjalin hubungan

Hubungan yang dibina oleh dua manusia seharusnya dipenuhi oleh kasih sayang yang membuat keduanya merasa tenang. Namun jika kondisi yang terjadi malah sebaliknya, bisa jadi itu merupakan tanda dia bukanlah jodoh yang tepat untuk Sedulur. Sebab dimungkinkan dapat terjadi berbagai konflik di kemudian hari yang tentunya tidak akan membawa kebahagiaan bagi kedua pihak.

BACA JUGA: Pengertian Khulu dalam Pernikahan Beserta Hukumnya

Doa minta didekatkan dengan jodoh

Freepik

Sementara itu, terdapat beberapa bacaan doa yang dapat dipanjatkan untuk memohon agar dipertemukan dengan jodoh yang baik. Bacaan doa-doa berikut ini berasal dari firman Allah yang tertuang dalam kitab suci Al Quran.

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: 

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Artinya:

Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang ciri-ciri jodoh saya. Berbagai tanda yang sudah dipaparkan di atas bisa menjadi pertimbangan Sedulur dalam memantapkan hati sebelum memutuskan untuk melangkah ke jenjang yang serius dengan pasangan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org