cerita dongeng pendek

10 Cerita Dongeng Pendek untuk Pengantar Tidur Si Kecil


Cerita dongeng pendek diperlukan untuk anak-anak, karena dongeng dapat merangsang kecerdasan si kecil. Utamanya, cerita dongeng sangat ampuh untuk merangsang imajinasi anak. Waktu yang tepat membacakan cerita dongeng pendek pada anak adalah di waktu akan tidur.

Selain dapat membantu anak cepat tertidur, cerita dongeng pendek juga dapat membuat imajinasi anak membentuk ceritanya sendiri. Terutama jika Sedulur sebagai orangtua membacakan cerita dongeng pendek bergambar. Secara visual anak akan dapat menggambarkannya dengan mudah.

Cerita dongeng juga bisa jadi pintu masuk bagi orangtua untuk mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Karena pasti dalam setiap dongeng selalu terdapat hikmah yang bisa dipetik.

BACA JUGA: Dongeng Anak: Cerita Timun Mas Mengalahkan Raksasa

Cerita dongeng pendek sebagai pondasi pemahaman anak

Detik

Masa anak-anak merupakan masa penting dan mendasar, banyak hal dasar yang dipelajari anak-anak dalam memandang dan memaknai kehidupan. Tidak jarang, yang anak-anak pandang dan dipegang menjadi nilai dalam menjalankan kehidupan di masa dewasa, berasal dari apa yang didapat pada masa anak-anak, termasuk melalui cerita dongeng.

Oleh karena itu, mengajarkan nilai penting kehidupan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh kita sebagai orang tua. Media yang bisa digunakan adalah melalui dongeng atau cerita fabel. Dongeng adalah cerita tentang hewan atau apapun yang mengandung nilai dan pesan moral yang bisa diambil oleh anak-anak.

Nah, dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar cerita dongeng pendek untuk anak-anak dan contoh dongeng yang bisa menjadi referensi bagi Sedulur untuk dibacakan kepada anak-anak.

Kumpulan dongeng biasanya terdiri dari cerita hewan, cerita fabel anak, dongeng binatang dan cerita fabel pendek lainnya. Apa saja daftar cerita fabel singkat dan cerpen fabel yang bisa Sedulur bacakan untuk anak-anak Sedulur? Yuk, mari langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Kelinci dan kura-kura

Saran.id

Rekomendasi cerita dongeng anak singkat pertama adalan tentang kelinci dan kura-kura. Dongeng ini merupakan dongeng yang sangat klasik. Menceritakan tentang perlombaan antara kelinci dan kura-kura. Kelinci diceritakan sebagai seekor hewan yang memiliki kecepatan di dunia dan kura-kura merupakan salah satu hewan yang paling lambat.

Film ini menceritakan tentang seekor kelinci yang bermalas-malasan berlomba melawan kura-kura, karena kelinci selalu menang dalam beberapa generasi. Namun kura-kura yang selalu tekun, secara mengejutkan berhasil mengalahkan kelinci padahal kura-kura terkenal sangat lambat.

Cerita ini memberikan pesan moral bahwa ketekunan bisa mengantarkan kesuksesan, sedangkan kemalasan hanya bisa merugikan diri sendiri.

2. Dua kucing dan seekor monyet

cerita dongeng pendek
Dongeng Cerita Rakyat

Rekomendasi cerita dongeng sebelum tidur selanjutnya adalah tentang dua ekor kucing dan seekor monyet. Dua ekor kucing yang bertengkar memperebutkan kue, dan seekor monyet datang dan menawarkan solusi bagi kucing terkait kue yang merupakan sumber perseteruan di antara dua ekor kucing tersebut.

Solusi yang diberikan oleh monyet adalah membagi kue secara adil bagi kucing tersebut. Namun potongan kue tersebut tidak seimbang dan monyet pun memakannya. Dan potongan kue pun menjadi selalu tidak seimbang dan hingga akhirnya kue pun habis dimakan oleh monyet sendirian.

Cerita ini memberikan pesan moral bahwa untuk selalu tenang dalam setiap pertikaian yang terjadi, bisa jadi ada seseorang atau pihak ketiga yang justru mendapatkan keuntungan dari pertikaian yang terjadi. Seperti seekor monyet yang akhirnya mendapatkan kue.

