Mengenal Pola Chronotype Beserta Arti dan Penjelasannya!

Mengenal Pola Chronotype Beserta Arti dan Penjelasannya!


Pernahkah Anda mendengar istilah kronotipe? Istilah ini mengacu pada klasifikasi jam tidur alami setiap orang. Jam tangan ini akan menunjukkan masa produktif seseorang dalam satu hari, karena secara tidak langsung berhubungan dengan nafsu makan, aktivitas tubuh dan suhu inti tubuh. Pada saat-saat tertentu tubuh sedulur akan terasa sangat aktif, namun ada kalanya tubuh terasa lemas dan mengantuk.

Itu sebabnya setiap orang memiliki jam produktifnya masing-masing. Ada tipikal orang yang bisa produktif dari pagi hingga sore, namun ada juga yang bisa memaksimalkan produktivitasnya di malam hari. Jika Sedulur merasa sulit untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk aktif dalam kehidupan sehari-hari Sedulur, maka kronotipe mungkin link yang tepat ketika Anda ingin membagi waktu.

Dalam artikel ini, Sedulur akan mendapatkan penjelasan mengenai klasifikasi jam tidur, dimulai dari pemahamannya dan diakhiri dengan penjelasan tentang jenis-jenis tidur. kronotipe. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata Terbaik di Jokya!

Apa ini kronotipe?

foto deposit

Dikutip dari situs web Sleep Foundation, kronotipe Ini adalah kecenderungan alami tubuh kita untuk mengatur tidur pada waktu-waktu tertentu. Dengan kata lain, ketika datang masa tertentu, otomatis tubuh kita merasa lelah dan mengantuk. Namun di lain waktu, kita akan merasa lebih aktif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap orang memiliki jam produktifnya masing-masing. Kita tidak bisa menggeneralisasi bahwa setiap orang akan dapat bekerja secara maksimal di pagi atau sore hari. Dan maka dari itu, kronotipe bisa menjadi referensi yang cocok untuk mengetahui jam berapa tubuh kita paling optimal saat beraktivitas.

BACA JUGA: Daftar harga listrik per kWh terbaru untuk non subsidi

Baca juga  Curi Hati Juri MasterChef Australia, Ini Resep Peyek Kacang Renyah!

Mengapa kronotipe sangat penting bagi kami?

kronotipe
foto deposit

kronotipe menjadi penting untuk kita perhatikan karena dapat menjelaskan kapan tubuh kita paling aktif dan dapat digunakan untuk pekerjaan yang produktif. Dengan cara ini, Sedulur dapat memaksimalkan waktunya dengan tetap memiliki jam istirahat yang cukup.

BACA JUGA: Ini adalah ISP terbaik yang dapat Anda atur di rumah!

Jenis kronotipe

foto deposit

Apakah Anda tahu apa jenis Brothers? kronotipe? Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr. Michael Breus, seorang psikolog klinis AS, mengidentifikasi empat jenis atau klasifikasi jam tidur. Dia memberinya nama-nama binatang seperti lumba-lumba, singa, beruang, dan serigala.

Simak paragraf berikut untuk penjelasan lebih lengkapnya.

BACA JUGA: 30 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk WA Group

1. Lumba-lumba

Jenis pertama disebut “Dolphin”, yang berarti “lumba-lumba” dalam bahasa Indonesia. Orang yang termasuk dalam kategori ini biasanya mampu tetap waspada saat tidur. Lumba-lumba jenis ini sangat tepat diberikan kepada penderita insomnia (gangguan mental yang menyebabkan seseorang sulit tidur).

Sumber lain mengklaim bahwa individu dengan jenis lumba-lumba ini hanya sekitar 10% dari total populasi dunia. Lumba-lumba sendiri tidur tidak teratur. Oleh karena itu, lumba-lumba seringkali mudah terganggu dan selalu “waspada” pada gangguan sekecil apa pun saat tidur.

Seperti disebutkan pada paragraf di atas, jenis ini sangat tepat diberikan kepada penderita insomnia karena kebutuhan lumba-lumba untuk tidur tidak terlalu besar. Jika dilihat dari sisi kepribadian, orang yang termasuk dalam kategori Dolphin cenderung memiliki sifat perfeksionis dan sering memperhatikan sesuatu dengan seksama. Waktu paling produktif bagi orang-orang yang termasuk dalam kategori lumba-lumba ini adalah dari siang hingga sore hari, sekitar pukul 15.00 hingga 21.00.

Baca juga  Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA, Cek Sebelum Tukar Valas

2. Leo

Jenis pertama disebut “Lion”, yang berarti “singa” dalam bahasa Indonesia. Diwakili oleh jenis kronotipe singa ini biasanya khas bersenang-senang. Orang-orang ini dapat dengan mudah bangun di pagi hari, lebih awal dari orang pada umumnya, dan segera melakukan aktivitasnya secara produktif.

Namun, kelemahan dari jenis singa ini biasanya terletak pada “baterai sosialnya” yang habis pada siang atau malam hari.

Mengutip sumber terpercaya, kepribadian orang yang menderita jenis singa ini biasanya lebih aktif dan optimis. Waktu produktif bagi mereka yang tergolong singa biasanya dari pukul 08:00 hingga 12:00.

BACA JUGA: Sereal: Pengertian, Manfaat, Bahan, Jenis dan Contohnya

3. Beruang

Jenis pertama disebut “Beruang”, yang berarti “beruang” dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan informasi dari drg. Michael Breus, jenis beruang ini membentuk sekitar 55% dari total populasi.

Orang tipe beruang cenderung mengikuti matahari secara produktif. Dengan demikian, orang-orang ini dapat bekerja dengan baik selama jam kerja tradisional (9.00-17.00), tetapi juga bagus bahwa mereka tidak memiliki masalah dengan kehidupan sosial di malam hari setelah hari kerja.

Kategori beruang ini biasanya membutuhkan delapan jam tidur penuh untuk mengisi energi untuk kehidupan sehari-hari. Jika kita mempertimbangkan beruang dalam hal kepribadian, mereka adalah tipikal mereka yang suka bekerja sama. Waktu paling produktif untuk beruang adalah dari pagi hingga siang hari, sekitar pukul 10 pagi hingga 2 siang.

4. Serigala

Jenis pertama disebut “Serigala”, yang berarti “serigala” dalam bahasa Indonesia. Mereka yang termasuk dalam kategori ini biasa disebut sebagai “burung hantu malam” karena kebiasaan mereka bekerja di malam hari. Menurut penelitian, setidaknya 15% dari seluruh populasi manusia termasuk dalam jenis serigala ini.

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri

Mereka sering bangun pada sore hari, sekitar pukul 11.00 atau 12.00, kemudian memulai aktivitas produktif dari sore hingga subuh. Pukul 19.00 sebelum matahari terbit adalah waktu paling produktif baginya.

Apa yang perlu Anda ketahui tentang kronotipe

foto deposit

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah: “Apakah seseorang hanya memiliki satu jenis? kronotipe hanya?” Jawabannya ternyata tidak. Jam aktif seseorang bisa berubah, dari serigala menjadi lumba-lumba dan sebagainya. Beberapa faktor yang berubah adalah faktor keturunan, usia dan kebiasaan.

Ini adalah ikhtisar kronotipe, mulai dari nilainya dan diakhiri dengan tipe yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org