chestnut

Penting! ini Nutrisi dan Manfaat Chestnut untuk Kesehatan


Chestnut adalah kacang yang telah digunakan sebagai makanan selama ribuan tahun. Kacang kastanye Indonesia adalah kacang kastanye yang berasal dari pohon kastanye dan termasuk dalam genus Castanea.

Kacang jenis ini banyak dikonsumsi karena rasanya yang luar biasa. Selain itu, chestnut juga menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat nutrisi dan kesehatan dari chestnut? Berikut adalah informasi tambahan.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh Anda

Apa itu chestnut?

iStock

Chestnut adalah kacang yang berasal dari pohon dari genus Castanea, sekelompok banyak spesies dengan umur hingga 500 tahun atau lebih. Di Indonesia, jenis kacang ini dikenal dengan chestnut.

Kacang jenis ini sangat berbeda dengan jenis kacang lainnya karena rendah kalori dan lemak. Selain itu, cara mengonsumsi chestnut juga cukup beragam: dimakan mentah, direbus, dipanggang, digiling menjadi tepung, atau diolah menjadi campuran kue.

Ada empat jenis utama kastanye, yaitu kastanye Cina, kastanye Jepang, kastanye Eropa, dan kastanye Amerika. Namun, kultivar yang paling umum dan banyak dijual di pasaran saat ini adalah kastanye Eropa dengan nama ilmiah Castanea sativa.

Nutrisi dalam chestnut

kastanye
iStock

Diketahui bahwa chestnut kurang kalori daripada banyak jenis kacang lainnya. Kacang jenis ini juga merupakan sumber asam amino, asam lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, fenol, dan vitamin C yang baik.

Nutrisi yang ditemukan dalam chestnut meliputi:

  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Seng
  • Fe
  • Cu
  • M N

Sementara itu, nilai gizi yang dihitung untuk setiap porsi seperempat cangkir kastanye mentah adalah:

  • Kalori: 77
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 3 gram
  • Natrium: 1 miligram
  • Gula: 0 gram
  • Kolesterol: 0 mg
Baca juga  Urutan Skincare Daily dan Weekly untuk Berbagai Jenis Kulit

Teknik membuka kulit kastanye

kastanye
iStock

Dalam pengolahannya, chestnut merupakan kacang yang sulit dibuka dari cangkangnya. Oleh karena itu, diperlukan teknik khusus untuk membukanya. Berikut ini cara yang bisa diikuti Sedulur saat membuka cangkang kastanye.

  1. Letakkan mur di atas alas yang rata dan gunakan pisau untuk memotong potongan melintang yang panjang di seluruh cangkangnya.
  2. Tempatkan kacang di atas panggangan.
  3. Masak kacang dalam oven pada suhu 180 derajat Celcius selama 30 menit atau sampai kulitnya terbuka.
  4. Keluarkan kacang dari oven dan biarkan di atas panggangan selama beberapa menit.
  5. Tunggu beberapa menit sampai cangkangnya dingin.
  6. Kupas kulitnya dan lepaskan lapisan coklat dari bagian dalam kacang dan bersihkan sampai bersih.
  7. Jika Anda ingin memakannya segera, taruh kacang di piring.
  8. Jika Anda ingin menambahkannya ke makanan lain, masukkan kacang ke dalam wadah kaca dan tutup rapat.

Memanggang chestnut adalah cara yang bagus untuk mengeluarkan rasa khas kacang. Namun, sedulur juga bisa direbus untuk mendapatkan tekstur yang halus. Caranya sama, masak selama 30 menit dan kupas.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh dan Asal-usulnya

Manfaat chestnut

kastanye
iStock

Selain memberikan berbagai nutrisi, chestnut juga merupakan sumber antioksidan yang baik, bahkan saat dimasak. Kacang ini sangat kaya akan asam galat dan asam ellagic, dua antioksidan yang meningkatkan konsentrasi saat dimasak.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari chestnut:

1. Kendalikan gula darah Anda

Serat yang ditemukan dalam chestnut dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Makan makanan berserat tinggi dapat memperlambat penyerapan gula, yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Selain itu, chestnut juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu 54. Karena produk ini memiliki indeks glikemik yang rendah, maka tidak akan menyebabkan perubahan besar pada gula darah saat dikonsumsi.

Baca juga  Sejarah Desain Arsitektur Modern Beserta Ciri dan Prinsipnya

2. Jaga kesehatan jantung Anda

Chestnut adalah sumber nutrisi yang baik yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dan mineral seperti magnesium dan potasium yang ada dalam kacang ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

3. Sistem pencernaan yang sehat

Chestnut juga baik untuk memberi makan sistem pencernaan. Ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dapat membantu mendukung pencernaan dengan mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus, dan bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, buang air besar juga menjadi lancar.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan B-kompleks kastanye, termasuk tiamin (vitamin B1) dan asam folat (vitamin B9), merupakan nutrisi yang baik untuk mengembangkan fungsi otak. Kandungan kalium juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mendukung sistem saraf yang sehat dengan meningkatkan konsentrasi dan memori.

BACA JUGA: 15 Makanan Vitamin D yang Baik untuk Anak

5. Aman untuk pasien celiac.

kastanye
iStock

Penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh makan makanan tinggi gluten. Kondisi ini dapat mengganggu fungsi pencernaan dan menimbulkan komplikasi jika tidak segera ditangani.

Menariknya, chestnut tidak mengandung gluten. Hal ini membuat chestnut aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac.

6. Tinggi Vitamin C

Selain antioksidan dan vitamin B kompleks, chestnut juga kaya akan vitamin C. Dalam setengah cangkir chestnut mentah, kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh hingga 35-45%.

Namun, perlu diingat bahwa ketika chestnut diproses, kadar vitamin C berkurang jika diproses dengan cara direbus atau dipanggang pada suhu tinggi. Jadi, Sedulur bisa memanggangnya dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

7. Melindungi sel-sel tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dari chestnut juga membantu melindungi sel-sel tubuh. Hal ini dikarenakan antioksidan merupakan zat yang berperan penting dalam melindungi sel dari kerusakan akibat aktivitas radikal bebas.

Baca juga  Cara Membuat Tas dari Kain Perca yang Unik Tanpa Mesin Jahit

8. Meningkatkan daya tahan

kastanye
Bersembunyi

Kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Mengapa? Vitamin C adalah vitamin yang terkait dengan peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh bila dikombinasikan dengan mineral seperti tembaga.

Nah, itulah informasi nutrisi dan manfaat buah kastanye untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur yang ingin mencoba buah kastanye sebagai sumber makanan sehari-hari.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org