3. Bebek buruk rupa

Mother and Baby

Bebek buruk rupa merupakan dongeng yang populer, termasuk sebagai cerita dongeng pendek. Bahkan dalam cerita dongeng pendek Bahasa Inggris, dogeng bebek buruk rupa telah dijadikan sebagai kartun dan film.

Baca juga  12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

Karena dongeng satu ini memiliki pesan moral yang sangat penting. Menceritakan tentang seekor bebek yang memiliki bentuk berbeda dari yang lain, bahkan dia pun diejek dan membuatnya sedih. Hal tersebut membuatnya memutuskan untuk kabur dan menyendiri.

Berselang beberapa tahun, bebek buruk rupa tersebut tumbuh menjadi cantik, dan ternyata dia adalah seekor angsa bukan bebek. Keindahannya pun kemudian diakui oleh hewan lainnya. Pesan moral dari cerita ini adalah untuk tidak mengejek dan membedakan seseorang yang memiliki perbedaan, karena seseorang tersebut akan menjadi lebih baik dari kita di masa yang akan datang.

4. Anjing pemburu dan kelinci

cerita dongeng pendek
Dongeng Kami Kamu

Rekomendasi cerita dongeng pendek hewan lainnya tentang seekor anjing yang berlari memangsa seekor kelinci. Namun, kelinci yang terkenal memiliki lari yang sangat cepat pun membuat anjing kelelahan dan tidak bisa mendapatkan kelinci.

Anjing pun kemudian diejek oleh kawanan kambing karena tidak berhasil mendapatkan kelinci. Namun, tanpa penyesalan, anjing pun menjelaskan kepada kambing, bahwa kelinci memiliki lari yang cepat karena mereka berjuang untuk hidupnya.

Dari cerita ini, anak-anak akan mendapatkan pesan moral bahwa mereka bisa menjalankan hidup dengan baik ketika memiliki motivasi dan tujuan hidup untuk diperjuangkan, sebagaimana kelinci yang berjuang untuk bertahan. Banyak pelajaran yang bisa didapat anak dan merangsang kecerdasan anak-anak dengan cerita ini.

5. Cerita lonceng kucing

Dongeng Kami Kamu

Dongeng ini menceritakan tentang lonceng dan seekor kucing. Dengan landasan cerita tentang permusuhan abadi antara kucing dan tikus. Para tikus yang selalu ketakutan ketika melihat seekor kucing karena takut dimangsa.

Akhirnya para tikus pun berkumpul dan memikirkan cara sebagai solusi. Mereka pun terpikir ide untuk memberikan lonceng pada kucing, agar ketika mendekat para tikus bisa mengetahuinya dan bersembunyi.

Dari cerita di atas pesan moral yang bisa didapat adalah setiap solusi untuk permasalahan apapun dapat dipikirkan dan dapat menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Namun, jangan sekedar memikirkan solusi tanpa pernah mengeksekusi atau menjalankannya.

Hal tersebut sama saja sia-sia. Dari cerita lonceng kucing ini, anak-anak bisa berimajinasi dan merangsang kecerdasan anak-anak. Terutama biasanya, cerita hewan sangat disukai oleh anak-anak.

6. Serigala berbulu domba

cerita dongeng pendek
Kubuka Kamus

Dongeng anak selanjutnya adalah tentang seekor serigala yang ingin memangsa kumpulan domba-domba. Namun serigala selalu kesulitan memangsa serigala, maka dari itu serigala pun terpikir aksi menyamar menggunakan bulu-bulu domba, dengan maksud dapat memangsa domba.

Cerita fabel satu ini mengajarkan anak-anak bahwa penampilan bisa menipu dan mengajarkan untuk selalu waspada dalam setiap tindakan yang diambil. Jika tidak ingin mengalami hal seperti serigala dan domba dalam cerita berjudul Serigala Berbulu Domba.

7. Tiga babi kecil

Tribunnews

Ada juga dongeng tentang tiga babi kecil yang tidak mendengarkan ibunya dan malah membangun rumah yang tidak kokoh dengan menggunakan bahan yang sembarangan. Rumah yang dibangun tersebut bertujuan agar mereka terhindar dari serigala pemangsa.

Namun satu babi yang mendengarkan ibu mereka dan berhasil membangun rumah yang kokoh. Salah satu babi tersebut pun membangun rumah dengan menggunakan beton dan batu, yang tidak bisa ditembus sama sekali oleh serigala, membuat babi tersebut berada dalam posisi aman.

Cerita ini mengajarkan sang anak untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan baik hingga selesai dan mendengarkan saran orang tua, karena hal tersebut akan memudahkan pekerjaan kita.

8. Gagak dan kendi

cerita dongeng pendek
Sonora.id

Kisah legenda yang dibuat menjadi dongeng anak ini bercerita tentang seekor burung gagak dan kendi. Diceritakan seekor burung gagak yang kehausan dan kesulitan mendapatkan air minum. Tidak sengaja, seekor gagak tersebut melihat sebuah kendi yang berisi air namun dia kesulitan untuk meminum air yang ada di dalam kendi.

Baca juga  Cara Daftar Tiktok Shop untuk Jualan Online di Tiktok

Tanpa pata arang, gagak pun berusaha dengan segala sesuatu yang dia miliki dan tidak menyerah agar dapat minum. Akhirnya gagak pun bisa minum air yang ada di dalam kendi. Cerita ini akan mengajarkan sang anak bahwa pantang menyerah dan berusaha sekuat tenaga mencapai sesuatu yang diinginkan akan selalu memberikan hasil yang baik.

9. Rubah dan buah anggur

Dongeng Kami Kamu

Cerita dongeng pendek ini tentang seekor rubah yang kelaparan ketika melihat buah anggur di pohonnya. Akhirnya rubah tersebut berusaha sekuat tenaga untuk bisa mendapatkan anggur untuk menghilangkan rasa laparnya. Namun, anggur tersebut tidak kunjung berhasil didapat.

Maka rubah pun menyerah dan meyakinkan diri bahwa buah anggur tersebut memiliki rasa asam dan mungkin saja beracun. Rubah pun memilih untuk kelaparan ketimbang berusaha.

Pesan moral yang didapatkan oleh anak-anak dengan mendengar cerita ini adalah bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang berkaitan kebutuhan harus selalu berusaha dan jangan menyerah kemudian memikirkan alasan sebagai pembenaran untuk menyerah.

10. Seekor singa dan tikus

cerita dongeng pendek
Cerita Inggris Indonesia

Cerita dongeng pendek terakhir adalah tentang seekor singa dan tikus. Dongeng anak mengajarkan tentang kepedulian satu sama lain. Seekor singa dan tikus diceritakan bersahabat dan saling membantu. Singa sempat membantu tikus dan menyelamatkan nyawanya.

Namun tikus tersebut tidak bisa membalas singa dan berjanji akan menyelamatkannya suatu saat nanti. Tikus pun melihat singa yang terjerat oleh tali yang dipasang pemburu, tikus pun bergegas menyelinap dan menyelamatkan singa dengan menggigit yang mengikat singa.

Pesan moral dari cerita fabel ini adalah tentang berbuat baik terhadap seseorang dan mendapatkan bantuan yang sama ketika kita membutuhkannya.

BACA JUGA: Cerita Sangkuriang, Dongeng Pengantar Tidur untuk Anak

Daftar cerita dongeng pendek anak lainnya

Kompas

Selain daftar cerita dongeng pendek dan pesan moralnya yang bisa Sedulur baca di atas, terdapat beberapa referensi dongeng lain yang bisa Sedulur bacakan. Adapun rekomendasi dari cerita dongeng tersebut adalah sebagai berikut:

1. Goldilocks dan tiga beruang

Dongeng ini menceritakan tentang seorang gadis muda yang masuk dapat izin ke dalam rumah keluarga beruang. Gadis tersebut akhirnya dibentak dan dimarahi oleh beruang yang tidak suka karena gadis tersebut memasuki rumah mereka tanpa izin dan seenaknya.

2. Tikus desa dan tikus kota

Dongeng ini menceritakan tikus kota yang pulang ke desa dan mengajak tikus desa ke kota karena banyak makanan enak di kota. Dia menceritakan tentang kehidupan di kota yang dipenuhi dengan makanan lezat, dia pun mengajak saudaranya ke kota dan mencuri kue yang manis dan lezat. Namun mereka berdua pun kemudian menjadi mangsa dari kucing dan lari terbirit-birit menghindari dari kucing.

3. Monyet dan buaya

Dongeng ini menceritakan tentang monyet dan buaya, sebuah cerita fabel klasik satu ini penuh dengan pesan moral. Monyet selalu memberikan apel kepada buaya dan buaya malah meminta hati monyet. Monyet pun diajak untuk bermain ke rumah buaya dan di tengah perjalanan monyet menyadari bahaya dan menyatakan bahwa hati monyet disimpan dalam pohon apel.

Mereka pun kembali ke pohon apel, dan monyet akhirnya kabur dari bahaya. Sementara buaya yang tidak dapat memanjat pohon tidak bisa berbuat apa-apa.

Gajah dan Teman-Temannya: Seekor gajah bernama juno tidak mendapatkan teman sama sekali, karena setiap hewan tidak ingin berteman dengan juno karena ukuran tubuh juno yang besar.

Baca juga  Arti Ya Latif dan Cara Meneladani dan Mengamalkannya

Suatu saat, hewan-hewan lain ketakutan oleh seekor harimau yang bernama dera karena selalu memakan hewan yang lebih kecil darinya. Juno yang berukuran besar pun dengan sigap menendang dera dan membuat dera ketakutan dan berlari dengan cepat.

Kera dan Lumba-Lumba: Dongeng ini ni mengisahkan tentang seekor kera yang diajak berenang menyusuri lautan oleh lumba-lumba. Di tengah perjalanan, lumba-lumba melihat sebuah pulau dan menanyakan apakah monyet mengetahui pulau tersebut. Kera pun bilang ke lumba-lumba bahwa monyet merupakan pangeran di pulau tersebut.

Kemudian lumba-lumba pun menurunkan monyet di pulau tersebut dan pergi meninggalkan kera. Kera pun tersadar bahwa dia sendirian dan menyesal telah membuat kepada lumba-lumba.

4. Dua ekor kambing

Dongeng ini mengisahkan tentang dua ekor kambing yang harus melintasi sungai. Terdapat pohon tumbang di atas sungai yang bisa digunakan untuk menyebrang, namun kambing tersebut tidak ingin berbagi dan malah bertengkar di atas pohon tersebut, sehingga pohon tersebut patah dan membuat dua ekor kambing tersebut jatuh ke dalam sungai.

5. Persahabatan anjing peliharaan

Dongeng ini menceritakan tentang seekor anjing peliharaan yang tidak ingin bermain dengan anjing jalanan karena kotor dan bau. Namun, suatu saat anjing peliharaan diculik oleh pencuri dan meminta pertolongan pada anjing jalanan.

Anjing jalanan pun sigap dan menggigit pencuri yang akhirnya melepaskan anjing peliharaan. Mulai dari saat itu, anjing peliharaan pun berteman dengan anjing jalanan.

6. Seekor keledai malas

Dongeng ini mengisahkan tentang seekor keledai malas dan selalu menghindar ketika disuruh bekerja oleh tuannya. Suatu hari dia memutuskan untuk kabur dan terjebak di tengah gurun pasar. Akhirnya, keledai pun kembali kepada tuannya dan menyesali yang telah dia perbuat.

7. Tikus dan orang suci

Cerita ini mengisahkan tentang tikus yang diubah menjadi seekor anjing oleh orang suci ketika sedang dikejar oleh anjing. Kemudian, dia pun kembali ke orang suci karena dimangsa oleh seekor singa, orang suci pun kemudian mengubahnya menjadi singa dan pergi ke hutan untuk memangsa singa lainnya dan menguasai hutan.

Dia pun berpikiran untuk memangsa orang suci yang mengubahnya, dan orang suci tersebut pun mengubahnya kembali menjadi tikus dan mengusirnya.

8. Bel dan lonceng sapi

Diceritakan seorang anak lelaki yang diberi tugas menjaga sapi oleh ayahnya, setiap sapi pun diberi bel agar memudahkan untuk menjaga. Seorang pria asing pun datang dan menawarkan harga mahal untuk setiap bel sapi, anak lelaki pun terhibur oleh harga mahal dan menjualnya.

Namun kemudian dia kesulitan mencari sapi-sapinya karena sudah tidak memiliki bel. Pria asing tersebut kemudian mencuri sapi-sapi anak lelaki tersebut dan membeli bel merupakan bagian dari rencananya

Nah Sedulur itulah rekomendasi cerita dongeng pendek sebelum tidur yang bisa Sedulur bacakan untuk anak-anak di rumah. Selain dapat merangsang imajinasi anak, dongeng juga sangat ampuh memberikan pelajaran bagi anak tentang nilai moral kehidupan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org